Materi Surat Lamaran Pekerjaan Kelas 12 Kurikulum B.Indonesia

 

Samudranesia.id – Apa kabar sobat semuanya, kalian sedang sibuk mencari materi surat lamaran pekerjaan untuk tugas kelas 12 ya? Wah, kebetulan sekali pada kesempatan kali ini kami akan membahas materi tentang surat lamaran pekerjaan dengan detail mulai dari struktur, isi surat lamaran pekerjaan dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya ikuti penjelasan kami dibawah ini.

Srbagian orang terkadang lebih memilih bekerja setelah lulus dari sekolah menengah akhir (SMA), tentu untuk itu kalian membutuhkan surat lamaran pekerjaan. Nah didalam surat lamaran pekerjaan harus berisikan permohonan untuk bekerja.

Yang harus kalian tahu bahwa surat lamaran pekerjaan adalah salah satu poin penting yang akan menentukan kelolosan kalian waktu melamar kerja untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya.

Maka dari itu kalian harus mempersuapkan betul surat lamaran kerja kalian agar menarik perhatian, caranya kalian harus membuatnya sesuai prosedur yang dibutuhkan gak boleh asal bikin.

Nah untuk pembuatan lamaran kerja yang efektif kami akan menjelaskan beberapa unsur yang harus terkandung didalamnya. Untuk penjelasannya simak ulasan Materi Surat Lamaran Pekerjaan Kelas 12 Kurikulum B.Indonesia dibawah ini.

Tentang Surat Lamaran Kerja

Tentang Surat Lamaran Kerja

Sebelum masuk ke unsur apa saja yang harus ada dalam pembuatan surat lamaran kerja alangkah baiknya kalian mengetahui definisi surat lamaran kerja beserta tujuannya terlebih dahulu. Dengan mengetahui maksut surat tersebut kalian bisa membuat surat lamaran kerja dengan efektif.

Surat lamaran kerja ini termasuk kategori salah satu surat resmi yang isinya memuat akan permohonan seseorang untuk bekerja di perusahaan atau instalasi.

Terkait pembuatan surat lamaran kerja, kalian harus mengetik atau menulisnya dengan serapi mungkin agar bisa dibaca oleh pihak HRD. Dari isi tulisan tersebut pihak HRD bisa melihat kepribadian seorang yang akan melamar kerja. Oleh karena itu surat lamaran kerja sangat penting untuk kalian perhatikan ketika hendak melamar pekerjaan.

Selain unsur yang efektif sipembuat surat juga harus memperhatikan susunan kata atau bahasa dalam pembuatannya, untuk surat lamaran kerja kalian harus menggunakan bahasa formal. Pemakaian bahasa formal ini juga harus memerhatikan beberapa hal, salah satunya membuatnya dengan bahasa yang memiliki kesan dan maksud mempromosikan diri kalian. Karena surat tersebut diberikan pada pihak yang akan memberikan lapangan pekerjaan.

BACA JUGA  Cara Daftar Kartu Prakerja Lengkap dengan Persyaratannya Tahun 2022

Konsep Membuat Surat Lamaran Kerja

Konsep Membuat Surat Lamaran Kerja

Sudah kita ketahui bahwa surat lamaran merupakan poin penting dalam melamar pekerjaan. Tentunya sebelum kalian membuatnya seharusnya sudah mempersiapkan konsep surat lamaran tersebut jauh sebelum membuatnya.

Nah bagi kalian yang ingin membuat surat lamaran kerja namun tidak tau konsepnya seperti apa, bisa ikuti tutorial dibawah ini. Berikut penjelasannya

1. Perkenalan Diri

Pertama yang harus kalian perhatikan adalah ketika memberikan identitas diri, kalian harus memberikan secara detail. Karena ini juga termasuk poin penting yang menentukan kelulusan pada jengjang selanjutnya

2. Tujuannya Jelas

Pastikan kalian dalam menulis surat lamaran kerja tulis dengan jelas tujuan nya apa, semisal mau melamar sebagai guru ya ditulis sesuai tujuan.

3. Memakai Bahasa Formal

Jika kalian ingin membuat surat lamaran kerja pastikan penggunaan kata harus formal dan sopan. jangan sampai kita menulis surat lamaran menggunakan bahasa santai atau menggunakan bahasa daerah. Gunakan bahasa indonesia yang formal sesuai kamus KBBI.

Struktur Surat Lamaran Kerja

materi surat lamaran pekerjaan kelas 12

Nah setelah kalian memahami konsep pembuatan surat lamaran kerja sekarang kalian harus memahami struktur atau isi yang terkandung dalam pembuatan surat lamaran kerja. Dan untuk lebih detailnya simak penjelasan dibawah ini sampai selesai.

1. Tempat Dan Tanggal Pembuatan

Pertama dalam striktur pembuatan surat lamaran kerja yang harus kalian perhatikan adalah tempat dan tanggal pembuatan, artinya kalian harus menulis tempatnya dimana dan tanggalnya berapa.

Dan untuk letak penulisannya kalian harus menempatkan pada sisi kanan paling atas. Lalu  untuk huruf penulisan kalian harus menggunakan huruf kapital pada nama tempat dan bulan, kemudian antara nama tempat dan tanggal harus dipisah dengan koma (,).

Contoh:

                                                                                        Magelang, 19 Juli 2022

2. Lampiran Dan Hal

Yang kedua adalah lampiran dan hal, untuk lampiran kalian harus menjelaskan berapa lampir surat yang kalian tujukan dan hal kalian harus menjelaskan maksud dari mengirimkan surat tersebut. Dan untuk penulisan angka dalam lampiran tidak boleh ditulis menggunakan angka.

BACA JUGA  Cara Daftar Kartu Prakerja Lengkap dengan Persyaratannya Tahun 2022

Contoh:

Lampiran: Lima Lembar

Hal          : Melamar Guru Bahasa Inggris

3. Alamat Yang Dituju

Yang ketiga kalian harus menuliskan kepada siapa surat tersebut dirujukan, tergantung kebutuhan sipembuat masing-masing entah ke perusahaan, instalasi atau yayasan sekolah.

Dan penempatan penulisannya dibawahnya lampiran dan hal. Dan untuk ketentuan penulisan pertama kalian tidak usah menggunakan awalan dengan kata “kepada” langsung ditulis saja Yth. Dan untuk alamat maksimal 3 baris, untuk nama jalan tidak boleh disingkat dan pada akhir baris penulisan tidak diperkenankan memakai tanda baca. Jika kalian tidak tahu nama HRD nya kalian bisa menggunakan sapaan bapak/ibu

Contoh:

Yth. Bapak/Ibu Kepala Yayasan Perguruan Islam Al-Abror

Di Salaman, Magelang

4. Salam Dan Pembukaan Surat

Untuk salam pembukaan biasanya yang berlaku pada pembuatan surat lamaran pekerjaan menggunakan kalimat ” Dengan Hormat” dan setelah itu kalian isi dengan kata pengantar pada pembukaan surat. Dan biasanya kata-kata pengantar diisi penjelasan tentang asal usul kalian mengetahui adanya lowongan pekerjaan.

Contoh:

Dengan hormat,

Berdasarkan dengan iklan melalui pamflet yang disebar terkait lowongan pekerjaan sebagai guru bahasa Inggris, saya disini bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di yayasan perguruan islam Al-Abror yang Bapak/Ibu pimpin untuk menjadi guru pengampu pelajaran bahasa Inggris.

5. Isi Surat

Dan untuk bagian isi surat kalian bisa isi menggunakan data identitas diri dengan detail. Tuliskan nama lengkap, TTL, Alamat lengkap, Nomer HP, Email, pendidikan terakhir.

Dan pada isi surat kalian juga bisa menyematkan kemampuan yang kalian miliki terus punya pengalaman PKL, KKN, magang atau yang lainnya. Selain pengalaman skill kalian juga bisa menyematkan pengalaman berorganisasi yang pernah kalian ikuti di kuliah ataupun sekolah.

Contoh:

Saya yang bertanda tangan di bawah ini

nama                               : zakkiya mahbubah

tempat dan tanggal lahir: Magelang, 25 Februari 2001

alamat                            : Kalisalak, Salaman, Magelang

e-mail                             : ZakkiyyaM3@gmail.com

no. HP                            : 085225179805

Contoh: ” Saya merupakan lulusan sarjana pendidikan Bahasa inggris UIN Walisongo. Semasa kulias saya aktif mengikuti organisasi fakultas dan menjabat sebagai wakil ketua BEM. Saya ingin melamar sebagai guru bahasa Inggris disekolah Roudhotus suhban, dengan bekal pengalaman yang pernah saya tekuni insyaallah saya dapat bekerja sama dengan pihak sekolah dengan baik.

BACA JUGA  Cara Daftar Kartu Prakerja Lengkap dengan Persyaratannya Tahun 2022

Dan dalam penulisan isi surat yang perlu kalian perhatikan bahwa ketika kalian menjabarkan identitas diri menggunakan bentuk daftar yang memakai tanda baca (:) pastikan pada semua awal barisan kalian tulis dengan huruf kecil.

6. Lampiran

Unsur yang ke enam adalah lampiran yang mana kalian bisa menulis dokumen-dokumen apa saja yang akan kalian lampirkan sebagai pendukung atau persyaratan pelamar. Dan untuk lampiran yang si sediakan biasanya CV (riwayat hidup), FC ijazah, Pas photo, dan portofolio. Dan jika kalian pernah mengikui lomba, pelatihan atau seminar yang ada sertifikatnya kalian bisa juga ikut sertakan kedalam lampiran file foto copiannya. Dan hal itu bisa menjadi nilai tambahan untuk kalian, dengan itu pihak HRD akan lebih mempertimbangkan lagi kemampuan yang kalian miliki.

Contoh:

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan sebagai berikut,

  1. fotocopy KTP,
  2. daftar riwayat hitup (CV),
  3. fotocopy ijazah terakhir,
  4. fotocopy transkip nilai,
  5. sertifikat organisasi,
  6. sertifikat lomba,
  7. piagam penghargaan.

Dan seperti biasa pada tulisan yang berbentuk daftar seperti ini semua huruf diawal kalimat harus menggunakan huruf kecil.

7. Penutup Surat

Pada bagian penutup surat kalian bisa enjelaskan jika kalian mempunyai harapan yang sangat besar untuk diterima pada yayasan tersebut. Dan jangan lupa untuk menuliskan ucapan terimakasih.

Contoh:

Demikian surat lamaran yang saya buat. Saya sangat berharap, Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan serta memberi kesempatan agar saya dapat menjelaskan potensi saya dengan lebih rinci pada tahapan berikutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

8. Tanda Tangan Dan Nama Pelamar

Terakhir unsur dari surat adalah nama pelamar dan tanda tangan, untuk peletakan tempat penulisannya ditaruh bagian bawah pojok kanan.

Contoh:

Hormat saya,

(tanda tangan)

Zakiya Mahbubah

Akhir Kata

Sekian penjelasan dari samudranesia.id tentang materi surat lamaran pekerjaan kelas 12, semoga informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih sudah mengnjungi artikel kami, jika ada salah kata dalam penulisan atau pengucapan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Sampai jumpa pada artikel berikutnya!.