Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Kasal Resmikan ‘PINTER’ RSPAL Dr Ramelan

0
485
Kasal Laksamana TNI Yudo Margono resmikan gedung PINTER RSPAL Dr Ramelan Surabaya, Jumat (8/1)

Surabaya (Samudranesia) – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya di tengah pandemi Covid-19 saat ini,  Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M  meresmikan fasilitas gedung Penanganan Infeksi Terpadu (PINTER) Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) Dr. Ramelan Surabaya, Jumat (8/1).

Peresmian PINTER RSPAL yang bertempat di Jalan Gadung No 1, Surabaya itu ditandai dengan penekanan tombol sirine, penandatanganan beberapa prasasti dan pengguntingan pita serta peninjauan gedung PINTER.  

Gedung PINTER merupakan fasilitas kesehatan terpadu khusus bagi pasien infeksius dalam satu atap yang memiliki Unit Gawat Darurat (UGD), ruang bersalin, ruang intensif perawatan bayi, ruang operasi, ruang pemulihan, ruang x-ray dan USG, CT-Scan, Klinik Rawat Jalan, Laboratorium, Kontainer Lab PCR dan Apotek/Depo Farmasi yang diharapkan mampu memberikan layanan secara komprehensif bagi pasien infeksius terutama Covid-19.

Pembangunan Gedung PINTER ini merupakan langkah strategis yang diambil  Kepala Rumah Sakit TNI AL (Karumkital) Dr. Ramelan Surabaya Laksamana Pertama TNI dr. Radito Soesanto, Sp. THT-KL, Sp.KL dalam mempersiapkan sebagai rumah sakit rujukan Covid-19. Dalam melaksanakan pelayanan  memisahan layanan kesehatan (zonasi) secara komprehensif dan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar prosedur operasional yang terbaru.

Semua pelayanan memanfaatkan teknologi informatika dan memastikan semua personel Rumah Sakit terproteksi dengan baik dari resiko tertular penyakit infeksi. Selain itu juga  meningkatkan kenyamanan dan keamanan kepada setiap pengunjung RSPAL Dr. Ramelan.

Kasal dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa, penambahan gedung penanganan infeksius ini diharapkan dapat bersinergi dengan fasilitas lainnya yang ada di RSPAL, sehingga secara maksimal dapat mendukung tugas paramedis.

“Sebagai rumah sakit rujukan tertinggi bagi prajurit TNI, TNI AL dan PNS TNI AL beserta keluarganya di wilayah timur Indonesia, kerja keras paramedis harus kita dukung dengan cara melaksanakan protokol kesehatan sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” pesan Kasal.

Sementara itu, Karumkital menyampaikan bahwa RSPAL Dr. Ramelan menyediakan 218 Tempat Tidur (TT) ruang perawatan isolasi Covid-19 bertekanan negatif dengan hepafilter meliputi ruang perawatan isolasi biasa, HCU Isolasi dengan monitor, tempat tidur khusus untuk pasien jiwa dan ruang intensif perawatan bayi Covid-19. Sedangkan untuk perawatan intensif di ICU Isolasi memiliki kapasitas 23 TT di ruangan bertekanan negatif dengan hepafilter dilengkapi dengan ventilator, HFNC dan peralatan standar ICU lainnya. 

Dalam penanganan pasien Covid-19, RSPAL Dr. Ramelan menugaskan 686 personil tenaga kesehatan  yang terdiri dari 66 Dokter Spesialis, 28 Dokter Umum, 464 Perawat dan 128 Tenaga Medis lain.

Sebelum  meresmikan Gedung PINTER, Kasal beserta para Asisten Kasal dan para pimpinan Kotama TNI AL berkesempatan melaksanakan olahraga Bersama di Kesatrian Kodiklatal sekaligus meninjau fasilitas-fasilitas di Kodiklatal, AAL dan STTAL. (*)