Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box Dengan Mudah

 

Samudranesia.id – Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box sedang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Semenjak siaran analog telah diberhentikan, banyak masyarakat yang tidak memiliki STB.

STB ini dikenal juga sebagai Set Top Box ini alat untuk menangkap siaran tayangan TV atau seperti antena. Pemerintah memiliki program untuk memberikan STB secara gratis ke masyarakat kurang mampu.

Hanya saja tidak terbagi secara merata untuk masyarakat yang kurang mampu. Jadi artikel kali ini akan membahas tentang cara nonton siaran TV digital tanpa Set Top Box.

Siaran TV Digital

Siaran TV Digital

Siaran TV analog yang sudah hampir 60 tahun ada di Indonesia. Hal tersebut telah digantikan oleh siaran TV digital paling lambat pada 2 November 2022 lalu.

Baru ini siaran cara nonton siaran TV Digital dengan menggunakan modulasi sinyal digital. Sistem ini menghadirkan kualitas gambar yang lebih jernih, terang, dan canggih untuk teknologi bagi masyarakat Indonesia.

Pada masa peralihan ke televisi digital, masyarakat masih dapat menonton televisi analog. Namun sangat disarankan agar masyarakat mulai mengubah penerimaan antena dari analog ke digital di rumah.

Negara-negara Timur Tengah dan Eropa telah menyelesaikan digitalisasi televisi sepuluh tahun yang lalu. Korea Selatan pada 2012 dan Jepang menyelesaikannya pada 2017.

Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura menyelesaikan Analog Switch-Off pada 2019. Tentunya disusul Vietnam pada 2021 dan Thailand pada 2020.

Bagi masyarakat Indonesia membutuhkan layanan televisi yang lebih baik dengan menggunakan teknologi terbaru. TV dengan sistem analog tidak efisien karena menggunakan sebagian besar spektrum frekuensi 700 MHz.

Spektrum frekuensi radio yang digunakan untuk TV analog berada di pita 700 MHz. Ini merupakan spektrum frekuensi ideal yang digunakan untuk layanan Internet.

Oleh karena itu, seluruh dunia mengimplementasikan teknologi televisi digital. Alasannya untuk menghemat penggunaan pita 700 MHz agar sebagian dapat digunakan untuk layanan internet.

Di Indonesia, penghematan dari pita 700 MHz juga akan digunakan untuk sistem pendidikan jarak jauh, peringatan bencana, dan layanan kesehatan.

BACA JUGA  Download Sinyal TV Digital Apk Versi Terbaru 2022

Pemerataan siaran televisi berkualitas di seluruh pelosok tanah air. Selain masalah keterbatasan penerimaan sinyal televisi analog.

Peralihan ke televisi digital akan membuat biaya pembangunan infrastruktur penyiaran televisi menjadi lebih hemat. Daerah-daerah yang saat ini belum ada penyiaran televisi terestrial dapat dikembangkan dengan biaya yang lebih efektif.

Siaran Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box

Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box

Cara nonton siaran TV Digital pastinya menggunakan Set Top Box. Ini juga biasa dikenal dengan STB. STB adalah alat untuk mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di televisi analog biasa.

Box ini dapat digunakan untuk semua TV analog, baik yang berbentuk TV tabung maupun TV layar datar. Sinyal siaran adalah sinyal digital yang ditangkap oleh antena.

Gambarnya jauh lebih jernih atau HD dan suaranya lebih jernih dibandingkan dengan penyiaran analog. Data pertama dikodekan dalam bentuk digital dan kemudian ditransmisikan.

Biaya operasional lebih rendah karena beberapa stasiun TV berbagi infrastruktur pemancar dengan penyedia multipleks. Sekarang ini kamu juga bisa menikmati siaran digital tanpa STB.

Siaran jenis ini tidak akan terpengaruh oleh cuaca seperti yang diketahui bahwa analog sangat rawan gangguan jika cuaca kurang baik. Bahkan, negara-negara lain yang lebih dulu menggunakan jenis penyiaran ini tertinggal dari Indonesia.

Tidak mengherankan juga, karena peralihan dari TV analog ke digital membutuhkan persiapan dan biaya yang tidak sedikit. Seperti saat ini, pemerintah harus memberikan bantuan berupa alat Set Top Box yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat kurang mampu.

Jumlah set-top box yang didapat oleh orang-orang kurang mampu juga tidak main-main. Kurang lebih 7 juta rumah tangga akan terdistribusi dengan Set Top Box ini.

Namun, jika kamu adalah masyarakat yang mampu dapat membeli sendiri alat ini di pasar atau marketplace atau toko offline. Spesifikasi harus yang telah diverifikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Banyak masyarakat kurang mampu untuk membeli STB ini, walaupun sudah ada program pemerintah yang memberikan STB gratis. Hanya saja pembagiannya kurang merata untuk masyarakat kurang mampu.

Kamu juga bisa membeli Set Top Box melalui online maupun offline. Jika kamu tidak ingin menggunakan STB bisa terus lanjut membaca artikel ini.

Merek STB

Merek STB

Ada berbagai Merek Set Top Box yang pastinya sudah siap menangkap sinyal Digital dengan optimal. Kami akan memberikan daftar Merek STB di bawah ini:

  • Venus (Brio)
  • Evercross (STB1)
  • Matrix (Apple)
  • Evinix H1
  • Nextron (NT2000-D dan TR 1000)
  • Polytron (PDV 600T2)
  • Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD)
  • Akari (ADS-2230, ADS-168 dan ADS-210)
  • Ichiko (8000HD)
  • Tanaka (T2)
BACA JUGA  8 Set Top Box Murah 100 Ribuan Dengan Kualitas Terbaik

Kamu yang ingin membeli Set Top Box harus membeli yang sudah terverifikasi atau bersertifikasi oleh KOMINFO. Jangan sampai beli barang yang tidak kamu ketahui.

Kenapa kamu harus memilih perangkat atau STB dengan sertifikasi Kominfo? Faktor keamanan pengguna. Perangkat bersertifikat telah melalui beberapa tahapan pengujian dan memenuhi persyaratan.

Standar siaran DVB-T2 di Indonesia sudah standar. Artinya standar yang digunakan sama dengan standar siaran yang diterapkan oleh lembaga penyiaran di Indonesia.

Sehingga STB dapat menampilkan siaran cara nonton siaran TV Digital walaupun TV masih analog. Produksi dalam negeri, sebagai produk STB dan cara nonton siaran TV Digital harus memiliki TKDN atau Tingkat Kandungan Dalam Negeri minimal 20%.

Keunggulan Dari Siaran TV Digital

Keunggulan Dari Siaran TV Digital

Tentunya dengan pergantian siaran TV analog menuju siaran TV digital sudah dipikirkan keunggulan dari siaran digital. Kamu akan mendapatkan keunggulan dari siaran digital ini.

1. Kualitas Bagus

TV digital memiliki kualitas gambar yang lebih baik daripada analog. Sehingga lebih nyaman untuk ditonton. Tidak ada tampilan buram seperti pada TV analog.

2. Suara Jernih

Suara yang dihasilkan cara nonton siaran TV Digital lebih bersih dan jernih dibandingkan suara yang dihasilkan TV analog.Siaran digital lebih mampu meminimalisir noise atau suara berisik atau gangguan suara.

3. Menerima Siaran Lebih Bagus

Siaran digital dapat menerima siaran TV sambil bergerak maupun diam. Tidak sama dengan TV analog yang menyebabkan gambar tidak stabil saat dipindahkan.

4. Tayangan Siaran Beragam

Kamu dapat menikmati lebih banyak variasi acara di TV digital. Hal ini dikarenakan dapat menangkap dan menampung lebih banyak atau beragam saluran daripada TV analog.

Hal ini dimungkinkan karena penggunaan bandwidth TV digital lebih sedikit dibandingkan dengan TV analog. Jadi kamu bisa menonton banyak tayangan siaran TV.

Bagaimana Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box?

Bagaimana Nonton Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box

Kamu yang tidak ingin menggunakan STB atau Set Top Box juga bisa cara nonton siaran TV Digital. Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk bisa menonton TV lagi.

BACA JUGA  7 Set Top Box Untuk TV Tabung Terbaik dan Termurah 2022

1. TV yang memiliki fitur DVB-T2

Jika kamu sudah membeli TV yang mempunyai fitur DVB-T2 maka kamu tidak perlu membeli StB lagi. Kamu yang ingin mengetahui apakah TV kamu mempunyai fitur tersebut bisa melihat langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Kamu buka laman resmi kominfo di siarandigital.kominfo.go.id
  2. Kemudian bisa pilih menu Perangkat TV Digital
  3. Selanjutnya kamu klik Pilih Kategori
  4. Setelah itu kamu pilih Televisi
  5. Berikutnya kamu bisa tulis Merek dan tipe televisi

Jika TV kamu bisa menerima siaran cara nonton siaran TV Digital, maka nama merek dan tipe televisi akan muncul. Jika tidak, maka akan muncul keterangan.

Contohnya “Mohon maaf perangkat atau merek yang kamu cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat”.

Ada beberapa merek dan tipe televisi yang mempunyai fitur DVB-T2. Seperti Coocaa 32D5T, LG 32LB550B PTA, TCL 32B3, Samsung 32T4001, dan Polytron PLD 32TV1855.

Selain yang tadi masih ada Changhong 32H1, Toshiba 32L3965, dan Toshiba 32L3965, Sharp Aquos LED 2T-C32DC1i, dan Panasonic 32H410G.

2. Android TV

Kamu juga bisa menggunakan Android TV. Perangkat ini disebut sebagai penerus Smart TV yang telah dilengkapi dengan koneksi internet dan Wi-Fi.

Bedanya dengan Smart TV adalah perangkat ini memiliki sistem operasi Android seperti prosesor dan smartphone. Ini memungkinkan TV terhubung ke Google Play Store dan lainnya yang ada di handphone.

3. Smart TV

Selain kamu gunakan cara di atas, kamu juga bisa menggunakan Smart TV. TV ini tidak memerlukan Set Top Box atau STB untuk menerima siaran cara nonton siaran TV Digital.

Perangkat atau TV ini dikenal sebagai TV Internet karena mampu memberikan program tambahan melalui koneksi Internet. Hal ini bisa menggantikan TV manapun.

Kamu juga dapat menonton film atau apapun di situs streaming melalui Smart TV dan bahkan mengakses YouTube, Netflix, dan lain-lain.

Jadi tanpa STB atau Set Top Box kamu masih bisa menikmati acara tayangan cara nonton siaran TV Digital. Kamu tidak perlu kecewa akan berhentinya siaran TV Analog. Cara nonton siaran TV Digital atau apapun bisa kamu nikmati dengan cara di atas.

Akhir Kata

Demikian artikel tentang bagaimana cara nonton siaran TV Digital tanpa Set Top Box. Kamu bisa menikmati segala acara tayangan TV seperti siaran analog dengan kualitas lebih bagus. Selamat menonton!