Kumpulan Bacaan Doa Hujan Lebat Disertai Angin dan Petir (Lengkap)

 

Samudranesia.id– Untuk kalian yang sedang mencari Doa-Doa Hujan Lebat, agar hujan tersebut menjadi berkah kepada diri kita, namun kalian masih kebingungan dan tidak menemukan doa-doanya

Tenang saja kalian tidak perlu cemas, karena kami disini sudah menyediakan berbagai Doa tersebut dan jika kalian ingin membacanya silahkan kalian simak ulasan berikut ini.

Disaat hujan turun, sering sekali menjadikan sebagian orang menjadi galau, entah itu teringat dengan masa lalunya atau karena turunnya hujan menjadi suasana semakin sepi, padahalkan ketika hujan tersebut turun, maka banyak sekali berkah yang akan turun kebumi.

Apalagi sekarang ini sampir menutup musim kemarau, tentunya akan sering sekali turunnya hujan kemuka bumi ini, akan tetapi semua orang menyangka ketika turunnya hujan itu adalah pembawa musibah, dikarenakan jika hujan tersebut lebat akan menyebabkan banjir diseluruh wilayah.

Padahalkan ketika hujan turun itu akan membawakan berkah kepada seluruh alam baik itu tumbuhan dan juga manusia, dan seharusnya disaat hujan turun kita harus bersyukur, karena dengan begitu banyak sekali tumbuhan yang sekin cepat tumbuh.

Dalam surat Al Baqarah ayat 164 tertulis bahwa hujan dan angin kencang merupakan tanda kebesaran Allah bagi kaum Islam.

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِيْ تَجْرِيْ فِى الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ مِنَ السَّمَاۤءِ مِنْ مَّاۤءٍ فَاَحْيَا بِهِ الْاَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيْهَا مِنْ كُلِّ دَاۤبَّةٍ ۖ وَّتَصْرِيْفِ الرِّيٰحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّعْقِلُوْنَ

Inna fī khalqis-samāwāti wal-arḍi wakhtilāfil-laili wan-nahāri wal-fulkillatī tajrī fil-baḥri bimā yanfa’un-nāsa wa mā anzalallāhu minas-samā`i mim mā`in fa aḥyā bihil-arḍa ba’da mautihā wa baṡṡa fīhā ming kulli dābbatiw wa taṣrīfir-riyāḥi was-saḥābil-musakhkhari bainas-samā`i wal-arḍi la`āyātil liqaumiy ya’qilụn

Artinya: Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, pergantian malam dan siang, kapal yang berlayar di laut dengan (muatan) yang bermanfaat bagi manusia, apa yang diturunkan Allah dari langit berupa air, lalu dengan itu dihidupkan-Nya bumi setelah mati (kering), dan Dia tebarkan di dalamnya bermacam-macam binatang, dan perkisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi, (semua itu) sungguh, merupakan tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti.

Apalagi untuk orang yang mempunyai kebun, karena dengan turunnya hujan para tukang kebun tersebut tidak perlu repot-repot lagi untuk menyiram tanamannya lagi, karena sudah tersiram oleh air hujan, dan alangkah baiknya ketika turunnya hujan kita membaca doa agar hujan tersebut membawa berkah kepada diri kita sendiri dan orang lain.

BACA JUGA  Inilah Keutaman Amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Akan tetapi ketika kalian tidak hafal membaca doanya, kalian tidak perlu cemah karena dizaman modern ini sudah banyak sekali doa-doa yang sudah disediakan didalam internet kalian hanya buka handhpone kalian dan masuk ke websit dan lalu cari doa tersebut

Walaupun begitu tentunya masih banyak sekali yang masih kebingungan ketika sedang mencari doa tersebut, karena tidak semua orang yang hafal artinya, nah jika memang begitu kalian tidak perlu cemah disini kami sudah menyediakan berbagai doa  berserta artinya, silahkan kalian simak ulasan berikut ini.

Bacaan Doa-Doa ketika Turun Hujan

Seluruh umat islam disunahkan (Dianjurkan) untuk membaca doa ketika turun hujan, baik itu hujan lebat atau hujan yang reda, karena hal tersebut sebagaimana puji syukur kita dan memohon perlindungan agar disaat turun hujan tidak mendatangkan bahaya bagi kita semua.

Dan sebagaimana hal tersebut telah diriwayarkan oleh imam Syafi’i dalam kitab Al-Umm dari Rosululloh SAW berdapda “”Carilah doa yang dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu ikamah, serta ketika turunnya hujan”

Selain diriwayatkan oleh imam Syafi’i, imam an-Nawawi pun berkata ketika kita berdoa disat hujan maka doa kita akan terkabul dan tidak akan pernah ditolak atau jarang sekali ditolak karena ketika itulah turunnya anugrah, khususnya ketika turunnya hujan yang pertama di awal musim.

Doa Ketika Melihat Awan Hitam

Doa Hujan Lebat

Rasulullah berdoa ketika melihat awan hitam yang kelam. Beliau akan bergegas meninggalkan semua pekerjaannya dan langsung membaca doa berikut ini (HR. Imam Abu Dawud, Imam Ahmad, dan Imam al-Baihaqi):

BACA JUGA  Doa Agar Hutang Cepat Lunas dan Rezeki Berlimpah serta Artinya

وروت عائشة رضي الله عنها أن النبي صلي الله عليه وسلم كان إذا رأي ناشئا في أفق السماء ترك العمل, وإن كان في الصلاة ثم يقول: ((اللهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا)) فإن أمطرنا قال: (اللهُمَّ صَيِّبًا هَنِيْئًا)

Diriwayatkan Sayyidah Aisyah ra. sesungguhnya Nabi SAW ketika melihat awan hitam di langit, beliau langsung meninggalkan pekerjaan, meskipun beliau sedang melakukan shalat, kemudian berucap:

“Allahumma innî a’ûdzu bika min syarrihâ” (ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari keburukan awan ini).”

Dan ketika turun hujan, Beliau membaca doa turun hujan “Allahumma shayyiban nâfi’an (ya Allah turunkanlah hujan yang membawa manfaat dan kesenangan).”

(Imam Abu Bakr al-Thuthusyi al-Andalusi, al-Du’a al-Ma’tsûr wa Âdâbuhu wa Mâ Yajibu ‘alâ al-Dâ’î Ityâ’nuhu wa Ijtinâbuhu, h. 170-171)

Doa ketika turun hujan

Doa Hujan Lebat

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Artinya : “Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat”

Dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ  اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. (HR. Bukhari no. 1032)

Doa setelah turun hujan

Doa Hujan Lebat

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

Artinya : “Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَصْبَحَ مِنْ عِبَادِى مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ فَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ. فَذَلِكَ مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ بِالْكَوْكَبِ وَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِنَوْءِ كَذَا وَكَذَا. فَذَلِكَ كَافِرٌ بِى مُؤْمِنٌ بِالْكَوْكَبِ

Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan ’Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih’ (Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), makadialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan yang mengatakan ‘Muthirna binnau kadza wa kadza’ (Kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang.” (HR. Bukhari no. 846 dan Muslim no. 71).

BACA JUGA  Doa Mandi Sunnah Sebelum Puasa Ramadhan Lengkap Arab dan Artinya

Doa ketika takut bahaya hujan lebat

Doa Hujan Lebat

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari.

Artinya : “Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan”

Doa Ketika Hujan Lebat, Angin dan Petir

Doa Hujan Lebat

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

“Subhanalladzi yusabbihur ro’du bi hamdihi wal mala-ikatu min khiifatih,”

Artinya : “Maha suci Allah dengan memuji nya bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut padanya”

Atau doa :

سُبْحَانَ مَنْ سَبَّحَتْ لَهُ

 “Subhanalladzi sabbahat lahu,

Artinya: Mahasuci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya.

Itulah Doa-Doa Hujan Lebat, jika kalian sedang mencarinya silahkan kalian dapat mengambilnya dan membacakannya ketika turun hujan, agar hujan tersebut menjadi berkah dan tidak mendatangkan bahaya bagi diri kita sendiri dan orang lain.

Penutup

Mungkin sampai disini saja pembahasan kami tentang mengenai Doa Hujan lebat semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua dan terimakasih telah mengunjungi dan membaca artikel kami sampai akhir,

Jika ada kata-kata atau tulisan yang salah kami mohon maaf sebesar-besarnya, selamat berjumpa kembali di artikel selanjutnya. dan jangan lupa untuk terus ikuti artikel kami agar kalian tidak tertinggalan sebuah informasi penting dan terbaru lainnya.