Aplikasi Fidusia Online: Cara Login dan Cara Menggunakannya

 

Samudranesia.id – Teknologi jaringan internet terus mengalami perkembangan, termasuk di Indonesia. Keberadaan teknologi yang semakin canggih membawa banyak dampak dalam kehidupan sehari-hari, salah satu bukti kecanggihan teknologi adalah aplikasi Fidusia Online.

Dampak positif dari teknologi yang makin canggih adalah kemudahan dalam melakukan berbagai aktivitas di mana dulu hanya bisa dilakukan secara manual atau offline. Berbeda dengan sekarang yang semaunya bisa dilakukan menggunakan digital secara online.

Fidusia atau pengalihan hak kepemilikan suatu benda bisa dilakukan melalui aplikasi yang tersedia jadi kamu tidak perlu capek-capek pergi ke kantor untuk mengurusnya. Penggunaan aplikasi bisa mempercepat dan memudahkan pembuatan akta jaminan fidusia online notaris.

Apa Itu Aplikasi Fidusa Online

Apa Itu Aplikasi Fidusa Online

Sebelum mengenal lebih jauh tentang aplikasi Fidusia, ada baiknya kamu menyimak pengertian dari aplikasi ini terlebih dulu. Aplikasi Fidusia Online adalah sebuah website atau aplikasi yang berguna dalam pengalihan hak kepemilikan suatu benda atau fidusia online.

Sebelumnya, pendaftaran fidusia hanya bisa dilakukan secara manual di Kantor Pendaftaran Fidusia dan waktu yang dibutuhkan sangat lama, bahkan dalam hitungan bulan. Berbeda dengan sekarang, kamu bisa mendapatkan sertifikat jaminan fidusia secara online.

Sistem online ini, pengurusan sertifikat fidusia tidak lagi lama dan sulit, bahkan bisa mengurangi biaya yang harus dikeluarkan. Aplikasi pembuat sertifikat fidusia ini menyediakan fitur cetak langsung jadi kamu bisa mendapatkan sertifikat dalam waktu yang singkat.

Proses pengurusan fidusia yang melibatkan banyak pihak dan waktu yang cukup lama membuat biaya pendaftaran fidusia cenderung lebih mahal. Itulah mengapa dengan adanya aplikasi ini membuat keterlibatan pihak berkurang dan waktu pengerjaan cukup singkat.

BACA JUGA  Bioskop Online Apk Mod Download Versi Terbaru 2022

Sebenarnya, notaris sudah terbiasa dengan pendaftaran fidusia secara manual, apalagi pekerjaan utama notaris berkaitan dengan akta otentik jadi mereka sudah terbiasa dengan dokumen fisik. Meski begitu, keberadaan aplikasi online membuat sistem kerja lebih praktis.

Dengan adanya aplikasi fidusia ini membuat penerimaan yang didapatkan negara melalui PNBP semakin meningkat. Pengeluaran negara juga bisa diminalisir, apalagi pelayanan pengurusan fidusia juga menjadi lebih efektif dan efisien.

Fitur di Aplikasi Fidusa

Fitur di Aplikasi Fidusa

1. Pengecekan

Fitur pertama yang terdapat pada aplikasi Fidusia online adalah menu pengecekan yang terdapat pada menu tampilan awal. Selama ini, tugas KPF berkaitan dengan berbagai bentuk pertanyaan dari kepolisian, lembaga pembiayaan, swadaya masyarakat, kejaksaan dan lain.

Semua pihak yang terlihat tentu memiliki kaitannya dengan jaminan fidusia berupa kendaraan bermotor. Pertanyaan yang diberikan merupakan bentuk pengecekan yang harus dilakukan agar diketahui apakah benar kendaraan tersebut sudah difidusiakan atau belum.

Apabila kendaraan tersebut sudah difudisiakan, maka harus jelas pula informasi tentang waktu pelaporan dan pembuatan di hadapan notaris. Menu tersebut juga berisi database berupa nomor pendaftaran, nama, alamat, waktu pendaftaran, hingga jenis fidusia.

Selain itu, masih ada informasi terkait nomor akta, tanggal akta, nama notaris, hingga area kantor wilayahnya. Rincian lengkapnya adalah satu elemen yang tidak bisa dilakukan pengecekan.

2. Tanggal Terdaftar Objek Jaminan Fidusia

Fitur lain dari aplikasi Fidusia online adalah tanggal terdaftar objek jaminan fidusia. Hal ini menjadi bagian yang harus diperhatikan sejak tanggal bayar PNBP atau tanggal input atau yang sering disebut juga dengan tanggal tercetaknya sertifikat jaminan fidusia sebagai dasar.

Tanggal terdaftar objek jaminan fidusia merupakan suatu aspek yang sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi ada banyak hal yang harus diurus dalam kurun waktu antara tanggal penerimaan dokumen, pembuatan akta, input, pembayaran PNBP hingga terbitnya sertifikat.

Semua tanggal tersebut memiliki bagian penting dalam pembuatan sertifikat jaminan fidusia jadi aplikasi ini akan memberikan informasi secara jelas untuk penggunanya.

BACA JUGA  Cek Mental Health Online Gratis + Faktor Gangguan Mental

3. Jenis-jenis Transaksi Fidusia

Aplikasi Fidusia Online ini memiliki sistem kerja yang harus dipahami agar kamu bisa memanfaatkan aplikasi dengan maksimal. Berbicara mengenai sistem kerja aplikasi fidusia ini, maka tidak akan terlepas dari yang namanya jenis transaksi yang tersedia.

Beberapa jenis transaksi fidusia adalah pendaftaran, perubahan, daftar transaksi hingga pencarian sebuah objek. Semua jenis transaksi fidusia tersebut bisa kamu manfaatkan, tetapi pada proses pembuatan menu perubahan dalam aplikasi masih berlangsung.

Sama dengan pengecekan di menu login, meskipun sudah ada menu pencarian objek dalam aplikasi, tapi kamu masih harus memasukkan berbagai nomor sertifikat jaminan fidusia. Menu pencarian juga tersedia di dalam daftar transaksi.

Dengan begitu, kamu bisa melakukan pencarian berdasarkan nomor registrasi dan transaksi username yang berkaitan untuk mengecek transaksi username akses. Sayangnya, aplikasi ini belum memungkinkan adanya pengecekan akses username lainnya.

Cara Input Data di Aplikasi Fidusia

Cara Input Data di Aplikasi Fidusia

Setelah mengenal pengertian dan fitur yang tersedia di dalam aplikasi fidusia ini, kamu juga harus mengetahui bagaimana penggunaannya. Cara pertama yang akan dibahas adalah berkaitan dengan cara input data di aplikasi fidusia.

Aplikasi Fidusia Online menawarkan sistem yang mudah jadi siapa saja bisa melakukannya tanpa harus melakukan banyak input yang memerlukan waktu lama. Input data melalui sistem aplikasi juga bisa dilakukan lewat suatu box di dalam aplikasi fidusia ini.

Salah satu kelebihan dari aplikasi Fidusia ini adalah menyediakan jumlah karakter maksimal yang cukup panjang, yakni lebih dari 1000 karakter. Dengan memahami hal tersebut, kamu akan lebih mudah jika sudah mengaplikasikan langsung cara ini pada aplikasi Fidusia.

Cara Melakukan Penghapusan Fidusia di Aplikasi Fidusia

Cara Melakukan Penghapusan Fidusia di Aplikasi Fidusia

Cara penggunaan aplikasi Fidusia yang kedua berkaitan dengan bagaimana cara melakukan penghapusan Fidusia dalam aplikasi. Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus kamu lalui untuk melakukan penghapusan Fidusia.

  • Buka aplikasi Fidusia Online yang sudah kamu unduh atau melalui website Fidusia Online
  • Masuk halaman utama aplikasi lalu klik ikon “Notaris”.
  • Masukkan User ID dan Password untuk login di akun fidusia, kemudian checklist “Saya bukan robot untuk reCaptcha”, klik tombol “Masuk”.
  • Setelah masuk, isi form penghapusan yang terdiri dari 2 kategori, yakni Form Data Lama dan Form Data Baru.
  • Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar dan lengkap, lalu klik “Proses” untuk memulai penghapusan data.
  • Jika proses data yang dihapus sudah selesai, maka akan muncul form isian roya data lama.
  • Cek kembali setiap data yang terisi dalam kolom tersebut.
  • Setelah itu, klik tombol “Proses” untuk memproses data yang sudah diinput selanjutnya lalu akan muncul konfirmasi, klik “OK”.
  • Selanjutnya, muncul lagi konfirmasi Data berhasil diproses jadi kamu bisa langsung cetak surat penghapusan lewat menu daftar transaksi, klik tombol “OK”.
  • Muncul halaman berisi form isian roya data lama, lali klik tombol “Cetak Surat Penghapusan” untuk mencetak surat penghapusan yang sudah kamu isi sebelumnya.
  • Klik surat penghapusan jika kamu ingin melihatnya secara lebih detail.
BACA JUGA  Bioskop Online Apk Mod Download Versi Terbaru 2022

Jika kamu ingin mengurus fidusia menjadi lebih mudah, cepat dan hemat maka gunakan saja aplikasi Fidusia online dengan berbagai fitur mendukung. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot pergi ke Kantor Pendaftaran Fidusia untuk mengurus fidusia.