11 Aplikasi Foto Penghasil Uang Dollar Gampang Cair!

 

Samudranesia.id – Di era digital seperti saat ini, pekerjaan sampingan yang mudah namun tetap bisa menghasilkan adalah dengan menjual koleksi foto yang Anda miliki secara online. Bahkan fotografer pemula pun bisa ikut menjual berbagai koleksi fotonya di aplikasi foto penghasil uang.

Industri stok foto termasuk salah satu industri yang sangat berkembang di era digital. Seiring dengan terus meningkatnya pengguna ponsel pintar, maka akan semakin besar juga kebutuhan akan stok foto yang digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Aplikasi Foto Penghasil Uang

Di bawah ini merupakan deretan aplikasi foto penghasil uang yang bisa Anda manfaatkan untuk mendulang rupiah bahkan dollar dari rumah :

1. Shutterstock Contributor

Shutterstock Contributor

Bisa dikatakan Shutterstock adalah aplikasi foto penghasil uang yang paling populer bagi para fotografer maupun desainer untuk mendapatkan penghasilan berupa dollar. Jika Anda memiliki hobi fotografi, tidak ada salahnya untuk mencoba memasarkan hasil jepretan Anda di sana.

Cara menjual foto di Shutterstock pun tidak sulit dan bisa dilakukan dari mana saja asalkan ada koneksi internet. Untuk menjual koleksi foto milik Anda di Shutterstock, langkah yang harus dilakukan adalah melakukan registrasi terlebih dahulu untuk membuat akun Shutterstock.

Kemudian lakukan konfirmasi akun sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki akun PayPal karena pembayaran untuk setiap foto yang terjual akan ditransfer ke melalui PayPal. Setelah berhasil mendaftarkan diri menjadi kontributor, Anda bisa langsung menjual foto-foto di sana.

Caranya memang terbilang cukup mudah, Anda bisa memilih foto apa saja untuk dijual di Shutterstock. Akan tetapi, tetap ada persyaratan yang harus dipenuhi agar foto-foto Anda masuk ke dalam kategori layak jual dan lolos seleksi foto oleh Shutterstock.

Beberapa hal yang dipersyaratkan antara lain foto harus orisinal hasil jepretan sendiri, jika menggunakan objek orang lain di dalam foto harus disertai dengan pernyataan bahwa model tersebut memang bersedia menjadi model untuk foto tersebut.

Syarat terakhir yang dibutuhkan adalah tidak ada unsur watermark atau brand di dalam foto tersebut. Selanjutnya, setelah foto yang Anda unggah lolos review dari pihak Shutterstock, maka Shutterstock akan memberikan keterangan penghasilan yang Anda dapatkan.

2. Snapwire

Snapwire

Aplikasi foto penghasil uang berikutnya adalah Snapwire. Aplikasi ini memiliki komunitas aktif baik dari sisi pembeli maupun penjual di mana transaksi jual beli foto hasil jepretan penjual berupa objek benda, orang atau pemandangan banyak diperdagangkan di sana.

Pada aplikasi Snapwire ini, kualitas foto yang Anda jual akan sangat diperhatikan diprioritaskan. Hal ini membuat para fotografer baik amatir maupun professional harus lebih lihai untuk menghasilkan konten foto yang benar-benar berkualitas agar lolos seleksi dari pihak Snapwire.

Snapwire dapat diunduh melalui Play Store maupun Apple Store. Langkah selanjutnya adalah membuat akun Snapwire di mana pembuatan akun bisa menggunakan email ataupun terhubung langsung dengan Facebook.

Anda harus melengkapi profil yang meliputi informasi mengenai media sosial yang Anda miliki hingga situs website yang Anda kelola. Anda dapat mengosongkan beberapa kolom informasi yang sekiranya tidak wajib untuk diisi.

Setelah semua instruksi telah Anda lakukan dan akun Snapwire telah Anda miliki, Anda bisa langsung menjual foto-foto milik Anda ke aplikasi tersebut. Sistemnya adalah foto yang Anda unggah akan ditawar oleh calon pembeli dan memasang harga untuk membeli foto Anda.

BACA JUGA  VideoBuddy Apk Penghasil Uang Download Terbaru 2022 Gratis!

Sistem kerjanya mirip seperti kompetisi. Fotografer harus bisa membangun portofolio yang baik dan menarik sehingga pembeli tertarik untuk menawar fotonya dengan harga yang tinggi.

3. EyeEm

EyeEm

Apikasi foto penghasil uang yang satu ini sudah diunduh oleh jutaan pengguna ponsel di seluruh dunia. Kekpopulerannya tidak kalah dengan Shutterstock maupun Snapwire. Baik fotografer amatir maupun fotografer professional bisa mendaftarkan diri untuk bergabung dalam aplikasi ini.

Selain menyediakan foto-foto untuk dijual, EyeEm juga menyediakan vector ataupun video di sana yang bisa diperjual belikan. Untuk mulai berjualan di sana, tentu Anda harus mendaftarkan diri Anda sebagai kontributor.

Kontributor ini adalah penyedia atau orang yang mengunggah koleksi foto, vektor maupun video di sana untuk bisa dibeli oleh pengguna dari seluruh dunia. Jadi, hasil karya yang Anda jual di aplikasi ini bernilai dollar

Setelah mendaftarkan diri dan mempunyai akun yang terverifikasi Anda bisa langsung mengupload foto-foto di sana pada opsi yang nampak di dashboard EyeEm. Foto yang Anda unggah pun bisa diedit terlebih dahulu seperti dipotong (crop) atau di atur Kembali gradasi warnanya.

Sebelum mempublikasikan foto-foto Anda, pastikan Anda sudah memberikan deskripsi mengenai foto tersebut di bagian caption. Pengisian deskripsi ini bisa menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Apabila Anda sudah selesai mengupload foto Anda, foto Anda tersebut akan ditinjau terlebih dahulu oleh pihak EyeEm. Jika hasilnya tidak memenuhi standar maka akan ada pemberitahuan ‘Not Suitable for Market’. Jika foto sesuai dengan standar dan kebutuhan market maka keterangannya ‘Sell to Market’.

4. Agora Image

Agora Image

Bagi Anda yang berhasil menjual foto di Agora Image maka keuntungan yang bisa didapatkan adalah 100%, aplikasi ini pun menjadi aplikasi foto penghasil uang dengan cuan yang paling tinggi dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya.

Agora Image sendiri merupakan aplikasi yang memuat stock foto dari fotografer amatir hingga professional. Sistem yang digunakan adalah dengan mengupload foto dan tunggu pengunjung untuk memberikan bintang pada foto Anda.

Bintang yang diberikan bisa dari 1 hingga 100. Semakin banyak pengunjung yang memberikan bintang untuk foto Anda dalam jumlah yang tinggi, maka makin besar pula peluang foto Anda untuk dijual dengan harga yang tinggi.

Untuk mendapatkan foto yang memilki poin bintang tinggi, Anda harus bisa mengambil foto yang sekreatif mungkin dan menarik perhatian banyak pengunjung. Selain dengan sistem tadi, aplikasi foto penghasil uang ini juga sering mengadakan kontes yang bekerja sama dengan berbagai perusahaan.

Peserta yang mengikuti kontes ini umumnya akan disuguhkan tema tantangan motret. Hadiah yang ditawarkan pun sangat menggiurkan dan Anda bisa menghasilkan lebih banyak penghasilan dari Agora Image.

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan foto di Agora Image adalah dengan membagikan foto yang Anda upload ke media sosial. Untuk setiap satu foto yang dibagikan ke akun Facebook, maka Anda akan mendapatkan 50 bintang untuk foto tersebut.

5. Scoopshot

Scoopshot

Scoopshot adalah salah satu solusi untuk Anda bisa menghasilkan penghasilan tambahan dari berjualan koleksi foto yang Anda miliki di ponsel Anda. Dengan berjualan di aplikasi foto penghasil uang ini, penghasilan yang akan Anda dapatkan bukan lagi berupa rupiah melainkan dollar.

Tentunya keamanan dan pembayaran dari setiap foto yang Anda jual melalui aplikasi ini sudah terjamin karena aplikasi ini sudah digunakan oleh jutaan pengguna dari seluruh dunia. Selain dari berjualan foto, Anda bisa menghasilkan uang juga dari setiap iklan yang tampil di sana.

Ada juga kontes harian dengan hadiah yang cukup menjanjikan dan bisa Anda ikuti di sana. Seluruh hasil pendapatan Anda akan dikirimkan langsung ke rekening PayPal yang Anda miliki.

BACA JUGA  Indo Today Apk Penghasil Uang Terbukti Membayar Versi Terbaru 2022

Meskipun aplikasi ini bisa digunakan oleh amatir sekalipun, pastikan foto yang Anda unggah adalah foto yang memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak Scoopshot. Jadi, perlu juga nih Anda meningkatkan skill motret untuk sedikit lebih banyak naik level.

6. Foap

Foap

Foap merupakan aplikasi foto yang sudah terkenal di kalangan fotografer karena terbukti membayar setiap foto dengan nilai yang sangat layak yakni mulai dari $10. Foap juga akan mempromosikan dan memasarkan foto-foto Anda ke berbagai perusahaan global.

Mereka akan menggunakan hasil jepretan Anda sebagai bahan marketing untuk dipublikasikan ke media sosial maupun ke website-website. Foto yang dijual di Foap dapat berupa foto yang diambil dari kamera DSLR maupun kamera handphone biasa.

Sudah banyak sekali brand besar dan ternama seperti Sony atau MasterCard yang menggunakan foto dari koleksi Foap untuk iklan bisnis yang mereka jalankan. Dari berjualan foto di aplikasi Foap, Anda bisa meraih hingga ratusan dollar untuk berbagai koleksi foto Anda.

Foto-foto yang dapat Anda jual bermacam-macam,mulai dari foto berbagai jenis makanan, pemandangan alam, kegiatan olahraga hingga binatang peliharaan. Jangan ragu untuk mulai membuat akun di Foap dan mulai mendapatkan uang dari aplikasi foto penghasil uang yang satu ini.

7. Dreamstime

Dreamstime

Rekomendasi aplikasi foto penghasil uang berupa dollar berikutnya adalah Dreamstime. Aplikasi ini dikenal sebagai aplikasi penyedia foto yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan untuk iklan bisnis, desain website dan kebutuhan bisnis lainnya.

Dibandingkan dengan membeli foto langsung dari fotografer terkemuka, pembelian foto melalui aplikasi penyedia stok foto seperti Dreamstime ini dinilai lebih menguntungkan bagi para pelaku bisnis. Anda pun bisa mendapatkan kesempatan untuk berpenghasilan besar dari berjualan foto di Dreamstime.

Untuk setiap foto yang dijual, Anda bisa memasang harga mulai dari 0.25 dollar. Bayangkan jika ada banyak orang yang membeli koleksi foto-foto Anda, maka penghasilan dollar Anda pun akan semakin berlipat ganda.

Proses registrasi untuk mendapatkan akun di Dreamstime sangat mudah yakni hanya dengan mempersiapkan email dan 10 foto untuk diupload pertama kali ke aplikasi tersebut. Sementara itu, meski hampir semua jenis foto bisa dijual di sana, pastikan foto Anda memiliki daya tarik dan keunikan.

Objek yang Anda tangkap melalui kamera ponsel atau kamera professional pun haruslah jernih, terang dan tidak blur. Apabila foto yang Anda miliki kurang terang dari segi tampilan, cobalah untuk mengeditnya terlebih dahulu dengan mempertajam saturasi atau pencahayaannya.

Saran lainnya bagi Anda yang ingin menjual foto-foto di Dreamstime adalah gunakan judul dan deskripsi berbahasa Inggris. Sebab, foto yang Anda upload dan jual ini akan dibagikan ke pasarglobal sehingga komunikasi akan lebih mudah dilakukan dalam Bahasa Inggris tentunya.

Sama seperti aplikasi foto lainnya, foto yang Anda unggah akan melalui proses review. Apabila foto Anda masih belum memenuhi syarat, pastikan Anda membaca dengan teliti kesalahan yang Anda perbuat untuk diperbaiki di lain waktu.

8. Stockimo

Stockimo

Alamy adalah sebuah agen stock foto yang meluncurkan aplikasi bernama Stockimo. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh Anda yang gemar dengan dunia fotografi untuk untuk mengunggah serta menjual foto-foto koleksi Anda di sana.

BACA JUGA  Alpha Zone Apk Penghasil Uang yang Aman atau Penipuan?

Foto yang Anda unggah tentunya akan direview terlebih dahulu, jika memang foto Anda memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Stockimo, maka foto koleksi Anda dapat didistribusikan dan ditawarkan pada market global seperti Amerika Serikat, Jerman, Australia hingga Inggris.

Fotografer yang fotonya terpilih untuk digunakan secara komersial tentunya akan mendapatkan royalti. Adapun besarnya penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari menjual foto di aplikasi foto penghasil uang ini adalah sekitar 5 hingga 500 dollar untuk setiap foto.

Adapun testimoni dari para fotografer yang menjual foto-fotonya di Stockimo, mereka mendapatkan setidaknya rata-rata 90 dollar untuk setiap foto yang terjual di sana. Saat ini, aplikasi Stockimo hanya bisa didownload untuk pengguna iPhone saja karena baru dikembangkan untuk iOs.

9. Marked Shot

Marked Shot

Nama markedshot sebagai salah satu aplikasi foto penghasil uang memang belum sebesar Shutterstock atau Snapwire, akan tetapi aplikasi ini cukup menjanjikan bagi Anda yang ingin menghasilkan uang dari hasil penjualan foto koleksi milik Anda.

Jika Anda menjual foto di aplikasi Markedshot ini, Anda akan mendapatkan royalty sebanyak 50% dari setiap 5 dollar. Aplikasi ini juga sangat cocok bagi Anda, para fotografer, yang ingin membangun portfolio hasil jepretan terbaik Anda.

Bukan tidak mungkin foto-foto yang Anda unggah di sana akan mendapatkan penawaran dari brand internasional dengan harga yang tinggi. Di samping itu, di aplikasi ini Anda bisa mengikuti kompetisi foto dan videografi dengan hadiah yang cukup menarik untuk diperebutkan.

10. Etsy

Etsy

Berikutnya adalah Etsy. Merupakan aplikasi yang tidak hanya menjual stok foto tapi juga barang-barang custom-made. Meskipun basisnya bukan di Indonesia, saat ini sudah ada Etsy dalam versi Indonesia yang memungkinkan Anda membeli barang dalam harga rupiah.

Meski demikian, hasil jepretan yang Anda jual di Etsy sudah tentu mendapatkan nilai dollar per foto yang terjual. Untuk dapat menjual berbagai koleksi foto serta barang-barang di sana, selain membutuhkan akun Etsy, Anda juga harus membuat Etsy Shop.

Proses registrasinya cukup mudah yakni dengan menggunakan akun Google atau Facebook. Kelebihan yang ditawarkan adalah adanya fitur pendukung yang dapat membantu meningkatkan penjualan Anda, ada juga fitur customer service dan seller handbook.

11. Photerloo

Photerloo

Selanjutnya, Photerloo juga masuk ke dalam jajaran aplikasi foto penghasil uang dengan bayaran dollar. Aplikasi foto yang satu ini memang sedikit berbeda dengan yang lain, di mana aplikasi ini memanfaatkan kecanggihan Artificial Intelligence (AI) untuk kecerdasan buatan yang dimanfaatkan oleh pengguna untuk menjual stok foto mereka.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengunggah banyak foto untuk dipublikasikan ke berbagai situs dan media sosial hanya dengan beberapa langkah mudah saja.

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi Photerloo ini dibandingkan dengan aplikasi foto lainnya, pertama adalah sudah memanfaatkan teknologi canggih yakni kecerdasan buatan dan proses upload tidak bertele-tele dan sangat mudah.

Dengan menggunakan aplikasi Photerloo, bukan tidak mungkin Anda bisa mendulang dollar dalam jumlah yang besar, sebab aplikasi ini sudah bekerja sama dan terintegrasi dengan banyak website yang menjual stok foto serta dengan berbagai media social.

Kesebelas aplikasi foto penghasil uang di atas merupakan aplikasi yang paling recommended bagi Anda yang ingin mencoba menghasilkan uang hingga ratusan dollar hanya dengan menjual koleksi foto yang ada di ponsel Anda.