Cara Buat Absensi Online di Whatsapp Dengan Mudah

 

Samudranesia.id – Cara buat absensi online saat ini banyak sekali dicari orang orang akibat dari pandemi covid 19 yang sedang berlangsung. Akibat dari pandemi itulah seluruh kegiatan beralih dari offline atau luring menjadi online atau daring.

Sejak pandemi banyak sekali kegiatan yang berhenti beroperasi. Mulai dari kegiatan kecil yang dilakukan sehari hari hingga kegiatan pekerjaan yang cukup besar. Hal ini banyak menimbulkan kerugian di sejumlah pihak namun tidak bagi perusahaan yang bergerak secara online.

Namun masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara buat absensi online di Whatsapp. Maka dari itu kami telah membuat tutorialnya dan kamu dapat membaca artikel ini sampai habis untuk mengetahui caranya.

Sedikit Tentang Penggunaan Whatsapp

Sedikit Tentang Penggunaan Whatsapp

Whatsapp sendiri merupakan salah satu aplikasi sosial media yang berfungsi sebagai aplikasi pengirim pesan. Hampir seperti instagram dan tiktok, whatsapp sendiri lebih sering digunakan ketika pandemi covid 19 berlangsung untuk bertukar pesan.

Oleh karena itu banyak juga kegiatan yang dilakukan secara daring atau online melalui aplikasi whatsapp ini. Seperti chattingan dengan teman, keluarga, sekolah, perkuliahan, bahkan hingga kegiatan pekerjaan juga dilakukan melalui aplikasi whatsapp ini.

Whatsapp menjadi semakin penting dari awal pandemi covid 19 berlangsung hingga saat ini. Bagaimana tidak, karena kebanyakan orang menanyakan kabar terkini tentang update pekerjaannya melalui aplikasi whatsapp ini yang dirasa lebih mudah.

Kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di perguruan tinggi juga menjadi secara online. Komunikasi antara pelajar dan pengajar pun dilakukan melalui aplikasi whatsapp sehari harinya.

Nah jika biasanya absensi dilakukan secara langsung oleh guru atau dosen yang memanggil murid atau mahasiswanya satu satu. Kali ini absen dilakukan secara online dan caranya cukup sulit jika belum pernah mencobanya.

Maka dari itu kami sengaja menulis artikel cara buat absensi online ini agar kamu bisa melakukan absen secara online. Untuk cara lebih jelasnya bisa kamu baca penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA  Scoopy WhatsApp Hack Link Sadap WA Asli 100% Terbukti

Cara Buat Absensi Online Di Whatsapp

Cara Buat Absensi Online Di Whatsapp

Jika kamu sedang melaksanakan kelas online dan ingin tahu berapa orang sih yang sudah hadir di kelas ini. Maka cara yang paling tepat adalah membuat absensi secara online yang bisa diikuti oleh seluruh peserta.

Terdapat 3 cara buat absensi online di aplikasi whatsapp yang bisa kamu ikuti. Dengan begitu kelas online akan tetap berjalan dan kamu jadi bisa mengetahui siapa saja yang mengikuti kegiatannya kali ini.

1. Cara Buat Absensi Online Dengan Chat Atau Grup Chat

Cara buat absensi online yang paling mudah adalah melalui grup chat. Kamu bisa membuat sebuah list yang dapat disalin dan ditempel oleh seluruh anggota grup dan menambahkan namanya masing masing ke dalam list tersebut.

  1. Pertama buka aplikasi whatsapp di ponselmu.
  2. Kemudian buka chat grup yang ingin kamu buat absensinya.
  3. Lalu ketik pesan pada kolom chat untuk memulai proses absensi menggunakan suatu format seperti nama dan nomor absen atau nim mahasiswa.
  4. Selanjutnya kirimkan pesan ke grup.
  5. Berikutnya perintahkan kepada anggota grup yang lain untuk menambahkan nama mereka masing masing secara bergantian.

Memang cara buat absen online melalui whatsapp ini cenderung mudah dan tidak butuh ekstra tenaga untuk melakukan rekap absensinya. Sehingga kamu bisa membandingkan jumlah orang yang absen dengan jumlah peserta grup.

Namun sangat disayangkan absensi dengan cara ini memiliki keterbatasan. Yaitu ketika peserta yang terburu buru untuk mengisinya sehingga absen akan saling menumpuk dan terkadang ada yang salah menyalin dan nama temannya menjadi hilang.

Oleh karena itu untuk mengatasinya kamu bisa meminta kepada temanmu untuk menuliskan namamu agar tidak saling tumpuk. Atau juga kamu bisa menggunakan kode seperti “isi absen” dan jika ada yang mengetik pesan tersebut maka orang lain harus menunggu.

Kemudian untuk peserta kelas online bisa mengikuti cara ini untuk mengisi list absensi yang telah dibuat sebelumnya.

  1. Pertama pastikan dulu sudah giliran kamu untuk mengisi absensi atau ketik dahulu kode yang telah disepakati sebelumnya.
  2. Kemudian salin list yang paling terakhir dikirim dengan cara tekan lama bubble chat, klik tanda titik tiga di atas, dan pilih salin.
  3. Lalu tekan selama setengah detik di kolom chat dan pilih tempel untuk menempelkan hasil salinan.
  4. Setelah itu isi namamu dan nomor absen atau nim mahasiswa.
  5. Jika sudah, segera tekan kirim agar yang lain juga bisa absen.
  6. Selesai.
BACA JUGA  Labalabi For WhatsApp Download Versi Terbaru 2022 (Bom Chat)

2. Cara Buat Absensi Online Dengan Fitur Pesan Siaran

Jika absensi dilakukan tidak melalui grup chat, maka kamu juga bisa mengirim pesan untuk mengisi absensi dengan fitur pesan siaran yang ada di whatsapp. Dengan begitu kamu bisa menjangkau seluruh temanmu.

Tetapi sebelum itu pastikan dulu kamu sudah menyimpan semua anggota kelas. Hal ini agar pesannya tersampaikan kepada seluruh anggota kelas dan tidak ada yang tertinggal satu pun. Untuk caranya ikuti berikut ini.

  1. Pertama buka app whatsapp.
  2. Kemudian pada tampilan utama, klik menu titik tiga yang ada di layar bagian atas kanan.
  3. Lalu pilih new broadcast atau buat pesan siaran baru.
  4. Setelah itu pilih siapa saja di kontakmu yang akan kamu kirimi pesan.
  5. Kamu akan dialihkan ke sebuah room chat dan ketikkan saja pesan apa yang ingin kamu sampaikan.
  6. Selesai.

Dengan begitu, semua temanmu yang ada di daftar siaran tadi akan menerima pesan yang kamu kirimkan dan bisa meresponnya. Kemudian kamu bisa menganggapnya hadir jika mereka telah membalas pesan siaranmu itu.

Namun cara ini juga memiliki kelemahan dimana kamu harus melakukan rekap absensinya secara manual satu per satu. Sehingga memerlukan waktu tambahan untuk melakukan rekapitulasi absensinya.

3. Cara Buat Absensi Online Dengan Gambar

Cara buat absen online yang ketiga adalah dengan menggunakan gambar. Selain kedua cara di atas, gambar juga bisa dijadikan sebagai media untuk absensi secara online dengan cara menggunakan fitur message info.

  1. Pertama pilihlah gambar yang ingin kamu kirim (dapat berupa tulisan dari daftar kehadiran).
  2. Kemudian kirim gambar itu ke dalam grup chat dan tambahkan tulisan “Absensi” serta tanggal pesan dikirim.
  3. Lalu tunggu sampai batas absensi berakhir.
  4. Selanjutnya tahan bubble chat gambar tadi untuk memunculkan menu.
  5. Berikutnya klik logo “i” atau info pesan pada bagian atas.
  6. Kamu akan melihat siapa saja yang sudah membaca pesan tersebut.
  7. Selesai.

Kamu bisa menganggap siapa saja yang sudah melihat gambar tersebut hadir di kelas. Rekapitulasi absensi pun bisa langsung dilakukan karena urutannya berdasarkan waktu anggota melihat pesan tersebut.

Cara buat absensi online ini dapat kamu lakukan untuk mengetahui siapa saja yang hadir di antara semua peserta. Dan cara pertama lah yang paling banyak digunakan karena lebih pasti dan lebih cepat untuk rekapnya.

BACA JUGA  6 Cara Akses WhatsApp Tanpa Kode QR Barcode via Emulator, WA PC, dll

Benefit Membuat Absen Online Di Whatsapp

Benefit Membuat Absen Online Di Whatsapp

Whatsapp memang sering sekali dijadikan sebagai media untuk absensi secara online. Hal ini karena banyak sekali manfaatnya yang bisa dirasakan oleh penggunanya.

  • Peserta dapat melakukan absensi di mana saja dan kapan saja secara real time.
  • Proses pembuatan absensi juga tidak terlalu sulit seperti di Google Classroom.
  • Whatsapp juga termasuk ke dalam aplikasi sosial media yang paling banyak digunakan di seluruh dunia untuk berbagai keperluan.
  • Bisa melakukan pencarian pesan dengan waktu yang cepat.
  • Whatsapp juga bisa kamu dapatkan secara gratis dan hemat penggunaan kuota.

Bahkan jika kamu sedang berada di tempat yang sangat sulit untuk mendapatkan sinyal, kamu tetap bisa mengisi absensi. Sehingga kamu tidak akan ketinggalan untuk absensi ataupun mendapat informasi yang berguna.

Cara Buat Absensi Online Dengan Cara Lain

Cara Buat Absensi Online Dengan Cara Lain

Selain menggunakan Whatsapp, ada juga cara buat absensi online menggunakan bantuan aplikasi lainnya. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan absensi.

1. Menggunakan Google Form

Cara buat absensi online dengan google form ini berbeda dengan whatsapp. Kamu bisa menggunakan google form ini untuk dokumentasi absen karena data yang diambil bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

  1. Pertama bukalah google drive.
  2. Kemudian klik tambah di menu dan klik google form.
  3. Lalu buatlah formulir daftar absen seperti nama dan no absen atau nim mahasiswa.
  4. Setelah itu simpan formulir dan salin linknya untuk dibagikan kepada anggota kelas agar mereka dapat mengisi formulirnya.
  5. Selesai.

2. Menggunakan LMS

LMS atau Learning Management System dapat digunakan juga sebagai media untuk absen. Namun caranya sedikit rumit karena perlu akses admin untuk membuat absennya.

  1. Pertama login sebagai admin di LMS.
  2. Kemudian input data semua siswa/mahasiswa.
  3. Lalu sistem akan otomatis membagi anggota kelasnya masing masing.
  4. Untuk absensi siswa hanya perlu login dan absen di halaman yang disediakan.
  5. Berikutnya guru/dosen hanya harus login dengan role pengajar untuk meninjau kehadiran.
  6. Setelah itu tenaga pengajar dapat melihat siapa saja yang hadir ataupun tidak hadir di rekap absensinya.
  7. Selesai.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan dari kami Samudranesia.id mengenai Cara Buat Absensi Online di Whatsapp. Semoga dapat membantumu yang sedang kesulitan membuat absen secara online. Sampai bertemu kembali di kesempatan yang berikutnya.