Cara Daftar Kartu Prakerja Lengkap dengan Persyaratannya Tahun 2022

 

Samudranesia.id – Untuk kamu yang ingin mengembangkan usaha namun terkendala dengan modal, tak perlu khawatir karena bisa melakukan pendaftaran Kartu Prakerja. Program pemberian biaya dari pemerintah ini akan kembali dibuka pada tahun 2022. Cara daftar Kartu Prakerja bisa dilihat langsung di laman resminya.

Program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pekerja ini akan mendapat kucuran dana sebesar 11 triliun rupiah dari pemerintah. Adapun sasaran dari program ini tetaplah sama yaitu pekerja yang mengalami PHK, para pencari kerja, serta pekerja yang memerlukan peningkatan kemampuan.

Jika kamu pernah gagal mendapatkan Kartu Prakerja, sebaiknya jangan menyerah. Selama persyaratannya terpenuhi, maka besar kemungkinan kamu bisa mendapatkan pembiayaan dari program tersebut pada periode tahun ini.

Persyaratan Mendaftar Kartu Prakerja

Persyaratan Mendaftar Kartu Prakerja

Tidak semua pekerja berhak mendapatkan kartu ini. Meski kamu adalah korban PHK, tapi jika tidak memenuhi kriteria yang ditentukan, maka pengajuan bisa saja ditolak. Berikut ini adalah beberapa syarat untuk bisa memperoleh Kartu Prakerja. Diantaranya adalah:

  • Warga Negara Indonesia yang sudah berusia minimal 18 tahun
  • Tidak sedang menerima bantuan sosial dalam bentuk apapun selama masa pandemi
  • Buruh atau pekerja yang mengalami PHK, sedang dalam proses mencari kerja, buruh atau pekerja yang sedang memerlukan peningkatan kompetensi kerja, seperti buruh yang dirumahkan dan pekerja yang tidak menerima upah
  • Pelaku usaha mikro kecil dan menengah
  • Bukan termasuk dalam Aparatur SIpil Negara atau ASN, anggota TNI Polri, pimpinan dan pejabat negara, anggota DPR, kepala desa serta perangkat desa, direksi BUMN serta BUMD
  • Dalam 1 KK (Kartu Keluarga), maksimal ada dua Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berhak menerima pembiayaan dari pemerintah berupa Kartu Prakerja
  • Untuk bisa mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja pada gelombang selanjutnya di tahun ini, maka kamu harus sudah memiliki akun prakerja yang pendaftarannya dapat dilakukan di situs resminya.
BACA JUGA  Cara Daftar SKCK Online / Offline dan Cara Perpanjangannya

Jadi bila kamu punya mimpi untuk memiliki usaha sendiri tapi budgetnya sangat minim. Tak perlu risau karena bisa mendapatkan suntikan modal dengan mengikuti program Prakerja. Cara daftar Kartu Prakerja cukup mudah selama memenuhi syarat serta sudah memiliki akun prakerja.

Cara Membuat Akun Prakerja

Cara Membuat Akun Prakerja

Untuk bisa mendapatkan akun prakerja, ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan. Diantaranya adalah:

  • Membuka laman resminya dengan mengunjungi situs www.prakerja.go.id
  • Klik menu “Daftar Sekarang” yang terletak pada pojok kanan atas halaman
  • Tuliskan alamat email serta password dengan benar kemudian klik menu “Daftar”
  • Selanjutnya tinggal tunggu notifikasi hasil pendaftaran yang akan dikirim melalui email
  • Bila sudah mendapatkan notifikasi, segera buka email dan klik link yang terdapat pada email untuk melakukan verifikasi

Sebelum melakukan pendaftaran akun prakerja, ada baiknya kamu menyiapkan lebih dulu alamat email yang masih aktif. Ini karena verifikasi akun hanya bisa dilakukan melalui email. Jika email yang kamu daftarkan tidak bisa dibuka, maka akun tersebut tidak bisa diaktifkan.

Bagaimana Cara Daftar Kartu Prakerja Pada Gelombang Tahun Ini?

Bagaimana Cara Daftar Kartu Prakerja Pada Gelombang Tahun Ini

Pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja pada tahun ini bukan hanya sekedar wacana. Pemerintah sudah mengkonfirmasi kebenaran info tersebut dan telah menyiapkan dana yang besar. Sebab itulah jika kamu saat ini masih berjuang mencari kerja, tak ada salahnya mencoba cara daftar Kartu Prakerja berikut ini.

  • Untuk bisa melakukan pendaftaran Kartu Prakerja, kamu harus sudah mempunyai akun. Setelah itu kembali lagi kunjungi laman resminya di www.prakerja.go.id
  • Klik menu “Masuk” yang terdapat pada pojok kanan atas halaman kemudian masukkan alamat email serta password pada kolom yang sudah tersedia
  • Melakukan verifikasi KTP dengan menulis NIK, tanggal lahir, dan nomor KK dengan benar kemudian klik tombol “Lanjut”
  • Mengisi data diri secara lengkap dan pastikan data yang kamu tulis sudah sesuai. Hati-hati saat menuliskan nama lengkap serta nama ibu kandung. Bila ada yang tidak sesuai, bisa menghubungi Dukcapil setempat
  • Unggah foto KTP langsung menggunakan kamera Hp. Baca ketentuan pengunggahan dengan benar supaya proses verifikasi KTP tidak mengalami kendala
  • Lakukan verifikasi nomor telepon yang masih aktif dan dapat dihubungi kemudian klik “kirim OTP”
  • Selanjutnya kamu akan mendapatkan SMS yang berisi kode OTP. Masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia kemudian klik tombol “verifikasi”
  • Melakukan pengisian “Pernyataan Pendaftar”sesuai dengan kondisi kamu saat ini. Apabila sudah melakukan pengisian secara lengkap, kemudian klik tombol “Oke”
  • Langkah selanjutnya adalah kamu harus mengikuti tes kemampuan dasar dan motivasi. Bila sudah siap melakukan tes klik saja menu “Mulai tes”
  • Setelah tes selesai dikerjakan, kemudian kamu tinggal mengikut seleksi gelombang sesuai dengan tempat tinggal
  • Klik opsi gelombang yang sesuai dengan domisili kamu kemudian pilih menu “Gabung”
  • Selanjutnya akan muncul pernyataan persetujuan prakerja yang harus kamu baca secara detail. Jika sudah setuju tinggal klik saja menu “Saya menyetujui”
  • Selanjutnya tahapan pendaftaran dianggap sudah selesai
BACA JUGA  Cuman 3 Langkah Cara Melihat Voucher Prakerja di Tokopedia

Pengumuman lolos tidaknya kamu saat mengikuti seleksi penerimaan Kartu Prakerja akan diinfokan langsung melalui SMS sesudah pendaftaran gelombang ditutup. Jika hasilnya belum lolos, kamu bisa mencoba mengikuti lagi pada gelombang selanjutnya.

Cara Menemukan Pekerjaan Melalui Akun Prakerja

Cara Menemukan Pekerjaan Melalui Akun Prakerja

Setelah berhasil melalui tahapan cara daftar Kartu Prakerja yang disebutkan diatas, kamu harus siap menerima kenyataan jika tidak lolos. Walaupun belum beruntung, kamu masih bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan menggunakan akun prakerja yang dimiliki.

Situs resmi prakerja kini sudah dilengkapi dengan fitur terbaru berupa job search. Fitur ini berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi calon pekerja agar bisa mendapatkan job yang sesuai dengan keterampilan serta jenjang pendidikan yang dimiliki.

Peluang untuk mendapatkan pekerjaan melalui fitur ini cukup besar karena kamu sudah lolos verifikasi serta data diri yang disertakan juga lengkap. Banyak perusahaan terbaik yang bekerjasama dengan situs ini untuk bisa mendapatkan pekerja yang berdedikasi tinggi.

Lantas bagaimana cara mengakses fitur pencari kerja tersebut? Berikut ini adalah langkah mudahnya.

  • Masuk ke laman resmi www.prakerja.go.id kemudian lakukan log in dengan mengisi alamat email serta password dengan benar
  • Pilih menu “Info Pekerjaan” kemudian tulis judul pekerjaan yang kamu inginkan
  • Manfaatkan filter untuk menyaring jenis pekerjaan yang sesuai dengan kriteria yang kamu miliki
  • Pilih lokasi kerja yang kamu inginkan, tingkat pendidikan terakhir, bidang pekerjaan sesuai keahlian, perkiraan besarnya gaji yang diinginkan, serta jenis pekerjaan apakah ingin mengambil kerja secara kontrak, paruh waktu, atau full time
  • Selanjutnya akan muncul beberapa lowongan kerja yang sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan
  • Klik salah satu pekerjaan yang dianggap sesuai kemudian pelajari detail pekerjaannya
  • Bila dirasa cocok, kamu bisa langsung mengajukan lamaran dengan menekan tombol “Kirim Lamaran”
  • Kamu bisa mengajukan lamaran lebih dari satu lowongan agar peluang mendapatkan pekerjaan semakin besar
BACA JUGA  Cara Daftar UMKM Secara Online dan Syaratnya Lengkap

Untuk kamu yang masih bingung mencari pekerjaan yang sesuai serta memiliki jenjang karier yang pasti, kunjungi saja situs prakerja dan buat akun resminya terlebih dulu. Ada banyak jenis pekerjaan yang ditawarkan disana dengan kualifikasi yang beragam.

Cara daftar Kartu Prakerja bisa dilakukan dengan mudah jika kamu sudah menyiapkan persyaratan apa saja yang diperlukan. Jika berhasil mendapatkan program ini, kamu bisa mendapatkan suntikan dana yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha agar bisnis semakin maju dan sukses.