Tiktok Shop Seller Cara Baru Menghasilkan Uang!

 

Samudranesia.id – Tiktok Shop Seller Pada awalnya berjualan hanyalah sebuah transaksi antara penjual dengan pembeli jika bertemu secara langsung.

Dimana pembeli bisa memilih langsung serta dapat memegang barang yang akan di beli secara langsung.

Namun, pada masa yang semakin modern dan maju seperti sekarang ini berjualan semakin mudah untuk dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan jualan secara online.

Dengan berjualan online pembeli bisa memilih produk hanya melalui layar gadget.

Platform Berjualan Online

Platform Berjualan Online

Toko online yang tersedia saat ini sudah sangat banyak diiringi oleh produk yang juga sangat bervariasi.

Semua barang yang diperlukan seperti kebutuhan sehari-hari atau pun yang lainnya, sebagian besar sangat mudah di dapatkan melalui toko online.

Toko online yang menyediakan barang kebutuhan atau keinginan tersebut tentu saja tidak berdiri sendiri. Mereka ada dengan bantuan sebuah platform seperti e-commerence.

Platform berjualan secara online yang paling banyak dikenal kini adalah Shopee dan Tokopedia. Diikuti oleh oleh platform lain seperti Akulaku, Bukalapak, dan Blibli.

Ditambah lagi sekarang, media sosial seperti Instagram dan Tiktok turut menambahkan fitur Shop pada aplikasinya. Dimana fitur ini bisa membuat penggunanya untuk berjualan sekaligus menjadi pembeli.

Bedanya Berjualan Di Platform E-Commerance Dan Media Sosial

Seperti yang kita semua ketahui, jika hendak membeli suatu produk pada platform seperti Shopee dan Tokopedia foto produk monoton. Pada platform tersebut kebanyakan hanya menampilkan foto saja.

Beberapa toko mungkin melampirkan video produk. Tetapi jarang sekali toko yang melampirkan bagaimana produk ketika digunakan. Calon pembeli hanya dapat melihat melalui ulasan yang diberikan.

BACA JUGA  Game We Become What We Behold Download Versi Terbaru 2022 Gratis

Tidak jarang juga lampiran video atau foto ulasan yang diberikan hanya lah formalitas semata. Sering kali ditemukan media yang dilampirkan bukan lah foto atau video dari produk yang dibeli.

Hal tersebut tentu membuat calon pembeli yang pertama kali ingin membeli kesulitan mendeteksi seperti apa wujud asli produk.

Penempatan foto atau video produk pada media sosial sebenarnya tidak jauh berbeda dengan platform toko online. Perbedaannya adalah foto yang ditunjukan biasanya lebih terlihat indah atau aesthetic.

Selain bentuk foto yang berbeda, dengan fitur yang dimiliki media sosial membuat produk terlihat lebih menarik. Seperti fitur story, video, dan penempatan foto.

Promosi Di Media Sosial

Promosi Di Media Sosial

Kepopuleran media sosial tidak bisa kita dihindari. Hampir seluruh proses promosi sekarang dilakukan melalui media sosial. Selain dikarenakan jumlah penggunanya yang banyak, hal ini juga disebabkan oleh kreativitas yang bisa dikembangkan.

Tujuan dari promosi tentunya agar produk yang di jual bisa diketahui oleh orang lain. Sehingga dibutuhkan beberapa usaha untuk bisa mendapatkan perhatian orang lain kepada produk kita.

Untuk mencapai tahap dikenal tentu tidak mudah. Sangat banyak persaingan yang terjadi antara satu toko dengan toko lain dalam melakukan promosi produk.

Kamu tentu mengetahui banyak sekali toko berbeda yang menjual baju, makanan, dan berbagai hal lainnya.

Pada saat tahap ini lah calon pembeli akan membandingan antara toko satu dengan toko lainnya. Agar bisa membuat calon pembeli untuk mengambil keputusan belanja di toko yang kita kelola, kita juga harus mempersiapkan beberapa hal.

Beberapa Tips Agar Calon Pembeli Memilih Tokomu Di Tiktok Shop Seller

Karena persaingan untuk produk serupa begitu banyak. Toko online yang bersaing satu sama lain perlu memiliki beberapa kelebihan untuk meyakini calon pembeli.

Berikut ini adalah beberapa tips agar tokomu terpilih oleh calon pembeli :

Foto Dan Video Produk Yang Jelas

Template pada media sosial memang menjadi salah satu daya tarik dari toko. Tetapi, calon pembeli pasti akan melihat dengan teliti produk yang akan dibelinya. Maka dari itu diperlukan penampilan produk yang jelas tapi tetap menarik.

BACA JUGA  2 Cara Zoom TikTok dengan Filter Secara Manual dengan Mudah

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan fitur story yang ada pada media sosial. Dimana pada fitur ini lah kamu bisa melakukan demo atau memperlihatkan bagaimana produk digunakan.

Contohnya jika kamu menjual produk blender, kamu bisa memperlihatkan dengan jelas pisau dari blender tersebut. Tidak hanya memperlihatkan bagian luar saja. Lalu, kamu bisa melakukan demo saat menggunakan blender tersebut.

Begitu juga dengan baju atau produk lainnya. Kamu bisa memperjelas bagaimana baju itu akan terlihat jika dipakai pada ukuran badan tertentu.

Berbagai kejelasan itu lah yang di cari oleh calon pembeli. Karena mereka tidak bisa melihat atau mencoba produk secara langsung. Maka, peragaan untuk promosi diperlukan.

Diskon Atau Bonus Pembelian Tiktok Shop Seller

Jika target pasar dari toko milikmu sensitif terhadap harga, kamu perlu memperhatikan hal ini.

Meskipun produk dan promosi sudah bagus, terkadang karena harga di toko lain lebih murah pembeli akan beralih. Kecuali jika produk yang kamu punya tidak ada duanya.

Testimoni Tiktok Shop Seller

Pada saat berjualan secara online, sebuah ulasan atau penilaian pasti diperlukan. Lampirkan ulasan tersebut pada toko online milikmu.

Testimoni ini juga lah yang membuat calon pembeli dapat lebih yakin memutuskan pembelian. Selain menandakan toko yang kamu kelola jujur dan nyata, testimoni juga memberikan gambaran perasaan dari pembeli lain secara jujur.

Pelayanan Toko Tiktok Shop Seller

Tips terakhir adalah pelayanan toko. Semua dari kita tentu ingin dilayani dengan baik ketika berbelanja bukan? Maka dari itu, kita perlu juga memberi pelayanan dan kesan yang baik kepada setiap pembeli.

Baik pelayanan dalam menanggapi pertanyaan pelanggan, pengemasan produk, atau pun pelayanan yang cepat. Semua itu bisa menjadi nilai tambah untuk toko online yang kamu kelola loh!

BACA JUGA  Filter Nangis Tiktok Viral 2022 : Begini Cara Dapat Dan Menggunakannya

Tren Tiktok Dan Tiktok Shop Seller

Tren Tiktok Dan Tiktok Shop Seller

Tiktok menjadi salah satu media sosial yang ramai digunakan terutama saat mulainya pandemi beberapa tahun lalu. Keharusan untuk tetap berada di rumah membuat kita jenuh dan membutuhkan hiburan.

Tiktok menjadi pilihan sebagian besar orang untuk menghapus kejenuhan selama berada di rumah. Hingga akhirnya Tiktok sering kali menciptakan berbagai macam tren yang kemudian menjadi viral.

Tren yang di bawa dari Tiktok ini kebanyakan tidak hanya dikenal oleh pengguna Tiktok. Melainkan tren tersebut juga sampai kepada masyarakat umum yang bahkan tidak bermain Tiktok.

Hal itu lah yang membuat Tiktok sekarang semakin berkembang dan membuat fitur shop.

Cara Mendaftar Tiktok Shop Seller

Jika kamu tertarik untuk mulai usaha di media sosial Tiktok caranya sangat mudah. Ikuti langkah di bawah ini supaya kamu bisa menjadi salah satu seller hits di Tiktok!\

Klik disini untuk pergi ke halaman tiktok shop

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah buka browser pada gadget milikmu
  2. Setelah membuka browser, buka web halaman https://seller-id.tiktok.com
  3. Setelah halaman terbuka klik Sign Up with Tiktok Account untuk mendaftar
  4. Jika belum memiliki akun, daftar terlebih dahulu dengan klik Sign Up
  5. Namun jika sudah memiliki akun, bisa langsung klik Login
  6. Ketika sudah berhasil masuk, klik Authorize untuk mengijinkan Tiktok Shop dapat melakukan akses pada akun Tiktok
  7. Kemudian lakukan verifikasi kode untuk melanjutkan
  8. Lakukan verifikasi dokumen dengan memilih pilihan Upload Documents
  9. Untuk menambahkan produk yang akan di jual, pilih Add First Product
  10. Lalu pilih lagi Add Product yang berada di Home
  11. Setelah semua tahapan selesai, sekarang kamu bisa berjualan di Tiktok Shop

Akhir Kata

Demikian lah artikel mengenai Tiktok Shop Seller, semoga bisa membantumu jika ingin mulai berjualan melalui media Tiktok. Selamat mencobaa!