Cara Cek Bantuan Set Top Box Dari Pemerintah Secara Akurat

 

Samudranesia.id – Bantuan Set Top Box adalah salah satu langkah pemerintah untuk membantu keluarga yang ada dalam kategori rumah tangga miskin. Karena seperti yang telah diketahui terdapat anjuran dari pemerintah untuk migrasi dari tv analog ke tv digital.

Bagi kamu yang tidak memiliki tv digital sebelumnya, kamu bisa menggunakan set top box ini pada TV analog milikmu. Karenanya dengan penggunaan set top box ini, kamu akan bisa menikmati siaran TV digital dari TV analog.

Tanpa harus membeli tv baru atau memodifikasi TVnya terlebih dahulu. Terdapat program Bantuan Set Top Box yang baru saja di rilis oleh kominfo. Pada program ini kamu bisa mendapatkan alat tersebut secara cuma-cuma.

Penasaran dengan cara cek dan cara mendapatkan STB ini?. Maka langsung saja simak ulasan dari kami berikut ini

Apa Itu Set Top Box?

Apa Itu Set Top Box

Mungkin beberapa dari kamu disini telah mengetahui alat yang satu ini. Telah disebutkan juga sebelumnya kalau dengan menggunakan set top box ini maka kamu akan bisa menikmati siaran tv digital.

Singkatnya Set Top Box ini adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi suatu suara dan gambar. Dimana hasil konversi tersebut bisa ditampilkan langsung pada TV analog Biasa.

Set top box ini telah mendukung fitur Digital Video Broadcasting generasi kedua terestrial atupun DVB-T2. Sehingga kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk memasang antena atau parabola terlebih dahulu untuk menerima sinyal digital. Cukup gunakan saja UHF.

Namun jika pada perangkat TV kamu telah memiliki fitur penagkap sinyal digital. Dimana biasanya Smart TV lah yang dapat melakukan hal tersebut. Maka kamu tidak memerlukan lagi pemasangan set top box.

Jika kamu memiliki tv analog dan ingin membeli sebuah set top box. Kamu haruslah pintar-pintar mencari alat terbaiknya. Karena terdapat beberapa kasus dimana set top box tidak dapat digunakan.

Kamu haruslah melakukan pengecekan set top box terbaik terlebih dahulu. Lakukanlah pengecekan apakah pada set top box tersebut. terdapat sertifikasi dari kominfo atau tidak. Sertifikasi dari kominfo ini adalah jaminan bahwa set top box dapat digunakan.

BACA JUGA  Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box Dengan Mudah

Program Penerima Bantuan Set Top Box Gratis

Program Penerima Bantuan Set Top Box Gratis

Seperti yang telah di ketahui. Sebelumnya per 2 November 2022 telah terjadi penutupan siaran TV yang menggunakan jaringan analog. Hal tersebut merupakan tahap terakhir dari migrasi program siaran tv analog ke tv digital.

Hal ini membuat sebagian masyarakat di Indonesia yang ada di berbagai daerah tidak lagi dapat menonton program siaran TV analog. Namun walaupun begitu kamu tidak usah merasa cemas lagi.

Karena dalam rangka meringankan beban sebagian masyarakat tersebut. Kominfo telah melakukan kerja sama dengan lembaga penyiaran untuk memberikan bantuan berupa pembagian set top box secara gratis.

Berdasarkan info yang didapatkan oleh kami pada situs resmi, dikatakan bahwa pada akhir bulan november ini. Akan dilakukan pembagian bantuan set top box untuk Rumah Tangga Miskin atau RTM. Dengan jumlah yang melebihi 1 juta unit STB.

Contohnya saja wilayah Jabodetabek. Berdasarkan jumlah pembagian STB tersebut. Kementrian kominfo mempunyai target untuk pembagian STB di wilayah jabodetabek. Dimana ada sebanyak 400 ribu unit STB. Hingga saat ini taget tersebut telah berhasil di capai.

Kominfo telah berhasil melakukan pembagian bantuan STB sebanyak 473.308 unit STB di wilayah jabodetabek ini. Dengan terdapat sekitar 60.791 rumah tangga miskin yang belum memenuhi syarat-syarat untuk menerima bantuan set top box.

Kategori Penerima Bantuan Set Top Box

Kategori Penerima Bantuan Set Top Box

Telah disebutkan sebelumnya. Dimana terdapat beberapa rumah tangga miskin yang tidak berhak menerima bantuan set top box ini. Maka dari itu sebelum kamu melakukan pengajuan bantuan tersebut. Perlu kamu ketahui lebih dulu siapa saja orang yang berhak mendapatkan bantuan STB ini.

Keluarga dari rumah tangga miskin yang berhak mendapatkan bantuan dari program ini. Haruslah keluarga yang sebelumnya telah terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS. Jika kamu belum terdaftar, maka harusla lakukan pendaftaran lebih dulu.

Dalam hal ini, untuk dapat menjadi calon penerima bantuan ini. Suatu RTM atau rumah tangga miskin juga harus terdaftar terlebih dahulu di desil 1 pada data carik Percepatan Pesasaran Penghapusan Kemiskinan Esktrem atau P3KE.

BACA JUGA  7 Set Top Box Untuk TV Tabung Terbaik dan Termurah 2022

Untuk kamu yang telah memenuhi persyaratan untuk penerimaan bantuan set top box. Tapi masih belum mendapatkannya pada tanggal 2 November kemarin. Maka kamu masih bisa mendapatkannya dengan cara pengajuan bantuan secara mandiri.

Cara Melakukan Ajuan Penerima Bantuan Set Top Box

Cara Melakukan Ajuan Penerima Bantuan Set Top Box

Teruntuk kamu yang masuk ke dalam kategori Rumah Tangga Miskin (RTM) yang berhak mendapatkan bantuan STB. Namun masih terkendala oleh beberapa hal hingga tanggal 2 November 2022 lalu. Maka kamu masih bisa mendapatkan bantuan tersebut dengan membuat pengaduan.

Kamu sebagai keluarga dari RTM yang membutuhkan bantuan set top box gratis ini. Dapat membuat pengajuan mandiri dengan cara telfon ke call center 159 ataupun telfon ke nomor Posko Respon Cepat yang menangani pembagian bantuan STB terdekat.

Setelah melakukan pengajuan pendaftaran tersebut. Maka sebelum kamu dapat menerima pembagian bantuan set top box ini. Kamu perlu mengetahui apakah nama kamu sudah terdaftar pada situs pengecekan atau belum. Simak ulasan terkait hal tersebut berikut ini.

Cara Melakukan Cek Daftar Penerima Bantuan Set Top Box

Cara Melakukan Cek Daftar Penerima Bantuan Set Top Box

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Untuk bisa mendapatkan bantuan set top box gratis ini. Kamu perlu lakukan pendaftaran terlebih dahulu dan jika kamu telah terdaftar. Maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah cek daftar penerima.

Dengan melakukan pengecekan ini kamu akan mengetahui apakah kamu sudah dengan benar telah terdaftar atau belum. Jika kamu bingung dengan dimana tempat untuk bisa melakukan pengecekan penerima bantuan. Berikut kami berikan link situsnya untuk kamu.

Nama Situs Pengecekan Penerima Bantuan Set Top Box
Link Situs Disini

 

Bagi kamu yang masih belum tahu cara pengecekannya. Kamu tidak perlu khawatir. Karena lagi-lagi akan kami berikan deretan langkah mudahnya untuk kamu ikuti. langsung saja kamu simak langkahnya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menekan atau klik di link situs pengecekan pada tabel di atas.
  2. Berikutnya jika sudah masuk ke dalam situs. Kamu harus memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP milik kamu. Agar dapat melanjutkan prosesnya.
  3. Jangan lupa untuk menyelesaikan kode captcha jika ada.
  4. Selanjutnya kamu tekanlah tombol pencarian. Tunggulah prosesnya hingga tampilan informasi kamu muncul di layar.
BACA JUGA  8 Set Top Box Murah 100 Ribuan Dengan Kualitas Terbaik

Jika kamu telah mendaftar tapi nama atau informasi mengenai diri kamu masih belum muncul di layar. Lakukan ulang langkah pengecekan di atas. Karena ada kemungkinan terdapat kesalahan input nompor NIK.

Keunggulan Siaran TV Digital Dibandingkan TV Analog

Keunggulan Siaran TV Digital Dibandingkan TV Analog

Langkah migrasi ke TV Digital atau pematian siaran TV analog yang dilakukan pemerintah ini. Tentulah di dasari oleh banyak faktor. Salah satunya adalah adanya perkembangan teknologi yang membuat tv digital ini memiliki banyak kelebihan dibanding tv analog.

Kalau hingga saat ini kamu masi merasa ragu untuk pindah ke siaran tv digital. Maka kamu perlu memerhatikan dan menyimak ulasan dari kami yang satu ini. Dengan dibuatnya ulasan ini semoga kamu tidak merasakan keraguan lagi untuk pindah ke siaran digital.

Tentu saja faktor utama yang menjadi kelebihan tersendiri dari penggunaan teknologi digital adalah minimnya gangguan. Walaupun pada saat pengimplementasianya terdapat beberapa gangguan, gangguan tersebut dapat dengan cepat di koreksi dan di minimalisir.

Transmisi data yang ada pada siaran digital juga akan terasa lebih ringan dan cepat. Karena data telah di ubah kebentuk pulse. Dengan begitu pengkodean pada tv digital juga akan dirasa lebih sederhana dibandingkan dengan modifikasi amplitudo.

Lalu berikutnya adalah hal yang paling penting. Dengan penggunaan TV digital kamu akan diberikan pengalaman menonton yang sangat mengasyikan. Karena kualitas gambar dan suara pada tv digital ini lebih baik dan lebih nyaman untuk di tonton dan di dengar.

Satu hal lagi yang menjadikan siaran dari tv digital lebih baik dibanding tv analog. Jika menggunakan tv digital maka kamu tidak perlu khawatir lagi dengan adanya gambar yang tidak stabil. Hal ini berbeda dengan tv analog yang gambarnya tidak stabil jika diberi gerakan walaupun hanya sedikit.

Akhir Kata

Sampai sudah pada akhir perjumpaan kita di kesempatan kali ini. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan untuk mendapatkan bantuan Set Top Box ini. Karena awal november ini seluruh media TV telah mengubah jaringan siarannya menjadi siaran digital.

Bagikan ulasan artikel ini kepada teman ataupun kerabat terdekat kamu, jika kamu merasa artikel ini sangat berguna untuk kamu. Terima kasih juga karena telah membaca artikel ini hingga habis. Sampai jumpa dan sampai bertemu kembali!