2 Cara Backup Whatsapp iPhone ke iCloud Manual dan Otomatis

 

Samudranesia.id – Cara backup WhatsApp iPhone ke iCloud dilakukan untuk memudahkan proses penyelamatan data. Jadi ketika ada data-data yang tidak sengaja dihapus masih bisa dikembalikan atau restore. Selain itu juga bisa digunakan untuk mendokumentasikan hal-hal penting.

Itulah kenapa proses backup harus dilakukan secara rutin paling tidak setiap seminggu sekali. Jadi apabila ada data atau percakapan penting masih bisa dicari lagi apabila hilang. Jadi kamu tidak akan takut kehilangan apabila tidak sengaja menghapusnya.

Selain itu cara backup WhatsApp iPhone ke iCloud juga dilakukan untuk memudahkan proses pemindahan perangkat. Jadi jika di kemudian hari kamu berganti perangkat iPhone yang lain. Proses restore akan berjalan dengan lebih mudah.

Cara Backup Whatsapp iPhone di iCloud

Cara Backup Whatsapp iPhone di iCloud

1. Cara Backup Whatsapp iPhone ke iCloud secara Manual

Cara pertama bisa dilakukan dengan menggunakan sistem manual. Kamu bisa menekan tombol back up sendiri jadi kapan pun ingin melakukan proses pencadangan bisa langsung dilakukan. Ikuti langkah dibawah ini untuk melakukannya.

  • Masuk Setting – Apple ID – iCloud.
  • Gulir ke bawah sampai menemukan WhatsApp lalu aktifkan
  • Masuk lagi ke Setting – WhatsApp.
  • Pilih Chat Backup.
  • Backup Now.

Tunggu proses backup dan biasanya cepat atau lambatnya tergantung dengan jenis koneksi yang dipakai. Semakin baik koneksi yang digunakan maka prosesnya akan semakin cepat.

BACA JUGA  7 Cara Bikin Foto yang Bagus untuk Profil WA dengan Mudah

2. Cara Backup Whatsapp iPhone ke iCloud secara Otomatis

Apabila ingin melakukan proses pencatatan otomatis khususnya ketika tersambung dengan wi-fi. Ikutilah juga langka di bawah ini.

  • Masuk ke Setting.
  • Chats – Chat Backup – Auto Backup.
  • Pilih setiap berapa kali durasi pencadangan.

Apabila ponsel terhubung ke wi-fi proses backup akan berjalan dengan sendirinya.

Manfaat Melakukan Backup Whatsapp di iPhone

Manfaat Melakukan Backup Whatsapp di iPhone

1. Menyelamatkan Chat

Manfaat pertama dari melakukan pencadangan atau backup WhatsApp iPhone adalah untuk menyelamatkan berbagai jenis chat yang ada di dalamnya. Karena chat yang ada di sana biasanya akan hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.

Proses penyelamatan ini dilakukan juga untuk menghindari adanya pesan penting yang terhapus. Jadi kapan pun ingin dikembalikan lagi masih bisa mengakses iCloud dan memilih mana saja tanggal yang ingin dipulihkan.

2. Menyelamatkan Media

Selain untuk melakukan proses pencadangan pada teks yang digunakan pada percakapan. Cara ini juga digunakan untuk melakukan proses pencadangan pada beberapa jenis media yang juga dikirim ataupun disimpan pada WhatsApp.

Setelah melakukan proses pencadangan maka data-data akan masuk ke dalam iCloud dan tersimpan dengan rapi. Data dalam bentuk media baik itu gambar ataupun video bisa langsung diunggah dari sana. Bahkan kamu bisa mengaktifkan proses backup otomatis untuk video.

Cara ini akan memudahkan proses penyelamatan berbagai jenis data. Bahkan tidak satu data pun akan hilang apabila proses backup dilakukan secara manual. Jadi kamu tidak perlu khawatir meski data tersebut sudah dihapus pada ponsel yang digunakan.

3. Memudahkan Ganti Device iPhone

Ada kalanya seseorang akan berganti ponsel dari yang lama ke yang baru. Selama masih menggunakan iPhone ataupun gadget yang berasal dari Apple maka proses untuk melakukan Playstore bisa berjalan dengan lebih mudah dan juga cepat.

BACA JUGA  2 Cara Balas Pesan WA Otomatis Tanpa WhatsApp Business

Yang paling penting adalah sudah melakukan proses download pada aplikasi Whatsapp dan juga melakukan login di sana. Apabila sudah terbiasa melakukan proses backup maka secara otomatis akan langsung masuk dan data bisa digunakan.

Cukup pilih mana saja tanggal dari pick up yang akan dikembalikan lagi. Setelah itu bisa langsung dimanfaatkan untuk melakukan proses restore. Meski device yang digunakan sudah berbeda seluruh data dari WhatsApp yang ada di dalamnya akan tetap sama.

4. Membuat Device Jadi Enteng

Manfaat dari melakukan backup iPhone ke iCloud adalah membuat desain menjadi lebih enteng. Apalagi jika data yang ada pada WhatsApp jumlahnya ada sangat banyak. Kemungkinan besar akan membuat memori yang dimiliki oleh iPhone menjadi menurun.

Untuk menghindari hal ini maka dilakukan proses backup secara otomatis atau manual. Dengan cara ini maka seluruh data yang dibutuhkan akan tersimpan secara otomatis. Setelah melakukan proses penyimpanan maka kamu bisa langsung menghapus beberapa data yang tidak dibutuhkan.

Jika di kemudian hari kamu menginginkan data-data tersebut maka bisa dilakukan proses restore. Jadi tidak perlu takut ketika akan melakukan proses penghapusan. Karena prosesnya bisa berjalan dengan lebih mudah dan membuat gadget menjadi lebih lega.

5. Bisa Memilih Tanggal Restore

Cara memulihkan cadangan WA di iPhone bisa dilakukan dengan memilih salah satu dari beberapa data yang sudah di backup. Akan ada banyak tanggal di sana sehingga bisa memilih sendiri kira-kira pada tanggal berapa ingin melakukan proses restore dan mengembalikan semua data.

Ketika melakukan proses backup ke iCloud biasanya setiap data akan memiliki tanggal yang berbeda-beda. Adanya tanggal ini akan memudahkan kamu ketika akan melakukan proses restore di kemudian hari.

BACA JUGA  6 Cara Memperbaiki Whatsapp Lag, Lambat, dan Error Paling Praktis

Selain itu adanya tanggal ini juga akan memudahkan kamu untuk melakukan proses penyimpanan. Karena pada setiap tanggal backup kemungkinan besar akan meng-upload file yang berbeda-beda. Jadi akan lebih memudahkan kamu untuk melakukan backup karena datanya tidak besar.

Cara backup WhatsApp iPhone ke iCloud bisa dilakukan dengan beberapa cara yang sudah dibahas di atas. Kamu bisa menggunakan cara manual ketika ingin melakukan backup secara mandiri. Selain itu bisa juga menggunakan cara otomatis seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Namun, beda cerita jika kalian menggunakan aplikasi GB WhatsApp apk mod, dimana semuanya sudah bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan praktis. Karena WA GB terdapat fitur yang lengkap, salah satunya backup whatsapp iphone ke icloud.