Amalan dan Doa 10 Malam Terakhir Ramadhan, Mencari Lailatul Qadar

 

Samudranesia.id – Ketika bulan suci Ramadhan akan berakhir, biasanya semua orang banyak sekali yang mencari Doa 10 Malam Terakhir Ramadhan, karena dengan berdoa dimalam tersebut, akan langsung di kabulkan oleh Allah Swt, nah jika kalian sedang mencari doa tersebut, silahkan kalian simak baik-baik ulasan berikut ini.

Tidak terasa sekarang ini sudah menjelang 22 hari kita semua menjalani ibadah puasa san itu artinya sekarang ini seluruh umat islam sedang menyambut malam lailatul Qodar, dimana malam tersebut merupakan salah satu malam yang paling ditunggu-tunggu dan bahkan berada di 10 malam terakhir bulan suci Ramadhan.

Perlu kalian ketahui betapa pentingnya untuk kalian semua mengetahui seperti apa malam tersebut itu, karena ketika malam itu banyak sekali amalan-amalan yang harus kita lakukan, apalagi kalian semua menjalani suatu ibadah maka akan mendapatkan pahala yang sangat besar, melebihi seribu bulan.

Akan tetapi dimalam tersebut, ada suatu amalam yang sangat dahsyat, selain lailatul qodar, dan amalan tersebut dapat memberikan manfaat dan kenikmatan untuk kita semua dalam menjalani hidup dan menjalani ibadah.

Nah jika kalian penasaran dengan semua amalan-amalan yang paling istimewa tersebut, yuks simak baik-baik pembahasan kami dibawah ini sampai akhir, agar kalian lebih semangat lagi untuk menjalani ibadah dan yang lainnya.

Doa 10 Malam Terakhir Ramadhan

Doa 10 Malam Terakhir Ramadhan

Malam Lailatul Qodar, merupakan salah satu momen yang paling banyak misteri Allah yang kaya akan pahala dan keistimewahan, yang amat besar, bahkan sudah disebutkan didalam Al-Quran, keutaman malam tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan seribu bulan.

Jika kita bayangkan betapa besar keistimewahannya malam lailatul qodar, sehingga Allah Swt merahasiakan kapan tepatnya malam lailatul qodar tersebut diturunkan, dab bahkan Rosululloh SAW hanya memberikan kata kuncinya saja, bahwa malam lailatul qodar tersebut akan turun pada malam-malam atau tanggal yang ganjil 10 terakhir ramadhan.

BACA JUGA  Bacaan Doa Qunut Witir Pada Sholat Tarawih Lengkap Arab dan Artinya

Dan bahkan sudah dijelaskan dalam hadist, yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Aisyah Rodhiyallahu’anha, berkata : “Dahulu Rosululloh SAW bersungguh-sungguh di 10 terakhir dibulan suci Ramadhan lebih dari pada bersungguh-sungguhnya beliau di hari-hari lainnya” ( HR.Muslim dan Ahmad ).

Dan sudah dijelaskan lagi dalam hadist lainnya, yang diriwayatkan oleh imam Al-Bukhari, dan imam Muslim dari sahabat Aisyah Rodhiyallahu’anha, berkata : “Dahulu Nabi SAW apabila telah masuk hari 10 terakhir beliau mengencangkan ikat pinggang, menghidupkan malam-malanya, dan membengunkan keluarganya” ( HR> Bukhari dan Muslim)>

Ketika malam tersebut Rosululloh SAW menyembut dengan cara berdiam diri didalam mesjid, sembari merenung dan tadarusan Al-Quran, dan bakan memperbanyak membaca doa sapu jagat menjadi salah satu amalan yang tidak pernah lepas beliau ucapkan, dan bunyinya seperti ini.

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

ROBBANAA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR.

Artinya : “Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, dan berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa api neraka” . (QS. Al-Baqarah: 201).
Selain doa diatas dimalam 10 terakhir Ramadhan hendaknya kita memperbaanyak membaca istigfar,memohon ampunan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Adapun bacaan istighfarnya adalah sebagai berikut.

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

Latin:”Astaghfirullah, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih.”

Terjemahan:“Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Mahahidup lagi Maha Berdiri Sendiri. Dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Ketika kita mengemalkan doa tersebut banyak sekali makna bahwa kita semua memohon kepada allah Swt dan tentunya harus disertai dengan usaha, asal kalian ketahui orang-orang yang membaca doa tidak sekedar memohon saja akan tetapi kalian juga harus berusaha meraih kebaikan tersebut.

BACA JUGA  Bacaan Doa Mau Belajar dan Setelah belajar Terbaru (Lengkap)

Bagaimana Cara mendapatkan malam Lailatul Qodar ?

Doa 10 Malam Terakhir Ramadhan

Untuk mendapatkan Malam lailatul Qodar tersebut banyak sekali yang harus kalian lakukan, dan insya allah ketika kalian ikhlas karena allah melakukan amalan tersebut kalian akan mendapatkan malam lailatul qodar tersebut, nah jika kalian penasaran apa saja amalannya, silahkan kalian bisa langsung melihatnya dibawah ini.

1. Sholat Malam

Amalan yang pertama yaitu solat malam, ketika malam lailatul qodar kalian melewatkan solat malam alangkah sayang sekali, karena ketika kalian semua melakukan solat tersebut tentunya kalian akan mendapatkan pahala yang sangat banyak, dan bisa jadi sesudah solat tersebut kalian mendapatkan malam lailatul qodar, dan bahkan sudah dijelaskan didalam hadits bahwa Rosululloh SAW pernah bersabda.

” Barang siapa yuang melaksanakan solat malam pada malam lailatul qodar karena iman dan mngeharapkan pahala dari allah, maka dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni” ( HR. Bukhari.no. 1901 ).

2. Bersedekah

Berdasarkan syariat, sedakah yaitu mengeluarkan harta untuk kepentingan sesuatu, dan jika membahas tentang sedakah sebenarnya tidak terbatas pada material saja, namun juga non-material seperti amar ma’ruf nahi mungkar.

Dalam amalan 10 hari terakhir dibulan ramdhan, bersedekah merupakan salah satu amalan yang paling utama dan keutamaan ini tdak hanya didapatkan bagi mereka saja yang sedang bersedakah, namun juga bisa dinikmati oleh semua orang yang menerimanya.

Dengan kata lain sedakah itu tidak hanya mendakatkan diri kita kepada allah melainkan kita semua akan mendapatkan hubungan dari sesama manusia, dan selain itu juga dengan kita memperbanyak sedakah kita semua akan mendapatkan kedudukan dan harta yang lebih banyak lagi.

3. Memperbanyak doa malam lailatul qodar

Amalan selanjutnya yaitu memperbanyak berdoa ketika malam lailatul qodar, ketika kita memberbanyak berdoa dan istikomah menjalankan sesuatu yang diperintahkan oleh Allah Swt tentunya kita semua akan mendapatkan pahala yang sangat banyak.

BACA JUGA  Bacaan Doa Sholat Fardhu Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Dan bahakan memperbanyak berdoa tersebut sudah dijelaskan didalam hadist dari Aisyah Rodhiyallahu ‘anha pernah bertanya kepada Rosululloh SAW tentang bacan doa malam lailatul qodar seperti apa yang hendak dibaca, kemudian kanjeng nabi Muhammad SAW menjawab.

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma Innaka ‘afuwwun thubbul ‘afwa fa’fu ‘anni

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha pemurah yang menyukai ampunan, maka ampunilah aku.”

Dalil dari bacaan doa di atas adalah sebuah hadits. Ibunda Ummul Mukminin Aisyah radliyallahu anha bercerita:

قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ القَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا؟ قَالَ: قُولِي: اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

“Aku berkata: Wahai Rasulullah, apa pendapat engkau jika aku mengetahui malam apa yang disebut lailatul qadar itu, apa yang aku baca padanya? Beliau bersabda: Katakan, “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul afwa fa’fu ‘anni.” [Hr. At-Tirmidzi]

Penutup

Mungkin sampai disini saja pembahasan kami tentang mengenai Doa 10 Malam Terakhir Ramadhan, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, dan jika kalian sedang mencari sebuah amalan ketika malam lailatul qodar silahkan kalian bisa langsung melihatnya diatas.

Terima kasih telah mengunjungi dan membeca artikel kami sampai akhir, jika ada kata-kata atau tulisan yang salah kami mohon maaf sebesar-besarnya, selamat berjumpa kembali diartikel selanjutnya dan jangan lupa untuk terus ikuti artikel kami, agar kalian mendapatkan sebuah informasi penting dan terbaru lainnya.