Contoh Teks MC Perpisahan Sekolah (Paud, TK, SD, SMP dan SMA)

 

Samudranesia.id – Bagi kalian yang sedang mencari contoh teks MC perpisahan sekolah, disini kami akan membagikan beberapa contok teks MC yang bisa kalian gunakan dalam acara perpisahan baaik perpisahan sekolah TK, SD, SMP atau SMA.

Bertepatan dengan momen perpisahan sekolah, banyak sekolah yang mengadakan acara perpisahan untuk melepas anak didiknya yang telah usai dijenjang akhir pendidikan.

Nah, didalam acara perpisangat sudah pasti ada yang mengatur jalan nya acara yaitu pembawa acara, tanpa adanya pembawa acara maka acara tidak bisa berlangsung dengan maksimal.

Tentunya petugas pembawa acara butuh belajar atau persiapan teks terlebih dahulu agar terlihat lancar dan bagus di depaaan panggung. Nah, maka dari kami menyediakan beberapa contoh teks MC atau pembaca acara perpisahan Sekolah mulai dari Paud, TK, SD, SMP dan SMA.

Contoh Teks MC Perpisahan Sekolah

Teks MC acara perpisahan

Disini kami tidak hanya membagikan satu teks saja, namun akan membagikan beberapa teks MC perpisahan sekolah yang bisa kalian gunakan untuk nge MC acara perpisahan.

Contoh Pertama Teks MC Perpisahan di Sekolahan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا. مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

“Nahmaduhuu wa nasta’iinuhuu wa nastaghfiruhu wa na’uudzu billaahi min syuruuri anfusinaa wa min sayyi’aati a’maalinaa. Man yahdihillahu falaa mudhillu lahu wa man yudhlilhu falaa hadiyalah. Allahumma sholli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii ajma’iin. Amma ba’du.

Pertama segala puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena berkat nikmat dan karunia nya kita semua bisa berkumpul dalam acara perpisahan sekolah (isi sesuai nama sekolah) dengan keadaan bahagia dan sehat wal afiyat.

BACA JUGA  Contoh Teks Khutbah Jumat Bahasa Sunda Singkat dan Pendek

Kedua sholawat serta salam tidak lupa selalu tercurahkan kepada nabi agung Muhammad SAW, yang mana dengan bacaan shalawat kita akan mendapat syafaatnya di hari akhir nanti. Amin

Segenap bapak ibu guru sekalian, wali murid dan semua siswa siswi sekolah (………..) yang saya banggakan, berdirinya saya disini sebagai pembawa acara yang akan membacakan sususan acara pada hari ini.

Acara yang pertama adalah Pembukaan..

Marilah kita buka acara pada hari ini dengan bacaan surat Al-Fatihah, ‘ala hadzihinniyah assolihah alfatihah…

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (١) الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (٢)الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (٣) مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (٤) إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (٥) اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (٦) صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ

BismillaaHir rohmaanir rohiiiiiim, Alhamdu lillaaHi robbil ‘aalamiiiiiin, Arrohmaanir rohiiiiiim. Maaliki yaumid diiiiiin, Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iiiiiin, IHdinash shiroothol mustaqiiiiiim. Shiroothol ladziina an’amta ‘alaiHim, ghoiril maghdhuubi ‘alaihim waladh dhooooolliiiiiin.

Terimakasih, semoga dengan bacaan surat alfatikhah tadi dapat memperlancar acara perpisahan pada hari ini.

Memasuki acara yang kedua yaitu pembacaan gema wahyu ilahi yang akan dibacakan oleh saudara/i (……………………………..)

Terimakasih, semoga bacaan gema wahyuilahi tadi bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi si pembaca, amiin allahumma amin.

Acara yang ketiga yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars sekolah (…………..). Kepada semua hadirin yang hadir pada acara ini dimohon dengan hormat untuk berdiri guna menyanyikan lagu bersama.

Kepada dirigen yang terhormat dimohon maju ke depan guna memimpin untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Terimakasih, tamu undangan dipersilahkan duduk kembali.

Menempati acara yang keempat yaitu sambutan-sambutan. Sambutan akan disampaikan oleh kepala sekolah (……………..), Ketua panitia acara, perwakilan wali murid, perwakilan murid yang diwisuda dan terakhir sambutan perwakilan siswa di tinggalkan.

Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh Kepala sekolah, Kepadanya saya persilahkan.

Terimakasih, semoga pesan yang baru saja beliau sampaikan bermanfaat bagi kita semuanya. Amin

BACA JUGA  Metode Penelitian Kualitatif, Jenis dan Contoh Menurut Para Ahli

Selanjutnya sambutan dari ketua panitia, kepadanya kami persilahkan.

Terimakasih

Selanjutnya sambutan perwakilan dari wali murid, kepada beliau bapak/ibu (………………) kami persilahkan.

Terimakasih.

Selanjutnya sambutan perwakilan dari siswa yang meninggalkan, kepada saudara/i (……………….) kami persilahkan.

Terimakasih.

Yang terakhir sambutan perwakilan dari siswa yang di tinggalkan, kepada saudara/sauari (……………) kami persilahkan.

Terimakasih.

Selanjutnya memasuki acara yang kelima yaitu penyerahan cindera mata, yang akan diberikan oleh perwakilan siswa akhir kepada pihak sekolah. kepadanya kami persilahkan.

Terimakasih, acara selanjutnya yaitu istirahat yang akan di isi dengan penampilan karya seni siswa dan siswi sekolah(…………….) dan untuk semua para tamu undangan sambil menikmati penampilan anak-anak silahkan menikmati hidangan yang telah kami siapkan.

Baiklah memasuki acara selanjutnya  yaitu pembacaan doa bersama, dan soa akan dipimpin oleh beliau bapak (…………….) kepadanya waktu dan tempat kami persilahkan.

Terimakasih, semoga dengan doa yang dibacakan tadi bisa bermanfaat bagi kita semuanya, amiiin.

Acara yang terakhir yaitu penutup, sebelum saya menutup acara saya sebagai pembawa acara moh maaf jika ada salah kata dalam penyebutan baik disengaja atau tidak. dan selanjutnya saya sebagai pembawa acara pamit undur diri, akhirul kalam Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Contoh Kedua Teks MC Perpisahan di Sekolahan

Assalamualaikum Wr. WB.

اَلْحَمْدُ لله الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ، لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللهِ شَهِيْدًا، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ, اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillahilladzi arsala rasulahu bil huda wadinil haqq, liyudzhirahu ‘aladdini kullihi, wakafa billahi syahiidaa. Asyhadu alla ilaha illallah. Wa asyhadu anna muhammadarrasulullah. Allahumma shalli ‘ala sayyidina muhammadin wa’ala alihi washahbihi ajma’in. Amma ba’du.

Pertama dari yang pertama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat ilahi robbi Tuhan yang maha kuasa semesta alam yang telah memberikan nikmat yang teak terhitung sehingga kita bisa berkumpul dalam majelis perpisahan sekolah yang insyaallah mubarokah ini. Amin

BACA JUGA  Contoh Kata Pengantar Singkat Untuk Makalah, Proposal, & Karya Ilmiah

Tak ketinggalan pula sholawat serta salam kita junjungkan kepada nabi revolusi zaman, nabi Muhammad SAW yang mana kita nanti-nantikan syafaatnya fiyaumil qiyamah nanti.

Ahlan wasahlan bihudurikum, dan terimakasih sudah menyempatkan waktunya untuk hadir dalam acara perpisahan pada hari ini.

Saya disini sebagai Pembawa acara akan membacakan runtutan acara perpisahan pada hari ini,

  1. Pembukaan
  2. pembacaan ayat suci alqur’an
  3. Sambutan Ketua Yayasan
  4. Sambutan Kepala ekolah
  5. Sambutan Ketua Panitia
  6. Sambutan wali murid
  7. Sambutan siswa purna
  8. Sambutan adik kelas
  9. Istirahat
  10. Doa bersama
  11. Penutup.

Baiklah menempati acara yang pertama adalah pembukaan, yang akan dipimpin oleh pembawa acara. Marilah kita buka acara pada hari ini dengan bacaan basmalah “Bismillahirrohmaanirrohiim”

Terimakasih, semoga dengan bacaan basmalah tadi acara biisa berjalan lancar sesuai rencana. Amin

Acara yang kedua pembacaan ayat suci AlQur’an, yang akan dibawakan oleh (…………………………) , kepada beliau kami persilahkan.

Terimakasih, semoga bacaan alqur’an tadi bermanfaat bagi kita semua. Amiin.

Cara selanjutnya yaitu sambutan dari kepala yayasan… yang akan disampaikan oleh (…………………), kepada beliau dengan hormat kami persilahkan.

Terimakasih

Begitu seterusnya sampai sambutan nya habis……….

Bapak/ibu sekalian tidak terasa acara demi acara telah kita lalui dan sudah sampai pada penghujung acara yaitu penutup. marilah kita tutup acara perpisahan pada hari ini dengan bacaan hamdalah, Alhamdulillahirobbil’alamiin.

Saya disini sebagai pembawa acara perpisahan sekolah meminta maaf sebesar-besarnya jika ada kata-kata yang kurang berkenan dihati para hadirin sekalian. Terimakasih atas segala perhatiannya, wal afwu minkum Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh.

Penutup

Sekian penjelasan tentang kumpulan contoh teks mc perpisahan sekolah yang bisa kalian gunakan pada saat menjadi pembawa acara disekolah.

Terimakasih sudah menyimak artikel samudranesia.id sampai selesai, jika ada salah kata ataupun penyebutan kami mohon maaaf sebesar-besarnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.