Doa Agar Hutang Cepat Lunas dan Rezeki Berlimpah serta Artinya

 

Samudranesia.id – Pada pembahasan kali ini akan memberikan ulasan mengenai doa agar hutang cepat lunas dan rezeki melimpah ruah. Untuk itu, buat yang terlilit hutangnya silahkan amalkan bacaan doa yang satu ini.

Setiap orang didunia ini tidak ada yang baik-baik saja, semua sedang berjuang menghadapi ujian nya masing-masing. Salah satu ujian terberat adalah ketika seseorang mengalami keadaan yang sedang terlilit hutang.

Terkadang, ketika seseorang depresi dengan masalahnya banyak yang ahirnya mengambil jalan pintas yang tidak menyelesaikan permasalahan akibat putus asa.

Padahal seharusnya dalam kondisi seperti ini alangkah baiknya mendekatkan diri kepada Allah agar bisa menyelesaikan masalah dengan lancar dan mudah. Seperti firman Allah yang berbunyi:

فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَأَمْسِكُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ أَوْ فَارِقُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ وَأَشْهِدُوا۟ ذَوَىْ عَدْلٍ مِّنكُمْ وَأَقِيمُوا۟ ٱلشَّهَٰدَةَ لِلَّهِ ۚ ذَٰلِكُمْ يُوعَظُ بِهِۦ مَن كَانَ يُؤْمِنُ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مَخْرَجًا

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

Untuk itu, bagi kalian yang sedang kebingungan sebaiknya amalkan bacaan dzikir,doa dan shalawat untuk menyelesaikan masalah pelunasan hutang dan diberi rizqi yang berlimpah dari Allah SWT. Apa saja amalnya? simak penjelasan dibawah ini.

Bacaan Dzikir Melunasi Hutang

Doa Agar Hutang Cepat Lunas dan Rezeki Berlimpah serta Artinya

Sebelum membaca zikir untuk melunasi utang, Bunda juga bisa melakukan salat hajat terlebih dahulu ya. Setelah selesai salat, Bunda bisa membaca zikir sebagai berikut:

Baca “Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil ‘aliiyil ‘adzim” sebanyak 10 kali ya, Bunda.

Kemudian, Bunda bisa melanjutkan dengan melantunkan salawat kepada Nabi Muhammad SAW, dengan membaca “Allahumma sholli ‘alaa sayyidina muhammad wa ‘alaa ali sayyidina muhammad” sebanyak 10 kali juga.

Terakhir baca, “Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil’ahirati hasanah wa qinaa ‘adzaabannar” sebanyak 10 kali, Bun.

Bacaan Doa Melunasi Hutang

Doa Agar Hutang Cepat Lunas dan Rezeki Berlimpah serta Artinya

Pertama, doa yang diajarkan kepada Ali bin Abi Thalib RA.

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummak fini bi halalika ‘an haramika wa aghnini bifadhlika ‘aman siwaka. 

“Ya Allah! Cukupilah aku dengan rezekiMu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karuniaMu (hingga aku tidak minta) kepada selainMu.” (HR Tirmidzi)

Kedua, doa yang diajarkan kepada Muadz bin Jabal RA. Usai mendawamkan doa ini, Allah SWT memenuhi utang yang dimiliki Muadz.

BACA JUGA  Bacaan Doa Mau Belajar dan Setelah belajar Terbaru (Lengkap)

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazani wa ‘audzubika minal ‘ajzi wal kasali wa audzubika minal jubni wal bukhli wa audzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijali.

“Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kekhawatiran dan kesedihan dan saya berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan dan saya berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan saya berlindung kepada-Mu dari keutamaan agama dan menaklukkan orang-orang berkata, Saya dapat melakukannya, Tuhan Yang Mahaperkasa lagi Mahamulia, dan telah melunasi utangku kepadaku.” (HR Dawud).

Ketiga, doa yang diajarkan Rasulullah SAW kepada Abu Umamah RA.

اللهم مالك الملك تؤتي الملك من تشاء وتنزع الملك ممن تشاء وتعز من تشاء وتذل من تشاء بيدك الخير إنك على كل شيء قدير رحمن الدنيا والآخرة ورحيمهما تعطيهما من تشاء وتمنع منهما من تشاء ارحمني رحمة تغنيني بها عن رحمة من سواك

Allahumma Malikal mulki tu’til mulka man tasya’ wa tanzi’ul mulka mimman tasya’ wa tu’izzu man tasya’ wa tudzillu man tasya’ biyadikal khair, innaka ‘ala kulli syain qadir, Rahmanad Dunya wal Akhirati wa Rahimuha tu’thihuma man tasya’ wa tamna’u man tasya irhamni rahmatan tughnini biha ‘an rahmati man siwaka

“Ya Allah, Engkau pemilik kerajaan. Hargai siapa pun yang Kau kehendaki dan hina siapa pun yang Kau kehendaki, di tangan-Mu kebaikan , karena Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu, Yang Maha Penyayang di dunia dan di akhirat, dan Yang Maha Penyayang di antara mereka. Engkau memberikannya kepada siapa pun yang Engkau kehendaki dan mencegahnya dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Kasihanilah aku dengan rahmat yang cukup kepada saya, Tak ada yang dapat memberi rahmat selain Engkau ya Allah.” (HR At Thabrani)

Keempat, doa agar hutang cepat lunas yang ampuh

Adapun tatacara pengamalannya adalah sebagai berikut:

Salatlah Sunat Hajat 2 Raka’at Di Sepertiga malam

Setelah Salat Bacalah Istighfar 100 x

Kemudian Bacakan Shalawat 100 x

Setelahnya Bacalah Surat Alfatihah 1 Kali Kepada Rasulullah, Kemudian Alfatihah 1 Kali Kepada Syekh Abdul Qadir Al Jailani, Kemudian Alfatihah 1 Kali kepada Syekh Imam Abu Hasan Asy-Syadzili , Dan Alfatihah 1 Kali kepada Syekh Muhammad Adil Azizah Alkayali , Dan Alfatihah Kepada Kedua Orangtua, Dan Terakhir kepada seluruh Kaum Muslimin

Setelah Selesai Tawassul Di Atas Maka Langsung Membaca Surat Yasin sebanyak 4 kali Sekali duduk tanpa berhenti dan terputus-putus , Ulangi Surat Yasin Sebanyak 4 kali dalam sekali duduk

Setelah selesai sempurna 4 Kali Membaca Surat Yasin Maka Bacalah Doa Berikut Ini :

سُبْحَانَ الْمُنَفِّسِ عَنْ كُلِّ مَدْيُوْنٍ، سُبْحَانَ الْمُفَرِّجِ عَنْ كُلِّ مَحْزُوْنٍ، سُبْحَانَ مَنْ كَانَ أَمْرُهُ بَيْنَ الْكَافِ وَالنُّوْنِ، سُبْحَانَ مَنْ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُوْلَ لَهُ كُنْ فَيَكُوْنُ، يَا مُفَرِّجِ الْهُمُوْمِ وَيَا حَيُّ يَا قَيُّوْمِ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَصْحِبِهِ وَسَلِّمِ.

BACA JUGA  Bacaan Doa Sholat Fardhu Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Subhaanal munaffisi ‘an kulli madyuun, subhaanal mufarriji ‘an kulli mahzuum, subhaana man kaana amruhuu baynal kaafi wan nuun, subhaana man idzaa araada sya’an an yaquula lahuu kun fayakuun, yaa mufarrijil humuumi wa yaa hayyu yaa qayyuum, shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadiw wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallim.

Artinya:

Mahasuci Zat, Yang bersih dari utang-piutang, Mahasuci Zat, Yang Melapangkan dari segala kesedihan, Mahasuci Zat yang kekuasaan-Nya tak terbatas antara kaf dan nun (pada kalimat kun fayakun), Mahasuci Zat Yang jika berkehendak sesuatu hanya dengan kalimat kun fayakun,  wahai Zat Yang melapangkan kegelisahan, Wahai Zat Yang Mahahidup dan Kekal, semoga kesejahteraan dan salam atas penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga, serta sahabat-sahabatnya.

Doa Dimudahkan Mendapat Rizqi

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

“Allohumma inni as-aluka an tarzuqoni rizqon halalan wasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wala masyaqqotin wala dhoirin wala nashobin innaka ‘ala kulli syai-in qodir.

Artinya:

“Ya Allah, hamba minta pada-Mu agar melimpahiku rezeki yang halal, luas, dan baik tanpa kesusahan, tanpa kemelaratan dan tanpa kepayahan. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

Membaca Sholawat

يا رسول الله أجعل ثلث صلاتي عليك قال نعم إن شئت . قال : الثلثين ؟ قال : نعم . قال : فصلاتي كلها ؟ قال رسول الله : إذا يكفيك الله ما همك من أمر دنياك وآخرتك الراوي: حبان بن منقذ بن عمرو الأنصاري – خلاصة الدرجة: حسن لغيره – المحدث: الألباني – المصدر: صحيح الترغيب – الصفحة أو الرقم: 1671

“Wahai Rasulullah , saya menjadikan 1/3 shalawat saya kepadamu. Beliau menjawab: “Ya, silakan saja”. Ia berkata: “2/3 nya?”. Beliau menjawab: “Ya”. Ia berkata: “Shalawat saya semuanya?”. Rasulullah menjawab: “Kalau begitu, Allah akan mencukupkanmu dari semua kerisauannya dari masalah dunia dan akhiratmu”. (HR Ibnu Hibban)

Tawassul Membaca Sholawat

سم اللّٰه الرحمن الرحيم
اِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِ الْمُصْطَفىَ سَيِّدِناَ محمد صللى اللّٰه عليه وسلم وعلى اله واصحابه و ذريته واهل بيته
وَالى حضرة سَيِّدِناَ الْحسَنِ والحُسَيْنِ رضي اللّٰه عنهما
والى حضرة سَيِّدَتِناَ فاطمة الزهراء رضي الله عنها
والى حضرة سيِّدِنا علي كَرَّمَ اللّٰهُ وَجْهَهُ
والى حضرة الشيخِ عبد القادِرِ الجِيْلانِيْ رضي اللّٰه عنه
والى حضرة ولي اللّٰه شيخ مَوْلاناَ اِبْراهيم السَّمَرْقَنْدِيْ (gesik) طُوْباَنْ
والى حضرة ولي اللّٰه مْباَهْ اِماَمْ اَشْعَرِيْ (bejagung lor ) طُوْباَنْ
-والى حضرة ولي اللّٰه مْباَهْ (mbah pengeran pengulu agung ) bejagung -tuban
وَكَرَامَتِهِمْ وَخُدَّامِهِمْ
– والي حضرة جَمِيْعِ اَوْلِياَءِ التِّسْعَةِ (wali songo)
والى حضرة جميع اولياَءِ اللّٰه تعالى فِيْ وِلاَيَةِ (………….d isi nama desa)وَكَراَمَتِهِمْ وَخُدّاَمَهِمْ لهم الفاتحة

BACA JUGA  Doa Mandi Sunnah Sebelum Puasa Ramadhan Lengkap Arab dan Artinya

Setelah itu fatikhah dibaca sebanyak 17 kali dan setiap fatikhahnya tahan nafas, amalan ini dilakukan setelah sholat maghrib dan subuh. Dan setelah bertawasul dilanjutkan membaca shilawat Tunjiina dan kamilah, masing2 sholawat dibaca sebanyak 41 kali.

Membaca Sholawat Tunjiina

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَـــاتِ

“Allaahumma shalli ‘alaa sayyidiniaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin shalaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il ahwaali wa aafaat wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al haajat wa tuthahhirunaa bihaa min jamii’is sayyiaat wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad darajaat wa tuballighunaa bihaa aqshal ghaayat min jamii’il khairaati fil hayaati wa ba’dal mamaat”

Artinya, “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, dengan sholawat itu, Engkau akan menyelamarkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan sholawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan sholawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan sholawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan sholawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

Membaca Sholawat Kamilah

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَحْمَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wa sallim salaaman taaman ‘ala sayyidinaa Muhammadin Alladzi tanhallu bihil ‘uqadu, wa tanfariju bihil kurabu, wa tuqdhaa bihil hawaa’iju Wa tunaalu bihir raghaa’ibu wa husnul khawaatimi wa yustasqal ghomaamu bi wajhihil kariimi, wa ‘alaa aalihi, wa shahbihi fii kulli lahmatin wanafasin bi’adadi kulli ma’luumin laka.

Artinya :
“Ya Allah, berikanlah shalawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada Baginda kami Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan. Dan dengannya pula ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, dan turunnya hujan dari awan, berkat keagungan dan kemuliaan Nabi Muhammad saw, dan kepada keluarganya, sahabat-sahabatnya pada tiap-tiap mata melirik, dan tiap-tiap jiwa yang bernafas, dengan jumlah yang Engkau ketahui.

Akhir Kata

Sekian penjelasan tentang Doa Agar Hutang Cepat Lunas dan Rezeki Berlimpah serta Artinya, semoga bagi yang terkena masalah hutang piutang bisa segera terselesaikan dengan mengamalkan dzikir,doa dan shalawat yang sudah samudranesia.id bagikan.

Terimakasih sudah menyimak penjelasan diatas sampai selesai, jangan lupa ikuti artikel keagamaan terbaru kami yang tidak kalah menarik dari artikel-artikel kami sebelumnya.