Pusjianmar Seskoal Galang ‘Joint Publication’ Bertajuk ‘Nusantara Maritime’

0
65
Dok Foto: Bagpen Seskoal

Jakarta (Samudranesia) – Pusat Pengkajian Maritim (Pusjianmar) Seskoal dalam kesempatannya melaksanakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) 6 Negara dalam membahas  “Joint Publication “ Nusantara Maritime” Bertempet di Gedung Lobby Utama Pusjianmar,  Kompleks Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Kebayoran Lama, Cipulir Jakarta Selatan (15/09)

Kegiatan ini dipimpin oleh Kapusjianmar Seskoal Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si(Han)., dan  dihadiri Peserta FGD  diantara lain Dirdik Seskoal Kolonel Laut (P) Dr. Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si., Wakapusjianmar Seskoal Kolonel Laut (P) Salim, S.E., Atase Laut Australia (Cpt.Rod), Atase Laut India (Cpt Amythab), Atase Laut Singapura (Ltk. Tony wong) dan Atase Laut Thailand (Cpt Rachade) dan Staf Pusjianmar Lainnya.

Dari hasil pertemuan kegiatan ini mendapatkan hasil di antaranya kesepakatann yang bermula digagas pada tahun 2015 melalui navy to navy talk antara TNI AL dan RAN, dimana join publikasi ini merupakan salah satu bentuk kerjasama kedua angkatan laut yang akan dikembangan menjadi 6 negara.

Tujuan publikasi di antaranya mendorong dosen dan peneliti baik TNI AL maupun negara lainnya untuk melakukan penelitian bersama di bidang Keamanan Maritim, untuk mengembangkan kemampuan mempelajari masalah-masalah maritim terkini di kawasan Indo-Pasifik dan mengembangkan tulisan tentang topik maritim yang akan memberikan pengetahuan dan wawasan baru tentang perkembangan dan kemajuan dalam domain maritim. 

Kemudian, menyamakan persepsi bahwa pengertian Nusantara tidak hanya wilayah Indonesia akan tetapi sebuah kepulauan (archipelago) di kawasan antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, dan sebuah kepulauan antara benua Asia dan Australia dan diperoleh beberapa kesepakan tentang jadwal waktu publikasi dan materi, rotasi sebagai Leading Sector penyusunan.

Kegiatan ini berjalan secara langsung dan virtual dengan diakhiri dengan pemberian cinderamata dan foto bersama. Kegiatan ini juga mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker serta mencuci tangan. (*)