Cara Live Streaming Zoom di Youtube Untuk Meeting dan Webinar

 

Samudranesia.id – Pada massa pandemic seperti saat ini, aplikasi conference menjadi salah satu alat yang sering digunakan sebagai media komunikasi dua arah atau synchronous. Untuk itu simak ulasan lengkapnya cara live zoom di Youtube sebagai berikut.

Seperti yang kita ketahui bersama saat ini sudah banyak kegiatan yang dilakukan menggunakan aplikasi seperti zoom, goole meet, webex, whatsapp, IG live atau bahkan YouTube. Aplikasi ini hadir sebagai solusi bagi kita semua di tengah-tengah masa PSBB maupun masa karantina.

Namun pada kesempatan kali ini admin akan membahas platform aplikasi zoom. Dimana aplikasi ini paling sering digunakan. Akan tetapi aplikasi ini memiliki beberapa keterbatasan yang tentu harus bisa dikolaborasikan semisal dengan YouTube.

Lalu bagaimana cara untuk melakukan itu? simak ulasan artikel ini hingga selesai guna memperoleh jawaban dan informasi yang bisa membantu anda dalam memecahkan permasalahan saat menggunakan zoom.

Ulasan Tentang Aplikasi Zoom

Cara Live Zoom di YouTube

Aplikasi zoom memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan untuk melakukan streaming meeting atau webinar ke aplikasi YouTube. Hal ini bisa dilakukan dengan tujuan mereka yang hadir ingin meluangkan waktu atau bahkan melihat jalannya pertemuan pembahasan, akan tetapi tidak bisa masuk di aplikasi zoom.

Sebab adanya keterbatasan dengan jumlah yang bisa masuk di aplikasi tersebut. Sehingga bisa nonton lewat YouTube secara langsung.

Perlu kalian ketahui jika proses streaming ini akan muncul delay selama beberapa detik paling tidak sekitar 20 detik antara zoom meting dengan YouTube Live.

BACA JUGA  Cara Melihat Analytics Youtube Dashboard dengan Mudah

Keterbatasan berikutnya bagi mereka yang melakukan atau mengikuti di YouTube hanya bisa memberikan komentar melalui live chat yang di sediakan oleh pihak YouTube, sehingga tidak bisa berinteraksi langsung dengan peserta yang lain.

Cara Live Zoom di YouTube Lewat Laptop atau PC

Cara Live Zoom di YouTube

Supaya bisa membuat aplikasi zoom meeting bisa terkoneksi dengan aplikasi YouTube live diperlukan beberapa syarat yang harus terpenuhi. Apabila kalian tidak bisa memenuhi syarat yang diberikan maka jangan berharap kalian bisa gunakan live di YouTube.

Berikut ini syarat dan ketentuan yang harus kalian miliki guna bisa aplikasi zoom terkoneksi dengan YouTube.
Streaming digunakan Untuk Meeting dan Webinar

  • Buat akun pro, bisnis, pendidikan atau perusahaan
  • Hast harus dilisensikan
  • Zoom klien versi 4.4.53582 jika diperuntukkan untuk meeting apabila digunakan untuk webinar versi 4.0 atau lebih tinggi pada PC atau Ma.
  • Streaming langsung diaktifkan pada aplikasi YouTube
    Langkah – langkah melakukan streaming Zoom ke YouTube live
    Apabila syarat diatas telah terpenuhi, maka kalian bisa melanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah yag adaa pada artikel ini. akan tetapi jika kalian menngunakan akun zoom yang gratis, silakan dilupakan saja. sebab dengan menngunakan mode gratis tidak aakan bisa terhubung.

1. Silakan aktifkan fitur YouTube live streaming untuk meeting

Pada langkah ini kalian dituntut harus proaktif untuk sesering mungkin bagian yang perlu di cek mulai dari account level, group leveldan usr level. Sama halnya dengan mengaktifkan fitur YouTube yang terletak pada bagian Allow Live streaming pada masing-masing leve.

  • Silakan masukkan ke akun zoom lewat portaleweb sebagai administrator yang memiliki hak untuk bisa melakukan edit pengaturan akun.
  • Pada account level: account management>account setting>in meeting advanced
  • Pada group level: User Management > Group Management > Klik nama Grup > Settings > In Meeting (Advanced)
  • Pada user level: account management>account setting>in meeting (advanced)
    Silakan kalian scroll ke bawah hingga menemukan tulisan Allow Live Streaming The Meetings, letaknya tepat dibawah menu in meeting (Advanced) kemudian silakan centang YouTube dn custom live streaming service.
BACA JUGA  Cara Menghapus Channel YouTube Sendiri Sementara dan Permanen

2. Mengaktifkan Fitur YouTube Live Streaming untuk Webinar

Apabila kalian ingin melakukan kegiatan menggunakan ffitur webinar dari Zoom yang kemudian dikoneksikan untuk live streaming YouTube. Berikut ini langkah-langkahnya

  • Silakan masuk ke akun Zoom melalui portal web sebagai administrator yang memiliki hak untuk bisa mengedit pengaturan akun.
  • Kemudian lanjutkan ke bagian Account Management > Webinar Settings
  • Silakan Pilih Edit pada bagian In Webinar Settings, dan centang pilihan YouTube dan Custom Live Streaming Service pada bagian Allow host to live stream to webinars
  • Terakhir silakan menekan tombol Save Changes

Demikian tadi cara mengkoneksikan antara zoom dengan YouTube dengan tips mudah dan lengkap. Silahkan ikuti tutorialnya supaya kalian mengerti serta jangan sampai melewati langkah demi langkahnya.

Semoga dengan penjelasan kami tentang cara live zoom di youtube bisa membantu kalian semua yang sedang melakukan meeting serta lainnya baik di HP android atau Laptop. Sekian dari kami dan terimakasih.