7 Cara Mengunci WA Supaya Aman dari Penyadapan, Gampang!

 

Samudranesia.id – Cara mengunci WA supaya aman dari penyadapan serta pencurian data bisa dilakukan dengan beberapa cara. Penguncian ini harus dilakukan dengan benar agar isi dari chat yang ada didalamnya serta beberapa data seperti teks ataupun video tidak tersebar.

Apalagi saat ini teknologi yang digunakan untuk melakukan proses penyadapan sangat banyak. Apabila tidak dilakukan dengan benar dikhawatirkan akan menyebabkan masalah. Bahkan bisa memicu terjadinya pertengkaran dengan banyak orang.

Dalam artikel ini kamu akan mempelajari bagaimana cara mengunci WA supaya aman dari penyadapan. Proses yang dilakukan bisa dengan menggunakan aplikasi tambahan atau memanfaatkan fitur pengujian yang ada pada WhatsApp dan ponsel.

Cara Mengunci WA Supaya Aman dari Penyadapan

1. Cek Status Bar di HP

Cek Status Bar di HP

Cara mengamankan nomor WA supaya aman dari penyadapan adalah dengan selalu mengecek status bar pada HP yang kamu gunakan. Hal ini sangat penting untuk mengetahui notifikasi dari WhatsApp apakah ada orang yang masuk menggunakan browser atau tidak.

Biasanya apabila ada orang yang masuk menggunakan browser akan ada notifikasi Jika kamu sedang online dari tempat lain. Apabila ada status ini bisa dipastikan jika WhatsApp yang kamu gunakan sedang disadap dan orang itu membaca isi di dalamnya.

Apabila ini terjadi maka buru-buru melakukan proses logout. Caranya dengan masuk ke dalam Linked Device. Setelah itu bisa langsung melakukan proses logout dari browser yang tidak pernah kamu gunakan atau yang mendadak muncul.

BACA JUGA  2 Cara Backup Whatsapp iPhone ke iCloud Manual dan Otomatis

2. Logout Rutin di Laptop

Logout Rutin di Laptop

Ketika bekerja biasanya seseorang lebih banyak menggunakan WhatsApp yang disambungkan dengan menggunakan komputer. Hal ini dilakukan agar mereka lebih fokus pada pekerjaan dan tidak berkali-kali menggunakan ponsel untuk melakukan pengecekan pesan.

Ketika melakukan login dengan menggunakan browser disarankan untuk selalu melakukan logout secara rutin. Hal ini dilakukan untuk mencegah orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ketika mereka masuk ke dalam komputer yang ada di kantor mereka bisa langsung membuka Whatsapp.

Apabila kamu orangnya sangat pelupa disarankan untuk menggunakan tab Incognito. Dengan cara ini maka begitu kamu menutup browser secara otomatis akan menghapus seluruh data sehingga WhatsApp yang dipakai akan logout secara otomatis.

3. Aktifkan Verifikasi 2 Muka

Aktifkan Verifikasi 2 Muka

Disadari atau tidak sebenarnya Whatsapp sudah menyediakan fitur untuk melakukan verifikasi 2 arah atau dua muka. Artinya jika melakukan verifikasi untuk masuk ke dalamnya tidak hanya satu kali saja dengan verifikasi standar tetapi dengan cara yang lain.

Apabila ada orang yang masuk secara sembarangan maka akan langsung atau notifikasi yang muncul. Cara ini akan memudahkan kamu untuk melakukan proses login secara aman. Jadi orang lain tidak akan bisa sembarangan untuk masuk ke dalamnya.

Aktifkan terlebih dahulu fitur ini pada WhatsApp. Jadi ketika ada orang yang mencoba masuk untuk melakukan proses penyadapan biasanya bisa langsung muncul dengan sendirinya. Jadi, kamu bisa langsung mengganti password atau sejenisnya dengan mudah dan cepat.

4. Mengunci Ponsel secara Rutin

Mengunci Ponsel secara Rutin

Salah satu cara untuk bisa melakukan proses penyadapan adalah dengan masuk ke dalam akun Whatsapp. Untuk mencegah itu disarankan untuk mengunci ponsel yang sering kamu gunakan. Proses penguncian bisa dilakukan dengan menggunakan password atau dengan pola.

BACA JUGA  Scoopy WhatsApp Hack Link Sadap WA Asli 100% Terbukti

Jangan mengunci maka kamu bisa dengan mudah untuk mencegah orang lain masuk ke dalam ponsel. Proses penguncian yang aman biasanya berhubungan dengan biometrik seperti dengan menggunakan sidik jari ataupun dengan menggunakan wajah.

Lakukan ini apa sudah terbiasa meninggalkan ponsel di meja atau di manapun. Jadi, meski orang lain masuk ke dalam ponsel mereka tidak akan bisa membuka Whatsapp karena di bagian depan sudah langsung terkunci.

5. Menggunakan Aplikasi LockIt

Menggunakan Aplikasi LockIt

Apabila kamu ingin menggunakan aplikasi lain untuk melakukan proses penguncian. Untuk caranya bisa diikuti di bawah ini.

  • Download terlebih dahulu aplikasi LockIt.
  • Selain itu lakukan proses pemasangan seperti biasa.
  • Buka aplikasi lalu beri perizinan terlebih dahulu.
  • Selain itu lakukan proses pengaturan terhadap password yang akan digunakan.
  • Aktifkan password yang diinginkan.

Setelah diaktifkan maka begitu masuk ke dalam ponsel kamu harus menggunakan password terlebih dahulu. Aplikasi ini sedikit sulit dibobol sehingga WhatsApp yang ada di dalamnya akan.

6. Memanfaatkan Antivirus

Memanfaatkan Antivirus

Beberapa antivirus bisa digunakan untuk melakukan proses pencegahan terhadap penyadapan. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis anti-virus yang tersedia pada Playstore. Salah satu anti-virus yang bisa digunakan adalah Anti Spy Mobile Free.

Lakukan download seperti biasa dengan menggunakan Playstore. Setelah itu bisa langsung mengaktifkan mana saja aplikasi yang akan dideteksi penyadapannya. Kamu bisa memilih WhatsApp.

7. Tidak Memberikan OTP

Tidak Memberikan OTP

Salah satu cara untuk bisa login ke dalam akun yang digunakan adalah selalu menggunakan OTP. Biasanya OTP ini akan dikirimkan dalam bentuk SMS ataupun WhatsApp sehingga seseorang bisa menggunakannya untuk verifikasi secara langsung.

Sangat disarankan untuk tidak secara sembarangan untuk memberikan OTP yang sudah masuk kepada orang lain. Apalagi saat ini kejadian seperti social engineering banyak dilakukan sehingga proses pencurian data marak terjadi.

BACA JUGA  3 Cara Memindahkan Stiker Telegram Ke Whatsapp Secara Gratis

Dengan kamu memberikan kode OTP kepada orang lain kemungkinan besar data yang ada pada WhatsApp bisa langsung disadap dan diambil. Jadi segera hapus OTP tersebut sehingga tidak dipergunakan secara sembarangan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara mengunci WA supaya aman dari penyadapan dan pencurian data sudah di kasih atas. Intinya kamu bisa menggunakan cara manual dengan selalu melakukan pengecekan dan menggunakan password. Apabila ingin lebih aman bisa menggunakan aplikasi tambahan.