Cara Transfer Saldo Shopeepay ke Rekening Bank, Mudah!

 

Samudranesia.id – Penting untuk mengetahui bagaimana cara transfer saldo Shopeepay ke Rekening Bank. Shopeepay saat ini menjadi salah satu layanan uang elektronik yang banyak diminati.  Untuk dapat melakukan transfer saldo Shopeepay ke rekening Bank tidaklah sulit.

Namun pastikan Anda telah menambahkan data atau hendak memasukkan data rekening Bank dengan benar. Selama pengguna mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, maka transfer saldo dari Shopeepay ke rekening Bank akan mudah dan aman.

Sebelum melakukan transfer saldo Shopeepay ke rekening bank, pengguna harus lebih dulu melakukan verifikasi data identitas dan data rekening Bank yang hendak di transfer saldo Shopeepay. Berikut ini dipaparkan mengenai bagaimana cara transfer saldo Shopeepay ke Rekening Bank.

Cara Transfer Saldo Shopeepay ke Rekening Bank

Cara Transfer Saldo Shopeepay ke Rekening Bank

Cara melakukan transfer saldo Shopeepay ke rekening bank dapat dilakukan melalui ponsel, yaitu di platform aplikasi Shopee. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Shopeepay.
  • Pada halaman utama, akan ada nominal yang menunjukan berapa saldo Shopeepay Anda, bisa langsung di klik. Atau bisa juga klik pada bagian kanan bawah, yaitu ikon saya, kemudian pilih menu Shopeepay.
  • Klik menu transfer ke Bank. Pada halaman ini akan muncul nomor rekening yang sudah ditambahkan atau bisa juga menambahkan nomor rekening baru.
  • Kemudian masukkan nominal uang yang akan ditransfer, pihak Shopee memberikan minimal transfer bank yaitu Rp 5.000.
  • Selanjutnya klik konfirmasi. Pastikan Anda sudah menuliskan nominal yang sesuai.
  • Selanjutnya masukkan PIN Shopeepay untuk menyelesaikan transfer ke rekening Bank.

Durasi Penarikan Shopeepay ke Rekening Bank

Durasi Penarikan Shopeepay ke Rekening Bank

Dalam nominal jumlah uang yang akan ditransfer dari saldo Shopeepay ke rekening bank, ada ketentuan sendiri-sendiri. Untuk transfer di bawah Rp 50.00 ke Bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI akan dikenakan biaya sebesar tiga ribu rupiah.

BACA JUGA  Nomor Shopeepay Terletak Dimana? Begini Cara Mengetahuinya

Sedangkan untuk transfer ke rekening bank dengan nominal lebih dari Rp 50.000 ke Bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI tidak dikenakan biaya apapun. Sementara itu, untuk transfer selain ke BCA, BRI, BNI, dan Bank Mandiri akan dikenakan biaya sebesar tiga ribu rupiah setiap transaksinya.

Untuk dapat melakukan transfer dari saldo Shopeepay ke rekening Bank ini juga ada durasi penarikannya sendiri. Berikut ini merupakan estimasi waktu penarikan dari saldo Shopeepay ke rekening Bank :

  • BCA: 1 hari
  • BNI: 1 hari
  • BRI: 1-2 hari
  • Bank Mandiri: 1 hari
  • Seabank: 1 hari
  • Bank lainnya: 1-4 hari kerja

Jika dana yang ditransfer belum masuk ke rekening and meski durasi penarikan seperti data diatas telah lewat, maka mungkin saja data rekening yang anda masukkan ada kesalahan, sehingga tidak sesuai dengan data yang tertera di buku tabungan.

Jika hal ini terjadi maka Anda perlu mengubahnya terlebih dahulu, untuk langkah-langkah mengubah data rekening akan dijelaskan pada poin selanjutnya. Pihak Shopee juga telah menyarankan agar melakukan penarikan dana pada pukul 5 pagi hingga pukul 10 malam..

Proses transfer dari Shopeepay ke rekening bank kecuali ke Seabank setelah pukul 10 malam, akan membutuhkan waktu proses yang lebih lama, hal ini dikarenakan baru akan diproses pada pukul 6 pagi.

Mengubah Data Rekening yang Ditolak

Mengubah Data Rekening yang Ditolak

Pada jenis-jenis Bank tadi sudah dipaparkan mengenai durasi penarikannya. Jika hingga melebihi durasi namun uang masih belum masuk ke rekening Bank, maka mungkin saja ada kesalahan atau ketidaksesuaian data rekening yang dimasukkan dengan data di buku tabungan.

Jika hal itu terjadi maka pihak Shopee dapat menunda transfer dana ke rekening Bank dengan memberikan notifikasi kepada pengguna untuk memperbaiki kesalahan pada data rekening yang dimasukkan. Jika data salah maka pihak Bank dapat menolak untuk menerima transfer.

BACA JUGA  6 Rekomendasi Toko Baju di Shopee yang Murah dan Bagus!

Jika data rekening ditolak oleh pihak Bank, maka untuk dapat melakukan transfer Anda perlu untuk mengubah data rekening terlebih dahulu. Untuk itu Anda dapat segera melakukan pengubahan terhadap data rekening. Berikut ini merupakan cara untuk mengubah data rekening di Shopee.

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Pada halaman utama, akan ada nominal yang menunjukan berapa saldo Shopeepay Anda, bisa langsung di klik. Atau bisa juga klik pada bagian kanan bawah, yaitu ikon saya, kemudian pilih menu Shopeepay.
  • Klik menu pengaturan di bagian pojok kanan atas.
  • Kemudian klik rekening Bank untuk Shopeepay
  • Pilih rekening Bank yang sebelumnya telah ditolak, kemudian klik hapus.
  • Selanjutnya masukkan kode verifikasi yang telah pihak Shopee kirimkan ke nomor ponsel Anda, kemudian klik lanjut.
  • Selanjutnya klik tambah rekening Bank dan masukkan data rekening yang sesuai. Pastikan data rekening yang dimasukkan sudah benar. Kemudian klik lanjutkan.

Mengatasi Kendala yang Mungkin Terjadi

Mengatasi Kendala yang Mungkin Terjadi

Ketika proses transfer dari saldo Shopeepay ke rekening Bank mungkin saja dapat terjadi beberapa kendala, seperti kendala pada penolakan bank yang telah disebutkan sebelumnya.

Kendala lainnya misalnya munculnya notifikasi dari pihak Shopee mengenai penambahan data rekening Bank terverifikasi atau juga dana belum masuk padahal telah melewati durasi waktu. Untuk kendala-kendala tersebut maka ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi jika kendala-kendala tersebut terjadi.

  • Jika Anda mendapatkan notifikasi tentang penambahan akun Rekening Bank Terverifikasi, maka dapat dilakukan refresh aplikasi Shopee dan periksa kembali lebih rinci rekening bank yang telah ditambahkan, dan pastikan sudah sesuai.
  • Jika Anda tidak menerima transfer dana dalam beberapa waktu sesuai dengan waktu ketika penarikan, maka dapat saja karena data rekening bank tersebut tidak benar. Penarikan saldo ShopeePay akan diberi waktu jeda dan Anda akan diminta untuk menghapus info rincian rekening bank yang salah tersebut, setelah itu kemudian menambahkan data rekening yang benar.
  • Jika Anda memasukkan nomor rekening yang ternyata salah, dan rekening tersebut milik orang lain, maka anda harus mengkonfirmasi pihak bank agar melakukan proses penarikan terhadap dana tersebut.
BACA JUGA  3 Cara Daftar Akun Shopee Sebagai Penjual atau Pembeli, Gampang!

Selanjutnya jika Anda ingin melihat bagaimana status transfer dari saldo Shopeepay ke rekening Bank, maka anda dapat melihatnya pada menu transaksi terakhir dalam menu Shopeepay.

Anda dapat mengklik penarikan yang hendak anda cek, dan akan diperlihatkan rincian dari penarikan yang telah anda lakukan. Banyak sekali toko yang saat ini menawarkan pembayaran dengan Shopeepay.

Cashback yang ditawarkan juga sangat beragam, cashback ini ditawarkan entah itu ketika melakukan pembayaran di toko atau pembayaran ketika berbelanja di marketplace Shopee. Transfer antar Shopeepay juga menjadi favorit karena tidak dikenakan biaya.

Sehingga terkadang jika uang yang ditransfer ke Shopeepay terlalu banyak, beberapa orang ingin mengambilnya atau memindahkannya ke rekening bank mereka. Atau juga beberapa orang sengaja menyimpan uangnya di Shopeepay baru kemudian ditransfer ke rekening bank tujuan tertentu.

Itulah uraian mengenai bagaimana cara transfer saldo Shopeepay ke rekening Bank, bagaimana cara mengubah data rekening yang ditolak oleh Bank, hingga bagaimana cara mengatasi kendala yang dapat terjadi ketika melakukan transfer saldo Shopeepay ke rekening Bank.