Cara Mengunci Profil Facebook Terupdate 2022 Privasi Terjamin Aman

 

Samudranesia.id – Profil Facebook adalah media sosial yang kita semua pasti tau bukan? Seperti media sosial lainnya Facebook digunakan untuk bersosialisasi di dunia internet.

Selain bersosialisasi dengan orang yang kita kenal, kita juga bisa mencari teman baru di dunia maya.

Pengguna media sosial Facebook tentunya sangat banyak di seluruh dunia. Karena Facebook sendiri merupakan media sosial yang sudah cukup lama berdiri. Penggunanya terdiri dari berbagai kalangan usia, baik yang muda sampai yang tua.

Facebook

Facebook

Facebook di buat dan di ciptakan oleh Mark Zuckerberg. Resmi di rilis pada tahun 2004, tepatnya pada bulan Februari tapi hanya digunakan di Universitas Harvard. Untuk masyarakat umum, Facebook mulai di rilis pada tahun 2006.

Mulai saat itu lah Facebook menjadi media sosial yang sangat ramai digunakan. Facebook digunakan dan di gemari oleh semua kalangan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Media sosial ini bisa digunakan oleh pengguna dengan minimal usia 13 tahun ke atas.

Mungkin saat ini Facebook sudah jarang digunakan oleh kalangan anak muda di Indonesia. Karena kebanyakan akan memilih untuk melakukan update di Twitter, Instagram, atau pun Tiktok.

Hal tersebut disebabkan oleh berkurangnya teman sebaya yang bermain Facebook.

Tapi walaupun begitu, Facebook saat ini masih ramai digunakan oleh banyak orang. Fitur yang ada oleh Facebook tidak kalah menarik dengan media sosial lainnya yang sedang tren digunakan.

Kelebihan Dari Facebook

Media sosial ini bisa digunakan untuk pribadi atau pun untuk keperluan bisnis seperti berjualan dan lainnya. Untuk mempertahankan pengguna aktif pada platform Facebook, perusahaan tentu terus mengembangkannya.

Kelebihan yang dimiliki oleh Facebook adalah sebagai berikut :

  • Mudah untuk digunakan
BACA JUGA  10 Aplikasi Hack Facebook Terupdate 2022 Terbaik Dan 100% Work

Sebagai media sosial yang ramai digunakan oleh berbagai kalangan usia, Facebook sangat mudah untuk digunakan. Fitur yang disediakan sangat jelas dan tidak membingungkan penggunanya.

  • Melihat teman yang sedang online

Jika kita bermain media sosial tentu kita membutuhkan teman untuk berinteraksi. Facebook menyediakan halaman tersendiri untuk melihat teman kita yang sedang membuka Facebook.

Fitur ini berguna terutama jika kita sedang melakukan chat atau mengobrol dengan teman Facebook kita.

Sehingga ketika teman kita tidak membalas pesan, kita bisa mengetahui penyebabnya. Kita dapat menyapanya kembali ketika online.

  • Mengelompokan pertemanan

Facebook membuat kita dapat mengelompokan pertemanan. Tidak hanya teman dekat saja tetapi juga keluarga, sahabat, saudara, dan lainnya.

Status pertemanan ini bisa ditampilkan pada bagian profile kita dan dapat dilihat jika ada yang berkunjung ke profile pribadi kita di Facebook.

  • Membuat album foto

Berbeda dengan media sosial lainnya, Facebook memiliki keunikannya sendiri. Dengan adanya album foto ini pengguna dapat mengelompokan foto atau video yang di unggahnya secara lebih rapih.

Album foto ini juga memudahkan pemilik album dan orang yang berkunjung ke profile jika ingin melihat kembali foto tersebut. Fitur ini seperti album foto di dunia nyata namun versi digital. Dimana album dapat membangkitkan kenangan lama.

  • Memilih privasi dari status yang di upload

Umumnya pengguna disediakan 3 pilihan. Pertama kepada publik, dimana siapa pun dapat melihat status yang di upload. Kedua, hanya teman saja yang dapat melihat. Dan terakhir, hanya dapat dilihat oleh diri sendiri.

Selain ketiga pilihan tersebut, Facebook juga menyediakan pilihan lain yang lebih spesifik. Seperti ke semua teman kecuali beberapa orang atau pun hanya ke beberapa teman tertentu yang terpilih saja.

Fitur Dari Media Sosial Facebook

Berikut ini adalah beberapa fitur yang disediakan oleh Facebook untuk kenyamanan penggunanya.

  • Fitur story kekinian
BACA JUGA  1000+ Akun FB Gratis Hari Ini Terbaru 2022 Asli Masih Aktif

Seperti media sosial lainnya, Profil Facebook juga tidak ketinggalan dan memiliki fitur yang satu ini. Dimana pada fitur story ini, pengguna dapat melakukan update kesehariannya dan status tersebut dapat hilang setelah 24 jam.

Fitur story juga bisa disimpan dan dilihat kembali oleh penggunanya. Selain membagikan cerita, pengguna juga dapat menghias story yang akan di unggah tersebut.

  • Fitur log aktivitas

Log aktivitas ini mungkin jarang diketahui oleh penggunanya karena jarang digunakan dan tidak terlihat. Fitur ini berada di kanan profile di sebelah menu bar foto, video, dan lainnya.

Log aktivitas memungkinkan penggunanya untuk dapat melihat aktivitas yang dilakukan selama menggunakan Profil Facebook. Mulai dari orang yang di cari sampai dimana saja kita meninggalkan komentar.

Tujuan diadakannya fitur ini salah satunya adalah dengan menjaga keamanan pengguna akun. Terutama jika akun Facebook kita sedang dipinjam. Maka kita dapat melihat apa saja yang dilakukan peminjam.

Selain itu, fitur log aktivitas juga menyediakan informasi aktivitas yang lengkap dan berurut sesuai tanggal kejadian. Sehingga jika terjadi sesuatu kita dapat dengan mudah mencari tahu hal tertentu.

  • Fitur save

Seperti namanya, fitur save memiliki tujuan untuk menyimpan. Fitur ini biasa digunakan untuk menyimpan postingan orang lain yang kita sukai atau menurut kita penting. Sehingga postingan tersebut tidak mudah hilang.

Mirip seperti fitur save pada Instagram dan fitur bookmark pada Twitter. Selain fitur yang sudah disebutkan, Facebook juga memiliki banyak fitur lainnya yang tidak kalah menarik.

Fitur yang disediakan tentunya di ciptakan untuk membuatmu nyaman dalam bersosialisasi pada media sosial Facebook.

Cara Mengunci Profil Facebook

Cara Mengunci Profil Facebook

Demi kemanan dan kenyamanan pengguna saat berinteraksi di media sosial, khususnya Facebook. Facebook membuat suatu mode keamanan baru yang belum dimiliki sebelumnya, yaitu membuat profile terkunci.

BACA JUGA  Cara Unduh Video Facebook Dengan Mudah Begini Cara Terbarunya!

Fitur ini membuat Profil pada akun Facebook milikmu menjadi lebih aman. Karena jika fitur kunci diaktifkan, yang dapat melihat profil hanya lah teman pada akun Facebookmu.

Jika tidak berteman, maka mereka tidak dapat melihat isi akun milikmu.

Sama seperti media sosial lainnya yang sudah memiliki fitur private account, Facebook juga tidak ingin ketinggalan. Melakukan penguncian akun tidak lah sulit. Yuk ikuti langkah di bawah ini untuk mengunci profile atau akun Facebookmu!

Cara Mengunci Profil Facebook Melalui Aplikasi

Jika kamu sudah memiliki aplikasi Profil Facebook, ikuti langkah di bawah ini :

  1. Langkah yang pertama, buka aplikasi Facebook pada smartphone
  2. Pilih lah bagian profile pribadi
  3. Lalu klik pada logo tiga titik yang berada di sebelah Add to Stories
  4. Kemudian klik tombol Kunci Profile
  5. Setelah itu klik lagi pilihan Kunci Profile Anda untuk melakukan konfirmasi
  6. Setelah selesai, akun Facebook sekarang sudah berubah menjadi terkunci

Cara Mengunci Profil Facebook Melalui Web Browser

Klik disini untuk menuju web Facebook

Gunakan cara berikut ini jika kamu membuka Profil Facebook melalui Web :

  1. Pilih salah satu web browser yang akan kamu gunakan untuk mengaktifkan fitur kunci
  2. Setelah itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka halaman Facebook dengan mengetik https://facebook.com pada kolom pencarian
  3. Lakukan login untuk masuk ke dalam akun Facebook milikmu
  4. Jika sudah masuk, klik profile
  5. Lalu pilih lah menu tiga titik yang ada untuk membuka pilihan
  6. Klik opsi Kunci Profil
  7. Setelah itu akan muncul pop up dan untuk mengaktifkan penguncian, klik untuk mengunci profil

Akhir Kata

Sampai di sini artikel kali ini mengenai Profil Facebook dan cara mengunci profile agar lebih aman. Semoga bisa membantumu ya! Mohon maaf jika ada kesalahan informasi serta penulisan. Sampai bertemu di artikel lainnya.