Arti Mutualan di Instagram dan Cara Melakukannya, Mudah!

 

Samudranesia.id – Instagram merupakan salah satu aplikasi sosial media yang sangat populer dan banyak digunakan sekarang ini. Ada banyak sekali istilah baru dalam telegram, contohnya seperti mutualan. Lalu apa arti mutualan di instagram?

Mutualan pada intinya merupakan bahasa gaul yang biasa digunakan di sosial media seperti  Twitter, Facebook, Instagram dan Telegram. Istilah mutualan ini namun dulunya hanya digunakan oleh pengguna Twitter.

Setelah cukup populer di Twitter,  pengguna sosial media yang lainnya seperti Instagram mulai menggunakan istilah mutualan. Jika Anda belum paham betul tentang mutualan mari simak arti dan cara melakukannya berikut ini.

Apa Arti Mutualan di Instagram?

Apa Arti Mutualan di Instagram

Istilah mutualan dalam sosmed Indonesia bisa diartikan sebagai berteman. Ya, arti mutualan di Instagram berarti berteman dengan seseorang di Instagram. Jika Anda mutualan dengan orang lain, maka Anda dan orang tersebut akan saling mengikuti (follow) akun instagram antara satu sama lain.

Mutualan berasal dari kata “Mutualisme” yang memiliki arti saling menguntungkan untuk kedua belah pihak. Dengan melakukan mutualan berarti tidak akan ada pihak yang akan dirugikan.

Pastinya hal ini tidak akan efektif jika Anda hanya mengajak mutualan satu penggunaan instagram saja. Supaya mutualan menjadi lebih optimal, Anda bisa mengajak banyak pengguna instagram lain. Siapa tahu nantinya dengan mutualan di Instagram bisa menjadi teman di dunia nyata.

Jika Anda mengajak banyak pengguna instagram untuk mutualan, dijamin dalam waktu sekejap saja followers Anda akan semakin bertambah. Menariknya lagi, Anda dengan pengguna tersebut bisa saling mendukung, seperti misalnya dengan memberikan komentar, like atau bahkan repost.

BACA JUGA  Penjelasan Feedback Required Instagram + Cara Mengatasinya

Manfaat Melakukan Mutualan Instagram

Manfaat Melakukan Mutualan Instagram

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika melakukan mutualan di Instagram. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Followers Semakin Bertambah

Manfaat mutualan yang pertama memang untuk memperbanyak followers di Instagram. Jumlah followers akun Instagram yang Anda miliki tergantung dari seberapa banyak jumlah orang yang sudah Anda ajak untuk melakukan mutualan.

Cara menambah follower seperti ini bisa dibilang akan lebih aman karena dilakukan secara manual dan organik. Dibilang aman karena sama sekali tidak menyalahi atau melanggar kebijakan dari instagram. Berbeda halnya jika Anda membeli followers, karena melanggar pedoman dan kebijakan instagram.

2. Mendapatkan Banyak Like dan Comment

Jika followers sudah semakin bertambah, maka secara tidak langsung like dan comment di IG Anda nantinya juga  ikut bertambah. Ini bukan sudah menjadi rahasia lagi karena memang arti mutualan di Instagram  tidak hanya berteman saja, melainkan mendukung antara satu sama lain.

Seperti misalnya, Anda mengunggah gambar di feed Instagram maka mutualan Anda nantinya akan meramaikan postingan Anda entah itu memberikan komentar dan like. Begitu halnya ketika mereka mengunggah foto ataupun video, Anda juga harus memberikan feedback yang serupa.

3. Berteman dengan Banyak Pengguna Instagram

Manfaat mutualan yang selanjutnya adalah menambah relasi dan kenalan, yang dimana hal ini akan berguna di masa depan. Dalam hal ini Anda juga bisa follow teman dari mutualan Anda, begitu halnya dengan mereka. Hasilnya, followers yang Anda miliki akan bertambah pesat.

4. Mampu Menjangkau Banyak Orang

Ini berlaku jika Anda memanfaatkan instagram untuk berbisnis atau berjualan. Dijamin Anda akan mendapatkan eksposur dan jangkauan lebih luas jika melakukan mutualan. Dengan demikian maka akan semakin banyak orang yang tahu dengan produk yang sedang Anda jual.

BACA JUGA  50+ Filter Instagram yang Bagus Buat Selfie Cewek dan Cowok

Jika mereka tertarik dengan produk Anda, tentu akan terjadi sebuah transaksi yang menguntungkan. Jadi jangan ragu lagi untuk melakukan mutualan jika bisnis yang Anda jalankan masih terbilang kecil dan berkembang.

Cara Mutualan di Instagram

Setelah memahami arti mutualan di Instagram dan manfaatnya, kami akan menjelaskan bagaimana cara melakukannya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya bisa mutualan dengan beberapa pengguna akun Instagram. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Mengirim Pesan Untuk Pemilik Akun Instagram

Mengirim Pesan Untuk Pemilik Akun Instagram

Bagi Anda yang baru memiliki akun Instagram baru dan memperbanyak jumlah follower dengan mudah, maka Anda bisa mutualan Instagram dengan cara mengirim pesan pribadi kepada pemilik akun instagram.

Caranya adalah dengan memfollow akunnya terlebih dahulu, kemudian kirim pesan dengan isi seperti berikut “Hai kak, aku sudah follow akun instagram kakak, kalau tidak keberatan minta follback ya. Terimakasih”.

Supaya mutualan Anda bisa sukses melalui cara ini maka ada beberapa tips yang harus Anda ketahui. Tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Usahakan follow akun Instagram yang dimana penggunanya benar-benar Anda kenal di dunia nyata. Misalnya saja seperti teman SD, SMP, SMA, atau teman kerja.
  • Follow akun Instagram yang memiliki follower tidak begitu banyak, namun cukup aktif di Instagram. Akun-akun seperti ini biasanya tertarik jika diajak mutualan.
  • Anda tidak perlu follow akun artis ataupun para selebgram, ini karena mereka tidak mungkin memberikan follow back.
  • Follow akun Instagram lawan jenis juga bisa dijadikan sebagai salah satu tips yang menarik.

2. Mutualan di Instagram Melalui Grup WhatsApp

Mutualan di Instagram Melalui Grup WhatsApp

Cara melakukan mutualan di Instagram yang kedua adalah melalui grup WhatsApp. Seperti yang diketahui kalau grup WhatsApp umumnya berisi orang-orang yang memang sudah kenal di dunia nyata sehingga sudah pasti mudah untuk mutualan.

BACA JUGA  Cara Nonton Live Instagram (IG) Tanpa Komentar Terbaru 2022 Di Android

Anda bisa melakukan mutualan secara rutin melalui grup WhatsApp dengan cara sebagai berikut ini:

  • Saling mengikuti sesama pengguna Instagram.
  • Bagikan like dan comment secara rutin di masing-masing anggota grup, seperti misalnya satu minggu sekali.
  • Lebih menarik lagi jika berbagi tentang informasi pekerjaan.

3. Menulis Pesan di Profil Instagram

Menulis Pesan di Profil Instagram

Cara mutualan di Instagram selanjutnya adalah dengan menulis pesan di profil Instagram pribadi Anda sendiri. Misalnya saja dengan menulis seperti ini di profil “ Yuk saling mutualan dan follow akun Instagram. Jika sudah follow, kirim DM ya.”.

Dengan memberikan pesan seperti ini pada profil instagram, maka bisa membuat akun Instagram lain yang sudah membuka akun Anda nantinya akan tertarik untuk mengikuti. Hingga pada akhirnya, Anda dan akun instagram tersebut akan saling mengikuti.

Selain beberapa cara yang kami sebutkan di atas, Anda masih bisa menggunakan grup WhatsApp, mengirim WhatsApp pribadi ke seseorang yang Anda kenal, atau bisa juga melalui SMS dan Email.

Dari penjelasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa mutualan IG bisa diartikan sebagai saling follow, yang akan memberikan keuntungan untuk kedua pihak. Keuntungan yang bisa didapatkan seperti bertambahnya followers, comment, like, eksposur, jangkauan dan relasi yang sudah pasti berharga.

Sekarang Anda sudah paham dengan arti mutualan di Instagram, dijamin Anda tidak akan bingung lagi jika ada orang baru dikenal mengajak mutualan.  Tak menutup kemungkinan, yang awalnya dari sosmed bisa berteman hingga dunia nyata.

Nah, sekian dulu informasi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca semua.