TNI AL Prioritaskan Vaksin Kepada Para Pengawak KRI

0
126
Kasal Laksamana TNI Yudo Margono usai meninjau langsung penyapuan vaksin untuk prajurit TNI AL di Kolinlamil, Jakarta, kamis (25/5).

Jakarta (Samudranesia) – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berlangsung di Mako Kolinlamil, Jakarta, Kamis (25/3). Sekira 5000 prajurit TNI AL dari berbagai Komando Utama (Kotama) mengikuti kegiatan ini.

Di sela-sela acara tersebut, Kasal menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen TNI AL untuk melindungi prajuritnya dari Covid-19 serta memutus peredarannya.

Ditargetkan pada pertengahan April 2021 mendatang, seluruh prajurit TNI AL sudah divaksin.

Kasal menyatakan bahwa prioritas vaksinasi saat ini diperuntukan kepada prajurit-prajurit yang bertugas dalam berbagai operasi TNI AL khususnya yang berada di kapal perang TNI AL (KRI).

“Jadi yang kita prioritaskan untuk prajurit yang melaksanakan operasi seperti prajurit awak KRI dan kemudian prajurit-prajurit Marinir,” ungkap Kasal kepada awak media.

“Saat ini sudah 50, 9 persen dari seluruh prajurit. Kita lakukan secara bertahap dan kita laksanakan di seluruh Kotama-Kotama. Mudah-mudahan dari program yang ada ini, prajurit-prajurit kita yang melaksanakan oeprasional khususnya di KRI dan operasi dapat berjalan terus,” ujar Kasal.

Lebih lanjut, Kasal menyampaikan saat ini ada 50-60 KRI beroperasi setiap harinya di seluruh wilayah NKRI. Maka dari itu, kesehatan prajurit menjadi utama di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Tentunya ABK-nya perlu divaksin agar mereka tetap melanjutkan kegiatan-kegiatan operasional tanpa ada hambatan atau terkena Covid-19,” jelasnya

Selain di Kolinlamil, kegiatan vaksinasi ini juga dilakukan di berbagai Lantamal yang tersebar di seluruh tanah air. Dengan demikian, Kasal berharap dalam waktu dekat seluruh prajurit sudah tervaksinasi.

“Kita pusatkan di Koarmada I, Kolinlamil, Pushidrosal, dan Korps Marinir. Saat ini juga sedang berlangsung di Koarmada II dan Lantamal-Lantamal juga melakukan kegiatan ini,” beber dia.

Jebolan AAL tahun 1988 itu menyebut pertengahan April 2021, seluruh prajurit TNI AL sudah tervaksinasi sehingga mereka bisa menjalankan segala penugasannya dengan maksimal.  

“Sampai pertengahan April kita laksanakan sehingga pada pertengahan April seluruh prajurit sudah bisa melaksanakan vaksin. Untuk saat ini kita prioritaskan prajurit yang melaksanakan operasi sehingga mereka berangkat operasi ini dalam keadaan tenang, sehat dan tidak terpapar Covid 19,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara itu antara lain Danpushidrosal Laksdya TNI Agung Prasetiawan, Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K, Dankormar Mayjen TNI Mar Suhartono, Pangkolinlamil Laksda TNI Irvansyah dan para pejabat Mabesal lainnya. (*)