Miliki Daya Tarik, Pendaftar Program S1 Unhan Mencapai 30 Ribu Orang

1
13677
Kampus Bela Negara Unhan.

Jakarta (Samudranesia) – Universitas Pertahanan (Unhan) telah membuka pendaftaran untuk mahasiswa program Strata-1 (S1) sejak tanggal 1 Mei 2020 lalu. Pendaftaran dilakukan via online hingga tanggal 17 Mei 2020.

Hingga hari ini, Minggu, 10 Mei 2020, pukul 08.30 Wib, sudah ada 33.678 peserta yang melakukan registrasi. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Rektor Unhan Laksda TNI Dr Amarulla Octavian.

“Kemudian sudah resmi mendaftar sebanyak 10.805 peserta dengan jumlah pendaftar yang berkasnya siap diverifikasi sebanyak 2.346 peserta seleksi,” ujar Octavian kepada Samudranesia, Minggu (10/5).

Mantan Danseskoal itu menyatakan bahwa target dari penerimaan mahasiwa untuk program S1 ini ialah 300 kadet mahasiswa. Hal itu sesuai kebutuhan saat ini yang sudah dibahas bersama pemerintah.

“Target penerimaan tahun pertama ini ada 10 Program Studi baru di bawah empat Fakultas baru adalah total 300 Kadet Mahasiswa, mayoritas untuk Program Studi Sarjana Pendidikan Kedokteran. Jumlah tersebut hasil diskusi dengan Kemendikbud RI dan disesuaikan dengan kebutuhan TNI dan Kemhan,” terang Octavian.

Menurutnya, program studi yang paling diminati oleh calon mahasiswa adalah Pendidikan kedokteran. Pendaftar yang telah diverifikasi itu kemudian akan mengikuti seleksi lagi.

“Jadi rasio sangat tinggi dibandingkan jumlah yang akan diterima menjadi Kadet Mahasiswa. Minimal yang akan terpilih mengikuti seleksi adalah 1.500 peserta dari seluruh Indonesia,” tegasnya.

Lulusan AAL tahun 1988 itu lebih lanjut menjelaskan bahwa para pendaftar itu selain berasal dari pendaftar online dari siswa-siswi SMA jurusan IPA seluruh Indonesia, juga berasal dari 3 SMA unggulan melalui jalur khusus.

“Selain yang mendaftar online, ada 3 SMA unggulan yang sudah mengirim calon terbaik dari SMA Taruna Nusantara Magelang, SMA Krida Nusantara Bandung dan SMA Taruna Nala Malang,” jelasnya.

“Server dan jaringan Website Unhan diakui memang saat ini sangat padat. Meski demikian, kami selalu memantau updating data,” pungkas Octavian.

Seluruh peserta yang lulus seleksi nantinya merupakan penerima beasiswa negara. Empat Fakultas baru yang dibuka di Unhan seluruhnya berakreditasi institusi A.

Empat fakultas baru itu ialah Fakultas Kedokteran Militer terdiri dari Prodi Sarjana Pendidikan Kedokteran; Fakultas MIPA Militer yang terdiri dari Prodi Sarjana Biologi, Prodi Sarjana Fisika, Sarjana Kimia dan Sarjana Matematika; Fakultas Farmasi Militer yang terdiri dari Prodi Sarjana Ilmu Farmasi; dan Fakultas Teknik Militer yang terdiri dari Prodi Sarjana Teknik Informatika, Prodi Sarjana Teknik Konstruksi Bangunan Militer, Prodi Sarjana Teknik Elektro, dan Prodi Sarjana Teknik Mesin. (Ney/Tyo)