Inilah Arti YOLO Dalam Bahasa Gaul Yang Sering Dipakai TikTok

 

Samudranesia.id – Arti YOLO belakangan ini menjadi hal yang ramai diperbincangkan banyak orang. Bagaimana tidak, kata YOLO sudah sangat populer digunakan di masyarakat. Terutama di media sosial, seperti TikTok dan Instagram. Terkadang rasanya cukup aneh bila tak ikut mengetahui arti kata yang sedang booming ini.

Bila kamu gemar bermain sosial media, tentu sudah tak asing lagi dengan kata ini. Bahkan, kadang kata YOLO sering ditempatkan sebagai hastag di berbagai konten sosial media. Tak jarang pula, karena sering melihatnya, kamu jadi tau arti YOLO ini.

Namun bila kamu masih belum tau arti dari kata ini, jangan khawatir. Karena kali ini akan dibahas tentang arti YOLO yang sering kamu dengar di sosial media tersebut. Yuk, disimak pembahasan arti kata tersebut sampai selesai, ya.

Yuk Cari Tau Arti YOLO Yang Viral Di Sosial Media Saat Ini

Yuk Cari Tau Arti YOLO Yang Viral Di Sosial Media Saat Ini

Kata YOLO merupakan kata yang viral digunakan masyarakat akhir – akhir ini. Kata yang satu ini menjadi terkenal setelah digunakan banyak influencer dan konten kreator di platform TikTok dan Instagram.

Karena kata ini sedang booming, tentunya kamu juga harus paham arti kata ini. Agar, kamu tak kebingungan saat seseorang mengatakan kata ini langsung di depan kamu. Kamu juga bisa terlibat percakapan dengan menggunakan kata ini bila memahami artinya.

Nah, jadi, kata YOLO yang saat ini sedang booming sendiri merupakan sebuah singkatan. YOLO adalah singkatan dari bahasa Inggris, yaitu kata You Only Live Once. Hal ini berarti, arti YOLO adalah kamu hanya hidup satu kali.

Berarti, penggunaan kata YOLO sendiri merujuk pada seseorang yang selalu bertindak sesuai insting dan kemauannya saja. Ini karena ia menganggap hidupnya hanya satu kali saja, jadi lebih baik digunakan untuk melakukan hal yang ia inginkan.

Kata YOLO juga bisa merujuk pada seseorang yang mencoba melakukan berbagai hal positif agar ia tak menyesal saat hidup. Di mana ini berarti ia menggunakan kehidupannya dengan baik dan berani mengambil keputusan.

Nah, jadi, arti YOLO sendiri sebenarnya tergantung pada percakapan atau media yang diupload di sosial media. Bisa berarti positif bila yang diupload adalah kegiatan positif. Namun bisa pula memiliki makna negatif bila yang diupload adalah sesuatu yang berbau negatif.

BACA JUGA  Apa Itu Manifesting Dalam Bahasa Gaul? Ini Arti dan Contohnya

Sifat YOLO ini sendiri sebenarnya tengah marak di kalangan anak muda. Apa lagi memang, di masa – masa ini mereka semua sibuk mencari jati diri dan arti hidup bagi mereka sendiri.

Karenanya, agar tetap bisa hidup positif, kamu perlu tau bagaimana cara mengarahkan YOLO ini menjadi hal yang positif. Sehingga, nantinya kamu benar – benar tak menyesal dalam menjalani hidup.

Apa Dampak Penerapan Arti YOLO Bagi Anak Muda?

Apa Dampak Penerapan Arti YOLO Bagi Anak Muda

Seperti yang tadi sudah dikatakan, arti YOLO sendiri merupakan sebuah prinsip untuk melakukan berbagai hal karena tau bahwa hidup hanya satu kali.

Dalam menjalankan prinsip ini, tentunya seseorang memiliki beragam jalan yang berbeda dengan jalan yang diambil orang lain. Pilihan ini bisa saja membuat mereka menerima konsekuensi positif maupun konsekuensi negatif.

Sama seperti itulah penerapan arti YOLO dikalangan anak muda. Jika mereka bisa meresapi arti YOLO sebagai melakukan hal positif dikehidupan, maka mereka akan menerima hal yang positif pula. Namun bila mereka meresapi arti YOLO sebagai hal negatif, maka negatif pula hasilnya.

Oleh karena itu, kali ini akan dibahas apa saja dampak positif dan negatif dari pemahaman YOLO bagi kehidupan. Yuk simak penjelasan selengkapnya, ya.

Dampak Positif Penerapan Arti YOLO Dalam Kehidupan

Bila kamu menerapkan arti YOLO secara positif dalam kehidupan kamu, maka kamu akan mendapatkan beberapa hal ini.

1. Tak Takut Mencoba Tantangan Baru Untuk Mencapai Mimpi

Dampak postif pertama yang pastinya akan kamu rasakan bila menerapkan arti YOLO secara positif adalah kamu tak akan takut mencoba tantangan baru. Kamu menjadi lebih berani tiap kali kamu menemukan tantangan baru yang berkaitan dengan mimpi mu.

Karena banyak mencoba hal baru, kemungkinan kamu mencapai mimpi mu juga makin besar. Jadi tak ada salahnya pula bersikap YOLO untuk kegiatan positif seperti ini.

2. Berani Keluar Dari Zona Nyaman

Bila kamu berhasil meneraplikan sikap YOLO dalam hal yang positif, kamu juga akan lebih berani keluar dari zona nyaman. Sebab, kamu akan tau, bahwa hidup hanya satu kali saja, tak apa keluar dari zona nyaman mu sesekali.

Namun, saat keluar dari zona nyaman, pastikan kamu sudah memperhitungkannya. Jangan mengambil keputusan yang terlalu gegabah saat memutuskan keluar dari zona nyaman mu. Tetap pertimbangkan risiko yang bisa kamu peroleh.

3. Punya Lebih Banyak Pengalaman

Jika seseorang menerapkan pola hidup YOLO, tak menutup kemungkinan mereka punya lebih banyak pengalaman. Ini karena mereka lebih berani mengeksplor dunia sekitarnya, termasuk mencoba hal baru. Hal baru ini lah yang membuat pengalaman mereka bertambah.

Bertambahnya pengalaman hidup tentu membuat seseorang bisa makin bijak menilai kehidupannya. Selain itu, pengalaman yang ia peroleh, bisa menjadi bekal dalam perjalanan hidupnya pula.

Dampak Negatif Penerapan Arti YOLO Dalam Kehidupan

Selain memberikan dampak positif, penerapan arti YOLO dalam kehidupan juga bisa memberikan dampak negatif. Dampak negatif arti YOLO ini dapat hadir bila seseorang terlalu menerapkan YOLO tanpa batasan. Sehingga mereka sudah berbuat kelewatan.

BACA JUGA  Apa Arti Feeling Lonely? Ini Artinya Dalam Bahasa Gaul

Bagi kamu yang mau tau, berikut ini merupakan beberapa dampak negatif dari penerapan sifat YOLO dalam kehidupan sehari – hari.

1. Seseorang Gampang Bertingkah Sembrono

Dampak negatif pertama yang akan dirasakan dari penerapan sifat YOLO adalah bertingkah sembrono. Ini karena mereka terlalu berlebihan dan menganggap mereka harus mencoba semua hal meski berbahaya selama mereka hidup.

Hal seperti ini tentunya merugikan. Sebab, sifat sembrono sering kali juga bisa membuat seseorang kehilangan nyawanya. Apa lagi bila mereka suka melakukan aksi – aksi berbahaya tanpa pengawasan orang dewasa dan perhitungan sama sekali.

2. Tidak Pandai Mengatur Gaya Hidup

Sifat YOLO yang berlebihan juga bisa menimbulkan dampak negatif lainnya. Dampak negatif tersebut berupa ketidak mampuan seseorang untuk mengatur gaya hidupnya.

Mereka yang seperti ini sering kali beranggapan gaya hidup adalah hal utama dalam menjalani kehidupan. Sehingga, tanpa sadar, gaya hidup mereka sudah terlalu tinggi dibandingkan pemasukkan. Ini nantinya bisa merepotkan diri mereka sendiri.

Ketidak mampuan mengatur gaya hidup ini, sering kali membuat anak muda terjerat dengan banyak hutang. Hal yang cukup miris memang. Karenanya, agar tak terjerat hutang yang menumpuk, kamu harus pandai – pandai menelaah arti YOLO dalam hidup kamu.

3. Tak Punya Tabungan Untuk Masa Depan

Tak hanya merugikan karena perilaku impulsif, YOLO juga bisa merugikan kamu karena dapat menghabiskan uang kamu. Bila kamu tak bisa mengatur perilaku YOLO, bisa saja kamu akan selalu mengikuti ego mu untuk tak ketinggalan trend. Hal ini bisa menghabiskan tabungan mu.

Jika kamu tak punya tabungan, tentunya kamu juga bisa mendapatkan masalah lainnya. Masalah tersebut merupakan masalah keuangan masa depan.

Cara Mengendalikan Sifat YOLO Dalam Hidup

Cara Mengendalikan Sifat YOLO Dalam Hidup

Tadi kamu sudah paham apa saja dampak yang akan kamu dapatkan bila memiliki sifat YOLO. Tentunya kamu tak ingin mendapatkan dampak negatifnya, bukan?

Bila kamu tak mau mendapatkan dampak negatifnya, kamu harus bisa mengendalikan sifat YOLO tersebut. Untuk mengendalikan sifat YOLO, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan sifat YOLO agar tak membawa dampak negatif.

1. Pandailah Mengatur Prioritas Hidup Mu

Untuk bisa mengendalikan sifat YOLO sehingga arti YOLO bisa menjadi positif adalah dengan pandai mengatur prioritas hidup. Melakukan hal ini biasanya sangat efektif untuk mengatasi YOLO, sebab kamu sudah tau hal apa yang paling penting.

Utamakan dahulu melakukan hal yang paling penting untuk hidup kamu. Jangan membuang waktu dan cobalah tahan keinginan atas hal – hal yang tak terlalu penting. Sehingga, kamu bisa mengendalikan keuangan kamu dan mengatur hidup jadi lebih baik.

BACA JUGA  Apa Arti Sekte Apokaliptik, Buat Satu Keluarga Tewas Di Kalideres

2. Berfikir Sebelum Mengambil Tindakan

Salah satu ciri dari orang yang punya sifat YOLO adalah bertindak impulsif atau tanpa pikir panjang. Di satu sisi ini mungkin hal baik, karena kamu bisa menerima tantangan baru dan mengukur kemampuan. Namun dalam sisi lainnya, ini merupakan hal yang tak bijak dan bisa merugikan kamu.

Saat bertindak impulsif dan tanpa pikir panjang, kamu bisa saja salah melangkah. Kamu jadi tak mempertimbangkan banyak hal, sehingga cukup berbahaya bagi kamu.

Karena itu, meski kamu punya keinginan menggebu – gebu untuk melakukan sesuatu, cobalah tahan sebentar. Ambil nafas, lalu mulailah berfikir jernih dan perlahan. Pertimbangkan apa kamu benar – benar bisa melakukan hal tersebut.

Dengan melakukan hal ini, akan lebih aman bagi kamu bertindak. Karena semua tindakan yang kamu lakukan sudah diperhitungkan terlebih dahulu dengan matang. Sehingga hasilnya bisa memuaskan dan mencapai target yang sudah kamu buat.

3. Buat Perencanaan Kegiatan Secara Teratur Dan Berkala, Lalu Patuhi

Untuk bisa mengerahkan arti YOLO ke arah positif, kamu juga bisa membuat rencana kegiatan yang teratur dan berkala. Namun tak hanya dibuat, kamu juga harus berusaha mematuhi rancangan kegiatan yang sudah kamu buat tadi.

Saat merancang rancangan kegiatan, usahakan masukkan hal – hal yang kamu mau. Buat sedetail mungkin dengan memasukkan semua hal yang kamu suka dan yang harus kamu lakukan.

Usahakan untuk tak melanggar rancangan kegiatan yang kamu buat. Catat sampai di mana kamu sudah melakukan rancangan kegiatan kamu. Catat pula seberapa bisa kamu mematuhi apa yang sudah kamu buat.

Dengan rancangan kegiatan ini, hidup kamu bisa jadi jauh lebih teratur dibandingkan sebelumnya. Karena rancangan kegiatan juga berisi hal yang mau kamu lakukan, kamu tetap bisa merasa hidup dan tertantang meski harus mengikuti jadwal.

Jadi tak ada salahnya kan mencoba membuat jadwal kegiatan kamu sendiri? Jangan lupa dibuat dan dipatuhi, ya.

4. Pantau Keuangan Dengan Membuat Daftar Pengeluaran Dan Pemasukkan

Seseorang yang memiliki sifat YOLO juga sangat suka menghabiskan uang mereka dengan sia – sia. Biasanya ini dikarenakan tak mampu mengatur jalannya keuangan sendiri. Untuk itu, dalam upaya mengatasinya, kamu harus belajar cara mengelola uang milik sendiri.

Hal termudah yang bisa dilakukan untuk mengelola uang milik sendiri adalah dengan membuat daftar keuangan kamu. Daftar ini bisa berisikan pemasukkan dan pengeluaran yang kamu butuhkan dalam jangka waktu tertentu.

Atur pengeluaran yang akan kamu lakukan dengan sistem budgeting. Tentukan berapa banyak yang boleh kamu keluarkan dalam sebulan dan berapa yang harus kamu tabung pula.

Tak hanya dibuat, patuhi pula jadwal yang sudah ada tadi, sehingga keuangan kamu bisa membaik dan tak bermasalah lagi.

Akhir Kata

Nah, itulah penjelasan mengenai arti YOLO. Semoga penjelasan kali ini bisa membantu kamu memahami YOLO dan mengendalikannya, ya.