5 Cara Agar WA Terlihat Offline Padahal Online, Nggak Ketahuan!

 

Samudranesia.id – Sedang malas meladeni chat seseorang tapi di saat yang sama juga harus membalas pesan penting dari teman atau keluarga? Tidak perlu bingung karena ada cara agar wa terlihat offline padahal online.

Kadang memang ada satu situasi yang membuat seseorang sedang sangat enggan untuk membalas chat dari orang lain, mungkin pasangan yang sedang berantem, stalker yang menyebalkan, atau juga teman yang langganan pinjam uang tapi sangat susah untuk mengembalikan atau bahkan tidak dikembalikan.

Jika ketahuan sedang online biasanya orang yang seperti di atas akan semakin gencar dalam mengirim pesan alias spam chat. Nah, cara paling mudah menghindarinya adalah mematikan tanda read pada whatsapp ditambah dengan menyembunyikan tampilan online seperti berikut.

Cara Agar WA Terlihat Offline Padahal Online

1. Non-aktifkan Fitur Last Seen

Non-aktifkan Fitur Last Seen

Cara pertama ini termasuk paling efektif untuk membuat tampilan whatsapp seolah off karena kapan terakhir kali whatsapp dibuka tidak akan bisa dilihat. Tapi, hal ini tergantung juga pada settingan yang dipilih di bagian privasi. Cara mematikan fitur last seen sendiri adalah sebagai berikut:

  • Buka bagian Settings di dalam aplikasi whatsapp.
  • Pilih Account dan klik
  • Klik tulisan Last Seen (Terakhir Dilihat).
  • Akan muncul tiga opsi, yaitu Nobody, Everyone, dan My Contact.
  • Jika nomor dari orang yang ingin dihindari tidak disimpan ke phonebook, maka pada tiga pilihan diatas bisa memilih My Contact. Tapi jika nomornya tersimpan dan tidak ingin / tidak bisa menghapusnya maka pilihlah
BACA JUGA  Labalabi For WhatsApp Download Versi Terbaru 2022 (Bom Chat)

2. Matikan Fitur Read

Matikan Fitur Read

Jika last seen sudah dimatikan tapi fitur read masih aktif maka tampilan seperti terlihat offline tidak akan maksimal, karena nantinya jika orang yang dimaksud mengirim pesan dan tidak sengaja chatnya terbuka maka tanda pesan sudah dibaca yakni centang dua warna biru akan muncul di orang tersebut.

Akhirnya, orang tersebut menjadi tahu bahwa kamu sudah online di whatsapp dan malah ketahuan bahwa kamu sengaja tidak membalas pesannya atau menghindar. Agar tidak terjadi ribut yang berkepanjangan, sebaiknya matikan fitur read dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Akun
  • Pilih Privasi
  • Scroll ke bawah untuk menemukan dan klik tulisan Laporan Dibaca (Read Receipts).
  • Geser tombol yang ada di kanan tulisan tadi agar mati / non aktif (atau hilangkan centangnya jika pada Android).

3. Ubah Settingan pada Whatsapp Story

Ubah Settingan pada Whatsapp Story

Jika dua cara agar wa terlihat offline padahal online di atas sudah dilakukan tapi kamu masih rajin membuat status / story di whatsapp maka tentu saja orang yang dihindari justru akan semakin geram karena kamu sangat terlihat mencolok tidak membalas pesannya dengan sengaja.

Ada dua solusi yang bisa dipilih yaitu hindari membuat story, dan yang kedua adalah ubah pengaturan pada story dengan cara masuk ke menu Settings pada whatsapp dan pilih Account, lalu pilih Privacy.

Selanjutnya tab sub menu Status, lalu klik tanda anak panah arah kanan yang ada di sebelah tulisan tersebut dan selanjutnya akan muncul tiga jenis pengaturan tentang siapa saja yang bisa melihat status / story di whatsapp kamu, yaitu:

  • My Contact: semua nomor yang kamu simpan di daftar kontak akan bisa melihat setiap story kamu.
  • My Contact Except: kamu bisa membagikan status ke daftar kontak tapi kamu masih bisa memilih satu atau beberapa kontak untuk tidak melihatnya, jadi kontak yang kamu centang adalah yang tidak bisa melihat.
  • Only Share With: kebalikan dari opsi kedua, pada opsi ini kontak yang kamu centang adalah yang bisa melihat story kamu.
BACA JUGA  WhatsApp Clone (WA Clone) Apk Mod Download Versi Terbaru 2022

Jika lebih orang yang kamu hindari hanya satu atau maksimal lima, maka kamu bisa pilih opsi My Contact Except, tapi jika jumlah orang yang tidak kamu kehendaki melihat story kamu lebih banyak maka pilih Only Share With.

4. Balas Chat dari Notif

Balas Chat dari Notif

Selama perangkat kamu konek ke internet, maka setiap kali ada chat masuk di whatsapp tentu notifikasinya akan muncul di layar. Nah, whatsapp dilengkapi dengan fitur fast reply yang memungkinkan penggunanya untuk bisa membalas pesan tersebut tanpa membuka atau masuk ke aplikasi.

Jadi cukup balas dari notifikasi pop-up dan whatsapp akan terlihat off tanpa mematikan data. Agar tidak ada satu pun pop-up yang terlewat, maka bisa diatur dulu pada bagian settings seperti misalnya pada iOS adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Settingan di iPhone.
  • Tab menu
  • Pada daftar aplikasi yang ada, klik
  • Centang atau aktifkan tombol di sebelah kanan tulisan Allow Notifications / Izinkan Notifikasi.
  • Klik tanda panah kanan di sebelah tulisan Banner Style dan pilih
  • Terakhir klik tulisan Show Preview lalu pilih Always (Default).

Sekarang setiap kali ada chat atau miscall di whatsapp, notifikasinya akan selalu muncul di layar, baik layar dalam keadaan terkunci atau pun tidak dan notifikasi tidak akan hilang sampai kamu membuka aplikasi atau memberikan respon berupa bersihkan notifikasi atau balas pesan.

5. Ubah Info Profil

Ubah Info Profil

Empat hal di atas sebenarnya sudah sangat cukup untuk membuat orang yang kamu hindari mengira bahwa kamu jarang sekali online. Agar lebih meyakinkan, kamu juga bisa mengganti sedikit informasi pada profil akun di bagian nama atau About (Tentang).

Kamu bisa hapus nama profil kamu dan kosongkan bagian About atau tulis Offline. Bisa juga memberikan keterangan lain yang sejenis misal “Jarang Online”, “Off Lama”, dan sebagainya.

BACA JUGA  4 Cara Mengetahui Dia Chat dengan Siapa Saja di WhatsApp

Cara agar wa terlihat offline padahal online pada daftar di atas sudah terbukti efektif untuk mengecoh seseorang yang sengaja ingin dihindari karena suatu alasan. Secara keseluruhan cara-cara di atas sangat mudah karena tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga.