Movile Cave, Gua “Maut” dari Rumania

0
1152
Penelusuran Movile Cave. Foto: Net

Samudranesia – Gua sejatinya menjadi tempat rekreasi, atau paling tidak sebagai ajang aktivitas penelitian yang mampu memberi kenyamanan. Bahkan, untuk sebagian orang, gua kerap dijadikan ajang olahraga. Bagaimana tidak, dengan struktur material gua pada umumnya yang cukup menantang, tapi sekaligus menyuguhkan atmosfer yang paling tidak menyejukkan. Jadi intinya, gua sejatinya mampu memberi kedamaian, dan bukan ketakutan.

Tapi, tidak demikian dengan Movile Cave, sebuah gua yang terletak di Constanta County, di tenggara Rumania. Menurut keterangan, gua ini tak pernah tersentuh oleh sinar matahari sejak 5,5 juta tahun silam. Tak heran jika atmosfer gua ini pun jadi sangat berbeda dengan pada umumnya gua lain di banyak tempat.

Gua yang pertama kali ditemukan oleh para pekerja pembangkit listik ini terdapat sebuah sungai sulfur yang berbau busuk yang sangat menyengat. Udaranya beracun, penuh dengan hidrogen sulfida serta karbon dioksida yang 100 kali lebih berbahaya.

Tapi anehnya, meski lingkungan tersebut sangat mematikan, seluruh ekosistem yang ada di dalam gua tersebut tetap hidup. Berdasarkan penelitian, sedikitnya ada 33 spesies mahluk yang mampu bertahan di sana. Selain beradaptasi dengan atmosfer lingkungan tersebut, untuk bertahan hidup mereka juga memakan busa dari batuan. Lokasi gua ini pun terbilang tak biasa.

Pasalnya, untuk mencapai Movile Cave, pengunjung harus turun dahulu sejauh 25 m ke dalam tanah. Kemudian, melewati lorong-lorong sempit dan dilanjutkan dengan menyelam ke danau yang ada di dalamnya, barulah gua tersebut bisa dicapai. Karena dianggap sangat membahayakan, maka tak heran jika gua ini tidak dibuka untuk umum.(Guss)