Cara Menampilkan Subtitle di Youtube yang Tidak CC dengan Mudah

 

Samudranesia.id – Ulasan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menampilkan subtitle di Youtube yang tidak ada CC. Yuk, simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

Baik sebaian penonton youtube akan lebih nyama ketika video yang mereka tonton muncul CC. CC atau yang disebut dengan Closed Caption memungkinkan penonton untuk mendapatkan informasi tambahan yang dapat tampil di layar.

Mungkin saja ada sebagian dialog yang terlewatkan dari pendengaran, bisa baca caption yang muncul di video youtube. Video dengan menampilkan CC seperti ini menjadi trend termasuk di Youtube.

Youtube sendiri memang telah menyediakan fitur CC. Walaupun begitu tidak semua video yang tampil di youtube disertai dengan auto generated CC. Apa penyebab nya? bukankah penonton lebih nyaman menggunakan metode ini ?

Memang ada yang lebih nyaman menonton video dengan menampilkan CC, tapi perlu juga diingat bahwa da penonton lain juga yang lebih nyaman vika video yang di tonton pure menampilkan gambar saja.

Oleh karena nya adanya tampilan video youtube ada yang tidak menampilkan CC, itu bisa disebabkan beberapa lasan. Pertama bisa jadi karena algoritma yang membuat CC tersebut tidak muncul, ke dua pembuat video sengaja tidak menambahkan fitur CC untuk tampil dalam channel youtube nya.

Fitur Live Caption Telah Di Tambahkan Oleh Google

Cara Menampilkan Subtitle di Youtube yang tidak CC

Kabar baik khusus pengguna browser chrome, bahwa sekarang google telah menambahkan fitur live caption untuk PC. Jadi jika anda sedang menonton video apapun di PC melalui browser chrome, secara otomatis chrome akan mencetak teks berdasarkan dialog yang terucap. Subtitle ini akan muncul ketika video di putar, bahkan saat CC di youtube tidak aktif sekali pun.

BACA JUGA  SaveFrom, Situs Download Video (MP4 dan MP3) Tanpa Watermark 2022

Itu kabar baik nya ya gan. Untuk kabar buruk nya CC yang disediakan oleh chrome saat ini hanya dapat menampilkan subtitle bahasa Inggris saja. Sedangkan untuk bahasa Indonesia belum tersedia. Tidak masalah, dengan begitu kita bisa belajar bahasa Inggris secara gratis. Belajar mengerti gramatikal dan penulisan bahasa Inggris.

Jika sudah di setting otomatis dengan menampilkan CC saat video di putar, lalu apakah bisa kita menonton video youtube tanpa adanya tampilan CC ? Karena alasan tidak nyaman dengan tampilan CC ini, sebagian penonton video di google memilih untuk menghilangkan nya saja.

Tenang saja kawan, admin tahu bagaimana cara menampilkan video youtube tanpa CC. Tidak perlu khawatir, masalah ini akan teratasi jika kalian mengikuti tutorial yang admin jelaskan di bawah ini :

Cara Menampilkan Subtitle Youtube yang Tidak Ada CC

Cara Menampilkan Subtitle di Youtube yang tidak CC

Selera orang memang beda – beda, ada yang suka menonton disertai dengan subtitle dengan CC dan ada juga yang suka menonton youtube tanpa CC. Jika kamu termasuk orang yang tidak suka menonton video yang disertai dengan subtitle CC, kamu bisa setting chrome sebagai berikut :

  • Buka video youtube menggunakan Chrome melalui PC
  • Pada baian ataskanan browser, klik ikon musik. Setelah itu aktifkan teks otomatis. Ini adalah cara untuk mengaktifkan subtitle atau CC ya gan.
  • Tunggu proses pengunduhan data bahasa sampai selesai.
  • Teks subtitle akan muncul secara otomatis.
  • Jika kamu ingn menonaktifkan nya, kalian hanya perlu klik tanda x yang ada pada bagian pojok kanan. Dengan begitu subtitle akan hilang.
  • Atau kalian juga bisa langsung mematikan nya melalui kontrol bertanda musik.

Begitu lah cara nya untuk mematikan CC pada subtitle yang otomatis muncul ketika kalian menonton video. Sebenarnya fitur ini sangat bagus. Tujuannya untuk memperjelas percakapan pada video. Mungkin saja ada dialog yang kurang jelas, bisa membaca caption yang telah disediakan.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Creator Studio Youtube Tidak Muncul Dengan Mudah

Tidak hanya pada video youtube saja subtitle CC ini akan muncul, namun juga kan muncul otomatis saat anda menonton video pada platform yang lain nya. selama browser anda menggunakan chrome, maka selama itu juga CC akan muncul secara otomatis.

Gampang lagi jika anda benar – benar tidak ingin menampilkan CC, jangan gunakan browser chrome geng. Bisa gunakan browser yang lain nya seperti mozila atau opera.

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai bagaimana cara menampilkan subtitle di youtube yang tidak ada CC baik itu di Laptop, PC dan hp Android. Semoga bermanfaat, terimakasih.