Nasi Kasreng Khas Kuningan

0
397
Nasi Kasreng Khas Kabupaten Kuningan (foto Dok. Travelingyuk)

Kuningan (Samudranesia) – Indonesia kaya akan keaneragaman yang memiliki keunikan tersendiri didalamnya, mulai dari sejarah, wisata, budaya serta kuliner yang menghiasi tiap sisi wilayah Indonesia, hal ini membuat Indonesia sebagai salah satu Negara eksotis akan pariwisatanya. Tak hanya itu, wisata kulinernya pun menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan, keunikan, cita rasa dan atmosfer saat menyantap hidangan sangat beragam dan menggoda.

Ketika berkunjung ke Kabupaten Kuningan Jawa Barat, tidak lengkap dan asyik jika tidak menyempatkan diri untuk mencoba makanan khasnya, salah satu makanan khas kota kuda yang wajib kamu cicipi adalah nasi kasreng. Dalam penyajiannya, nasi kasreng ini serupa dengan nasi kucing yang berasal dari daerah Yogyakarta, namun perbedaanya terdapat pilihan menu lauk pauknya.

Nasi kasreng merupakan makanan sederhana ala petani yang mulai popular di Kuningan, bagaimana tidak, hampir setiap warung pinggir jalan Kecamatan Luragung ini menyediakan menu nasi kasreng. Nasi kasreng sendiri muncul sekitar tahun 1970-an, seorang pedagang bernama kasri berjualan membawa nasi bungkus beserta gorengan untuk dijajakan ke para petani dan masyarakat sekitar.

Warung Nasi Kasreng (Foto Dok. KlikKuningan)

Walaupun makanan sederhana ini sudah mengalami perubahan, namun ciri khasnya tetap terjaga sehingga menjadi salah satu makanan primadona bagi masyarakat sekitar.

Nasi kasreng menyajikan berbagai lauk pauk khas sunda, seperti ikan paray, pepes ikan  sambal, toge, rebon, gorengan dan menu andalannya yaitu kasreng. Kasreng adalah rempeyek khas kuningan. Cara menyantapnya pun cukup unik, ambil sebungkus nasi putih yang sudah di sediakan, taburkan udang rebon dan toge di atas nasi, lalu siram dengan sambal, di santap dengan tambahan lauk pauk yang ada, bisa membuat anda ketagihan dengan kuliner yang satu ini. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, dengan 10.000 kamu sudah bisa menikmati nasi kasreng khas kuningan.