Kenapa Video Offline YouTube Tidak Bisa Dibuka?

 

Samudranesia.id – Setelah mendownload video agar bisa menonton youtube dengan tanpa kuota internet, namun mengalami error. Seperti video Offline youtube tidak bisa dibuka, maka dari itu jika terjadi masalah demikian silahkan simak mengenai bagaimana cara mengatasinya.

Hampir semua orang mengetahui aplikasi YouTube, aplikasi yang menyediakan berbagai macam video baik itu dari dalam negeri mapun luar negeri. Video yang disediakan mulai dari musik video, tutorial, hiburan, film pendek dan lain – lain.

Pada saat ini banyak juga orang atu sering disebut sebagai konten kereator yang menggeluti bidang YouTube, mereka membuat berbagai macam video yang kemudian akan di upload di YouTube.

Tidak sedikit pengguna youtub, bahkan dari usia masih balita sudah banyak yang dikenalkan video YouTube, akan tetapi video yang ditunjukan sesuai dengan usia mereka.

Youtube mempunyai berbagai macam fitur, salah satunya yaitu save offline. Namun, terkadang kita masih menjumpai  masalah Ketika video yang telah kita download tersebut tidak bisa diputar saat offline.

Penyebab Video Offline Youtube Tidak Bisa Dibuka

Kenapa Video Youtube Offline Tidak Bisa Dibuka

Video pada YouTube bisa kalian download untuk ditonton saat online maupun offline. Bisa di tonton secara oflline khusus melalui platform YouTube saja dan tidak bias digunakan menggunakan aplikasi lain.

BACA JUGA  Berapa Gaji YouTuber 1 Juta Subscriber? Berikut Cara Menghitungnya

Perlu kalian ketahui juga bawah hanya ada video tertentu juga yang bisa kalian download, sehingga tidak sembarangan video. ketika kalian akan menonton video offline hasil download kalian, apakah pernah terjadi gangguan? Semisal tidak bias di lihaat ketik sedang offline.

Berikut ini yang mengakibatkan video Download YouTube tidak bias di tonton:

1. Belum Melakukan Pembaruan Aplikasi

Jika aplikasi kalian belum melakukan update pembaruan maka biasa jadi  ini salah satu penyebab. Sebab ada fitur baru yang bisa mendukung peforma kinerja system aplikasi YouTube.

2. Koneksi Internet Tidak Stabil

Koneksi internet yang stabil dirasa sangat dibutuhkan ketika ingin mendownload video. Apabila koneksi tidak stabil maka video tidak akan muncul gambar, akan tetapi hanya gambar hitam saja.

3. File Cache Penuh

Pada setiap aktivitas yang kalian lakukan di aplikasi akan disimpan dalam bentuk cache. Sehingga kalian perlu melakukan pengcekan terlebih dahaulu, apakah file cache sudah terlalu penuh dan perlu untuk dibersihkan.

4. Video Telah Diprivate Uploader

Seperti yang kami singgung di atas tidak semua video diupload untuk publik, ada banyak juga video memang sengaja di private oleh pemilik channel. apabila video di private maka akan muncul pemberitahuan This Video is Private.

5. Memori RAM Penuh

Penyebab berikutny yaitu  RAM. YouTube termasuk aplikasi yang paling banyak memakan RAM, hal ini bias terjadi karena YouTube memuat banyak video. Sehingga, apabila RAM terlalu penuh tentu akan mengganggu kinerja Youtube dan menjadi lemot.

7. File Video Terhapus

Banyak juga video yang dihapus oleh pemilik channel yang disebabkan beberapa alasan tertentu. Bisa juga di karenakan dihapus secara sengaja atau tidak sengaja.

BACA JUGA  Y2Mate Converter Download Video Youtube Mp3 Mp4 Gratis

8. Memakai Koneksi Internet VPN

Perlu kalian ketahui jika Koneksi internet VPN tidak dapat digunakan untuk memutar video offline YouTube. Hal ini disebabkan  video tersebut hanya bisa diputar menggunakan koneksi internet lokal.

Setelah mengetahui penyebabnya, lalu bagaimanakah cara untuk mengatasi permasalahan di atas?

Cara Mengatasi Video Offline Youtube Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Video Offline Youtube Tidak Bisa Dibuka

Apabila  kalian telah mengetahui  permasalahan kenapa video offline YouTube tidak bisa dibuka atau diputar, maka kalian tentu harus mengetahui tahui cara mengatasinya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut sangatlah mudah, tanpa harus meminta bantuan ahli IT, kalian bisa mengatasinya sendiri. Berikut cara-cara yang bisa kalian mencobannya:

1. Lakukan Update Youtube versi terbaru

Cara pertama ini jadi solusi yang sangat mudah, apabila versi uptdate menjadi penyebab video offline kalian tidak bisa di tonton. Biasa langsung melakukan update dengan masuk ke Playstore atau Appstore guna mengupdatenya atau langsung unduh disini.

2. Periksa Koneksi Jaringan Internet

Seperti yang kita ketahui jika ingin menonton Video offline dari YouTube memang tidak perlu koneksi internet untuk memutarnya, akan tetapi jika ingin melakukan download video tentu perlu koneksi internet yang lancar untuk mendownload dan kemudian  video tersebut biasa di tontnon secara offline.

3. Silakan Hapus File Cache

Seperti yang telah kami singgung diatas jika file cache penuh akan menghambat peforma system YouTube sehingga perlu melakukan penghapusan. Lalu bagaiman cara menghapus file cache yang sudah penuh? Berikut ini langkah-langkah nya :

  • Silakan kalian membuka menu Pengaturan klik sub menu Aplikasi.
  • Silakan Cari dan buka YouTube lalu pilih Hapus Cache dan Data.
  • Tunggu proses hingga selesai kemudian lakukan Restart

Itulah tutorial yang bisa kalian ikuti mengenai video offline youtube yang tidak bisa dibuka. Semoga dengan ulasan diatas bisa bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih.