11 Aplikasi Burning CD Portable Terbaik dan Gratis Terbaru 2022

 

Samudranesia.id – Supaya bisa menyimpan berbagai macam file di CD dengan aman, tentunya kamu membutuhkan aplikasi burning CD terbaik yang dapat di install di perangkat laptop atau komputer. Nah penasaran bukan apa saja aplikasinya dari yang gratis sampai dengan yang berbayar? Mari simak penjabaran lengkapnya berikut ini.

Seperti yang kita tahu kalau CD dapat menjadi tempat penyimpanan opsional apabila kapasitas memori penyimpanan perangkat komputer atau laptop kamu penuh. Selain menyimpan data atau file seperti musik, film, dan lainnya CD juga bisa juga sebagai media instalasi Windows lewat burning CD.

Nah, dibawah ini kami rekomendasikan beberapa Aplikasi Burning CD yang terbaik digunakan pada semua perangkat Windows dan Linux, yuk kita lihat selengkapnya berikut ini.

Aplikasi Burning CD Terbaik

Berikut dibawah ini merupakan beberapa rekomendasi aplikasi burning CD terbaik untuk perangkat laptop atau komputer yang bisa kamu pilih salah satunya sesuai kebutuhan, diantaranya:

1. Nero

Nero

Nero adalah salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan bagi pengguna perangkat laptop khususnya sistem operasi Windows. Aplikasi ini juga membekali dengan berbagai macam fitur yang berguna seperti burner, ripper, backup & rescue, media manager, dan converter.

Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah, kamu hanya perlu membuka piringan CD ke perangkat baik itu laptop atau komputer. Kemudian kamu pilih fitur yang sesuai dengan keperluan.

Nero sendiri dibagi menjadi dua versi yakni gratis dan berbayar. Kalau kamu menginginkan fitur yang lengkap maka harus menggunakan versi yang berbayar.

2. CDBurnerXP

CDBurnerXP

Aplikasi kedua yang bisa digunakan untuk burning CD adalah CDBurnerXP. Mungkin banyak dari kalian yang mengira kalau aplikasi ini hanya bisa digunakan pada perangkat bersistem operasi Windows XP. Tapi jangan salah, kalau aplikasi ini juga dapat digunakan pada pada sistem operasi Windows 7 sampai dengan Windows versi 10.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa melakukan apa saja seperti burning audio, data, sampai dengan file ISO ke HD-DVD, DVD, dan CD. Bahkan sampai file Blu-Ray dengan memakai aplikasi ini. Tidak hanya itu saja, dengan CDBurnerXP kamu juga bisa melakukan convert file image dari bin/nrg ke ISO.

3. Ashampoo Burning Studio

Ashampoo Burning Studio

 

Aplikasi burning CD terbaik selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Ashampoo Burning Studio. Aplikasi ini tidak kalah hebat dengan aplikasi sejenisnya.

Dimana aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur yang bisa digunakan seperti burn file, video, disk image, video dan folder dengan menggunakan format file ISO atau lain sebagainya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu khawatir dengan kapasitas ruang penyimpanan yang kelebihan pada CD. Karena aplikasi Ashampoo Burning Studio sudah mempunyai fitur backup yang bisa melakukan sebuah kompresi dan enkripsi pada data.

4. ImgBurn

ImgBurn

Aplikasi berikut yang bisa digunakan untuk melakukan burning CD adalah ImgBurn. Aplikasi ini dapat dipasangkan baik pada perangkat laptop maupun komputer.

ImgBurn ini sendiri sudah mendukung berbagai macam format file seperti Blu-Ray, HD-DVD, DVD, dan CD. Bahkan aplikasi ini juga telah disematkan 5 mode, yaitu discovery, write, verify,read, dan build.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah mendukung untuk banyak file image seperti NRG, PDI, DVD, DI, GI, BIN, CCD, CDI, CUE, MDS, IMG, dan file ISO.

5. PowerISO

PowerISO

Aplikasi burning CD berikut bernama PowerISO. Dimana aplikasi ini di katakan sangat powerfull dengan fitur yang disematkan di dalamnya.

Aplikasi ini sudah mendukung berbagai macam format file seperti DAA, CDI, ISO, NRG, BIN dan format lainnya. Tidak hanya itu, pengguna aplikasi PowerISO juga bisa melakukan ekstrak dan membuka file berformat ISO dengan gampang.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah aplikasi ini sudah di support dengan fitur yang bisa mampu melakukan ripping audio CD ke file dalam berbagai macam format seperti BIN, APE, WMA, FLAC, MP3 dan lain sebagainya.

6. Ultimate CD/DVD Burner

Ultimate CD DVD Burner

Dilihat dari namanya saja pasti kamu sudah paham, jika aplikasi Ultimate CD/DVD Burner berguna untuk melakukan burning CD.

Aplikasi ini mempunyai berbagai macam fitur menarik yang sangat mendukung untuk melakukan burning file seperti DVD-R/RW, DVD+R/RW dan CD-R, CD-RW.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang bisa di pakai oleh kamu seperti untuk photo album, backup, burning data, membuat ISO CD, dan melakukan copy disc.

7. Active@ ISO Burner

Active ISO Burner

Active@ ISO Burner merupakan salah satu aplikasi burning CD yang memang fungsi untuk melakukan burning CD dengan berbagai macam file ke  DVD+R DL, DVD-R, DVD+R, CD-R, CD-RW, DVD-RW dan DVD+RW dengan gampang.

Untuk melakukan burning dengan aplikasi ini sangat mudah sekali. Kamu hanya perlu memilih path, lalu pilih file yang ingin di burning.

Kemudian kamu pilih kecepatan burn, mode dan juga jumlah copy yang akan dilakukan. Bagaimana sangat simpel dan mudah bukan?

8. InfraRecorder

InfraRecorder

InfraRecorder adalah salah satu aplikasi yang bisa melakukan burning CD. Aplikasi ini mempunyai kemampuan untuk mengisi CD atau pada piringan DVD, ripping, burn dual layer DVD, dan juga copy.

Untuk melakukan burning CD pada aplikasi ini sangat mudah sekali. Kamu hanya perlu melakukan drag and drop file ke aplikasi ini. Sangat simpel dan praktis banget bukan? Tertarik untuk menggunakannya?

9. Star Burn

Star Burn

Aplikasi burning CD selanjutnya bernama Star Burn. Dimana aplikasi aplikasi membekali sebuah fitur yang menarik dan memberikan kemudahan pada penggunaannya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa melakukan burning HD-DVD-R/RW, BD-R/RE, DVD+R/RW, DVD-R/RW, CD-R/RW dan juga DVD-RAM.

Untuk melakukan burning CD pada aplikasi ini sangat mudah sekali. Kamu hanya perlu melakukan drag and drop file ke dalam aplikasi. Nantinya file tersebut akan segera dilakukan proses burn.

10. BurnAware

BurnAware

Apabila dilihat dari namanya saja pasti kamu sudah tahu kalau aplikasi BurnAware berfungsi untuk melakukan burning CD.

Dimana dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa melakukan duplikat data baik itu pada perangkat laptop atau komputer dengan sangat mudah.

Aplikasi ini juga bisa melakukan burning dari file ke dalam bentuk DVD ataupun CD. Selain itu, aplikasi BurnAware juga bisa melakukan burning file ISO Images.

11. Express Burn Free CD and DVD Burner

Express Burn Free CD and DVD Burner

Aplikasi terakhir yang saya rekomendasikan untuk melakukan burning CD adalah Express Burn Free CD and DVD Burner. Aplikasi ini menampilkan beberapa tipe yang mendukung burning CD mulai dari Bluray sampai dengan Audio CD.

Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa menentukan beberapa tipe media seperti ISO, Data, Audio, Video dan berbagai jeni opsi lainnya untuk setiap media yang kamu tentukan.

Contohnya kamu memilih tipe media Audio. Nah dari tipe ini kamu bisa memilih sesuai dengan jenisnya seperti MP3 CD, CD, MP3 DVD.

Bagaimana, apakah kamu juga tertarik untuk menggunakannya? Silahkan langsung pilih dari salah satu aplikasi burning CD terbaik yang menurutmu paling gampang digunakan, mendukung berbagai macam format dan fiturnya paling lengkap.