7 Aplikasi Penghitung Kalori Makanan yang Akurat (TOP/Terbaik)

 

Samudranesia.id – Bagi sebagian orang hidup dengan makanan sehat sangat diperlukan terutama untuk yang sedang melakukan diet. Salah satu cara untuk dapat menerapkannya yaitu menghitung kalorinya agar tubuh kamu juga bisa menjadi ideal. Oleh sebab itu, aplikasi penghitung kalori akan sangat membantu.

Asupan kalori yang masuk ke tubuh setiap harinya harus seimbang dan tepat. Hal tersebut memang bukan sesuatu mudah namun juga tidak bisa disepelekan. Untuk mempermudah maka akan dibahas mengenai aplikasi pembantu yang bisa menghitung kalori yang masuk ke tubuhmu.

Nah, dibawah ini ada beberapa rekomendasi yang bisa digunakan untuk menghitung jumlah kalori dalam tubuh kita dengan menggunakan aplikasi android yang terbaik penghitung Kalori.

Daftar Aplikasi Penghitung Kalori Tubuh Ideal

Jangan lewatkan aplikasi ini di Smartphone kamu, luangkan beberapa penyimpanan agar kamu bisa menghandle berapa kalori yang masuk setiap kali kamu makan. Yuk simak aplikasi untuk menghitung kalori di bawah.

1. My FitnessPal

My FitnessPal

Aplikasi ini di dalamnya memiliki database makanan lengkap yang merupakan keunggulannya dnegan memiliki 300 juta lebih mengenai database makanan sehat. Untuk perhitungan kalorinya tidak perlu diragukan lagi karena sudah dipastikan akurat.

Menariknya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur barcode sehingga bagi kamu yang sedang membeli jajanan kemasan maka bisa membarcode nya dan mengetahui kalorinya.

Bagi para pengguna baru tidak perlu khawatir karena interface dari aplikasi My FitnessPal didesain sesederhana mungkin sehingga akan memudahkan penggunanya. Bahkan ada menu harian yang bisa dijadikan tempat untuk menghitung kalori setiap harinya.

Sangat canggih sampai-sampai memiliki fitur perencanaan yang dapat diikuti dan pastinya sesuai keinginan serta kebutuhan kamu setiap harinya. Makanan apa saja akan direncanakan dengan pertimbangan kalori yang tepat.

2. FatSecret – Database Restoran

FatSecret Database Restoran

FatSecret merupakan salah satu aplikasi untuk menghitung kalori makanan dengan fitur yang berfungsi sangat baik. Untuk bisa menggunakannya kamu tidak perlu mengeluarkan uang atau gratis.

Tak hanya bisa menunjukkan berapa jumlah asupan kalori yang ada dalam makanan saja. Akan tetapi, kamu juga bisa mengetahui seberapa banyak kandungan dari karbohidrat serta lemak dari makanan yang dapat diinput secara gratis.

Sama seperti aplikasi lainnya yang memiliki menu barcode dan memiliki database restoran ternama di Indonesia untuk mengetahui kalori dari makanan disana. Hal tersebut pastinya akan membuat proses input makanan lebih cepat, mudah, serta akurat.

Dengan menggunakan fitur dari aplikasi ini maka akan membuatmu berhasil dalam melakukan diet agar mendapatkan lebih cepat badan ideal. Telah dibuktikan bahwa sudah ada lebih dari 10rb pengguna.

3. Cronometer

Cronometer

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya karena Cronometer ini memiliki fungsi untuk menghitung kalori yang telah terbakar saat kamu melakukan olahraga. Dan kabar baiknya bahwa kamu bisa menggunakannya secara gratis atau cuma-cuma.

Jika kamu ingin menggunakan fitur premiumnya maka bisa dilakukan berlangganan dengan membayar sejumlah uang tertentu. Namun meskipun kamu tidak berlangganan maka fitur gratisnya sudah cukup untuk mendukung penghitungan kalori sehari-harimu.

Kembali lagi dengan fungsi lainnya yaitu kamu bisa menginput makanan serta jumlahnya kemudian aplikasi Cronometer akan menunjukkan jumlah kalori serta nutrisi baik yang terkandung di dalamnya seperti vitamin, kalsium, zat besi, hingga protein.

4. Calorie Counter & Diet Tracker

Calorie Counter by Lose It

Tidak hanya sebagai aplikasi penghitung kalori saja, karena aplikasi Calorie Counter & Diet Tracker ini bisa digunakan sebagai bahan informasi mengenai makanan dan exercise bagi para penggunanya.

Perangkat lunak yang bisa kamu gunakan ini merupakan keluaran dari SparkPeople yang bisa untuk membagikan informasi kepada orang lain. Apa saja yang sudah kamu makan secara sehat, latihan apa saja yang telah kamu lakukan, serta apa saja dampak positif dari diet sehat.

Dengan begitu maka kamu bisa berinteraksi dengan pengguna lainnya. Kemudian, kelebihan lain yang dimiliki aplikasi ini adalah penghitungan kalori secara akurat serta nutrisi apa saja yang terkandung dalam makanan yang sedang kamu makan.

Kamu bisa mengatur untuk jadwal makanan kamu setiap harinya dengan begitu saat menu sama di beberapa hari ke depan maka tidak perlu lagi melakukan input data makanan untuk perhitungan kalori.

5. FitBit

FitBit

Untuk menghitung kalori dalam makanan serta kalori saat olahraga maka kamu bisa menggunakan satu aplikasi saja yaitu FitBit. Perhitungan yang dilakukan oleh FitBit dipastikan sudah akurat serta aplikasinya mudah untuk digunakan baik untuk pengguna baru maupun pengguna lama.

Agar dapat menghitung kalori maka kamu hanya perlu memasukkan jenis makanan dan minuman yang sedang dikonsumsi maka secara otomatis aplikasi bisa menghitung asupan kalori serta nutrisi yang terkandung dalam makanan dan minuman kamu.

Mirip dengan Apple Watch, FitBit ini bisa digunakan secara pairing dengan device yang terdapat dalam developer yang sama yaitu FitBit Versa sehingga bisa digunakan menghitung lemak secara presisi yang bisa dibakar melalui exercise.

Meskipun tanpa menggunakan FitBit Versa pun aplikasi basicnya sudah bisa digunakan secara maksimal untuk membantumu mendapatkan tubuh ideal dengan memakan asupan sehat dan bernutrisi.

6. LifeSum

LifeSum

Aplikasi LifeSum disusun dengan interface yang ramah sehingga mudah digunakan. Backgroundnya juga sangat menarik dan jelas sehingga mudah digunakan untuk pengguna baru maupun pengguna lama.

Kembali lagi dengan keunggulan seperti aplikasi pada umumnya karena memiliki fitur barcode yang dapat memudahkan pengguna untuk menghitung jumlah kalori dalam makanan maupun minuman dengan cepat dan akurat.

Nutrisi yang terkandung di dalam makanan kamu juga akan ditampilkan seperti jumlah protein serta lemak dalam makanan tersebut. Tak hanya itu, keunggulan lain yang dimiliki yaitu informasi resep makanan sehat, diet plan, carbo tracking, dan lainnya yang bisa digunakan dengan berlangganan.

7. Calorie Counter by Lose It

Calorie Counter & Diet Tracker

Dilihat dari namanya memang aplikasi ini cukup menarik karena didesain untuk informasi mengenai penurunan berat badan maupun mempertahankan berat badanmu secara sehat pastinya. Aplikasi ini bisa dibilang defisit kalori karena kamu bisa memantau berapa asupan kalori dan nutrisi makanan.

Caranya sangat mudah hanya dengan menginput makanan dan minuman yang sedang kamu konsumsi maka aplikasi Calorie Counter by Lose It ini akan menghitungkan jumlah kalori serta kandungan nutrisi di dalamnya.

Selain itu, terdapat keunggulan lain yang akan kamu dapatkan seperti fitur goal mingguan dan fitur jangka panjang dari program diet yang sedang kamu lakukan. Dengan begitu, maka kamu akan mendapatkan diet planner secara jelas dan sehat berkualitas.

Jika ingin melakukan planner maka caranya cukup mudah yaitu tentukan tujuan kamu terlebih dahulu kemudian akan langsung dihitung berapa asupan kalori yang boleh dikonsumsi setiap harinya. Sangat praktis bukan kamu akan ditunjukkan planner jangka panjang hanya sekali proses saja.

Untuk mendukung penggunaan aplikasi penghitung kalori, maka kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan olah raga secara rutin, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi tidak makan instan maupun junk food.

Bagaimana? Sangat mudah bukan menerapkan hidup sehat dengan cara yang menyenangkan? Bagi kamu yang ingin memiliki tubuh ideal maka bisa menggunakan daftar aplikasi di atas sebagai rekomendasi agar mendapatkan pengalaman diet atau hidup sehat yang berkesan.