Metode Penelitian Kualitatif, Jenis dan Contoh Menurut Para Ahli

 

Samudranesia.id – Penelitian secara garis besar dapat dibagi menjadi dua jenis : “metode penelitian kuantitatif” dan “metode penelitian kualitatif“. Kedua metode tersebut digunakan sesuai dengan tujuan metode penelitian kualitatif karena tidak hanya metode yang berbeda tetapi juga informasi yang diperoleh sangat berbeda.

Ada berbagai metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif, termasuk observasi, analisis tekstual atau visual (misalnya dari buku atau video) dan wawancara (individu atau kelompok). Namun, metode yang paling umum digunakan adalah wawancara dan kelompok wawancara.

Untuk menentukan apa metode penelitian itu, ada baiknya memulai dengan konsep yang lebih umum. Penelitian ilmiah adalah proses terarah yang terkait dengan keinginan untuk belajar dan mempelajari beberapa aspek dan pola.

Setiap penelitian ilmiah harus memiliki tujuan yang jelas dan dirumuskan, yang harus ditujukan untuk mempelajari sesuatu yang tidak diketahui, mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan penting, atau konfirmasi berbagai asumsi ilmiah.

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengeksplorasi kedua metode ini secara lebih rinci, khususnya bagaimana metode penelitian kualitatif bekerja dalam praktiknya, dan tujuan masing – masing. Di sini kami akan menjelaskan dengan cara yang mudah dipahami apa metode penelitian kualitatif, untuk apa digunakan, dan metode apa saja yang digunakan.

Apa Itu Penelitian Kualitatif ?

Apa Itu Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah metode untuk penggunaan dan proses yang mengarah ke pembelian produk dan layanan, yang tidak dapat diukur secara numerik, melalui informasi seperti suara langsung dari subjek metode penelitian kualitatif yang dikumpulkan melalui wawancara dan perilaku.

Benar – benar diamati. Ini mengeksplorasi dan mengekstraksi sejarah sampai titik itu, kesadaran yang terwujud di balik fakta dan evaluasi, potensi kesadaran, motif, hubungan sebab akibat, dll, dan menjelaskan struktur kesadaran.

Singkatnya, metode penelitian kualitatif yang menargetkan konsumen adalah metode penelitian kualitatif yang ” menggali dan memahami perasaan dan latar belakang konsumen “.

Di sini, daripada data yang diekspresikan oleh kuantitas seperti “Berapa persentase dan berapa persentase orang yang merasa?”, “Mengapa orang itu merasa?” Data kualitatif seperti “Apa faktornya?” Apakah penting.

Jenis Metode Penelitian Kualitatif

Jenis Metode Penelitian Kualitatif

Ada beberapa metode untuk penelitian kualitatif. Ada metode standar yang telah digunakan sejak lama, tetapi metode baru juga bermunculan karena kemajuan teknologi terutama pada penyebaran Internet. Pada artikel ini kami akan memperkenalkan enam metode umum di yang dapat kamu gunakan untuk metode penelitian kualitatif.

  • Wawancara kelompok
  • Wawancara mendalam
  • Etnografi ( observasi perilaku )
  • Kunjungan rumah
  • bengkel
  • Komunitas Riset Online

1. Wawancara Kelompok

Wawancara Kelompok

Wawancara kelompok terfokus adalah metode wawancara dimana 5 sampai 6 orang yang memenuhi kondisi tertentu yang sesuai untuk memverifikasi tugas metode penelitian kualitatif dikumpulkan dan dilakukan dalam kelompok di bawah pengawasan moderator.

Waktu wawancara per grup umumnya sekitar 120 menit, dan dengan membandingkan beberapa grup dengan kondisi berbeda ( pria atau wanita, pengguna berat atau pengguna ringan, pengguna layanan internal atau pengguna layanan pesaing, dan lain – lain. ), Kesadaran berdasarkan atribut.

Kelompok wawancara memiliki banyak fitur umum dengan wawancara yang kurang terstruktur, tetapi ada lebih dari sekadar mengumpulkan data serupa dari banyak peserta sekaligus.

Kelompok wawancara adalah diskusi kelompok tentang topik tertentu yang diselenggarakan untuk tujuan penelitian. Diskusi ini dipandu, dipantau, dan direkam oleh seorang peneliti (terkadang disebut moderator atau fasilitator).

Kelompok wawancara pertama kali digunakan sebagai metode penelitian dalam penelitian pasar, dimulai pada tahun 1940-an dalam karya Biro Penelitian Sosial Terapan di Universitas Columbia.

Akhirnya, keberhasilan kelompok wawancara sebagai alat pemasaran di sektor swasta menghasilkan penggunaannya dalam pemasaran sektor publik, seperti penilaian dampak kampanye pendidikan kesehatan.

Namun, teknik kelompok wawancara, seperti yang digunakan di sektor publik dan swasta, telah menyimpang seiring waktu. Oleh karena itu, dalam makalah ini, kami berusaha untuk mendeskripsikan kelompok wawancara seperti yang digunakan dalam penelitian akademis.

Kamu dapat mengklarifikasi perbedaan sikap. Selain itu, karena dimungkinkan untuk mencari perbedaan atribut dalam waktu yang relatif singkat (misalnya, 3 kelompok dapat diterapkan pada pagi, siang, dan malam dalam sehari), saat memverifikasi penerimaan proposal konsep produk dan proposal desain Ini adalah teknik yang sering digunakan.

Peserta dalam kelompok yang sama memiliki atribut yang sama dan menggunakan produk yang sama, sehingga mereka didorong oleh ucapan satu sama lain untuk meningkatkan ucapan spontan mereka dan memperluas ide dan perspektif mereka, merupakan ciri utama dari metode ini.

A. Kapan Kelompok Wawancara Digunakan?

Kelompok wawancara digunakan untuk menghasilkan informasi tentang pandangan kolektif, dan makna yang ada di balik pandangan tersebut. Mereka juga berguna dalam menghasilkan pemahaman yang kaya tentang pengalaman dan keyakinan peserta. Kriteria yang disarankan untuk menggunakan kelompok wawancara meliputi:

  • Sebagai metode yang berdiri sendiri, untuk penelitian yang berkaitan dengan norma, makna, dan proses kelompok
  • Dalam desain multi-metode, untuk mengeksplorasi topik atau mengumpulkan bahasa kelompok atau narasi untuk digunakan pada tahap selanjutnya
  • Untuk memperjelas, memperluas, memenuhi syarat, atau menantang data yang dikumpulkan melalui metode lain
  • Untuk memberikan umpan balik kepada peserta penelitian.

Morgan menyarankan bahwa kelompok wawancara harus dihindari sesuai dengan kriteria berikut:

  • Jika mendengarkan pandangan partisipan menimbulkan ekspektasi terhadap hasil penelitian yang tidak dapat terpenuhi
  • Jika peserta merasa tidak nyaman satu sama lain, dan karena itu tidak akan mendiskusikan perasaan dan pendapat mereka secara terbuka
  • Jika topik yang menarik bagi peneliti bukan merupakan topik yang dapat atau ingin didiskusikan oleh para peserta
  • Jika data statistik diperlukan. Kelompok wawancara memberikan kedalaman dan wawasan, tetapi tidak dapat menghasilkan hasil numerik yang berguna.

B. Komposisi Kelompok Wawancara

Komposisi kelompok wawancara perlu perhatian besar untuk mendapatkan kualitas diskusi yang terbaik. Tidak ada solusi ‘terbaik’ untuk komposisi kelompok, dan campuran kelompok akan selalu berdampak pada data, menurut hal-hal seperti campuran usia, jenis kelamin, dan status profesional sosial para peserta.

Yang penting adalah peneliti memberikan pertimbangan yang tepat terhadap dampak dari kelompok campuran (misalnya, bagaimana kelompok dapat berinteraksi satu sama lain) sebelum kelompok wawancara dilanjutkan.

Interaksi adalah kunci untuk grup fokus yang sukses. Terkadang ini berarti grup yang sudah ada berinteraksi paling baik untuk tujuan penelitian, dan terkadang grup asing. Kelompok yang sudah ada sebelumnya mungkin lebih mudah untuk direkrut, berbagi pengalaman dan menikmati kenyamanan dan keakraban yang memfasilitasi diskusi atau kemampuan untuk saling menantang dengan nyaman.

Dalam lingkungan kesehatan, kelompok yang sudah ada sebelumnya dapat mengatasi masalah yang berkaitan dengan pengungkapan status yang berpotensi menstigmatisasi yang mungkin membuat orang merasa tidak nyaman dalam kelompok orang asing (sebaliknya mungkin ada situasi di mana pengungkapan lebih nyaman dalam kelompok orang asing).

Dalam proyek penelitian lain, dapat diputuskan bahwa kelompok asing akan dapat berbicara lebih bebas tanpa takut dampaknya, dan tantangan bagi peserta lain mungkin lebih menantang dan menyelidiki, yang mengarah ke data yang lebih kaya.

Ukuran kelompok merupakan pertimbangan penting dalam metode penelitian kualitatif kelompok wawancara. Stewart dan Shamdasani menyarankan bahwa lebih baik merekrut sedikit berlebihan untuk grup fokus dan berpotensi mengelola grup yang sedikit lebih besar, daripada merekrut kurang dan berisiko harus membatalkan sesi atau melakukan diskusi yang tidak memuaskan. Mereka menyarankan bahwa setiap kelompok mungkin memiliki dua orang yang tidak hadir.

Ukuran optimal untuk kelompok wawancara adalah enam sampai delapan peserta (tidak termasuk peneliti), tetapi kelompok wawancara dapat bekerja dengan sukses dengan sedikitnya tiga dan sebanyak 14 peserta.

Kelompok kecil berisiko membatasi terjadinya diskusi, sementara kelompok besar dapat menjadi kacau, sulit diatur untuk moderator dan membuat frustasi bagi peserta yang merasa tidak mendapat cukup kesempatan untuk berbicara.

C. Mempersiapkan Jadwal Wawancara

Seperti wawancara penelitian, jadwal wawancara untuk metode penelitian kualitatif kelompok wawancara seringkali tidak lebih terstruktur daripada jadwal longgar topik yang akan dibahas. Namun, dalam mempersiapkan jadwal wawancara untuk kelompok wawancara, Stewart dan Shamdasani menyarankan dua prinsip umum:

  • Pertanyaan harus berpindah dari pertanyaan umum ke pertanyaan yang lebih spesifik
  • Urutan pertanyaan harus relatif terhadap kepentingan isu-isu dalam agenda penelitian.

Namun, mungkin ada beberapa konflik antara kedua prinsip ini, dan pertukaran sering kali diperlukan, meskipun sering kali diskusi akan mengambil jalannya sendiri, yang akan memengaruhi atau menentukan urutan cakupan masalah. Biasanya, dibutuhkan kurang dari selusin pertanyaan yang telah ditentukan dan, seperti wawancara penelitian, peneliti juga akan menyelidiki dan memperluas masalah sesuai dengan pembahasan.

Memoderasi kelompokwawancara terlihat mudah bila dilakukan dengan baik, tetapi membutuhkan serangkaian keterampilan yang kompleks, yang terkait dengan prinsip-prinsip berikut:

  • Peserta memiliki pandangan yang berharga dan kemampuan untuk merespon secara aktif, positif dan hormat. Pendekatan seperti itu bukan sekadar sopan santun, tetapi akan mendorong diskusi yang bermanfaat
  • Memoderasi tanpa berpartisipasi: moderator harus memandu diskusi daripada bergabung dengannya. Mengekspresikan pandangan sendiri cenderung memberikan isyarat kepada peserta tentang apa yang harus dikatakan (menimbulkan bias), daripada kepercayaan diri untuk terbuka dan jujur ​​tentang pandangan mereka sendiri.
  • Bersiaplah untuk pandangan yang mungkin sangat kritis terhadap suatu topik yang mungkin penting bagi kamu
  • Penting untuk diketahui bahwa karakteristik individu peneliti berarti bahwa tidak ada satu orang pun yang akan selalu cocok untuk menjadi moderator dalam kelompok apa pun. Terkadang karakteristik yang sesuai untuk seorang moderator untuk satu kelompok akan menghambat diskusi di kelompok lain
  • Jadilah dirimu sendiri. Jika moderator merasa nyaman dan natural, peserta akan merasa rileks.

Moderator harus memfasilitasi diskusi kelompok, menjaganya tetap fokus tanpa memimpinnya. Mereka juga harus dapat mencegah diskusi didominasi oleh satu anggota (misalnya, dengan menekankan sejak awal pentingnya mendengarkan berbagai pandangan), memastikan bahwa semua peserta memiliki banyak kesempatan untuk berkontribusi, memungkinkan perbedaan pendapat untuk didiskusikan secara adil dan, jika diperlukan, dorong peserta yang pendiam.

D. Faktor Relevan Lainnya

Tempat untuk kelompok wawancara adalah penting dan idealnya harus dapat diakses, nyaman, pribadi, tenang dan bebas dari gangguan. Namun, meskipun lokasi pusat, seperti tempat kerja atau sekolah peserta, dapat mendorong kehadiran, tempat tersebut dapat memengaruhi perilaku peserta.

Misalnya, dalam lingkungan sekolah, murid mungkin berperilaku seperti murid, dan dalam pengaturan klinis, peserta mungkin terpengaruh oleh kecemasan apa pun yang memengaruhi mereka saat mereka hadir dalam peran sabar.

Kelompok wawancara biasanya direkam, sering diamati (oleh peneliti selain moderator, yang berperan untuk mengamati interaksi kelompok untuk meningkatkan analisis) dan terkadang direkam dalam video.

Pada awal diskusi kelompok, moderator harus mengetahui keberadaan peralatan perekam audio, menjamin kerahasiaan peserta, dan memberi kesempatan kepada peserta untuk mundur jika merasa tidak nyaman direkam.

Mikrofon eksternal multi-arah berkualitas baik direkomendasikan untuk perekaman grup fokus, karena mikrofon internal jarang cukup baik untuk mengatasi variasi volume speaker yang berbeda.

Jika pengamat hadir, mereka harus diperkenalkan kepada peserta sebagai seseorang yang hanya ada untuk mengamati, dan duduk jauh dari diskusi. Perekaman video akan membutuhkan lebih dari satu kamera untuk menangkap seluruh kelompok, serta personel operasional tambahan di dalam ruangan.

Oleh karena itu, ini sangat menonjol, yang dapat mempengaruhi spontanitas kelompok dan dalam kelompok wawancara biasanya tidak menghasilkan informasi tambahan yang cukup yang tidak dapat ditangkap oleh pengamat sehingga rekaman video menjadi bermanfaat.

Analisis sistematis transkrip kelompok wawancara sangat penting. Namun, transkripsi grup fokus lebih kompleks dan memakan waktu daripada dalam wawancara satu per satu, dan setiap jam audio dapat memakan waktu hingga delapan jam untuk mentranskripsikan dan menghasilkan sekitar 100 halaman teks.

Rekaman harus ditranskripsikan kata demi kata dan juga pembicara harus diidentifikasi sedemikian rupa sehingga memungkinkan untuk mengikuti kontribusi masing-masing individu. Terkadang catatan observasi juga perlu dijelaskan dalam transkrip agar dapat dimengerti.

Analisis data kualitatif dieksplorasi dalam makalah akhir seri ini. Namun, penting untuk dicatat bahwa analisis data kelompok wawancara berbeda dari data kualitatif lainnya karena sifatnya yang interaktif, dan hal ini perlu dipertimbangkan selama analisis.

Pentingnya konteks penutur lain sangat penting untuk memahami kontribusi individu. Misalnya, dalam situasi kelompok, peserta akan sering menantang satu sama lain dan membenarkan komentar mereka karena pengaturan kelompok, dengan cara yang mungkin tidak akan mereka lakukan dalam wawancara tatap muka. Oleh karena itu, analisis data kelompok wawancara harus memperhitungkan dinamika kelompok yang telah menghasilkan komentar.

2. Wawancara Mendalam

Wawancara Mendalam

Wawancara mendalam adalah metode wawancara satu lawan satu antara pewawancara dan audiens sasaran. Untuk satu orang sasaran, dimungkinkan untuk menggali lebih dalam ke dalam informasi terperinci seperti situasi dan kesadaran aktual, proses dan motif terperinci yang mengarah pada pembelian, sejarah peralihan merek dari masa lalu ke masa kini, dan situasi aktual. dan perilaku Dengan menggali lebih dalam ke dalam kesadaran, kamu dapat mengekstrak hipotesis baru, seperti membuat penemuan yang sebelumnya tidak kamu sadari.

Karena dilakukan satu per satu, ciri dari metode ini adalah mudah untuk mengetahui perasaan dan niat sebenarnya dari subjek tanpa mengkhawatirkan pendapat orang di sekitarnya atau dipengaruhi oleh orang di sekitarnya.

Ini juga efektif ketika menggali untuk menggali lebih dalam jawaban yang ambigu, ketika menaiki tangga untuk mengeksplorasi nilai-nilai yang dalam dari jawaban yang dangkal itu penting, atau ketika berurusan dengan konten sensitif yang sulit untuk dibicarakan di depan umum, seperti penyakit.

Saat merancang jadwal wawancara, sangat penting untuk mengajukan pertanyaan yang mungkin menghasilkan informasi sebanyak mungkin tentang fenomena penelitian dan juga dapat menjawab maksud dan tujuan penelitian. Dalam wawancara kualitatif, pertanyaan yang baik harus terbuka (yaitu, membutuhkan lebih dari jawaban ya / tidak), netral, sensitif dan dapat dimengerti.

Biasanya yang terbaik adalah memulai dengan pertanyaan yang dapat dijawab dengan mudah oleh peserta dan kemudian melanjutkan ke topik yang lebih sulit atau sensitif. Ini dapat membantu membuat responden merasa nyaman, membangun kepercayaan diri dan hubungan baik dan sering kali menghasilkan data yang kaya yang kemudian mengembangkan wawancara lebih lanjut.

Seperti dalam penelitian apa pun, seringkali bijaksana untuk terlebih dahulu mengujicobakan jadwal wawancara pada beberapa responden sebelum pengumpulan data dilakukan dengan benar.

Hal ini memungkinkan tim peneliti untuk menentukan apakah jadwalnya jelas, dapat dimengerti dan mampu menjawab pertanyaan penelitian, dan jika, oleh karena itu, diperlukan perubahan pada jadwal wawancara.

A. Etnografi ( Observasi Perilaku )

Dengan persetujuan subjek, etnografi menyertai aktivitas sehari – hari sepert membersihkan, mencuci, memasak, mencuci muka, menyikat gigi, merias wajah, dan lain – lain.,Dan perilaku dan kebiasaan bawah sadar subjek.

Ini adalah metode metode penelitian kualitatif di mana kamu mengamati pola, karakteristik tentang cara menggunakan produk, dan lain – lain. dari jarak dekat, dan wawancara langsung tentang perilaku yang kamu minati.

Melalui observasi dan wawancara, adalah mungkin untuk menemukan kecemasan dan ketidakpuasan yang tidak disadari, ekspektasi dan kebutuhan saat menggunakan produk, dan lain – lain.

Dalam prosedur perilaku kasual dan pola perilaku yang biasanya dilakukan oleh subjek. Karena subjeknya sendiri tidak terlalu sadar, dia sering tidak menyadarinya kecuali dia diberitahu, dan pewawancara yang mengamati berkata, “Saat menggunakan produk, saya biasa melakukan sesuatu seperti … Mengapa kamu menggunakannya seperti itu? “.

Subjek mungkin hanya memperhatikan kebiasaan dan pola perilakunya yang biasa ketika ditanya, dan menjelaskan mengapa dia melakukannya. Dengan cara itu, observasi perilaku dan wawancara dapat mengungkapkan hal-hal yang tidak disadari oleh subjek itu sendiri.

Untuk mendapatkan penemuan dan saran penting melalui etnografi, (1) bagaimana pengamat memperhatikan kebiasaan dan pola perilaku bawah sadar subjek, dan tidak mengabaikan sedikit perilaku biasa, dan merasa “Oh?” Itu penting. Selanjutnya, penting untuk (2) bertanya dan mencari tahu faktor, perasaan, dan latar belakang apa yang ada di balik perilaku tersebut.

Ada beberapa cara untuk mengamati perilaku.

  • Suatu metode mengamati secara langsung dari dekat dengan mengunjungi rumah subjek atau menemani mereka berbelanja. Kamu bisa mengamati dengan sangat detail.
  • Suatu metode agar orang target merekam video dari perilakunya dan mengamati video yang direkam tanpa mengunjungi atau menemaninya. Kamu dapat mengurangi waktu dan upaya untuk mengunjungi rumah orang yang menjadi sasaran.
  • Suatu metode agar orang sasaran menyiarkan tindakan mereka secara langsung dengan kamera dan mengamati video langsung tanpa mengunjungi atau menemani mereka. Seperti halnya 2., kamu dapat mengurangi waktu dan tenaga untuk berkunjung, dan kamu dapat mengajukan pertanyaan secara real time sambil melihat tindakan kamu. Dengan terbiasa mengirim dan menerima video menggunakan smartphone, peluang untuk siaran langsung semakin meningkat.

B. Kunjungan Rumah

Ini adalah wawancara yang dilakukan dengan mengunjungi rumah subjek metode penelitian kualitatif. Jika observasi perilaku ditambahkan ke dalamnya, ini menjadi etnografi, tetapi kunjungan rumah secara umum tidak selalu melakukan observasi perilaku.

Jika tema metode penelitian kualitatif adalah perumahan, peralatan rumah, peralatan rumah tangga, peralatan dapur, mobil, dll., kamu dapat mengetahui penggunaan sebenarnya secara detail dengan melihat keadaan produk yang kamu gunakan di rumah dan ruang serta lingkungan di dalamnya. produk mana yang digunakan, oleh karena itu kunjungan rumah merupakan metode penelitian yang bermanfaat.

Sasarannya mungkin satu orang, tetapi jika produk dibagikan oleh keluarga atau jika kamu ingin mendengar pendapat keluarga, kamu mungkin berani mendengarkan pendapat keluarga serta pasangan dan orang tua dan anak. … Misalnya, jika tema penelitian produk adalah peralatan dapur, dapur terlihat seperti apa, tempat produk ditempatkan di dapur dan bagaimana cara penggunaannya, di dapur.

Kamu bisa mendapatkan pemahaman yang lebih realistis poin-poin seperti apakah mudah digunakan dengan melihat lingkungan sebenarnya dari dekat atau menanyakan pertanyaan rinci.

Selain itu, dengan menunjukkan kepada kita kebutuhan sehari-hari, barang interior, barang hobi, fashion item, dll. Selain tema penelitian, kita akan dapat memahami secara detail kondisi kehidupan kelompok sasaran yang sebenarnya, kesadaran di baliknya, desainnya. dan fungsi yang diperlukan untuk produk.

Jika kamu ingin mengekstrak masalah, mengusulkan solusi untuk mereka, atau mengekstrak ide-ide lain berdasarkan tema tertentu, daripada mewawancarai masyarakat umum yang menjadi subjek metode penelitian kualitatif tentang situasi dan kesadaran yang sebenarnya.

Kami dapat mengadakan lokakarya dengan mengumpulkan konsumen dan anggota proyek pengembangan produk. Lokakarya sebagai metode penelitian kualitatif diadakan di berbagai posisi, dengan konsumen dan anggota proyek pembangunan berkumpul bersama atau bersama-sama berdasarkan banyak masalah dan isu yang digali melalui metode penelitian kualitatif kuantitatif dan metode penelitian kualitatif wawancara. Gagasan perbaikan berbeda dan menyatu.

Tidak hanya konsumen yang memikirkan satu sama lain, tetapi terkadang pencipta atau pengembang produk dan konsumen yang merupakan pengguna berdiskusi bersama untuk mendengarkan pendapat dari sudut pandang masing-masing, yang merupakan rangsangan dan ide yang belum pernah ada sebelumnya. Konversi mungkin saja terjadi.

Pada workshop tersebut tidak hanya diskusi verbal untuk memperluas ide, tetapi juga informasi yang tidak terbatas pada kata dan huruf, seperti game-like, drawing, dan design-like expression untuk mendorong free thinking kamu juga bisa berbagi.

C. Komunitas Riset Online

Cara berbicara melalui komunitas online, seperti SNS, disebut MROC. Namun, komunitas yang digunakan oleh MROC tidak terbuka dan terbuka untuk semua orang seperti SNS umum, tetapi komunitas tertutup dan waktu terbatas yang didirikan untuk tujuan penelitian.

Dalam komunitas tertutup untuk waktu terbatas, kumpulkan hanya mereka yang memenuhi persyaratan tertentu yang sesuai dengan tema penelitian, mendaftar sebagai peserta, dan memposting untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan topik (tema diskusi) yang dilontarkan oleh anggota manajemen MROC Untuk dilakukan .

Peserta di komunitas dapat dengan bebas memposting kapan saja menggunakan ponsel cerdas, tablet, PC rumahan, dll.

Pendirian komunitas dapat berkisar dari 2-3 minggu hingga beberapa bulan. Jika kamu memiliki banyak topik sehingga kamu tidak memiliki cukup waktu untuk wawancara reguler, MROC adalah cara yang bagus untuk membuat orang memposting tentang tema yang berbeda dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, jumlah informasi di MROC sangat besar.

Pewawancara MROC (kadang disebut community manager), yang memfasilitasi komunitas, tidak hanya bertanya kepada anggota tentang topik yang disiapkan sebelumnya, tetapi juga menanyakan poster secara langsung tentang postingan yang menarik bagi mereka. Saya akan menggali lebih dalam.

Dan karena ini adalah komunitas tertutup dan waktu terbatas daripada buka, kamu juga dapat memasang peringkat penggunaan harian yang dikombinasikan dengan pengujian penggunaan rumah untuk produk tertentu.

Cara Kombinasi Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif

Cara Kombinasi Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif

Riset kualitatif dan riset kuantitatif memiliki perannya masing-masing dan tidak hanya diselesaikan oleh salah satunya saja, dengan memadukan masing-masing riset secara tepat, memungkinkan dilakukannya riset yang lebih andal dan sesuai dengan tujuan. Berikut beberapa pola yang menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Penelitian Kualitatif Dilakukan Sebelum Penelitian Kuantitatif Untuk Mengekstraksi Hipotesis (Jenis Ekstraksi Hipotesis)

Misalnya, kamu ingin membuat kuesioner untuk memahami tren dan proporsi dalam metode penelitian kuantitatif tentang penggunaan kategori yang sebenarnya, alasan memilih merek, dan kesadaran di baliknya.

Pada saat itu, pilihan pertanyaan seperti apa yang harus disiapkan untuk kuesioner? Jika kamu tidak memiliki pilihan yang relevan dengan situasi aktual, kamu tidak akan dapat melakukan metode penelitian kuantitatif yang sesuai.

Dalam kasus seperti itu, jika kamu dapat melakukan metode penelitian kualitatif sebelumnya dan memahami seperti apa realitas, perilaku, dan kesadaran yang dimiliki konsumen, terlepas dari apakah itu besar atau kecil, kamu dapat membuat hipotesis. Dalam metode penelitian kuantitatif selanjutnya, akan lebih mudah untuk menyiapkan pertanyaan dan pilihan dari informasi yang diperoleh dalam metode penelitian kualitatif dan memverifikasi secara kuantitatif proporsi setiap pendapat atau sikap.

  • Langkah pertama: Mengekstrak hipotesis dengan penelitian kualitatif
  • Langkah kedua: Merancang pertanyaan dan pilihan berdasarkan hasil dan memverifikasi tren kuantitatif

Setelah Melakukan Metode Penelitian Kuantitatif, Gali Lebih Dalam Faktor Dan Latar Belakang Hasil (Jenis Pencarian Faktor)

Misalnya, kamu melakukan metode penelitian kuantitatif dan menemukan tren. Namun, seringkali kita tidak tahu mengapa kecenderungan seperti itu terjadi, dan kita tidak tahu perasaan dan pikiran seperti apa yang direspon konsumen.

Dalam hal demikian, berdasarkan hasil yang diperoleh dari metode penelitian kuantitatif, dengan mengumpulkan orang-orang yang memiliki kondisi dan perilaku yang sama dan melakukan wawancara, apa saja faktor dari kondisi dan perilaku aktual tersebut, dan apa saja faktornya? dan pikiran, dan kamu dapat menggali lebih dalam apa yang ada di baliknya.

  • Langkah pertama: Mengetahui kecenderungan dengan metode penelitian kuantitatif
  • Langkah ke-2: Kumpulkan orang-orang yang relevan tentang kecenderungan tertentu yang ditemukan sebagai hasil (dalam beberapa kasus, ini disarikan dari responden metode penelitian kuantitatif, dan dalam kasus lain, itu diekstrak secara terpisah.), Dengarkan detail dalam wawancara

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Metode Penelitian Kualitatif

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Metode Penelitian Kualitatif

Sejauh ini, kami telah menjelaskan karakteristik penelitian kualitatif, metode spesifiknya, dan skenario penggunaannya. Jadi apa yang harus kita waspadai saat melakukan metode penelitian kualitatif? kami akan menjabarkan hal- halyang perlu kamu perhatikan saat melakukan metode penelitian kualitatif

1. Jangan Mencoba Menilai Dengan Angka

Misalnya, dalam FGD, salah satu proposal konsep produk adalah “4 dari 6 subjek tertarik dengan proposal produk baru, dan 2 sisanya tidak tertarik. Oleh karena itu, evaluasi proposal produk baru dievaluasi. Ada tidak ada gunanya melakukan analisis seperti “OK”. Jika ingin menilai kecenderungan evaluasi tersebut secara numerik, sebaiknya dilakukan dengan penelitian kuantitatif.

Dalam metode penelitian kualitatif, pada kasus-kasus di atas, “evaluasi bahwa proposal produk baru itu menarik terlampaui. Faktor positifnya terutama tiga poin. Latar belakangnya adalah karakteristik kelompok sasaran, yang menyebabkan evaluasi tinggi. Di sisi lain, mereka yang memiliki evaluasi rendah menunjukkan bahwa itu adalah faktor negatif. Analisis seperti “Sebaiknya pertimbangkan perbaikan seperti … untuk komersialisasi.”

2. Jelaskan Struktur Dan Klarifikasi Akar Penyebabnya

Ada berbagai perasaan dan pemikiran di balik perilaku konsumen dan pemilihan produk.

  • Faktor A “Karena saya menginginkan fungsi yang dapat melakukan”
    Mengapa?
  • Faktor B “Karena saya mencari perasaan”
    Mengapa?
  • Faktor C “Karena saya biasanya tidak puas dengan …..”
    Mengapa?
  • Faktor D “Saya ingin merasa lebih ….. dalam hidup saya”

Jadi, mungkin ada beberapa faktor di balik alasan yang tampaknya sederhana ini. Faktor-faktor apa yang terhubung dan bagaimana mereka terhubung? Peran penelitian kualitatif adalah menemukan struktur hubungan sebab akibat.

3. Kumpulkan Orang-Orang Sasaran Yang Sangat Terlibat Dalam Merek, Produk, Dan Layanan Rekrut

Ada berbagai perasaan dan pemikiran di balik perilaku konsumen dan pemilihan produk. Dalam metode penelitian kuantitatif, responden yang menjawab pertanyaan dapat menjawab dengan memilih yang sesuai dari pilihan. Namun dalam metode penelitian kualitatif, pada dasarnya hanya membuat pilihan tidak memberikan hasil metode penelitian.

Kami dapat menyajikan beberapa proposal konsep produk dan proposal desain produk serta mengajukan pertanyaan seperti proposal mana dari empat proposal PQRS yang paling ingin kamu beli, tetapi hasil seleksi saja tidak masuk akal, dan alasan untuk setiap pemilihan adalah Penting.

Dalam metode penelitian kualitatif misalnya, jika pembeli suatu produk adalah orang yang dituju, apa yang dia rasakan sebelum membeli, ketidakpuasan atau kekhawatiran, tujuan pembelian, motif memutuskan membeli, sumber informasi yang mudah diingat, pemeriksaan komparatif. adalah banyak informasi yang kami ingin kamu bicarakan dalam kata-kata orang target, seperti poin penting waktu, perubahan perasaan hingga pembelian, dan poin kepuasan setelah pembelian.

Dalam penelitian kualitatif, untuk mengumpulkan informasi tersebut, perlu merekrut orang-orang yang dapat berbicara secara rinci tentang merek, produk, atau layanan yang mereka beli atau gunakan, terutama dalam hal tema yang berfokus pada merek tersebut.

Mampu berbicara secara detail berarti dapat berbicara tentang proses pembelian atau penggunaan dan apa yang kamu rasakan atau pikirkan sebelum dan sesudah itu seperti yang dijelaskan di atas.

Oleh karena itu, diperlukan perekrutan orang-orang yang memiliki tingkat keterlibatan tertentu dalam merek, produk, dan layanan. Studi kualitatif sering kali menargetkan orang yang “sangat terlibat” ini.

“Saya telah membeli banyak item, bukan hanya satu pembelian percobaan. ” “Saya telah membeli beberapa item dengan merek yang sama .” “Saya tahu dengan menghubungi mereka.” “Saya tidak memilih alasan pembelian hanya karena harga rendah harga, tapi saya memilihnya berdasarkan fungsi, khasiat, dan desain produk. ”

Sekalipun kamu merekrut orang dengan keterlibatan rendah karena mereka adalah “pengguna”, kamu tidak akan dapat memperoleh informasi yang berguna karena kamu hanya memiliki sedikit pengalaman dalam menggunakannya dan kamu tidak terlalu khusus tentang merek.

Juga, jika kamu bertanya kepada seseorang yang memiliki sedikit pengalaman dalam membeli suatu merek, “Mengapa kamu tidak membeli merek ini?”, kamu tidak dapat menjawab karena tingkat keterlibatannya rendah. Dengan kata lain, perekrutan subjek sangat penting dalam penelitian kualitatif.

Akhir Kata

Sebagaimana dijelaskan di atas, penelitian kualitatif diperlukan untuk menggali kesadaran dan perasaan di balik perilaku dan evaluasi konsumen, memahami secara struktural, dan mengekstraksi hipotesis untuk diuji. Penting tidak hanya untuk mengetahui fakta, kondisi aktual dan evaluasi, tetapi juga mengklarifikasi jawaban mereka.

Baiklah berikut tadi merupakan penjelasan Informasi seputar metode penelitian kualitatif. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk menambah wawasan tentang metode penelitian kualitatif. Penulis ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada kalian pengunjung setia blog ini, dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.