Seminar Nasional tentang Perikanan Awali Muswil Himapikani Korwil III

0
751
Koordinator Wilayah Himapikani Wilayah III, Falih Nasrullah dalam Pembukaan Muswil Himapikani Korwil II di UNIKAL Pekalongan.

Pekalongan (Samudranesia) – Seminar Nasional dan Musyawarah Wilayah (Muswil) Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (Himapikani) Wilayah III dengan tema “Mengoptimalkan Potensi Pesisir Untuk Perikanan Yang Berkelanjutan” berlangsung di Auditorium Gedung C Universitas Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (6/12).

Secara resmi Seminar dan Muswil ini  dibuka oleh Dekan FPIK UNIKAL Ir. Hady Pranowo. Sebelum kegiatan, acara itu diawali dengan sambutan dari Ketua Panitia, Agung yang kemudian disusul sambutan dari Koordinator Wilayah Himapikani Wilayah III, Falih Nasrullah.

Dalam sambutannya, Falih menyampaikan beberapa poin mengenai sektor wilayah pesisir di antaranya perdebatan panjang mengenai apa, siapa, kapan dan bagaimana seharusnya wilayah pesisir tersebut dikelola.

“Perdebatan yang terjadi lebih banyak pada hal-hal yang bersifat wacana. Akan tetapi strategi dan upaya untuk memanfaatkan potensi wilayah pesisir yang ada tidak sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan, dalam artian upaya yang ditempuh dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi tanpa melihat secara real kondisi yang terjadi di wilayah pesisir itu sendiri,” ucap Falih.

Hal ini juga ditegaskan oleh Dekan FPIK UNIKAL Ir. Hady Pranowo. Di akhir sambutannya, Hady menyampaikan harapan dan tanggung jawab terhadap Himapikani khususnya Himapikani Wilayah III.

“Himapikani Wilayah III harus dapat berkontribusi, bersinergi dengan pemerintah baik pusat maupum daerah dalam mengembangkan sektor perikanan baik tangkap maupun budidaya untuk perikanan yang berkelanjutan,” ungkap Hady.

Sebelum menutup sambutannya, dia juga membuka secara resmi kegiatan Seminar Nasional dan Muswil Himapikani Wilayah III dengan menabuh gong sebagai tanda dibukanya kegiatan yang didampingi oleh Sekjen Himapikani Korwil III dan Gubernur Mahasiswa BEM FPIK UNIKAL.

Seminar Nasional dimulai dengan pemaparan materi dari narasumber-narasumber di antaranya adalah Ketua KNTI M. Riza Damanik, ST., M. Si., PhD, Dr.Catur Sarwanto,S.Pt.,M.Si, Prof. Dr. Ir. Sri rejeki M.Sc, dan Dr. Ir. Budy Wiryawan M. Sc

Peserta seminar terdiri dari Mahasiswa Unikal, Perwakilan Ormawa UNIKAL, Mahasiswa perikanan se-Jawa Tengah dan DIY, Dosen dan Karyawan FPIK UNIKAL serta masyarakat umum. Peserta seminar begitu antusias terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. (Tyo)