Cara Membuat URL YouTube di Android Untuk Dibagikan ke Media

 

Samudranesia.id – Ingin membuat custom URL untuk channel YouTube akan tetapi bingung bagaimana caranya? Berikut simak cara membuat URL untuk channel YouTube kalian di bawah ini hingga selesai.

Sebagai Youtuber jika dapat meng custom URL pada channel mereka tentu sangat membantu dan berguna bagi mereka. Sebab dengan menggunakan custom URL orang lain akan mudah untuk menemukan channel YouTube kalian.

Tentu akan berbeda ceritanya apabila menggunakan URL default dari YouTube. Katakanlah URL default kalian seperti ini: kemudian bandingkan dengan coustume URL YouTube seperti ini: https://www.youtube.com/c/wangunid

Bagaimana menurut kalian, dan silakan bayangkan jika kalian seperti orang biasa yang ingin mencari channel dari YouTube favorit mu, tentu kalian akan memilih URL kedua yang telah dilakukan custom dengan demikian akan mudah untuk ditulis dan tidak ribet.

Syarat Bikin Custom URL YouTube

Cara Membuat Situs URL YouTube

Bagi mereka konten kreator pasti sudah mengetahui jika pihak YouTube secara otomatis akan memberi URL default channel anda. Akan tetapi yang perlu kalian ketahui ialah YouTube dapat memungkinkan untuk membuat custom URL versi mereka sendiri.

Akan tetapi tidak semua youtuber bisa melakukan custom URL loh… ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi terlebih dahulu jika ingin melakukan custom URL channel kalian. berikut ini syaratnya:

  1. Harus memiliki se kurang – kurang nya 100 subscribe di akun anda
  2. Akun anda telah berjalan atau terdaftar minimal 30 hari
  3. Terdapat gambar profil pada akun anda
  4. Terdapat banner di dalam akun anda

Apabila syarat diatas telah terpenuhi, kalian bisa memilih URL khusus yang tersedia berdasarkan nama tampilan, nama pengguna YouTube, URL unik saat ini, atau situs web yang tertaut pada channel kalian.

BACA JUGA  Penyebab dan Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Memutar Video

Menariknya lagi ketika saat ingin melakukan custom URL, kalian juga bisa menggunakan variasi kapitalisasi (contohnya: “WangunID”) intinya kalian bisa melakukan variasi apapun yang bisa mengarahkan orang ke channel YouTube anda.

Akan tetapi perlu kalian ketahui, jika pihak YouTube berhak mengklaim kembali custom URL kalian. namun hal ini jarang terjadi, kalaupun terjadi kemungkinan ada kemiripan atau bahkan sama persis dengan akun yang lain. sehingga kalian tidak dapat menggunakan custom tadi.

Cara Membuat Custom URL YouTube

Cara Membuat Situs URL YouTube

sempat kita singgung tentang syarat bisa membuat custom akun channel kalian di atas. Apabila telah terpenuhi maka tidak lama lagi anda bisa melakukan nya. Pihak YouTube bakal mengirim beberapa notifikasi yang memberi informasi, kalau kalian sudah memenuhi syarat untuk menerima URL khusus.

Notifikasi atau pemberitahuan ini bisa kalian baca melalui dasbor pemberitahuan, pengaturan informasi dasar, atau bahkan lewat email yang terhubung pada akun YouTube channel anda. Berikut ini langkah-langka yang harus kalian leati.

  1. Silakan kalian membuka YouTube Studio
  2. Pergi ke daftar menu yang terletak pada sebelah kiri kemudian klik customization basic info
  3. Pada bawah channel URL klik set a custom URL for your channel
  4. Kemudian lanjut di dalam kotak, kalian akan melihat URL khusus buat kalian
  5. Langkah berikutnya kalian dapat menambahkan huruf atau angka tambahan untuk membuat URL
  6. Ketika sudah selesai lanjutkan klik tombol Publish
  7. Lanjut klik confirm guna mengkonfirmasi URL khusus tadi

Trala..a.a. sekarang kalian sudah berhasil membuat URL khusus. Oh iya perlu kalian ketahui jika kalian telah berhasil melakukan custom maka tidak akan bisa lagi untuk mengubah nya lagi.

Cara menghapus Custom URL

Cara Membuat Situs URL YouTube

Tenang saja walaupun kalian tidak bisa mengubah nama URL khusus mu akan tetapi kalian dapat menghapus nya kok. Yah kalian dapat menghapus hingga 3 kali per tahun. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini cara nya:

  1. Langkah pertama silakan buka YouTube Studio
  2. Kemudian langkah selanjutnya pilih menu customization > basic info
  3. Pada bagian bawa URL Khusus kalian silakan klik deler
  4. Kemudian klik URL khususmu yang ada di bawah About
  5. Klik Remove dan Remove lakukan klik terus jika masih muncul hingga berhasil menghapusnya
BACA JUGA  Cara Melihat Data Spesifik Video di YouTube dengan Mudah

Demikian ulasan dari kami mengenai cara membuat situs URL youtube dengan mudah, dan semoga ulasan samudranesia ini bermanfaat.