2 Cara Membuat Form Website Otomatis ke WhatsApp, Mudah!

 

Samudranesia.id – Cara membuat form website otomatis ke WhatsApp dapat memberikan manfaat bagi pengguna aplikasi ini. Anda bisa membuat formulir online yang langsung dapat dikirimkan melalui aplikasi WhatsApp. Pemilik bisnis online pun bisa memanfaatkannya untuk membuat formulir order otomatis.

Form order WhatsApp tersebut dapat membantu pemilik bisnis online untuk mencatat atau merekap pesanan yang masuk. Pelanggan pun dapat dengan mudah mengisi formulir pemesanan tersebut dan langsung dikirim ke WhatsApp.

Lalu, bagaimana cara membuat form website otomatis ke WhatsApp dengan mudah? Informasi tentang cara mudah membuatnya bisa dibaca melalui artikel ini. Simak artikel ini hingga selesai untuk mendapat informasi yang lengkap ya!

Cara Membuat Form Website Otomatis ke Whatsapp

Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk membuat formulir website otomatis ke WhatsApp, yaitu:

1. Membuat Form Website Otomatis ke WA Menggunakan Aplikasi

Formulir website yang otomatis dikirim ke aplikasi WhatsApp dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis menggunakan Google Play Store. Bagi pengguna iPhone pun bisa mengunduhnya melalui AppStore.

Aplikasi apa yang bisa digunakan untuk membuat form website? Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat formulir website adalah aplikasi bernama Keyboard WABOT. Aplikasi ini diciptakan oleh PT. Klik Quick Indonesia.

Ukuran aplikasi Keyword WABOT sebesar 5 MB dan dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung. Hingga saat ini sudah ada lebih dari 10 ribu pengguna Google Play Store yang mengunduh dan menggunakan aplikasi Keyword WABOT untuk membantu bisnis dan promosi.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat form website otomatis ke WA menggunakan aplikasi Keyboard WABOT, yaitu:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh atau install aplikasi Keyboard WABOT di ponsel. Pastikan ponsel Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menginstal aplikasi ini.
  • Setelah proses download selesai, buka aplikasi Keyboard WABOT dan lakukan proses registrasi atau pendaftaran akun.
  • Kemudian, Anda harus login menggunakan akun Keyword WABOT yang telah dibuat sebelumnya.
BACA JUGA  Login Socialspy Whatsapp 2022 Tool Menyadap WA Online Terbaik

Membuat Form Website Otomatis ke WA Menggunakan Aplikasi

  • Lanjutkan dengan memilih atau membuka menu “Pengaturan” di aplikasi tersebut.
  • Kemudian klik ikon “+” yang berfungsi untuk membuat formulir baru.
  • Selanjutnya, Anda bisa mengubah tulisan “Field” menjadi tulisan lain sesuai format yang diinginkan. Misalnya, nama, alamat, nomor ponsel, jenis pesanan, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.
  • Setelah semua keterangan formulir dilengkapi, maka selanjutnya langsung pilih “Simpan” untuk menyimpan formulir yang telah selesai dibuat.
  • Kemudian pastikan untuk menekan pilihan “Finish”.
  • Formulir website yang telah selesai dibuat dapat otomatis dikirimkan atau dibagikan ke aplikasi WhatsApp.

Pembuat formulir tersebut nantinya juga bisa menarik atau mendapatkan data formulir yang sudah diisi. Rekap data yang didapatkan tentu saja bisa selalu diperbarui atau update sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain digunakan untuk membuat formulir, aplikasi Keyboard WABOT juga bisa dimanfaatkan untuk mengirim pesan WA otomatis, auto reply, notifikasi, auto text, dan lain sebagainya. Aplikasi yang satu ini memang sangat cocok untuk mendukung bisnis dan promosi barang atau jasa.

2. Membuat Form Website Otomatis ke WA Tanpa Menggunakan Aplikasi

Membuat Form Website Otomatis ke WA Tanpa Menggunakan Aplikasi

Cara membuat form website otomatis ke WhatsApp juga dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Cara yang satu ini lebih praktis karena Anda tidak perlu mengunduh aplikasi yang membutuhkan ruang penyimpanan tersendiri di ponsel.

Bagaimana cara membuat formulir website otomatis ke WA tanpa aplikasi? Anda bisa memanfaatkan situs atau website yang menyediakan fitur pembuatan formulir online. Salah satu website dengan fitur tersebut adalah website Opinion Stage (opinionstage.com).

Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk membuat form website otomatis ke WA menggunakan Opinion Stage, yaitu:

  • Buka browser melalui laptop, komputer, atau smartphone untuk membuka website https://opinionstage.com/registrations/signup.
  • Setelah itu, akan muncul kolom yang harus diisi dengan data. Data ini digunakan untuk melakukan registrasi atau pendaftaran akun.
  • Setelah semua data diisi dengan benar, maka selanjutnya klik atau pilih “Create My Free Account”. Selain cara tersebut, Anda juga bisa melakukan registrasi dengan menggunakan akun Google, Twitter, Facebook, dan berbagai akun lainnya.
  • Kemudian akan muncul berbagai jenis formulir yang bisa dibuat. Misalnya, pool, survey, trivia quiz, personality quiz, dan standard form. Anda bisa memilih “Standard Form”.
  • Kemudian akan muncul berbagai pilihan template untuk standard form. Silakan untuk memilih jenis template formulir sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
  • Langkah selanjutnya, tulisan “Field” harus diubah menjadi tulisan dengan format lainnya sesuai kebutuhan. Misalnya, nama, alamat, nomor telepon, e-mail, dan infomasi lainnya.
  • Anda bisa melihat tampilan sementara formulir yang sudah dibuat dengan menekan tombol “Review”. Jika masih ada bagian-bagian yang perlu diperbaiki, maka silakan lakukan perbaikan terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, klik atau pilih “Share” yang terdapat pada bagian kanan tampilan.
  • Anda bisa memanfaatkan tombol tersebut untuk langsung membagikan link formulir ke kontak WhatsApp yang dituju atau penerima.
BACA JUGA  Download FMWhatsapp Apk (FM WA) Mod Update Terbaru 2022

Setiap ada orang lain yang mengisi formulir tersebut, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui e-mail. Baca juga mengenai stiker lucu whatsapp yang banyak pilihannya.

Data isi formulir yang sudah diisi oleh penerima nantinya bisa didapatkan oleh pembuat formulir. Anda akan mendapatkan data rekap pengisian formulir tersebut dengan rapi. Selain itu, rekap data yang diperoleh juga bisa diupdate atau diperbaharui sesuai dengan kebutuhan.

Cara membuat form website otomatis ke WhatsApp dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan aplikasi tambahan maupun melalui website tertentu. Formulir website yang dibuat tentunya dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.