Cara Memprogram TV Analog Ke Digital Secara Mudah

 

Samudranesia.id – Cara Memprogram TV Analog Ke Digital kini sering sekali dicari oleh masyarakat di indonesia. Lantaran kebijakan peraturan pemerintah baru .

Ini mengakibatkan warga Indonesia terutama di Pulau Jawa mengalami transisi. Yang sebelumnya menggunakan siaran TV Analog menjadi siaran TV Digital.

Maka artikel ini hadir agar menjawab permasalahan kamu mengenai bagaimana langkah yang harus kamu lakukan menggunakan set top box dan simaklah dengan baik.

Apa Itu Analog Switch Off ?

Apa Itu Analog Switch Off

Cara Memprogram TV Analog Ke Digital  akan ada setelah kita berkenalan dengan beberapa elemen-elemen pendukung nya.

Siaran TV analog berhentikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sejak 2 November yang lalu  di sejumlah wilayah, termasuk Jabodetabek. Alhasil masyarakat terdampak ASO (Analog Switch Off) dan hanya dapat menonton siaran TV digital.

Program ini diatur pada pasal 60A Undang-Undang No. 32 tahun 2002 yang berisi mengenai Penyiaran melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Agar program ini tetap berjalan pemerintah menghimbau warganya agar membeli set top box dan segera melakukan pemasangan pada televisi.

Kamu bisa membeli set top box ini sendiri pada toko offline disekitar rumah kamu ataupun bisa juga memesan nya melalui toko online ya ga da di handphone kamu.

Cara Memprogram TV Analog Ke Digital akan kami bagikan setelah pembahasan yang satu ini. Jadi simak terus artikel edisi kali ini.

STB ialah alat yang dapat mengkonversi sinyal digital menjadi bentuk gambar dan suara yang akan ditampilkan pada TV Analog kamu.

Tetapi bagi keluarga yang kurang  mampu dengan syarat mempunyai TV analog, pemerintah tetap akan  menyediakan bantuan berupa STB gratis yang akan diberikan.

Agar dapat menonton siaran TV digital, kamu tidak diharuskan membeli perangkat TV digital baru. Kamu tetap dapat mendapatkan siaran TV digital dengan menggunakan TV analog biasa dan antena penangkap sinyal yang telah lama dipakai sebelumnya.

Karena hal itu kami akan memberikan Cara Memprogram TV Analog Ke Digital agar kamu tetap dapat menggunakan televisi kamu yang sekarang tanpa harus menggantinya.

Agar kamu dapat menyaksikan siaran TV digital di TV analog, syaratnya hanya perlu menggunakan perangkat tambahan yang bisa kamu beli.

Kenalan Dengan Set Top Box

Kenalan Dengan Set Top Box

Alat tersebut adalah Set Top Box (STB) atau Digital TV Box yang men support fitur DVB-T2 untuk menerima sinyal digital. Perlu diketahui bahwa tidak semua STB mendukung fitur DVB-T2.

Maka dari itu ketika kamu akan membeli STB, pastikan terdapat label yang memberitahu bahwa perangkat tersebut mendukung fitur DVB-T2.

Dengan STB tersebut Cara Memprogram TV Analog Ke Digital tentu akan sangat mudah untuk dilakukan dengan hanya melakukan beberapa langkah saja.

BACA JUGA  8 Antena TV Digital Terbaik Murah Penangkap Sinyal Terbaik 2023

Tapi bagaimana dengan  antena  yang kamu  gunakan? TV analog harus memakai jenis antena yang bagaimana? Antena yang bisa dipakai untuk menangkap TV digital tidak mempunyai spesifikasi khusus.

Seperti yang sudah disampaikan diatas, kamu tetap dapat memakai antena biasa, seperti antena UHF  berjenis indoor (dalam ruangan) atau outdoor (luar ruangan) agar bisa dapat siaran TV digital di TV analog.

Antena berguna untuk memperoleh sinyal digital yang dipancarkan oleh stasiun pemancar. Antena biasa masih bisa dipakai pada TV analog agar memperoleh siaran TV digital, asalkan disambungke STB terlebih dahulu.

Kenal Lebih Jauh Dengan TV Digital

Kenal Lebih Jauh Dengan TV Digital

Sebelum kamu mengetahui mengenai Cara Memprogram TV Analog Ke Digital lebih baik untuk mengenal apa itu isitilah tersebut agar tidak kebingungan nantinya.

Simple nya Televisi dengan jenis digital ialah perangkat telekomunikasi visual (televisi) yang dapat menangkap sinyal siaran digital. Sinyal itu akan terkirim pada bentuk bit sebuah data informasi.

Konteksnya sama seperti yang biasa kita lihat setiap hari saat live streaming di YouTube atau aplikasi sejenis dari ponsel pintar kamu.

Tetapi ada kekurangan dari TV digital ini. Kamu hanya akan diberikan 2 pilihan saja untuk tampilannya. Yang pertama bisa ditampilkan lalu juga tidak bisa ditampilkan.

Jika sinyal yang tertangkap memiliki kualitas yang kurang baik, maka gambarnya pun akan mengalami Lag atau pun tidak di tampilkan pada televisi.

Sebaliknya, jika sinyal yang tertangkap memiliki kualitas yang bagus, maka TV akan menunjukan gambar yang sangat HD (High Definition).

Itulah kelebihan dan kekurangan dari TV digital yang berbeda dengan TV analog yang masih menampilkan siaranya walaupun gambarnya tidak jelas.

Dari Cara Memprogram TV Analog Ke Digital akan mendapatkan rasio yang sudah jauh lebih bagus yaitu 16 : 9. Ukuran rasio ini memang rasio layar yang paling banyak dipakai untuk produksi tayangan saat ini.

Sehingga apapun jenis yang akan diproduksi oleh produsen sinematik bisa ditayangkan dan sesuai dengan kualitas yang ada dan tentunya bagus.

Bukan hanya itu tetapi juga dapat dinikmati dengan resolusi yang pas dan juga memberi kamu pengalaman dalam menonton yang jauh lebih baik.

Sebelum kita nenjabarkan bagaimana Cara Memprogram TV Analog Ke Digital ini, kamu juga harus tahu keuntungan dalam memakai Televisi di rumah. Berikut penjelasan lebih lengkapnya bisa kamu baca.

Benefit Dalam Menggunakan TV Digital

Benefit Dalam Menggunakan TV Digital

Ada banyak hal positif dengan berpindah ke siaran TV digital. Misalnya kamu dapat menonton siaran televisi jauh lebih nyaman dengan kualitas yang lebih dari sebelumnya.

Selain itu masih banyak keuntungan lainya. Kami akan membahas satu per satu apa saja keuntungan menggunakanya.

Sebelum memulai untuk mengetahui mengenai Cara Memprogram TV Analog Ke Digital berikut adalah keuntungan yang didapatkan dari televisi terbaru ini.

1. Siaran TV Yang Beragam

Jumlah siaran televisi digital di Indonesia ternyata lebih beragam dibanding dengan  saluran analog sehingga kamu dapat menonton tayangan yang lebih bervariasi

BACA JUGA  Cara Memprogram TV Digital Secara Otomatis dan Manual

Hal lain yang membuat kamu harus tahu Cara Memprogram TV Analog Ke Digital ialah karena siarannya lebih beragam. Apabila kamu menggunakan tv analog, tentu kamu hanya mendapat tayangan yang diterima antena saja.

Tetapi apabila kamu memakai tv digital, maka kamu dapat menemukan banyak ragam  tayangan. Tidak hanya dari dalam negeri banyak juga tayangan dari luar negeri.  Inilah yang membuat banyak orang mulai memakai tv digital.

2. Kualitas Tayangan Yang Jernih

Jika kamu memakai tv analog, pasti banyak kendalanya. Baik dari sinyalnya yang kurang bagus ataupun ketika cuaca sedang buruk sinyal yang ditangkap juga menjadi jelek.

sehingga tayangan yang ditampilkan tidak jernih dan tentu hal itu akan sangat mengganggu ketika kamu sedang menikmati acara televisi kesukaan kamu

Berbeda jika menggunakan cara memprogram TV Analog Ke digital, hal tersebut tidak akan terjadi dengan televisi mu. Karena tv digital sudah menggunakan teknologi yang canggih sehingga tayangan yang ditampilkan sudah sangat jernih.

kamu tidak akan menemukan tayangan yang buram di channel manapun dan kamu bisa menikmati berbagai siaran televisi kesukaan kamu tanpa harus khawatir jelek.

3. Fitur Yang Berkualitas Dan Menarik

Cara Memprogram TV Analog Ke Digital sedikit lagi akan kami sampaikan di artikel kali ini. Simak terus pembahasan fitur-fiturnya.

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa menggunakan televisi sebelumnya hanya terbatas pada siaran televisi lokal saja.

Sekarang dengan perubahan ini televisi menjadi lebih berkualitas dan lebih menarik lagi dalam penyediaan siaranya.

Maka jika kamu menggunakan cara memprogram TV Analog Ke digital, kamu dapat menemukan lebih banyak lagi siaran yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Selain dari itu kamu dapat lebih interaktif dengan televisi karena bisa melakukan banyak kegiatan atau aktivitas karena disediakan fitur yang beragam.

4. Aman Dari Cuaca Yang Buruk

Kalau  cuaca sedang bagus, tayangan pada tv analog juga tentunya akan bagus. Tetapi apabila cuacanya sedang buruk, maka siarannya juga tidak bagus seperti ada semutnya.

Dan kamu pastinya kesal tidak dapat menonton acara televisi kesukaan kamu di kala hujan dan membuat kamu tidak ada hiburan disaat hujan.

Maka dari itu Cara Memprogram TV Analog Ke Digital sangat bermanfaat bagi kamu untuk mengatasi masalah saat menonton televisi di keadaan hujan.

Tapi dengan adanya TV digital, kamu dapat menonton acara tv di kala kondisi cuaca apapun. Mau sedang dingin, panas  hingga hujan lebat pun siaran televisi masih ada.

Sehingga kamu tidak perlu khawatir tidak ada tayangan saat sedang hujan lebat dan tetap membuat kamu memiliki hiburan disaat hujan.

5. Hanya Melakukan Sekali Pembayaran

Ada lagi keuntungan yang kamu dapat jika menggunakan Cara Memprogram TV Analog Ke Digital yaitu kamu hanya melakukan pembayaran satu kali saja di awal pembelian. Sehabis itu kamu dapat memakai sampai kapan pun.

Tentunya hal ini dapat menghemat uangmu dibandingkan harus membayar biaya langganan setiap bulan yang tentunya menghabiskan uangmu.

BACA JUGA  Rekomendasi Set Top Box Siaran TV Digital Termurah 2022

Dengan begitu kamu tetap bisa menonton acara televisi kesukaan kamu dengan hanya perlu melakukan sekali bayar di awal saat pembelian.

6. Sudah Merata Hampir Seluruh Indonesia

Sebelum kami bagikan Cara Memprogram TV Analog Ke Digital, keunggulan berikutnya adalah pemerataan layanan siaran di seluruh Indonesia.

Untuk sekarang penyebaran sinyal digital hampir tersebar di seluruh Indonesia. Apabila kamu berada di daerah pelosok pun sudah dapat menerima sinyal dan bisa menikmati siaran juga.

Makanya saat ini lebih baik jika kamu mulai memakai tv digital karena berbagai benefit yang akan kamu peroleh dan pastinya mendapatkan kualitas gambar yang jernih.

Dijamin kamu tidak akan menyesal jika kamu sudah mengetahui langkah-langkah karena manfaatnya yang begitu banyak untuk kamu.

Cara Memprogram TV Analog Ke Digital

Cara Memprogram TV Analog Ke Digital

langkah pemrogramanya sebenarnya sama saja layaknya kamu mencari saluran yang ada pada televisi analog biasanya.

Tidak ada yang rumit dalam melakukan pencarian channel pada sinyal digital. Namun bagi beberapa orang hal ini bisa saja membingungkan.

Jangan sampai ada langkah yang terlewat agar dapat digunakan dengan baik. Simak dengan serius turorial yang kami berikan.

Langsung saja kami berikan mengenai Cara program TV Analog Ke Digital agar kamu dapat dengan mudah melakukan nya dirumah..

  1. Pertama pastikan kamu sudah memiliki STB (set top box) karena apabila tv analog biasa tidak bisa langsung di ubah ke tv digital
  2. Kemudian kamu harus memastikan terlebih dahulu antenanya sudah terpasang dengan baik dan pastikan antena kamu tinggi dan arahnya sudah pas.
  3. Lalu Kamu juga dapat memakai antena yang lama apabila masih bagus. Kamu dapat juga menggunakan antena yang bisa digunakan di indoor atau pun untuk outdoor.
  4. Lalu sambungkan kabel antena ke set top box yang ada pada bagian belakang STB.
  5. Setelah itu sambungkan set top box kamu ke televisi kamu menggunakan kabel HDMI atau kabel AV (sesuai kan dengan televisi kamu)
  6. Kemudian setelah perangkat tersebut terhubung lalu pilih tombol menu dan masuklah ke menu pengaturan.
  7. Kamu daoat melihat banyak menu dan submenu pada bagian ini.
  8. Setelah itu pilihlah opsi pencarian otomatis dan set top box akan dengan otomatis mencari siaran tv digital yang ada pada daerah kamu.
  9. Saat proses pencarian channel selesai maka Cara Memprogram TV Analog Ke Digital sudah berhasil.

Kamu dapat melihat jangkauan siaran pada aplikasi “Sinyal TV Digital” di smartphone kamu agar dapat mengetahui jangkauan sinyal antena tv di lokasi masing-masing.

Akan muncul berbagai channel yang dapat kamu akses di hasil pencarian. Dan kamu dapat dengan mudah mengaplikasikanya pada televisimu.

Dari aplikasi iIni kamu bisa mengetahui apakah sinyal TV digital sedang jelek, lemah atau bahkan sedang hilang tidak terdeteksi dari antena kamu.

Akhir Kata

Begitulah mengenai ulasan dari kami mengenai cara memprogram TV Analog Ke digital. Semoga dapat membantu kamu yang sudah membaca dengan baik. Terima kasih atas waktunya dan baca juga artikel lain dari kami.