Transportasi Laut Jadi Lompatan untuk Merajut Indonesia Maju

0
304
Program Tol Laut/Net

Jakarta (Samudranesia) – Dalam momentum 75 tahun kemerdekaan Indonesia, peran transportasi laut semakin vital dalam merajut keberagaman untuk memperkuat ekonomi. Hadirnya Tol Laut sebagai konektivitas antar pulau terbukti telah meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menjadi keynote speaker dalam webinar bertajuk “Transportasi untuk Merajut Keberagaman” yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan Detikcom, Senin (24/8).

Baca Juga: Dua Dermaga Baru di Kotabaru, Membuat Penumpang Lebih Aman

“Konektivitas laut menjadi perekat wilayah Nusantara. Ini semua dalam rangka kemandirian maritim untuk Indonesia maju di tengah pandemi Covid-19 ini,” ujar Menhub BKS biasa disapa.

BKS menambahkan pembangunan infrastruktur dan pelayanan transportasi laut di masa sekarang juga harus mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

“Protokol kesehatan number one, sekarang lewat APBN kita membangun infrastruktur pelabuhan di Patimban yang lebih besar dari Tanjung Priok, Pelabuhan Kijing di Kalimantan Barat, Pelabuhan Seba di NTT, yang semuanya juga untuk mengoptimalkan Tol Laut,” jelasnya.

Untuk NTT, BKS juga menjelaskan peran Pelabuhan Kupang sebagai hub di Indonesia timur untuk mengoptimalkan Tol Laut di sana.

Baca Juga: Dirlala: Tol Laut, Prinsipnya Kapal Datang Barang Siap

“Sehingga ini bisa memastikan harga sembilan kebutuhan pokok bisa dijangkau. Dan seperti yang sudah disampaikan oleh Bapak Presiden dalam pidato 17 Agustus bahwa Covid-19 juga menjadi lompatan kemajuan untuk bangsa kita, melalui pembangunan transportasi laut ini melakukan lompatan itu untuk Indonesia maju,” pungkasnya.

Para narasumber dalam diskusi tersebut antara lain Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Agus Purnomo, Ketua Indonesian National Shipowner’s Association (INSA) Carmelita Hartoto, Dosen ITS sekaligus pengamat transportasi laut Saut Gurning, dan Bupati Morotai Benny Laos. Acara tersebut dimoderatori oleh komika Abdur Rasyad. (Tyo)