Cara Membuat Avatar WhatsApp Yang Viral Dengan Mudah

 

Samudranesia.id – Cara Membuat Avatar WhatsApp sangatlah mudah. Hanya dengan beberapa langkah, kamu sudah bisa menciptakan dan berkreasi dengan avatarmu sendiri.

Baru-baru ini whatsapp mengeluarkan fitur terbaru untuk penggunanya yaitu Avatar. Sejak dirilisnya fitur ini, warganet berbondong-bondong berkreasi dengan Avatar versi mereka.

Apakah Avatar whatsapp itu? Dan bagaimana cara membuat Avatar Whatsapp? Jika kamu tertarik dengan fitur terbaru WhatsApp ini, simak terus artikel ini sampai akhir. Disini kami akan membahas tuntas mengenai fitur WhatsApp yang satu ini.

Sekilas Tentang WhatsApp

Sekilas Tentang WhatsApp

Sebelum kami membahas mengenai cara membuat Avatar WhatsApp, ada baiknya terlebih dahulu kamu mengenal WhatsApp, pemilik fitur Avatar ini. Disini kami akan menjelaskan secara singkat apa itu WhatsApp dan apa saja kegunaannya.

WhatsApp dirilis tepatnya pada bulan Januari 2009 sebelum akhirnya diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2014. Proses akuisisi ini berjalan selama 8 bulan lamanya.

Fitur utama WhatsApp adalah berkirim pesan antar pengguna seperti SMS. Namun, WhatsApp juga menambahkan berbagai macam fitur yang membuat aplikasi ini jauh lebih unggul dibanding SMS biasa.

Selain untuk mengirim pesan, kamu juga dapat mengirim gambar, audio, dokumen, file, dan video. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat story, melakukan panggilan dan video call kepada sesama pengguna WhatsApp.

Untuk menggunakan WhatsApp kamu hanya perlu mendaftar menggunakan nomor handphone. Kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan kode OTP yang sudah dikirim ke nomer handphonemu melalui SMS.

WhatsApp bisa digunakan di berbagai macam tipe OS. Seperti Android OS, iOS, Blackberry OS, Symbian OS, dan Windows OS. Kamu juga bisa mengakses WhatsApp melalui website jika kamu ingin membukanya melalui laptop atau PC.

Saat ini, WhatsApp sudah diunduh lebih dari 5 Miliar kali di Playstore. Hal ini menjadikan WhatsApp platform media sosial ketiga yang paling banyak digunakan setelah Facebook dan YouTube.

Berbagai Macam Kegunaan WhatsApp

Berbagai Macam Kegunaan WhatsApp

Ada banyak sekali kegunaan WhatsApp yang membuat aplikasi ini digunakan oleh jutaan pengguna handphone di seluruh dunia. Berikut akan kami jelaskan mengenai fitur-fitur WhatsApp.

1. Personal Atau Grup Chat

Fitur chat atau berkirim pesan adalah fitur utama dari WhatsApp. Melalui fitur ini, kamu dapat berkirim file, dokumen, foto, video, link, dan suara. Sebagai tambahan, kamu juga dapat mengirimkan stiker ataupun gif ke kontakmu.

BACA JUGA  Viral Polwan Bripda RPH Begini Kronologi Perselingkuhannya

Jika kamu ingin mengobrol dengan lebih banyak pengguna, kamu dapat menggunakan fitur grup chat. Fitur ini dapat menampung ratusan anggota di dalam grup. Kamu bisa mengajak anggota keluarga atau teman-temanmu untuk bergabung di dalam grup.

2. Media Bisnis

WhatsApp juga merilis WhatsApp versi bisnis yang dapat kamu gunakan untuk media komunikasi usahamu. Di dalam fitur ini, kamu dapat meng-upload katalog, melakukan promosi, dan pemesanan.

Kamu juga bisa mengirimkan informasi bisnismu kepada sesama pengguna atau ke dalam grup. Nantinya, pengguna akan diarahkan ke WhatsApp bisnismu jika tertarik untuk melakukan pemesanan.

3. Voice Call dan Video Call

Dulu, kita perlu menggunakan pulsa biasa untuk menghubungi seseorang yang kita perlukan. Tentunya hal ini sangat menyita dan menghabiskan banyak pulsa, apalagi jika kita menggunakannya untuk video call.

Namun kini dengan adanya WhatsApp, kamu hanya perlu memerlukan koneksi internet yang lancar untuk bisa menelepon atau melakukan video call. Dengan begitu, kamu bisa berkomunikasi dengan hemat tanpa harus menghabiskan banyak pulsa.

4. Membuat Story

Seperti halnya media sosial lain, kamu juga dapat membagikan story melalui aplikasi WhatsApp. Akan tetapi, hanya kontak yang kamu simpan dan yang menyimpan nomormu lah yang bisa melihat storymu.

Melalui story WhatsApp, kamu bisa membagikan foto, video, dan teks sesuai dengan keinginanmu. Kamu juga dapat mengubah privasi untuk siapa saja storymu dibagikan.

Apa Itu WhatsApp Avatar?

Apa Itu WhatsApp Avatar

Sebelum kita membahas cara membuat Avatar Whatsapp, kita perlu berkenalan terlebih dahulu tentang fitur ini. Simak terus ya.

Sebelum Meta merilis fitur Avatar untuk WhatsApp, sudah banyak sosial media yang lebih dulu menciptakan fitur ini. Sebut saja Snapchat, bahkan saudara kandung WhatsApp, yaitu Facebook, sudah merilisnya lebih dulu

Avatar adalah gambaran digital dari versi 3D dari dirimu sendiri. Kamu bisa berkreasi menggunakan foto dan mengkombinasikannya dengan berbagai macam pilihan rambut, warna kulit, dan karakter wajah.

WhatsApp Avatar dirilis pada 7 Desember 2022 di Indonesia. Meskipun demikian, Meta merilisnya secara bertahap. Jika WhatsApp yang kamu gunakan belum mensupport penggunaan fitur ini, kamu bisa bersabar.

Fitur ini nantinya bisa dipastikan dapat digunakan oleh semua pengguna. Untuk langkah atau cara membuat Avatar WhatsApp yang utama adalah kamu hanya perlu mengupdate aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Kamu bisa mengupdatenya di PlayStore atau Appstore.

Dengan fitur terbarunya ini, WhatsApp menjadi semakin seru dan menyenangkan. Jika sebelumnya WhatsApp hanyalah aplikasi mengirim pesan sederhana, sekarang kamu bisa berkreasi dengan fitur barunya.

Melalui fitur ini, kamu bisa tetap berekspresi dengan cara yang privat. Kamu tidak perlu secara terang-terangan menggunakan foto pribadi, tapi kamu bisa mengubah foto aslimu menjadi Avatar.

Bagi beberapa orang, cara membuat Avatar Whatsapp ini mungkin terdengar ribet. Namun sebenarnya fitur ini sangat mudah dan siapa saja bisa berkreasi dengan fitur ini.

BACA JUGA  4 Cara Membuat Link WhatsApp Menuju Chat Langsung di Instagram

Berbagai Keunggulan WhatsApp Avatar

Berbagai Keunggulan WhatsApp Avatar

Melalui situs resminya, WhatsApp menginfokan bahwa WhatsApp akan terus berusaha menyempurnakan fitur terbarunya ini. WhatsApp berharap penggunanya merasakan manfaat WhatsApp Avatar.

Ada banyak sekali keunggulan dan fitur yang dimiliki oleh WhatsApp Avatar. Kamu bisa berkreasi menggunakan fiturnya dengan bebas setelah kamu mengetahui cara membuat Avatar WhatsApp.

Nah, berikut ini kami akan menjelaskan secara singkat mengenai fitur apa saja yang ada di WhatsApp Avatar.

1. Bisa Digunakan Dengan Gratis

Benar sekali. Fitur ini bisa digunakan dengan gratis oleh semua pengguna WhatsApp. Berbeda halnya dengan aplikasi stiker yang umumnya mewajibkan penggunanya untuk melakukan pembelian. WhatsApp Avatar sepenuhnya gratis.

Akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan aplikasi pembuat Avatar. Sayangnya, kebanyakan aplikasi tersebut baru bisa digunakan jika penggunanya sudah membayar biaya berlangganan. Jika tidak, maka fitur-fiturnya tidak akan bisa digunakan.

Beruntung sekali WhatsApp memberikan fitur ini secara gratis. WhatsApp bahkan berusaha untuk selalu meningkatkan WhatsApp Avatar. Dengan tujuan agar nantinya pengguna bisa berkreasi lebih banyak pilihan gaya.

2. Tidak Perlu Menginstal Aplikasi Ketiga

Untuk membuat Avatar Whatsapp juga cukup mudah dan sangat simpel. Kamu tidak perlu menginstal aplikasi ketiga atau aplikasi pendukung untuk menggunakan fitur Avatar ini.

Fitur ini bisa langsung digunakan melalui aplikasi WhatsApp. Sebab, WhatsApp dan Avatar sudah terintegrasi menjadi satu dan bukan di aplikasi yang berbeda.

Mengenai cara membuat Avatar Whatsapp akan kami jelaskan lebih lanjut di artikel ini. Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu kamu sudah mengupdate aplikasi WhatsApp ke versi yang paling terbaru ya.

3. Bebas Berkreasi Dengan Berbagai Macam Gaya

Di WhatsApp Avatar kamu bebas berkreasi dengan ribuan pilihan gaya. Kamu bisa merubah gaya dan warna rambut. Kamu juga bisa merubah karakteristik wajah kamu. Bahkan kamu bisa merubah warna pakaian.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa merubah warna kulit, bentuk badan, juga warna dan bentuk mata. Masih ada banyak lagi pilihan yang dapat kamu gunakan melalui fitur WhatsApp ini.

Pastikan kamu ikut mencoba cara membuat Avatar Whatsapp ya. Fitur tidak kalah seru dengan aplikasi editor Avatar yang akhir-akhir ini booming di sosial media.

4. Bisa Digunakan Untuk Foto Profil Maupun Stiker

Salah satu keunggulan fitur WhatsApp Avatar adalah hasil Avatar yang bisa digunakan sebagai foto profil maupun stiker. Kamu bisa berkreasi dengan cara membuat Avatar WhatsApp untuk foto profil atau stiker versimu sendiri.

Sekarang, kamu akhirnya dapat berekspresi menggunakan gambar 3D yang sangat mirip denganmu. Bukan lagi menggunakan emoji seperti WhatsApp versi lama.

Tentunya kamu masih bisa menggunakan fitur emoji dan stiker seperti di WhatsApp versi lama. Dengan adanya fitur terbaru ini, bukan berarti WhatsApp menghapus fiturnya yang terdahulu.

BACA JUGA  Cara Membuat Centang Hijau di WhatsApp Bisnis di Android dan iPhone

Avatar sangatlah seru, namun emoji dan stiker juga tidak kalah oke. Kamu hanya perlu menggunakan fitur-fitur WhatsApp sesuai dengan keinginanmu.

Bagaimana Cara Membuat Avatar WhatsApp?

Bagaimana Cara Membuat Avatar WhatsApp

Nah, sebelum lebih lanjut ke cara membuat Avatar WhatsApp. Pertama-tama, kamu perlu memastikan aplikasi WhatsApp kamu sudah menggunakan versi terbaru. Jika belum, kamu bisa mengupdatenya di Playstore atau di AppStore.

Jika WhatsApp kamu sudah versi terbaru, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk cara membuat Avatar WhatsApp. Simak baik-baik ya.

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponselmu.
  2. Klik ikon titik tiga yang ada di bagian atas pojok kanan.
  3. Kemudian klik Setting atau Pengaturan. Lalu pilihlah Avatar.
  4. Selanjutnya klik Create Your Avatar dan Get Started.

Berkreasi Dengan Cara Membuat Avatar WhatsApp

  1. Di awal-awal, kamu akan diminta untuk memilih warna kulit.
  2. Nah, klik warna kulit yang kamu inginkan.
  3. Lalu kamu bisa memilih berbagai gaya rambut yang kamu suka.
  4. Selanjutnya, kamu juga bisa mengedit warna rambut, bentuk wajah, garis wajah, bentuk dan warna mata, bentuk badan, dan masih banyak lagi.
  5. Ketika kamu sudah puas dan yakin dengan hasilnya, klik Done atau Selesai.

Bagaimana Cara Membuat Avatar WhatsApp Untuk Foto Profil

  1. Pergilah ke Pengaturan atau Setting WhatsApp. Lalu klik Avatar.
  2. Pilih Create Profile Picture atau Buat Foto Profil.
  3. Pilihlah salah satu dari berbagai pilihan Avatar dan background yang disediakan.
  4. Lalu klik tanda centang pada bagian pojok kanan atas. Selesai.
  5. Foto profilmu sekarang sudah berubah menjadi Avatar.

Bagaimana Cara Membuat Avatar WhatsApp Untuk Stiker

Cara menggunakan Avatar untuk stiker sebenarnya tidak berbeda dengan menggunakan stiker pada umumnya.

  1. Klik tombol emoji pada bagian kolom chat.
  2. Di bagian bawah, klik logo Avatar.
  3. Tinggal pilih Avatar yang kamu mau.

Cara Menghapus Avatar Di WhatsApp

  1. Pergilah ke menu Setting atau Pengaturan di aplikasi WhatsApp.
  2. Klik Avatar, lalu pilih Avatar yang akan kamu hapus.
  3. Klik hapus. Selesai.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Terkait Cara Membuat Avatar Whatsapp

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Terkait Cara Membuat Avatar Whatsapp

Pengaturan foto profil kamu juga berlaku untuk pengaturan foto profil Avatar. Jika kamu ingin mempersonalisasi atau mengubah pengaturan Avatar, kamu hanya perlu mengaturnya sebagaimana kamu mengatur privasi foto profilmu.

Saat kamu mengirimkan stiker Avatar ke pengguna lain, maka pengguna tersebut juga bisa memfavoritkan, menyimpan, atau memforward ke pengguna lain.

Saat ini WhatsApp sedang berusaha mengembangkan fitur ini agar nantinya kamu bisa membuat lebih banyak pilihan gaya Avatar.

Selain itu, WhatsApp juga sedang berusaha agar kedepannya kamu dapat merubah foto kontakmu menggunakan Avatar. Cara membuat Avatar WhatsApp cukup mudah dan seru bukan?

Akhir Kata

Cara membuat Avatar Whatsapp sangatlah mudah. Kamu tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga karena fitur ini sudah terintegrasi dengan WhatsApp. Demikianlah artikel tentang cara membuat Avatar Whatsapp ini, semoga membantu.