Pabrik Mobil Listrik itu Ada Di Bekasi

0
737
Mobil listrik Hyundai di Bekasi (dok. Kemenko Marves)

Bekasi (Samudranesia) – Hyundai, produsen mobil asal Korea Selatan menepati komitmennya untuk berinvestasi membangun pabrik mobil listrik di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan, saat mengunjungi Pabrik Mobil Listrik Hyundai di Sukamukti Bekasi pada Hari Jumat 6 November 2020.

Pada 26 November 2019, Hyundai memang menyatakan komitmennya untuk mengembangkan mobil listrik di Indonesia.

“Kami mengapresiasi upaya Hyundai untuk terus melanjutkan pembangunan pabrik Hyundai agar perkembangannya berjalan dengan baik,” kata Menko Luhut. Menurutnya, pemerintah Indonesia saat ini menargetkan untuk mempercepat pertumbuhan industri EV (Electric Vehicle) dan berharap Hyundai dapat menjadi bagian dari misi penting ini.

“Ke depannya kami berharap akan ada kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Korea untuk bersama-sama mengawal pengembangan pabrik ini hingga siap berproduksi. Kami juga berharap Indonesia menjadi salah satu pasar EV utama di ASEAN untuk ke depannya,” ujarnya.

Menurut Luhut, pemerintah Indonesia sangat mengapresiasi langkah cepat Hyundai membangun pabrik mobil listriknya di Bekasi. Apalagi di tengah pandemi Covid-19.

Komitmen investasi Hyundai, tambah Luhut, sangat sejalan dengan tekad pemerintah Indonesia untuk terus mengembangkan teknologi transportasi yang ramah lingkungan. “Membanggakan, membawa Indonesia menjadi negara yang makin ramah terhadap lingkungan,” tulis Menko Luhut di plakat yang ditandatanganinya bersama Dubes Korea Park Tae-Sung sesaat sebelum berkeliling pabrik.