Kode Bank Mandiri untuk Transfer dan Kegunaannya, Wajib Tahu!

 

Samudranesia.id – Untuk keperluan mengirim uang, kamu bisa menggunakan ATM agar tidak perlu antri di teller. Akan tetapi, kalau nomor rekening tujuannya berbeda bank dengan yang kamu gunakan, kamu harus tahu kode bank tujuan tersebut. Contohnya dari BRI ke Mandiri, maka kamu harus tahu kode Bank Mandiri.

Atau dari BCA ke Mandiri, juga harus tahu kode bank tujuannya. Kode ini tidak diperlukan kalau antara rekening yang digunakan dengan rekening tujuan berasal dari bank yang sama. Misalnya dari Bank Mandiri ke sesama Bank Mandiri, maka tidak perlu memasukkan kode yang dimaksud.

Begitu pentingnya kode bank ini sehingga kamu tidak boleh mengabaikannya atau transaksi transfer yang kamu lakukan akan berhenti di tengah jalan. Tidak perlu bersusah payah mencari informasinya, karena kamu bisa menyimaknya di bawah ini.

Sekilas Tentang Bank Mandiri

Sekilas Tentang Bank Mandiri

Bank Mandiri saat ini menjadi salah satu bank yang namanya cukup diperhitungkan. Bank ini telah dipercaya oleh banyak individu maupun perusahaan untuk melakukan transaksi keuangan mereka. Bank Mandiri sendiri menawarkan berbagai akomodasi yang bisa membantu memenuhi kebutuhan.

Bank Mandiri juga menjadi salah satu bank yang bisa dijadikan rujukan saat seseorang memerlukan pinjaman untuk melancarkan usaha. Kalau ingin mengajukan pengaduan, nasabah bisa melakukannya baik secara lisan maupun tulisan dengan mekanisme yang tidak bertentangan dengan ketentuan OJK.

Kode Bank Mandiri dan Kegunaannya

Kode Bank Mandiri dan Kegunaannya

Kode bank ialah deretan angka unik yang sebenarnya terdiri atas tiga digit dan merupakan identitas suatu bank. Kode ini sangat berguna dalam mempermudah transaksi antar bank khususnya pada saat kamu akan melakukan transaksi transfer.

Setiap bank, kodenya berbeda-beda. Untuk Bank Mandiri sendiri, kodenya adalah 008. Kamu akan menggunakan kode Bank Mandiri 008 ini ketika akan transfer sejumlah uang ke Bank Mandiri namun rekening yang kamu gunakan berasal dari bank yang berbeda.

Kegiatan atau transaksi transfer yang memerlukan kode bank tersebut tidak hanya saat menggunakan ATM saja. Sebab, transaksi transfer yang menggunakan Internet Banking atau M-Banking dan SMS Banking juga sangat memerlukan kode ini supaya sukses.

Jadi intinya adalah kegunaan dari kode bank itu untuk mempermudah transaksi transfer baik melalui mesin ATM, Internet Banking atau M-Banking dan SMS Banking. Nantinya kode bank ini akan dipakai untuk melakukan identifikasi transaksi yang sudah dilakukan oleh masing-masing bank.

Tujuannya adalah supaya masing-masing pihak bank yang terlibat bisa tahu apa saja hak serta kewajibannya ketika terjadi mekanisme transfer antara kamu dengan orang yang dituju. Dengan kata lain, kode bank ini untuk mempermudah transaksi serta komunikasi antar bank.

BACA JUGA  Cara Bayar Shopee via SMS Banking BRI, Mandiri, BNI, BCA, dll

Jadi, dengan kode bank, tidak ada yang namanya transfer salah sasaran atau salah alamat. Dana yang ditransfer benar-benar akan masuk ke rekening di bank yang dituju.

Cara Mengetahui Kode Bank Mandiri dan Bank Lainnya Melalui ATM

Ada berapa banyak bank yang ada di Indonesia baik itu Bank BUMN, Bank Swasta, Bank Syariah, Bank Internasional dan Bank Daerah atau Bank BUMD, sebanyak itu pula kode bank yang perlu diketahui saat ingin melakukan transaksi transfer antar bank.

Tentu saja menghafal kode-kode bank tersebut terdengar tidak memungkinkan. Kecuali untuk bank-bank tertentu yang biasa dituju seperti Bank Mandiri, biasanya nanti akan hafal dengan sendirinya. Lalu bagaimana dengan kode bank lainnya?

Bagaimana dengan kode bank yang sebenarnya sudah dihafalkan namun kebetulan sedang lupa? Kalau untuk ini kamu tenang saja, sebab ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengetahui kode berbagai bank yang ada di tanah air termasuk kode Bank Mandiri. Cara yang dimaksud sebagai berikut.

  • Masukkan kartu ATM ke slot yang tersedia
  • Pilih bahasa Indonesia untuk mempermudah kemudian masukkan pin kartu ATM kamu
  • Setelah menu utama muncul, pilih transaksi lainnya
  • Pilih Transfer dan pilih Antar Bank Online (karena contoh yang diambil dalam hal ini bank yang digunakan untuk mengirim berbeda dengan Bank Mandiri sebagai bank tujuan

Cara Mengetahui Kode Bank Mandiri dan Bank Lainnya Melalui ATM

  • Pilih Daftar Kode Bank dan layar akan menampilkan daftar kode bank yang ada di seluruh Indonesia. Kamu bisa pilih Berikutnya kalau memang kode bank tujuan tidak tampil di daftar yang pertama, terus tekan Berikutnya sampai kamu menemukan kode bank tujuan kamu
  • Kalau sudah berhasil menemukan kode bank tujuan, bisa pilih Masukkan Nomor Rekening

Untuk selanjutnya, kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang tertera di layar untuk melanjutkan proses transfer. Sangat mudah bukan menemukan kode berbagai bank yang ada di Indonesia termasuk Bank Mandiri melalui mesin ATM?

Fungsi Kode Bank Mandiri

Fungsi Kode Bank Mandiri

Kode berbagai bank di Indonesia termasuk Bank Mandiri pastinya sudah sangat dikenal oleh orang-orang yang sering melakukan transaksi antar bank, baik itu melalui ATM, SMS Banking maupun Internet Banking atau M-Banking. Lalu apa saja fungsi kode ini sehingga membuatnya menjadi begitu penting?

1. Sebagai Identitas Bank

Kode berbagai bank yang ada di Indonesia menjadi identitas bank. Tanpa adanya kode ini, maka transaksi antar rekening bank tidak akan bisa dilakukan. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kode bank merupakan deretan angka yang dipakai oleh masing-masing bank untuk proses identifikasi.

Kode ini menjadi identitas yang sengaja diciptakan guna menjadi pembeda antara bank yang satu dengan bank yang lainnya. Selain itu, kode ini juga diperlukan untuk menghindari terjadinya kesalahan transaksi pada bank. Jadi dengan adanya kode ini, uang yang kamu transfer tidak akan salah alamat.

BACA JUGA  Cara Cek Saldo AXA Mandiri Melalui SMS, Email & Online Lainnya

2. Mempermudah Transaksi

Kode bank juga merupakan perantara yang akan membuat transaksi antar bank jadi lebih mudah. Oleh karenanya, ketika kamu akan menstransfer sejumlah dana ke rekening Mandiri dari rekening yang berbeda, pastikan bahwa kamu sudah memasukkan kode Bank Mandiri ini dengan benar.

Kalau sampai terjadi kesalahan, maka dana tersebut tidak akan bisa dipindahkan. Pasalnya, kode bank yang dimasukkan tadi akan membantu masing-masing pihak bank, yakni pihak bank yang digunakan dan pihak Bank Mandiri yang menjadi tujuan jadi tahu apa saja hak dan kewajibannya ketika transaksi terjadi.

Cara Menggunakan Kode Bank Mandiri

Cara Menggunakan Kode Bank Mandiri

Seperti yang sudah kamu ketahui kode bank akan dipakai pada saat kamu transfer uang ke Bank Mandiri menggunakan rekening bank yang berbeda. Dalam transaksi ini, layar perangkat yang kamu gunakan akan meminbta untuk memasukkan nomor rekening tujuan.

Namun sebelum nomor rekening tersebut diinput, terlebih dahulu masukkan kode bank Mandiri yang menjadi tujuan kamu. Begitu kamu sudah tahu kode dari Bank Mandiri, selanjutnya untuk menggunakan kode tersebut adalah sebagai berikut.

  • Masukkan kode bank tujuan
  • Masukkan nomor rekening yang dituju

Contohnya 00843277777777. Tiga digit angka yang pertama dari contoh tersebut adalah kode dari Bank Mandiri yang kemudian diikuti langsung dengan nomor rekening tujuan. Jangan lupa juga untuk memasukkan nominal uang yang akan ditransfer dengan benar ya.

Penjelasan di atas kalau kamu mengirim uangnya melalui ATM atau SMS Banking ya, sedangkan kalau kamu kirim uangnya menggunakan Mobile Banking atau Internet Banking, kamu cukup pilih nama bank tujuannya saja dan biasanya kode bank akan secara otomatis terisi di sistem.

Untuk selanjutnya kamu hanya perlu memasukkan nomor rekening tujuan di kolom yang sudah disediakan. Setelah itu, masukkan juga berapa jumlah uang yang akan ditransfer kemudian klik transfer dan transaksi kamu akan berhasil. Sebagai catatan, pastikan koneksi internetnya lancar ya.

Cara Transfer Uang Ke Bank Mandiri Melalui Mesin ATM dan SMS Banking

Sekilas tentang cara transfer ke Bank Mandiri dari bank yang lain sudah dijelaskan sebelumnya. Dalam prosesnya nanti, kamu diwajibkan untuk memasukkan kode milik Bank Mandiri sesuai dengan perintah yang tertera di layar yang kamu gunakan.

Ada format khusus yang harus diikuti terutama jika kamu transfer uangnya melalui mesin ATM dan SMS Banking. Secara umum, kode bank wajib ditulis sebelum nomor rekening dan antara kode bank dengan nomor rekening bersambung, jadi tidak ada spasi yang memisahkan keduanya.

Hal ini wajib diperhatikan dengan betul dan cara transfer uang ke Bank Mandiri dari bank yang lainnya menggunakan mesin ATM dan juga SMS Banking adalah sebagai berikut.

BACA JUGA  16 Cara Bayar Indihome via Bank Mandiri, BCA, OVO, Shopee, Pos, dll

1. Menggunakan Mesin ATM

Menggunakan Mesin ATM

Kalau mau menggunakan ATM saat akan transfer uang, sebenarnya rata-rata ATM langkah-langkahnya sama. Dalam proses transaksi nanti wajib memasukkan kode bank dan secara umum langkah-langkah transfer uang ke rekening Bank Mandiri dari bank lain sebagai berikut.

  • Datangi mesin ATM yang paling dekat dengan rumah kamu
  • Masukkan kartu ATM tersebut di tempat yang telah disediakan
  • Pilih Bahasa Indonesia agar mempermudah kamu dalam memahami instruksi yang diberikan oleh layar
  • Masukkan Pin ATM. Demi keamanan, jangan lupa untuk menutupi tangan pada saat kamu memasukkan pin ATM tersebut
  • Pilih opsi Transaksi Lainnya sehingga kemudian layar menampilkan berbagai pilihan lagi, pilih Transfer
  • Pilih Transfer Antar Bank dan selanjutnya kamu hanya perlu memasukkan kode bank berikut dengan nomor rekeningnya. Penulisannya tanpa spasi, jadi kode bank dengan nomor rekening langsung ditulis menyambung.
  • Kalau belum tahu kode bank yang dituju dan dalam hal ini adalah Bank Mandiri, bisa tekan Daftar Kode Bank sehingga layar akan menampilkan daftar kode bank yang ada di seluruh Indonesia
  • Masukkan banyaknya uang yang akan ditransfer dan pilih Ya
  • Perhatikan lagi data yang muncul di layar, pastikan nama orang yang menerima, nomor rekening serta nominal uang yang akan dikirimkan dan berikan konfirmasi dengan cara menekan Benar
  • Pilih Ya dan tunggu saja proses selanjutnya. Mesin ATM juga akan mengeluarkan struk sebagai bukti transfer yang bisa kamu simpan

2. Menggunakan SMS Banking

Menggunakan SMS Banking

Seperti yang sudah ditegaskan, bukan hanya pengiriman uang melalui mesin ATM saja yang memerlukan kode bank, tetapi saat menggunakan SMS Banking juga. Dengan SMS Banking, kamu tentu tidak perlu repot keluar rumah mencari mesin ATM kalau hanya untuk transfer.

Cukup dengan memastikan bahwa kamu masih punya pulsa dan baterai smartphone kamu cukup, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Buka aplikasi SMS di smartphone kamu
  • Ketikkan SMS dengan format TRANSFER [spasi] KODE BANK MANDIRI + NOMOR REKENING TUJUAN [spasi] NOMINAL UANG YANG AKAN DIKIRIMKAN [spasi] PIN
  • Kirimkan pesan ini ke 3300 dan kalau transfernya berhasil, kamu akan mendapatkan balasan dari 3300 juga

Pengiriman uang menggunakan SMS di atas berlaku kalau kamu menggunakan layanan SMS Banking Mandiri ya. Kalau untuk bank yang lain, bisa saja ada perbedaan terutama pada format SMS serta nomor yang dituju.

Kode Bank Mandiri sangat diperlukan untuk menjamin kesuksesan transfer uang yang kamu lakukan. Kode ini akan diperlukan hanya apabila transfer yang kamu lakukan berasal dari bank yang berbeda dengan Bank Mandiri. Kalau sesama Bank Mandiri, kode bank tidak perlu dimasukkan.