4 Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel untuk Lagu Tertentu di HP

 

Samudranesia.id – Tak hanya menyediakan layanan telepon, sms, dan juga internet, Telkomsel juga memberi layanan NSP bagi para pelanggannya. Sayangnya, kadang pengguna NSP Telkomsel sedikit terganggu. Oleh karena itu, cara menonaktifkan NSP Telkomsel harus diketahui dengan baik.

Telkomsel adalah salah satu provider seluler terbaik yang ada saat ini. Mengusung berbagai produk unggulan dengan harga yang terjangkau, Telkomsel cukup diminati banyak kalangan. Belum lagi kekuatan sinyal jaringan yang sangat bagus bahkan sampai ke pedalaman.

NSP Telkomsel adalah salah satu produk Telkomsel yang diberikan kepada pelanggan setianya. NSP adalah nada sambung yang bakal berbunyi saat ada panggilan atau SMS yang terkirim. Kendati cukup membantu, sayangnya tidak sedikit yang ingin menonaktifkan NSP dengan tujuan tertentu.

Apa Itu NSP Telkomsel?

Apa Itu NSP Telkomsel

Sebelum membahas ke cara menonaktifkan NSP Telkomsel, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai NSP. NSP 1212 adalah sebuah layanan berbayar yang ditujukan untuk menambah personalisasi nada sambung HP bagi para pengguna provider Telkomsel.

Dengan adanya nada sambung tersebut, tentu saja kita sebagai pengguna dapat terlihat beda dan unik. Pasalnya nada panggilan dan SMS yang dikeluarkan perangkat menjadi unik dan tentu saja tidak biasa.

Dengan memakai layanan ini, Telkomsel otomatis mengganti nada tut tut tut yang keluar dari panggilan menjadi sebuah konten suara atau juga lagu yang kita mau saat ada panggilan masuk ke nomor kita..

NSP ini tetap otomatis muncul meski yang menelpon memakai operator lain seperti Axis,  XL 3 atau bahkan Indosat. Kendati bagi beberapa pengguna NSP ini unik dan menarik, tapi ada juga beberapa pengguna yang merasa bahwa NSP 1212 cukup mengganggu.

BACA JUGA  Telkomsel Poin FF Game Z, Tukarkan Poin Dapat Diamond Gratis

Terlebih jika sedang berada di lingkungan kantor yang tidak boleh ada kebisingan. Tak hanya mengganggu, biasanya NSP juga cenderung dapat menyedot pulsa pemiliknya dengan nominal yang tak ada batas.

Jika demikian, tentu saja kamu harus tahu cara menonaktifkan NSP pada Telkomsel yang benar seperti apa. Tujuannya agar NSP yang terpasang di perangkat dapat dinonaktifkan segera. Lalu bagaimana cara menonaktifkannya? Tenang karena di artikel ini kami bakal membahasnya.

Cara Mudah Mematikan NSP Telkomsel

Sebenarnya cara menonaktifkan NSP Telkomsel cenderung sangat mudah dan tidak ribet sama sekali. Hanya saja bagi pengguna yang masih awam nampaknya belum tahu sehingga perlu bantuan lebih.

NSP Telkomsel dapat dimatikan secara permanen dengan langkah sederhana. Bagi yang mau tahu, simak saja cara-cara berikut :

1. Cara Mudah Menonaktifkan NSP Telkomsel di HP

Cara Mudah Menonaktifkan NSP Telkomsel di HP

Bagi pengguna NSP Telkomsel, kamu sebenarnya bisa menonaktifkan NSP dengan mudah lewat HP saja. Tidak perlu rumit karena cukup mengirimkan SMS dengan kode tertentu.

Belum tahu caranya? Tenang saja, silahkan ikuti tutorial berikut supaya kamu tidak bingung saat ingin menonaktifkan NSP Telkomsel :

  1. Silahkan buka aplikasi SMS di ponsel yang kamu gunakan.
  2. Silahkan dilanjutkan dengan mengetik OFF dengan huruf kapital (besar semua).
  3. Silahkan kirim SMS yang sudah disiapkan ke nomor 1212.
  4. Berikutnya tinggal menunggu pemberitahuan yang nanti dikirimkan Telkomsel.
  5. Selesai, kini NSP Telkomsel sudah dimatikan.

Setelah dinonaktifkan, tentu saja saat ada panggilan masuk ke nomor tertentu, ponsel hanya akan berbunyi tiu tiu tiu saja tanpa ada nada sambung.

2. Unreg NSP Lagu Tertentu

Unreg NSP Lagu Tertentu

Biasanya banyak pengguna Telkomsel yang berlangganan berbagai lagu NSP kesukaan. Pasalnya biaya berlangganan NSP di Telkomsel menabg cenderung lebih mudah dan tidak ribet  sama sekali.

BACA JUGA  8 Settingan APN Telkomsel 4G Terbaru dan Stabil untuk Gaming/Browsing

Namun kadang ada pengguna yang bosan dengan lagu tertentu sehingga ingin menonaktifkan NSP Telkomsel tersebut. Lantas, bagaimana cara menonaktifkan NSP Telkomsel untuk lagu tertentu?

Ternyata caranya hampir sama dan sangat mudah. Jika ingin unreg NSP atau menonaktifkan NSP di lagu tertentu kita bisa menggunakan cara kedua ini. Caranya juga dengan mengandalkan fitur SMS.

Bagi yang masih awam dan bingung, silahkan ikuti tutorial berikut :

  1. Silahkan buka aplikasi SMS yang ada di perangkat kalian masing-masing.
  2. Dilanjutkan dengan mengetik SMS dengan format: OFF (spasi) dan Judul Lagu NSP yang ingin dinonaktifkan.
  3. Berikutnya bisa langsung mengirim SMS tersebut ke 1212.
  4. Tunggu saja hingga SMS notifikasi masuk ke perangkat.
  5. Selesai, NSP untuk lagu tertentu dapat dinonaktifkan sesuai keinginan.

Adapun kelebihan cara ini dibanding yang lain adalah memungkinkan pengguna Telkomsel dapat mematikan NSP tertentu yang dianggap sudah tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

3. Unreg NSP lewat Dial

Unreg NSP lewat Dial

 

Siapa bilang menonaktifkan NSP Telkomsel hanya dengan mengandalkan fitur SMS saja. Nyatanya masih ada banyak tutorial lain yang dapat digunakan untuk menonaktifkan NSP Telkomsel yang sudah kamu gunakan di perangkat.

Misalnya dengan memanfaatkan panggilan dial yang semua perangkat menyediakannya. Cara menonaktifkan NSP Telkomsel lewat cara ini juga tidak rumit. Yang pasti kamu cukup mengetikkan beberapa kode dial saja.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan ikuti cara menonaktifkan NSP di Telkomsel berikut :

  1. Tentunya kamu harus membuka menu dial yang ada di perangkat masing-masing.
  2. Silahkan tambahkan kode *121*9# di menu dial pada perangkat.
  3. Kemudian bisa tekan panggil atau call.
  4. Tunggu hingga beberapa saat.
  5. Selanjutnya bisa langsung memilih opsi Berhenti Langganan NSP.
  6. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan SMS pemberitahuan jika NSP Telkomsel yang kamu pasang di perangkat sudah dihentikan.
BACA JUGA  Apa Itu Monetary Telkomsel dan Cara Menggunakannya (Lengkap)

Menonaktifkan NSP Telkomsel ini memang lebih mudah dan tidak ribet. Mengingat pengguna Telkomsel tidak perlu harus mengetikkan kode tertentu untuk mematikan NSP yang terpasang di nomor Telkomsel.

4. Biarkan saja

Biarkan saja

Cara terakhir adalah biarkan saja hingga NSP Telkomsel habis penggunaannya di nomor Telkomsel yang kamu gunakan. Otomatis NSP Telkomsel bakal berhenti atau menonaktifkan ketika kondisi berikut :

  1. Pulsa yang kamu gunakan sudah tidak mencukupi untuk melakukan perpanjangan langganan NSP sehingga secara otomatis pengguna Telkomsel masuk ke masa tenggang yang biasanya mencapai 30 hari.
  2. Selama masa tenggang NSP tersebut, kamu dapat menikmati berbagai layanan NSP seperti biasa.
  3. Jika selama 30 hari ternyata kamu tidak melakukan pengisian pulsa, atau telah mengisi pulsa yapu tidak mencukupi untuk perpanjangan NSP, Maka NSPS Telkomsel otomatis dinonaktifkan oleh sistem Telkomsel sehingga tidak dapat digunakan seperti biasa.

Sekarang kamu sudah tahu cara menonaktifkan NSP Telkomsel yang benar dan paling mudah. Sebenarnya apa saja sih alasan kenapa kamu harus menonaktifkan NSP di Telkomsel? Langsung saja simak pembahasan berikut.

Apa Untungnya Menonaktifkan NSP Telkomsel

Sebenarnya di atas sudah disinggung kenapa pengguna Telkomsel harus menonaktifkan NSP Telkomsel. Tapi tak ada salahnya jika diperjelas di sub judul ini. Pertama, tidak ada potongan pulsa mendadak sehingga pulsa lebih hemat dan tidak boros.

Selanjutnya juga bisa membuat penggunanya tidak terganggu. Pasalnya otomatis saat berlangganan NSP Telkomsel, jika ada panggilan, otomatis NSP akan diputar. Sehingga kadang mengganggu pengguna perangkat.

Bagi yang merasa terganggu dengan adanya NSP Telkomsel pada perangkat, silahkan nonaktifkan NSP Telkomsel dengan cara yang sudah kami sediakan. Cara menonaktifkan NSP Telkomsel di atas sangat mudah dan tentunya dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing orang.