5 Cara Stop Orang Melihat Pesan Whatsapp Anda Tanpa Blokir

 

Samudranesia.id – Apakah salah satu atau mungkin lebih daftar kontak whatsapp Anda adalah orang yang tidak dikehendaki untuk terus melihat status whatsapp Anda atau kapan terakhir Anda online? Jika jawabannya adalah iya, maka Anda mencoba cara stop orang melihat pesan whatsapp Anda yang akan dijelaskan berikut ini.

Sebenarnya, salah satu cara paling mudah dan instan untuk mengatasi kasus seperti di atas adalah dengan memblokir kontak yang bersangkutan. Tapi terkadang hal ini tidak bisa sembarangan dilakukan karena bisa saja orang tersebut adalah saudara, tetangga, atau mungkin juga rekan kerja.

Karena itu, diperlukan solusi yang bisa mengatasinya namun tidak terlalu mencolok bagi orang yang dimaksud, sehingga tidak membuat canggung atau merusak hubungan baik yang mungkin selama ini sudah terjalin. Jadi apa saja cara-caranya? Cek daftar di bawah ini!

Beberapa Cara Stop Orang Melihat Pesan Whatsapp Anda

Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan orang yang stalking whatsapp Anda dan membuat Anda cukup terganggu atau merasa tidak nyaman tapi tidak berani untuk menegur langsung atau memblokir:

1. Non-aktifkan Last Seen

Non-aktifkan Last Seen

Privasi pertama yang bisa Anda batasi adalah informasi tentang kapan terakhir Anda online atau membuka whatsapp. Caranya sangat sederhana karena Anda hanya perlu mematikan fitur last seen dengan cara berikut:

  • Masuk ke menu Settings di whatsapp yang ada di sudut kanan bawah untuk iPhone dan klik ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas untuk perangkat Android.
  • Pilih sub menu Account / Akun di whatsapp.
  • Masuk ke bagian
  • Cari dan klik tulisan Last Seen (Terakhir Terlihat) dan hilangkan tanda centang yang ada di sebelah kanan tulisan ini, atau geser tombolnya untuk non aktif.
BACA JUGA  100+ Nada Dering WA yang Lucu dan Unik Beserta Link Download

2. Sembunyikan Foto

Sembunyikan Foto

Jika Anda mecurigai bahwa orang yang suka mengawasi aktivitas whatsapp Anda memiliki niat yang tidak baik atau ada kemungkinan akan memberikan Anda masalah / kerugian di masa mendatang, maka sebaiknya Anda juga harus menyembunyikan foto profil.

  • Cara termudah adalah Anda tidak perlu memasang foto sama sekali. Tapi jika tidak bisa melakukannya maka Anda bisa atur siapa saja yang bisa melihat foto profil tersebut dengan cara:
  • Masuk ke menu Settings dan pilih
  • Pilih bagian Privacy dan klik Profile Photo.
  • Akan muncul tiga opsi yaitu Everyone (semua orang yang memiliki nomor whatsapp Anda bisa melihat foto profil Anda meskipun Anda tidak menyimpan kontak mereka), My Contact (hanya daftar kontak yang bisa melihat), dan Nobody (tidak ada satupun yang bisa melihat foto Anda).
  • Anda bisa memilih Nobody untuk opsi termudah, atau pilih My Contact tapi sebelumnya hapus dulu nomor dari orang yang suka stalker Anda.

3. Matikan Centang Biru

Matikan Centang Biru

Ketika sebuah pesan di whatsapp sudah terkirim, maka akan muncul tanda centang dua buah berwarna abu-abu, dan ketika pesan sudah dibaca maka warnanya akan berubah menjadi biru.

Jika pesan tidak terkirim mungkin karena hp penerima mati atau sedang tidak konek ke internet, maka centangnya hanya satu dan warna abu-abu. Jika stalker adalah seseorang yang sering mengirim pesan ke Anda, maka Anda akan lebih nyaman jika mematikan read wa dengan cara berikut:

  • Masuk ke Settings dan pilih
  • Pilih Privacy dan scroll agak ke bawah untuk menemukan tulisan Laporan Dibaca (Read Receipts).
  • Geser tombol di sebelah kanan tulisan ini agar mati, atau hilangkan tanda centangnya. Tapi jika mematikan fitur ini, maka Anda juga tidak akan bisa tahu apakan pesan yang Anda kirim sudah dibaca oleh teman/keluarga Anda atau belum.
BACA JUGA  Download Fouad WA Versi 9.27 Update Terbaru 2022

4. Batasi Masuk Grup

Batasi Masuk Grup

Whatsapp dilengkapi dengan fitur yang bisa membuat Anda memberikan batasan kepada orang lain untuk tidak sembarangan memasukkan Anda ke sebuah grup.

Fitur ini bisa Anda temukan di dalam menu Privacy yang bisa dibuka di bagian Settings seperti langkah-langkah pada poin sebelumnya. Cukup temukan dan klik tulisan Grup lalu akan muncul tiga opsi berikut:

  • Everyone (siapa saja bisa memasukkan Anda ke grup selama mereka memiliki nomor whatsapp Anda)
  • Kontak (hanya nomor yang Anda simpan ke phonebook yang bisa memasukkan Anda ke grup)
  • Nobody (siapapun tidak bisa memasukkan Anda ke grup termasuk teman dan keluarga yang nomornya Anda simpan).

Anda bisa memilih Kontak jika nomor dari stalker tidak Anda simpan, dan bisa memilih Nobody jika karena suatu alasan Anda tetap harus menyimpan nomornya.

5. Atur Notifikasi di Layar

Atur Notifikasi di Layar

Jika hp Anda sering dipinjam orang lain misal, dan Anda tidak nyaman jika ada pesan masuk terbaca olehnya, maka cara stop orang melihat pesan whatsapp Anda adalah atur notifikasi pada whatsapp dengan cara berikut:

  • Khusus untuk perangkat iOS bisa masuk ke menu Settings dan pilih sub menu
  • Selanjutnya lihat di bagian Notification Style dan pada daftar aplikasi yang ada, klik
  • Sekarang klik tulisan Show Preview dan pada tiga opsi yang ada, pilihlah When Unlocked. Dua pilihan lainnya adalah Always dan

Jika memilih Never, Anda akan sering melewatkan chat dan telepon di whatsapp karena aplikasi tidak akan mengirimkan notifikasi di layar sampai Anda membuka aplikasi. Jika memilih Always, maka notifikasi akan selalu muncul.

Tapi jika memilih When Unlocked, notifikasi hanya akan muncul ketika layar hp terkunci. Ketika hp Anda dipinjam, tentu saja layarnya sedang dalam keadaan tidak terkunci, bukan? Jadi notifikasi whatsapp tidak akan tampak di layar.

BACA JUGA  4 Cara Mengetahui Dia Chat dengan Siapa Saja di WhatsApp

Hindari mendapat masalah atau kerugian di kemudian hari karena ada orang terus kepo atau menjadi stalker Anda dengan menggunakan salah satu atau semua cara stop orang melihat pesan whatsapp Anda yang akan dihapus pada penjelasan di atas.