11 Aplikasi Kompres Video PC/Komputer yang Ringan dan Terbaik

 

Samudranesia.id – Ada kalanya ingin menurunkan ukuran video. Entah agar lebih hemat penyimpanan atau karena ingin proses unggah ke cloud lebih cepat. Banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mengecilkan resolusi atau mengompres ukuran video, salah satunya melalui aplikasi kompres video di bawah.

Aplikasi menawarkan performa yang lebih stabil dan cepat. Dengan begitu, proses kompres video jauh lebih lancar. Ingin mengunggah video ke media sosial dalam waktu singkat? Maka melakukan kompresi video kuncinya. Dengan ukuran video yang kecil akan memangkas banyak proses pengunggahannya.

Ada dua cara untuk mengompres video, baik melalui aplikasi maupun web. Nah, kali ini hanya akan membahas versi aplikasi. Bagi yang sudah tidak sabar, yuk simak pembahasan berikut!

Aplikasi Kompres Video Terbaik

Berikut adalah aplikasi terbaik yang dapat digunakan untuk kompresi video:

1. Wondershare Video Converter

Wondershare Video Converter

Aplikasi satu ini menjadi langganan para Youtuber yang sering mengompres video sebelum mengunggahnya. Wondershare Video Converter menyajikan tampilan pengguna yang sederhana dan mudah untuk dipahami.

Fiturnya tidak hanya menawarkan kompres video, kamu juga bisa melakukan berbagai edit video, bahkan mengubah video konvensional menjadi virtual reality (VR).

Ingin mengubah format video ke format lainnya? Bisa! Dalam satu aplikasi ini, kamu dimanjakan dengan beragam fitur canggih yang ada.

2. VLC Media Player

VLC Media Player

Beberapa dari kamu mungkin mengenalnya sebagai aplikasi pemutar video, foto, dan media lainnya. Namun, aplikasi yang tersedia di berbagai platform ini ternyata menyimpan fitur kompres video.

Menu Convert/Save berfungsi untuk menurunkan ukuran video dengan cara mengurangi bitrate-nya. Ada juga fitur untuk mengurangi frame rate video yang sama-sama menghasilkan ukuran video yang lebih rendah. VLC Media Player mendukung segala jenis format video

BACA JUGA  FacePlay Mod Apk Pro (Premium Unlocked) Terbaru 2022

Mulai dari MP4, AVI, WAV, MOV, FLV, MPEG, WebM dan masih banyak lagi. Melalui aplikasi kompres video ini, kamu juga dapat mengatur saluran audio, bitrate audio, format video, resolusi video dan masih banyak lagi.

3. Vidiot

Vidiot

Vidiot adalah aplikasi open source gratis yang tersedia untuk Lunix dan Windows. Ada berbagai fitur yang ditawarkan, mulai dari pemangkasan video, pemotongan video, mengatur kecepatan video, memutar video, membagi video, dan lain sebagainya.

Kamu cukup mencari pilihan untuk mengurangi nilai bitrate video untuk mepampatkan video. Kamu juga dapat mengatur frame rate video untuk mencapai hasil kompresi yang lebih optimal.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengompres berbagai format video, di antaranya AVI, WebM, MP4, MKV, WT, dan format video lainnya.

4. Avidemux

Avidemux

Tak heran banyak yang memberikan aplaus terhadap aplikasi ini. Avidemux dapat dioperasikan pada berbagai jenis PC, di antara Linux, Windows dan Mac. Terlebih dari itu, aplikasi kompres video ini sepenuhnya gratis.

Avidemux masuk ke daftar aplikasi yang harus dimiliki para video editor. Menyediakan fitur-fitur canggih, mulai dari memotong video hingga menjalankan encode.

Selain itu, Avidemux memberikan opsi otomatisasi yang memungkinkan kamu membuat daftar antrean video yang akan dikompresi. Hal ini jelas akan memberikan kamu kesempatan untuk mengerjakan pekerjaan lainnya sembari menunggu proses selesai.

5. Any Video Converter

Any Video Converter

Any Video Converter menjanjikan pengalaman pengguna yang simpel dan tidak ribet. Cukup lakukan drag and drop pada video yang ingin di kompres, lalu tentukan parameter dan biarkan aplikasi memprosesnya secara otomatis.

Sesuai dengan nama aplikasinya, Any Video Converter dapat mengkonversi berbagai jenis format ke format apapun yang kamu inginkan. Bahkan aplikasinya ini mengungkinkan kamu untuk mengunduh video dari YouTube dan Netflix.

BACA JUGA  VSCO Mod Apk Fullpack (Premium All Unlocked) Download Terbaru 2022

Aplikasi kompresi video ini tersedia dalam dua versi, versi gratis dan versi berbayar. Namun versi yang gratis sudah cukup menawarkan fitur, khususnya fitur kompresi video tanpa menghancurkan resolusi dan kualitas video.

Kamu juga akan lebih nyaman meng-edit video dengan aplikasi ini, sebab tidak ada iklan yang muncul tiba-tiba mengganggu kenyamanan editing.

6. QWinFF

QWinFF

Salah satu keunggulan dari aplikasi yang ditujukan untuk Windows, FreeBSD, Ubuntu, Fedora, Arch, Chakra, dan OpenSUSE ini memungkinkan kamu untuk melakukan kompresi video batch.

Hal ini tentunya lebih efisien dari segi waktu. Aplikasi kompresi open source ini mampu mengubah video menjadi format AVI, MOV, FLV, MP4, DV, dan lain-lain

7. Vidcoder

Vidcoder

Aplikasi kompres video ini relatif ringan, sehingga dapat dijalankan di laptop. Kamu bisa menjalankan berbagai pilihan editvideo, salah satunya mengurangi bitrate dan kecepatan frame.

Kemampuannya dalam mepampatkan ukuran video terbilang ampuh, sebab tidak mengurangi kualitas video dan audio secara drastis. Oleh karena itu, Vidcoder menjadi aplikasi andalan para Youtuber untuk meng-edit video.

8. HandBrake

HandBrake

Aplikasi kompress video open source berikutnya adalah HandBrake. Dapat digunakan untuk Windows, Linux dan Mac secara gratis. Namun kamu perlu melakukan pengaturan bitrate dan laju frame video secara manual untuk mencapai hasil kompresi video yang sesuai.

Terlepas dari itu, HandBrake menyediakan fitur Konversi Batch yang memudahkan kamu untuk menurunkan ukuran beberapa video sekaligus tanpa terlalu mempengaruhi kualitas video.

9. VideoPad – Video Editor

VideoPad Video Editor

VideoPad – Video Editor adalah aplikasi yang banyak digunakan untuk mereduksi ukuran video. Aplikasi ini menyediakan beragam fitur menarik untuk memudahkan proses meng-edit video.

Beberapa fiturnya mencakup pengaturan besar kecilnya tampilan video, rotasi video, pemangkasan video, pengaturan besar kecilnya suara, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA  Download Lightroom APK Mod Pro Full Preset (Unlocked Premium)

Untuk mengompres video dengan aplikasi ini, kamu cukup memilih video yang ingin di pampatkan, lalu menjalankan encodedan terakhir menyimpan video yang sudah dikonversi.

10. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker

Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang baru masuk ke dunia video editing. Windows Movie Maker menawarkan fitur yang lengkap, mudah dipahami, simpel dan sederhana. Bahkan ukuran aplikasinya terbilang cukup kecil.

Kamu bisa mengunduh aplikasi ini pada situs resminya. Windows Movie Maker juga termasuk sebagai aplikasi kompres video terbaik laptop dan PC.

Kamu dibebaskan untuk bermain dengan parameter yang ada untuk mencapai hasil yang diinginkan. Apabila masih bingung, Windows Movie Maker bisa membantu kamu dengan menyediakan opsi-opsi edit video yang dirasa cocok untuk video kamu.

11. FFmpeg

FFmpeg

FFmpeg adalah aplikasi kompresi video gratis berbasis open source untuk Mac, Windows dan Linux. FFmpeg adalah aplikasi editing video yang sangat populer di kalangan video editor.

Melalui utilitas ini, kamu dapat menggabungkan beberapa video menjadi satu, mengkonversi format video, menggabungkan audio, mencampurkan video dan masih banyak lagi pilihan yang tersedia. Namun, FFmpeg tidak datang dengan tampilan antarmuka pengguna.

Dibutuhkan perintah khusus untuk melakukan proses manipulasi atau edit media. Jika dilihat dari segi intuitif, aplikasi utilitas ini kurang efektif dan efisien. Namun dengan berbagai opsi manipulasi yang ditawarkan, banyak orang tetap memilih FFmpeg.

Terutama untuk mengedit dan mengompres ukuran video. Terlepas dari itu, FFmpeg juga menawarkan opsi untuk mengubah format video ke format video lainnya dengan mudah, termasuk di antaranya MOV, MKV, MP4, AVI, MPEG, serta FLV.

Software kompresi video sangat esensial bagi kamu yang sering melakukan kompresi video. Dari daftar aplikasi kompres video yang disebutkan di atas, apakah ada aplikasi yang pernah kamu gunakan sebelumnya?