6 Cara Mengetahui WA Disadap Tanpa Aplikasi & Dengan Aplikasi

 

Samudranesia.id – WhatsApp atau yang sering disingkat dengan kata WA merupakan salah satu media komunikasi online dengan beragam fitur menarik. Ada banyak hal yang harus kamu ketahui saat menggunakan WA, misalnya cara mengetahui WA disadap orang lain.

Komunikasi atau interaksi yang terjalin melalui WA merupakan sesuatu hal yang pribadi atau private jadi tidak sembarang orang bisa mengakses informasi di dalamnya. Namun, teknologi yang makin canggih menciptakan berbagai alat penyadap di WA untuk mengetahui isi chat.

Makin hari makin banyak pengguna WA yang berbagi informasi melalui media komunikasi online tersebut. Tidak heran jika kemudian berkembang kejahatan digital melalui software jahat dari pihak-pihak yang ingin menyadap komunikasi pribadi di WhatsApp.

6 Cara Mengetahui WA Disadap dengan Cepat dan Mudah

1. Pengguna Tidak Bisa Login

Pengguna Tidak Bisa Login

Pada dasarnya, satu nomor telepon yang bisa digunakan pada satu aplikasi WA saja dan hal ini sering disebut single-device login. Jika aplikasi WhatsApp secara tiba-tiba log out atau mengeluarkan nomor WA kamu, kemungkinan aplikasi WA kamu sedang disadap pihak lain.

Padahal, kamu membutuhkan kode one time password atau OTP untuk bisa login atau masuk ke WA. OTP ini biasanya dikirimkan secara langsung ke nomor telepon tersebut jadi hanya orang yang memegang nomor telepon itulah yang mengetahui apa OTP masuk WhatsApp.

Untuk menghindari terjadinya penyadapan WhatsApp dengan nomor telepon, jangan pernah membagikan kode OTP pada siapa pun. Penyadapan seperti ini biasanya terjadi karena nomor telepon sudah digandakan oleh pihak tertentu.

BACA JUGA  Login Socialspy Whatsapp 2022 Tool Menyadap WA Online Terbaik

Itulah mengapa peretas mampu membuka pesan yang masuk, khususnya pesan yang berisi OTP. Dengan begitu, mereka bisa membuka WhatsApp menggunakan nomor dan informasi OTP yang didapatkan untuk menyadapnya.

2. Tak Bisa Menelepon via WhatsApp

Tak Bisa Menelepon via WhatsApp

Salah satu fitur yang paling diminati dari WhatsApp adalah fitur telepon dengan tarif internet yang lebih terjangkau dibanding telepon biasa yang menggunakan pulsa. Apalagi, kamu juga bisa melakukan panggilan video call yang memungkinkan kamu melihat orang yang ditelepon.

Sayangnya, fitur ini tidak lagi bisa digunakan jika WA milikmu sedang disadap oleh orang lain. Ini bisa menjadi cara mengetahui WA disadap dengan mudah karena jika kamu tidak bisa menelpon via WhatsApp maka bisa dijadikan tanda WA sedang disadap pihak lain.

Namun, kamu juga harus melihat apakah ada penyebab lain mengapa WA tidak bisa digunakan untuk menelepon, misalnya karena paket data yang sudah habis, sinyal yang buruk, ada panggilan lain atau penyebab lainnya.

Jika setelah dicek ternyata penyebab WA tidak bisa digunakan untuk menelepon tidak berkaitan dengan penyebab lain tersebut, maka kemungkinan besar WA kamu sedang disadap dan kamu perlu berhati-hati jika WA mengandung informasi pribadi dan rahasia.

3. Cek WhatsApp Web

Cek WhatsApp Web

Cara mengetahui WA disadap pihak lain selanjutnya adalah dengan mengecek WhatsApp Web. Sekarang ini, WA menyediakan fitur terbaru yang memungkinkan pengguna untuk mengakses WA melalui browser di perangkat komputer atau laptop.

Fitur ini sangat membantu para pengguna PC atau laptop jadi tidak perlu membuka ponsel ketika ingin membalas atau menghubungi orang lain. Di samping ada kelebihan yang dimiliki, keberadaan WhatsApp Web juga memungkinkan pihak lain atau peretas menyadap WA.

Kamu bisa mengetahui apakah WA sedang disadap atau tidak melalui Setting atau menu Titik Tiga di kanan atas WhatsApp, pilih WhatsApp Web. Di sana akan terlihat lokasi dan perangkat apa saja yang digunakan untuk login atau mengakses WhatsApp melalui fitur ini.

Jika kamu menemukan perangkat dan lokasi yang tidak kenal, jangan ragu untuk mengeluarkan akun tersebut atau logout dari WhatsApp Web. Cara ini juga bisa dilakukan oleh pengguna iOS, yakni dengan Setting di kanan bawah lalu pilih WhatsApp Web.

BACA JUGA  7 Aplikasi Sadap WA Musuh, Pacar, Teman 100% Tanpa Ketahuan

Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat tidak dikenal, ada baiknya kamu memilih logout dari semua perangkat tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Pesan Terbaca Padahal Belum Buka

Pesan Terbaca Padahal Belum Buka

Cara mengetahui WA disadap berikutnya adalah pesan sudah terbaca padahal kamu sendiri belum membuka pesan tersebut. Salah satu keunggulan WhatsApp adalah menyediakan fitur pesan terbaca dengan centang dua dan berwarna biru.

Ketika kamu sudah membuka pesan dari orang lain, maka pesan tersebut akan berubah warna menjadi biru sebagai tanda jika pesan sudah terbaca. Namun, jika pesan sudah centang dua dan berwarna biru padahal kamu belum membacanya, bisa jadi WA disadap.

Berbeda lagi jika ternyata pengguna memang tidak mengaktifkan fitur ini, jadi meskipun sudah dibaca atau belum, centang dua tidak akan berubah warna. Jika kamu mengaktifkan setting ini maka sulit untuk mengetahui apakah ponsel disadap atau tidak melalui cara ini.

Namun, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah WA disadap meski kamu tidak mengaktifkan tanda baca, yakni memastikan apakah notifikasi angka di tiap obrolan telah hilang. Seharusnya, tanda notifikasi angka masih ada jika pengguna belum membuka pesan.

Jika kamu menemukan tanda notifikasi angka sudah hilang padahal belum membuka pesan dari suatu kontak, kemungkinan WA kamu sedang disadap dan ada orang lain yang membuka obrolan WA kamu.

5. Kirim Pesan Tanpa Sepengetahuan Pengguna

Kirim Pesan Tanpa Sepengetahuan Pengguna

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah WA sedang disadap atau tidak adalah dengan melihat tanda kirim pesan. Jika kamu menemukan ada pesan yang dikirim tanpa sepengetahuan atau kamu tidak merasa mengirimkannya, bisa jadi WA kamu disadap.

BACA JUGA  5 Aplikasi Sadap HP Android Jarak Jauh Tanpa Ketahuan Korban

Seharusnya, kitalah yang menjadi satu satunya orang yang mengirimkan pesan atau chat ke pihak lain. Namun, jika ada chat di mana kamu tidak merasa mengirimkannya, maka ada pihak lain yang sedang mengintip pesan, bahkan berkirim pesan menggunakan akun kamu.

Kamu perlu waspada jika hal ini sudah terjadi dan cek kembali chat apa saja yang sudah dikirimkan atau siapa saja yang sudah dihubungi. Jika ada chat yang tidak nyaman atau tidak benar, kamu bisa langsung klarifikasi melalui WA keluarga, teman atau orang lainnya.

6. Baterai Cepat Habis

Baterai Cepat Habis

Cara mengetahui WA disadap lainnya adalah baterai yang cepat habis. Sebenarnya ada beberapa penyebab yang membuat baterai ponsel cepat habis, seperti kesehatan baterai yang sudah berkurang, terlalu banyak aplikasi dan lain sebagainya.

Siapa sangka jika salah satu penyebab baterai cepat habis adalah WA kamu sedang disadap. Meski bukan menjadi bukti valid, tapi baterai ponsel yang cepat terkuras bisa menjadi salah satu tanda jika aplikasi di ponsel terus bekerja.

Jika kamu saja tidak membuka ponsel atau tidak menggunakan WhatsApp, tapi ternyata baterai ponsel cepat habis maka ada yang salah dari aplikasi di dalamnya.

Beberapa cara mengetahui WA disadap yang sudah dibahas di atas bisa menjadi solusi untuk mengetahui kebenarannya. Jika terbukti WhatsApp kamu sedang disadap, maka segera lakukan antisipasi atau cara untuk mengatasinya.