PayPal, Pengertian, Fungsi & Cara Daftar + Penarikan Ke Rekening Bank

 

samudranesia.id – Pengertian PayPal, Fungsi dan Cara Daftar + Penarikan Ke Rekening Bank Saat ini, begitu banyak website maupun aplikasi berbelanja online yang memudahkan konsumen dalam mendapatkan barang yang mereka inginkan. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya kemajuan teknologi, salah satu peningkatannya adalah dalam bidang keuangan.

Kegiatan berbelanja secara online, tentu kita mesti memperhatikan tentang kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan di dalamnya. Hal yang dapat memudahkan kita dalam melakukan transaksi online itu bisa diperoleh dengan memanfaatkan beragam fasilitas keuangan yang tersedia dari beberapa layanan penyedia transaksi keuangan.

Salah satu yang sering khalayak umum gunakan adalah PayPal dan kartu kredit tentunya, karena kedua fasilitas ini memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan berbagai transaksi online bahkan sampai ke luar negeri. Namun sangat disayangkan karena masih banyak sekali orang yang belum mengetahui apa itu PayPal.

Jadi, PayPal itu apa sih? apa saja fungsinya? cara daftar akunnya bagaimana? apakah bisa melakukan penarikan dana ke rekening bank? Untuk lebih jelasnya terkait dengan hal tersebut, yuk simak penjelasan tentang Pengertian PayPal, Fungsi dan Cara Daftar + Penarikan Ke Rekening Bank berikut ini ya!

Apa Itu PayPal?

PayPal, Pengertian, Fungsi & Cara Daftar + Penarikan Ke Rekening Bank

PayPal adalah suatu rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan terima dana yang biasa digunakan sebagai metode pembayaran secara online. aplikasi tersebut telah memiliki jaringan yang sangat kuat sehingga dapat melayani berbagai macam kegiatan transaksi keuangan di seluruh dunia, di mana semua hal tersebut dilakukan dengan menggunakan surat elektronik secara online.

PayPal menggunakan metode yang lebih modern yang terbilang sangat mudah, efektif dan efisien, yang pastinya sangat berbeda dengan metode terdahulu, di mana pengiriman uang harus dilakukan dengan menggunakan kertas baik berupa cek atau pun wesel pos, yang secara umum itu akan membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama dalam pelaksanaannya.

BACA JUGA  Pengertian Ide Pokok, Fungsi, Ciri, Contoh dan Cara Menentukannya

Sampai saat ini, aplikasi atau website ini masih menjadi salah satu alat pembayaran virtual yang sah bahkan paling banyak digunakan oleh para marketer online, dikarenakan dengan bertransaksi menggunakan PayPal ini penggunanya memperoleh kemudahan dalam penggunaan serta keterjaminan atas keamanan yang terbilang sangat baik jika dibandingkan dengan berbagai fasilitas serupa.

Sangat berbeda dengan transaksi online banking lainnya yang memiliki keterbatasan dalam melakukan transaksi yaitu karena hanya dapat dilakukan dalam satu negara saja, sedangkan PayPal memiliki jaringan yang luas dan bisa dilakukan antar negara sekalipun.

Sebab itulah alasan mengapa banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi atau website ini di dalam bisnis online yang mereka kelola, sebab PayPal memudahkan pengiriman uang dan juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pebisnis online di mana pun mereka berada.

Apa Fungsi PayPal?

PayPal telah menjadi salah satu alat transaksi online yang paling banyak dipilih dan digunakan di seluruh dunia. Melalui aplikasi atau website inilah, kita semua dapat dengan mudahnya untuk bisa mengirimkan sejumlah dana kepada orang lain yang juga memiliki rekening PayPal.

Selain mengirimkan dana, kamu juga bisa menerima sejumlah transfer dana dari seseorang yang memiliki rekening PayPal. Semua kemudahan ini tentu akan sangat berdampak positif bagi pebisnis dan juga beragam urusan keuangan yang dijalankan, di mana PayPal memang memiliki jangkauan yang luas dan bisa diakses di berbagai negara di dunia.

PayPal membuat berbagai transaksi keuangan secara online menjadi lebih mudah dan cepat, semua orang bisa berkirim uang dan menerima uang dengan mudah melalui rekening PayPal yang mereka miliki. Dengan begitu, beragam transaksi jual beli bisa dilakukan dengan mudah dan praktis, karena semua orang dapat membeli dan menjual berbagai barang kebutuhan mereka melalui situs online yang menjangkau hampir seluruh belahan bumi ini. PayPal membuat berbagai transaksi keuangan menjadi lebih mudah, itulah mengapa banyak situs online yang menggunakannya menjadi salah satu alat pembayaran di dalam toko mereka.

PayPal juga dapat membantu menjaga kerahasiaan data diri ketika melakukan berbagai kegiatan belanja online, di mana pembayaran melalui PayPal bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengirimkan atau memberi tahu berbagai informasi perbankan Anda yang biasanya akan tersimpan di dalam kartu kredit atau rekening pribadi yang lainnya.

BACA JUGA  Pengertian Slogan, Jenis, Contoh dan Cara Membuat Slogan Menarik

Transaksi belanja dapat berjalan dengan sangat lancar, dan Anda tetap bisa menjaga kerahasiaan informasi perbankan yang lainnya dengan aman, sebab menggunakan kartu kredit untuk belanja online tentu akan sangat riskan dan berisiko terhadap berbagai tindak kejahatan online yang belakangan ini marak terjadi.

Jika melihat angka penggunanya, maka PayPal menjadi salah satu alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Hal ini membuktikan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk ini begitu tinggi dan cukup besar. aplikasi banyak digunakan sebagai sumber dana dalam melakukan berbagai transaksi online, baik itu pembayaran maupun penerimaan dana yang terjadi di dalam bisnis online.

Bagaimana Cara Mendaftar Akun PayPal?

PayPal, Pengertian, Fungsi & Cara Daftar + Penarikan Ke Rekening Bank

Membuat akun PayPal hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat, dengan tiga syarat utama yaitu pengguna memiliki nomor handphone yang aktif, email yang valid dan usia wajib di atas 18 tahun atau memiliki KTP.

Setelah memenuhi persyaratan di atas, maka beberapa langkah berikut ini bisa kamu lakukan untuk membuat akun PayPal dengan mudah:

  • Buka paypal.com. Jika kamu mengakses dari Indonesia maka akan diarahkan ke situs dengan berbahasa Indonesia.
  • Klik tombol daftar sekarang. Ada dua jenis rekening, pribadi dan bisnis. Kalau akunnya untuk perusahaan maka pilih rekening bisnis. Jika bukan, pilih untuk rekening pribadi.
  • Pilih jenis akun, apakah sebagai pembeli online atau penjual individu / freelancer
  • Kemudian isi nomor handphone kamu untuk verifikasi kode
  • Lengkapi form data diri dengan lengkap. Mulai dari email, nama lengkap, tanggal lahir, NIK atau SIM, alamat rumah dan jangan lupa untuk membuat kata sandi.
  • Menunggu verifikasi akun. Akun kamu harus diverifikasi agar diterima transaksi di berbagai merchant paypal di seluruh dunia. Jika sudah diverifikasi, kamu bisa hubungkan ke wallet yang tersedia seperti rekening bank, kartu kredit, dan atau kartu debit.
BACA JUGA  Pengertian Range (Ms. Excel) : Pengertian, Fungsi & Cara Menggunakan

Cara Melakukan Penarikan Dana PayPal ke Rekening Bank

Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu melalui website atau aplikasi mobile.

Penarikan via Website

  1. Buka halaman www.paypal.com
  2. Masuk atau Log In menggunakan alamat email dan kata sandi
  3. Pilih My PayPal
  4. Pilih menu Transfer Funds
  5. Pilih metode pencairan ke rekening bank
  6. Isi data rekening bank kamu dengan nama yang sesuai dengan yang terdaftar di rekening bank lalu isi nomor rekening bank
  7. Tuliskan berapa nominal dana yang kamu ingin tarik
  8. Apabila sudah yakin, pilih Transfer. Selesai.

Penarikan via Aplikasi Mobile

  1. Buka aplikasi
  2. Masuk atau Log In
  3. Klik PayPal Balance
  4. Pilih Withdraw Money
  5. Pilih yang rekening bank
  6. Tuliskan berapa nominalnya
  7. Pilih Transfer, dan selesai.

Perlu diketahui bahwa dana minimum di aplikasi yang bisa ditarik ke rekening bank sebesar $10 atau sepuluh dollar. Adapun biaya yang dikenakan ialah sebesar Rp.16.000, sedangkan apabila penarikan dilakukan dengan total dana diatas $115 atau seratus lima belas dollar tidak dikenakan biaya alias gratis.

Akhir Kata

Semoga ulasan yang sudah kami bagikan mengenai Pengertian PayPal, Fungsi dan Cara Daftar + Penarikan Ke Rekening Bank berguna bagi kalian semua dan mudah-mudahan kalian juga bisa menambah wawasan baru yang di dapat dari artikel ini, jangan lupa selalu kunjungi website samudranesia.id karena disini sebuah media terpercaya yang bisa kalian kunjungi, terimakasih dan sampai jumpa kembali ya.