Daftar Frekuensi TV Digital 2022 Semua Saluran Televisi Terupdate

 

Samudranesia.id – Daftar Frekuensi TV Digital 2022 akan kami bagikan di dalam artikel ini. Pada 02 November lalu TV Analog resmi dihapuskan di Indonesia.

Dihapusnya TV Analog mengharuskan kita untuk menggunakan TV Digital. TV Digital menggunakan alat bantu berupa Set Top Box. Kebijakan ini guna mematuhi Undang – Undang.

Dalam Undang-Undang Cipta Kerja No. 11/2020, pemerintah wajib melakukan ASO (Analog Switch Off). Mematikan seluruh siaran TV Analog di Indonesia. Berikut adalah ulasanya.

Peralihan TV Analog Ke TV Digital

Peralihan TV Analog Ke TV Digital

Hari Rabu 02 November lalu, seluruh siaran TV Analog resmi diberhentikan oleh pemerintah. Digantikan dengan siaran TV Digital dengan alat bantu Set Top Box.

Peralihan ini disebabkan oleh beberapa hal, yang pertama adalah untuk meningkatkan kualitas siaran televisi. TV analog seringkali menghasilkan gambar yang kurang berkualitas dan lokasi antena sangat menentukan.

Tapi dengan Siaran TV Digital akan menghasilkan gambar yang lebih jernih. Dimanapun lokasi antena diletakan. Dengan menggunakan Set Top Box, kamu dapat meninikmati tontonan dengan kualitas yang baik dan tanpa takut dengan perubahan cuaca.

Selain itu, dengan TV Digital akan lebih banyak channel atau saluran televisi yang dapat di akses. Sebelumnya hanya daerah – daerah urban saja yang dapat menikmati berbagai saluran.

Misalnya Jakarta, Bogor, dan sekitarnya. Sedangkan di daerah Riau, televisi hanya dapat mengakses 6 saluran televisi dengan menggunakan televisi analog. Sangat berbeda dengan akses di Ibu Kota.

Pemerataan saluran informasi melalui televisi ini merupakan alasan kedua pemerinteh beralih ke TV Digital. Dengan Set Top Box, di seluruh wilayah NKRI dapat mengakses semua channel dengan kualitas yang baik.

Dengan televisi digital memungkinkan seluruh rakyat Indonesia dapat menonton seluruh saluran televisi, dan memperoleh informasi yang seimbang. Dari Jakarta hingga Papua semua bisa akses televisi.

Pemerintah juga memberikam bantuan Set Top Box Gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Persyaratanya adalah kamu harus terdaftar di dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah, tidak perlu khawatir tidak akan dapat menonton televisi lagi. Pemerintah telah menyediakan Set Top Box untuk dibagikan secara gratis.

Apabila sudah terdaftar di DTKS, kamu hanya perlu datang ke tempat pembagian Set Top Box di daerahmu dengan menunjukan Kartu Keluarga.

Keunggulan Televisi Digital

Keunggulan Televisi Digital

Peralihan TV Analog ke TV Digital memicu reaksi yang beragam. Ada yang mendukung program pemerintah ini, adapula yang menentang keras perubahan ini.

Beberapa pihak ini semakin menyulitkan rakyat dengan harus membeli Set Top Box, ditengah banyak harga yang naik. Tetapi terdapat juga pihak yang mendukung perubahan ini guna moderenisasi.

Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh TV Digital. Keunggulan inilah beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh pemerintah. Berikut adalah ulasan keunggulan Televisi Digital :

1.Siaran Yang Berkualitas Dan Tanpa Gangguan

Dengan menggunakan TV Digital pemerintah menjamin masyarakat dapat menikmati tontonan dengan siaran yang berkualitas dan tahan dengan gangguan. Seperti suara yang tidak jelas.

Selain suara yang tidak jelas, gambar yang berbayang juga seringkali mengganggu aktivitas menonton TV. Maka dari itu, pemerintah memberikan solusi atas masalah tersebut.

2. Siaran Dengan Kualitas HD

Pemerintah juga menjanjikan siaran yang berkualitas tinggi dengan menggunakan TV Digital. Penggunaan Set Top Box di klaim dapat memberikan kualitas gambar yang baik.

Tidak ada lagi TV yang bersemut ataupun gambar yang berbayang. Aktivitas menonton televisi akan menjadi lebih menyenangkan dengan kualitas gambar yang tinggi.

Ini adalah fitur yang paling diandalkan oleh pemerintah mengenai keunggulan Set Top Box. Dengan Set Top Box setiap saluran yang kamu tonton akan berkualitas baik.

3.  Dapat Menjangkau Banyak Saluran

Tidak jarang kita kesulitan mencari saluran televisi karena keterbatasan antena dalam menjangkaunya. Ada beberapa saluran yang tidak bisa ditonton sama sekali atau bisa ditonton tapi dengan kualitas buruk.

Dengan TV Digital, dimanapun posisi antena diletakan kamu dapat menjangkau seluruh saluran televisi. Semua saluran dapat diakses dengan kualitas yang baik serta tidak rentan akan gangguan.

Seringkal ketika kita menggunakan TV Analog khawatir apabila petir datang. Kekhawatiran ini akan hilang apabila anda menggunakan Set Top Box. Televisi anda menjadi lebih kuat terhadap resiko cuaca.

Kenal Lebih Dekat Dengan Set Top Box

Kenal Lebih Dekat Dengan Set Top Box

Set Top Box adalah salah satu barang yang dicari akhir-akhir ini, dan puncaknya adalah ketika pemerintah menghentikan siaran TV Analog. Set Top Box adalah alat yang menunjang siaran digital.

Harga dan varian Set Top Box pun beragam dipasaran, mulai dari merek besar maupun beberapa merek baru. Semuanya menawarkan fitur – fitur yang beragam dengan harga yang bersaing.

Set Top Box adalah alat yang berguna untuk mengubah sinyal digital stasiun televsis dan diubah ke dalam bentuk gambar dan suara di televisi dengan kualitas yang baik.

Set Top Box mampu memberikan gambar dan suara dengan kualitas yang baik serta tidak rentan terhadap resiko. Resiko cuaca seperti petir, lalu resiko tidak menangkap sinyal akibat lokasi.

Set Top Box dapat dengan mudah kamu cari di toko-toko elektronik maupun online shop dengan harga yang beragam. Penjualan Set Top Box pun meningkat tajam setelah peraliham dari TV Analog.

Terdapat beberapa jenis Set Top Box yang dijual di pasaran. Dengan harga dan fitur yang beragam. Apabila kamu tertarik untuk membeli secara online pastikan STB tersebut bersertifikasi KOMINFO.

Jangan lupa juga untuk cek fitur- fitur Set Top Box sebelum membeli. Untuk membantu memilih, kami akan memberikan ulasan mengenai jenis – jenis Set Top Box yang ada di pasaran.

1. Set Top Box Merek Matrix Apple Tipe DVB T2

Salah satu merek Set Top Box yang memiliki review yang baik adalah Matrix Apple DVB T2. Merek ini dikenal dengan harganya yang terjangkau serta kualitas gambarnya yang baik.

2. Set Top Box Tanaka DVB T2

Produk yang satu ini juga tidak kalah populer dengan Set Top Box merek Matriks. Terdapat berbagai keunggulan yang dimiliki oleh produk ini. Salah satunya memiliki alarm peringatan bencana.

Set Top Box ini kompetibel dengan WiFi, serta dilengkapi oleh USB, HDMI, Jack Aerial Antena, dan RCA. Fitur inilah yang menjadikanya unggul dibandingkan dengan Set Top Box lainya.

3. Set Top Box Polytron DVB – T2

Set Top Box selanjutnya yang memiliki review yang baik adalah Polytron. Kualitas Set Top Box merek ini sudah tidak diragukan lagi mengenai hasil gambar dan suara yang dihasilkan.

Selain itu, Set Top Box ini juga memiliki peringatan atau alarm bencana. Namun, yang paling spesial dari Polytron adalah memiliki jadwal siaran program. Jadi kamu dapat tahu acara mendatang.

Ditambah lagi fitur perekam acara favorit serta time shift. Dengan time shift memungkinkan kamu untuk menggeser waktu siara program yang kamu suka sesuai dengan waktu yang kamu mau.

Cara Menggunakan Set Top Box

Cara Menggunakan Set Top Box

Setelah pemaparan tentang keunggulan TV Digital dan serta Set Top Box. Selanjutnya di artikel ini akan memaparkan tentang cara menggunakan Set Top Box di televisimu.

  1. Yang pertama kali harus dilakukan dan jangan sampai kelupaan adalah membeli Set Top Box terlebih dahulu.
  2. Kemudian siapkan Televisi, Set Top Box, dan Remote Televisimu.
  3. Hubungkan kabel antena ke Set Top Box.
  4. Hubungkan kabel RCA ke Set Top Box.
  5. Hidupkan televisi dan Set Top Box mu.
  6. Pilih menu AV.
  7. Pilih menu pencarian saluran, lalu pilih yang otomatis.
  8. Pilih simpan, lalu kamu siap untuk menonton siaran televisi dengan kualitas yang baik.

Mudah bukan memasangkan Set Top Box ke TV Analog di rumahmu. Kami hanya perlu menyambungan beberapa kabelnya dan memcari saluran TV Digital.

Terdapat perbedaan daftar frekuensi TV Digital antara TV Analog dengan TV Digital. Pastikan kamu sudah mengetahui daftar frekuensi TV Digital saluran televisi favoritmu, agar lebih mudah dalam mencari.

Daftar Frekuensi TV Digital

Daftar Frekuensi TV Digital

Peralihan TV Analog ke TV Digital memang membutuhkan sedikit penyesuain. Berikut adalah daftar frekuensi TV Digital untuk kamu, sehingga lebih mudah dalam mencari saluran yang diinginkan.

 
No Nama Channel Frekuensi
1 KompasTV, SCTV, Indosiar, O Channel dan MentariTV 24 UHF Frekuensi 498 MHZ
2 GTB, RCTI, iNews, dan MNCTV 28 UHF Frekuensi 530 MHz
3 MyTV, MetroTV, BBSTV, JPNN, MagnaTV, SmileTV, dan UGTV 31 UHF Frekuensi 554 MHz
4 JakTV, TVONE, SportOne, dan ANTV 34 UHF Frekuensi 578 MHz
5 Trans7, TransTV, CNBC dan CNN 40 UHF Frekuensi 626 MHz
6 TVRI Sport, TVRI, TVRI Jakarta, TVRI World, Inspira, nusantaraTV (ntv), RadarTV, NetTV, DAAITV, tvMU dan ElshintaTV 43 UHF Frekuensi 650 MHz
7 rtv 48 UHF Frekuensi 690 MHz

 

Itulah dia daftar frekuensi TV Digital berbagai saluran televisi digital. Lebih beragam dan dapat semua nya kamu akses. Kamu Kami  perlu memasukan daftar frekuensi TV Digital yang tertera untuk mencari saluran yang kamu inginkan.

Akhir Kata

Itulah dua artikel daftar frekuensi siaran TV Digital 2022. Semoga bermanfaat dan dapat memudahkan aktivitas menontonmu. Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.