Pakar Intelijen Ini Berikan Kuliah Umum Kepada Pasis Seskoal

0
213
Pakar militer dan intelijen Susaningtyas NH Kertopati

Jakarta (Samudranesia) – Dalam Rangka Rangkaian Pendidikan Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan Ke-59 T.A 2021 Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) kembali melaksanakan Kuliah Umum dengan mengundang Dr. Susaningtyas Nefo Handayani,  M.Si sebagai pembicara bertempat di Amphiteater Samadikun, Seskoal Kebayoran Lama, Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu (25/08) .

Komandan Seskoal (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr.Han. dalam kesempatannya menerima langsung kedatangan wanita yang merupakan pakar militer dan intelijen ini. Nuning biasa disapa sebelum memberikan kuliah umumnya berkesempatan untuk melaksanakan Tour Facility dengan menggunakan kendaraan Tactic Maung dan dilanjutkan dengan Foto Bersama di Plaza Dharma Wiratama.

Rombongan selanjutnya masuk ke dalam kelas gabungan dan melaksanakan Kuliah Umum yang berjudul “Pengaruh Teknologi Informasi, Media Sosial dan Strategi Komunikasi terhadap Kinerja Organisasi dan Prajurit TNI Angkatan Laut”.

Dalam kuliah Umum ini, Nuning menjelaskan tentang pentingnya pembahasan Kewaspadaan media sosial bagi TNI, Strategi Komunikasi di era Media Sosial, Penjelasan Perkembangan Media Massa dan Media Sosial dan Karakteristik Media Sosial.

“Penggunaan Media Sosial untuk kalangan militer dan keluarganya telah menjadi perhatian penting banyak negara. Secara khusus, US Armed Forced dan British Armed Forced adalah dua negara yang mempelopori diaturnya penggunaan media sosial untuk prajurit dan keluarganya, serta wajib didaftarkan ke unit kerja masing-masing,” ujar mantan Anggota Komisi I DPR tersebut.

“Penting bagi semua prajurit dan keluarganya untuk mengetahui bahwa ketika mereka masuk ke platform media sosial, mereka masih mewakili institusi militer tempat mereka bekerja. Untuk itu, dalam berkomentar, memposting, dan menyebarkan informasi diperlukan kehati-hatian,” tambahnya.

Kuliah Umum ini diikuti oleh 175 Perwira Siswa Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan Ke-59 TA 2021 dan Perwira Siswa (Pasis) Mancanegara di antaranya: Pakistan, Malaysia, Uni Emarates Arab dan Singapura. Para Pasis terlihat senang dan serius mendengarkan pemaparan materi dari pembicara sampai dengan sesi tanya jawab.

Kegiatan ini tetap selalu mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dengan menggunakan Masker, Menjaga jarak dan selalu Mencuci tangan dengan sabun. Usai memberikan Kuliah Umum, Nuning menerima cindera mata dari Danseskoal serta mendapat apreiasi yang besar dari seluruh jajaran di Seskoal.

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Wakil Komandan (Wadan) Seskoal Laksamana Pertama TNI Dr. Aria Cakra Wibawa, Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Seskoal, Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han) Kepala Koordinator Dosen (Kakoordos) Seskoal  Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.E, M.Si, Para Pejabat Utama Seskoal, Patun dan Dosen Seskoal. (*)