Cara Melihat Data Spesifik Video di YouTube dengan Mudah

 

Samudranesia.id – Kalian bisa ikuti panduan lengkap mengenai cara melihat data spesifik video di youtube dengan mudah melalui hp android atau iphone. Silahkan baca panduan lengkapnya dibawah ini.

Pada era zaman sekarang, begitu banyak aplikasi media sosial, game hiburan bermunculan. Seperti hal nya aplikasi YouTube saat ini menjadi aplikasi yang hampir oleh sebagian besar orang memanfaatkan ke gunaan nya baik untuk streaming atau upload.

Walaupun demikian, ada beberapa hal yang menyebabkan pengguna terkadang membutuhkan cara untuk melihat data spesifik video di YouTube. Terlebih di khusus kan bagi pengguna yang sering menggugah video di aplikasi YouTube.

Pada dasarnya, setiap pengguna YouTube fakta nya sudah diberikan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk melihat data spesifik video yang telah di upload pada channel YouTube.

Akan tetapi, banyak dari mereka bisa dikatakan sebagian pengguna masih ada juga yang belum tau cara melihat data spesifik video di YouTube. Bagi kalian yang tidak mengerti cara nya, admin akan membahas nya sedetail mungkin, berikut ulasan cara lengkap nya:

Cara Melihat Data Spesifik Video di Youtube

1. Pakai YouTube Studio

Cara Melihat Data Spesifik video di YouTube

langkah awal yang perlu dilakukan guna bisa melihat data spesifik video pada YouTube yaitu silakan lakukan unduh aplikasi YouTube Studio terlebih dahulu.

Aplikasi ini bisa kalian dapat download melalui Play Store ataupun App Store sesuai dengan ponsel yang digunakan, baik itu menggunakan HP Android atau iOS.

BACA JUGA  Cara Streaming di YouTube Agar Terhitung Viewers 100% Work

Sebelum kalian melakukan Download aplikasi alangkah baiknya terlebih dahulu memastikan apakah telah memiliki memori ponsel mencukupi untuk melakukan unduh aplikasi YouTube Studio.

Jika sudah melakukan unduh YouTube Studio, berikutnya silakan pasang aplikasi tersebut di ponsel yang digunakan. Setelah itu, lakukan login akun YouTube Studio dengan cara memasukkan data yang diminta untuk diisi. Kemudian, silakan tunggu beberapa saat kemudian proses login selesai.

2. Kunjungi Fitur Analytic

Cara Melihat Data Spesifik video di YouTube

Ketika sudah melakukan login YouTube Studio, kemudian silakan masuk ke menu analytic. Dimana kita ketahui jika menu tersebut sudah tersedia dari awal. Fitur menu ini memiliki tujuan supaya mempermudah pengguna untuk tahu informasi video besert spesifik. Oleh karena itu, pastikan agar menekan pilihan fitur tersebut dengan benar.

Untuk masuk ke menu analytic berikut ini cara nya silakan masuk ke akun YouTube Studio, kemudian cari menu ‘Analytics’ yang terletak di bagian kiri dan silakan pilih. Jika ingin melihat performa video dari dashboard channel cukup dengan klik bagian judul atau thumbnail pada video.

3. Silakan Tentukan Periode yang Diinginkan

Cara Melihat Data Spesifik video di YouTube

Ketika ingin melihat data video YouTube secara spesifik yang terdapat beberapa pilihan yang tersedia. Salah satu nya yaitu adanya pilihan mengenai pengkategorian video dan sesuai dengan periode waktunya. Semua ini memiliki tujuan agar para pengguna dapat memilih video yang ingin dilihat grafik nya berdasarkan waktu yang diinginkan dan data yang dibutuhkan.

Untuk cara menentukan periode waktu yang sesuai keinginan kalian silakan masuk menu analytic maka akan terbuka suatu tampilan ‘overview’. Tampilan tersebut akan menunjukkan dalam periode waktu berdasarkan bulan, tanggal, dan tahun yang bisa kalian dipilih sesuai dengan keinginan anda.

BACA JUGA  Penyebab Tidak Bisa Update YouTube di Playstore & Mengatasinya

4. Periksa Video yang Diinginkan

Cara Melihat Data Spesifik video di YouTube

Ada beberapa Pengguna yang terkadang kurang teliti dalam mengecek data spesifik video yang dihasilkan. Sebab tidak ingat video mana yang akan diperiksa data nya. dengan demikian, kalian sebagai Youtuber perlu untuk memeriksa video yang telah di unggah terlebih dahulu supaya bisa diperiksa secara detail.

Untuk cara memeriksa nya yaitu dengan mengunjungi ke menu bagian kiri pada YouTube Studio, berikutnya pilih ‘Videos’. Silakan, pilih video yang ingin dianalisis dan diperiksa data nya secara rinci. Kemudian setelah itu, masuk ke menu analytic dan klik ‘see more’ tunggu beberapa saat untuk mendapat hasilnya.

5. Download Data dari Video YouTube

Cara Melihat Data Spesifik video di YouTube

Apabila telah berhasil mendapatkan data video di YouTube secara spesifik, langkah selanjutnya pengguna bisa langsung melihat data tersebut. Jika ingin melihat lebih dalam dan jelas pengguna dapat melakukan download data informasi dari video nya.

Fitur Data analytic pasti akan sangat berguna untuk mengetahui perkembangan video yang di unggah dan juga bisa untuk perbaikan unggahan video berikutnya.

Sebab akan ada data yang akan menampilkan informasi mengenai metrik utama video, jangkauan, interaksi, penonton, hingga pendapatan dari hasil video.

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai cara melihat data spesifik video di youtube dengan mudah pada ponsel android atau iphone dan juga pc. Semoga bermanfaat.