4 Aplikasi Raport K13 SD Kelas 1-6 Semester Genap dan Ganjil

 

Samudranesia.id – Aplikasi Raport K13 SD sangat membantu untuk membuat rekap penilaian murid. Dengan menggunakan aplikasi ini, para guru tidak perlu lagi menginput nilai dengan cara manual yang beresiko membuat kesalahan.

Aplikasi Raport K13 SD banyak dicari oleh para guru SD terutama menjelang waktu penerimaan raport di akhir semester. Dengan menggunakan aplikasi ini, tentunya akan meminimalisir kesalahan dan membuat proses pengolahan nilai menjadi lebih cepat.

Ada banyak fitur di aplikasi ini yang sangat membantu proses mengolah nilai. Nah, penjelasan lebih lengkap mengenai aplikasi ini, akan kami bahas secara tuntas di artikel berikut. Baca artikel ini sampai akhir ya.

Penjelasan Tentang Aplikasi Raport K13 SD

Penjelasan Tentang Aplikasi Raport K13 SD

Pemerintah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengganti kurikulum 2006 menjadi kurikulum 2013 sebagai pedoman pembelajaran murid.

Sejak kurikulum terbaru ini disahkan, para guru disarankan untuk menggunakan aplikasi K13 raport untuk menginput nilai murid. Dengan tujuan, aplikasi ini dapat meminimalisir kesalahan dan membuat proses input nilai menjadi lebih mudah.

Aplikasi Raport K13 SD merupakan aplikasi yang dirancang untuk memproses nilai siswa SD. Melalui aplikasi ini, para guru diharapkan bisa lebih mudah dalam mengolah nilai murid dari kelas 1 hingga kelas 6.

Aplikasi Raport K13 SD berbasis Excel dan menjadi kendala tersendiri bagi beberapa guru. Pasalnya, ada beberapa aspek baru yang harus diinput untuk menentukan nilai para siswa.

Pada awalnya, para guru merasa seringkali kesulitan menggunakan aplikasi ini. Bisa dibilang, beberapa aplikasi tersebut memiliki tampilan yang asing dan tidak mudah dioperasikan oleh para guru yang terbiasa menginput nilai secara manual.

Ada banyak sekali Aplikasi Raport K13 SD yang beredar di internet. Sebagian ada yang berbayar, namun tidak sedikit pula yang bisa diunduh secara gratis. Tentunya, ada beberapa perbedaan dari dua jenis aplikasi ini.

Aplikasi Raport K13 SD yang gratis sangat direkomendasikan untuk para guru yang masih awam dengan aplikasi ini. Dengan tujuan agar para guru bisa terlebih dahulu belajar memproses nilai menggunakan aplikasi yang gratis sebelum menggunakan yang berbayar.

Jika sudah terlanjur membeli yang berbayar dan ternyata aplikasinya susah digunakan, pasti terasa sangat rugi sudah mengeluarkan uang. Oleh karena itu, disarankan untuk mencoba aplikasi yang gratis terlebih dahulu.

Aplikasi Raport K13 SD yang gratis tersedia banyak di internet. Di artikel ini, kamu juga akan memberikan rekomendasi beberapa Aplikasi Raport K13 SD yang dapat diunduh dan digunakan dengan gratis. Simak terus ya.

BACA JUGA  Cara menggunakan Face Play Gratis, Tidak Perlu Berlangganan

Fitur-Fitur Aplikasi Raport K13 SD

Fitur-Fitur Aplikasi Raport K13 SD

Ada beberapa fitur yang umumnya dimiliki oleh Aplikasi Raport K13 SD. Fitur-fitur ini bertujuan untuk memudahkan para guru dalam menginput nilai siswanya.

Tentunya ada perbedaan fitur dari setiap aplikasi. Akan tetapi di artikel ini kami akan membahas fitur-fitur yang umum ada di aplikasi pemroses nilai ini. Apa sajakah fitur-fitur tersebut? Di bawah ini kami akan menjelaskan fitur-fitur Aplikasi Raport K13 SD.

1. Data Peserta Didik

Di Aplikasi Raport K13 SD, para guru bisa menginput data siswa SD mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Dengan aplikasi ini, para guru tidak lagi memerlukan arsip manual data pribadi siswa.

Para guru bisa menginput data pribadi siswa mulai dari nama siswa, nomor induk siswa, tanggal lahir, alamat, nama orang tua dan beberapa data pribadi lainnya. Data-data ini nantinya bisa diekspor ke dalam beberapa format file yang diinginkan.

Dengan aplikasi K13 raport ini para guru tidak perlu lagi khawatir jika arsip siswa hilang atau mengalami kerusakan. Sebab, semua data siswa tersimpan rapi dalam satu file yang bahkan bisa menyimpan data ribuan siswa.

2. Daftar Dan Rekap Nilai

Tujuan utama diciptakannya aplikasi ini adalah agar para guru tidak perlu menginput nilai para siswa secara manual. Nilai siswa yang diproses secara manual beresiko mengalami kesalahan karena faktor human eror.

Nah, dengan Aplikasi Raport K13 ini para guru bisa mengolah nilai siswa dan siswi mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 menggunakan satu aplikasi. Aplikasi ini yang akan merekap semua nilai murid sebelum akhirnya diekspor menjadi raport berbentuk cetak.

Tentunya Aplikasi Raport K13 SD juga menyertakan nama-nama mata pelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 untuk murid SD. Seperti matematika, PABP, SBDP, PKN, BINA, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, dan juga mata pelajaran muatan lokal.

3. Daftar Kehadiran

Kehadiran merupakan salah satu aspek penting dalam menentukan nilai siswa. Kehadiran, absen, jumlah izin atau sakit tentunya akan mempengaruhi seberapa aktif siswa mengikuti mata pelajaran.

Di Aplikasi Raport K13, para guru tidak hanya bisa menginput nilai siswa, tetapi juga menginput kehadiran siswa dan siswinya. Di aplikasi ini juga, guru bisa menginput berapa jumlah absen, izin, dan sakit para siswanya.

Dengan jumlah kehadiran inilah nantinya guru bisa mempertimbangkan nilai murid. Tentunya dengan dikombinasikan bersamaan nilai mata pelajaran dan tata krama siswanya.

4. Prestasi

Tidak hanya nilai mata pelajaran dan daftar hadir yang bisa diinput di aplikasi ini, tapi juga prestasi para siswa dan siswi. Prestasi ini meliputi prestasi kegiatan di sekolah maupun luar sekolah, prestasi di bidang akademik ataupun di bidang non akademik.

Prestasi ini juga akan menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan nilai keseluruhan siswa. Sebab, prestasi inilah yang akan membawa nama baik sekolah nantinya.

BACA JUGA  Fitur Komunitas Di WhatsApp, Inilah Fungsi dan Kegunaannya

Melalui Aplikasi Raport K13, para guru bisa menginput prestasi siswanya dengan satu aplikasi. Para guru tidak perlu lagi menggunakan data manual yang beresiko adanya kelalaian. Selain itu, aplikasi ini juga meminimalisir adanya kesalahan input dan kerusakan arsip.

5. Jurnal Sikap

Indonesia adalah negara yang sangat menjunjung tinggi sopan santun dan tata krama. Tata Krama atau sikap yang baik ini juga menjadi penilaian para guru untuk menentukan kecerdasan emosional siswanya.

Nah, di Aplikasi Raport K13 SD, para guru bisa memproses nilai sikap muridnya untuk nantinya dijadikan pertimbangan dalam menentukan nilai raport. Tidak hanya nilai akademik yang akan dijadikan pertimbangan, tetapi juga nilai sopan santun.

Hasil dari perpaduan nilai akademik, prestasi, dan sopan santun inilah yang nantinya akan menjadi pedoman akan nilai akhir. Melalui satu aplikasi, para guru bisa mendapatkan hasil akhir dari nilai tersebut sebelum menjadi raport siswa.

6. Ekspor Hasil Nilai Ke Berbagai Format

Tujuan dari dibuatnya Aplikasi Raport K13 adalah agar para guru bisa lebih mudah dalam mengolah nilai siswanya. Tentunya, hasil dari semua nilai yang sudah diinput nantinya akan menjadi hasil akhir raport siswa.

Nilai-nilai yang sudah diinput di aplikasi ini bisa diekspor ke berbagai jenis file sebelum nantinya akan dicetak. Para guru bisa menentukan format file sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkan.

Beberapa format file tersebut adalah Excel, PDF, World, serta JPG. Tidak hanya itu, para guru juga bisa mengetahui sejauh mana nilai murid diproses melalui fitur analisis di aplikasi ini.

Rekomendasi Aplikasi Raport K13 SD

Rekomendasi Aplikasi Raport K13 SD

Ada banyak sekali Aplikasi Raport K13 SD yang beredar di internet. Tentunya aplikasi-aplikasi ini hadir dengan fitur yang berbeda pula. Oleh karena itu, pilihlah aplikasi sesuai fitur yang dibutuhkan.

Berikut adalah rekomendasi Aplikasi Raport K13 SD yang mungkin bisa membantu para guru memproses nilai siswanya. Kami akan jelaskan secara rinci terkait aplikasi ini. Baca terus artikel ini dan jangan diskip ya.

1. Aplikasi APK13SD

Bisa dibilang, aplikasi ini menampung data dengan lengkap dan kompleks. Tidak hanya itu, tampilan pada aplikasi ini sangat ramah pengguna, bahkan oleh pengguna yang awam dengan teknologi.

Tidak hanya itu, penyusunan nilai di dalam aplikasi ini juga sudah sesuai dengan pedoman penulisan yang ditentukan oleh Kemendikbud. Menyusun nilai di aplikasi ini bahkan bisa dilakukan untuk semester 1 dan semester 2.

Sistem penilaian yang ada di aplikasi ini terbilang lengkap seperti KKM dan KI-1 hingga KI-4. Sekarang, memproses nilai menjadi lebih mudah dengan aplikasi ini. Berikut adalah detail tentang APK13SD

Nama Apk APK13SD
Ukuran 1 MB
Versi Terbaru
Link Download Disini

 

2. Aplikasi Raport K13 SD E-Rapor V.1.0

Rekomendasi Aplikasi Raport K13 SD yang selanjutnya adalah E-Rapor V.1.0. Aplikasi ini resmi diluncurkan oleh Setditjen Dikdasmen atau Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

BACA JUGA  Dramacute Apk Nonton Drama Korea Sub Indo Terupdate 2023

Seperti halnya APK13SD, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan. Aplikasi ini bahkan sudah terintegrasi dengan aplikasi Dapodik secara langsung. Sistem pengolahan nilai di aplikasi ini juga sudah sesuai dengan kurikulum 2013.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang cenderung kecil. Sehingga untuk menggunakan aplikasi ini tidak membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi. Yang dibutuhkan hanyalah laptop dengan RAM minimal 2GB agar aplikasi E-Rapor bisa berjalan dengan lancar.

Di aplikasi ini sudah meliputi ulangan yang akan dijadikan pedoman raport seperti UTS, ulangan harian, dan juga UAS. Berikut adalah rincian terkait aplikasi E-Rapor

Nama Aplikasi E-Rapor V.1.0
Ukuran 1 MB
Link Download Disini

 

3. Aplikasi Raport K13 SD Versi Simple

Aplikasi raport versi simpel ini dibuat oleh guru yang biasa dipanggil Kang Martho, alias Umar Tholib. Ada banyak sekali guru-guru di Indonesia yang menggunakan aplikasi buatan guru asal Lumajang ini.

Tidak heran jika aplikasi ini banyak digunakan oleh para guru. Sebab, bisa dibilang aplikasi ini adalah aplikasi yang paling mudah digunakan. Tampilannya pun sangat simpel dan user-friendly.

Selain digunakan untuk memproses nilai murid, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk kebutuhan administrasi sekolah lain. Tentunya fitur ini sangat membantu para pendidik di Indonesia. Nah berikut adalah link unduh aplikasi raport ini.

Nama Aplikasi Aplikasi Raport K13 Revisi 2020
Versi Simpel
Pengembang Umar Tholib
Link Download Disini

 

4. Aplikasi Raport K13 SD Penilaian Kurikulum 2013

Aplikasi berikutnya adalah aplikasi buatan Bapak Alfi Hasan, guru SD 87 Ambon. Di blog pribadi Pak Alfi, beliau bahkan membuat video tutorial bagaimana cara menggunakan aplikasi ini agar mempermudah penggunanya.

Aplikasi ini tentunya sepenuhnya gratis digunakan. Tidak hanya itu, Bapak Alfi Hasan juga menyertakan nomor kontaknya jika ada pengguna yang ingin berkonsultasi.

Seperti aplikasi raport lainnya, aplikasi ini juga mudah digunakan. Pada saat membuka aplikasi, para guru langsung bisa menemukan beberapa menu untuk menginput nilai murid. Tidak hanya itu, para guru juga bisa mencetak hasil rekapannya ke berbagai jenis file.

Nama Aplikasi Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013
Pengembang Alfi Hasan
Link Download Disini

 

Nah, dari semua rekomendasi Aplikasi Raport K13 SD diatas, kamu bisa memilih manakah aplikasi yang paling cocok digunakan. Tidak hanya itu, kamu juga perlu mengunduh aplikasi sesuai kebutuhan sekolah.

Aplikasi diatas sepenuhnya gratis dan sudah sesuai dengan kurikulum terbaru. Tunggu apalagi? Segera download aplikasi ini sekarang.

Akhir Kata

Aplikasi Raport K13 SD banyak dicari oleh para guru untuk membantu meringankan proses penginputan nilai. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk menginput data pribadi siswa beserta dengan penilaian sikap dan juga prestasi.