‘Mission Acomplished’ KRI Sultan Hasanuddin-366 di Lebanon

0
158
Dok Foto: Dispen Kolinlamil

Jakarta (Samudranesia) – Akhirnya KRI Sultan Hasanudin (SHN)-366 merapat di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara setelah menyelesaikan misi perdamaian PBB di Lebanon. Hanya ada satu kata yakni mission acomplished untuk KRI SHN-366.

Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan mewakili Panglima Kolinlamil hadir dalam upacara penerimaan Satgas Maritime Task Force United Nations Interim Force in Lebanon (MTF Unifil) menyampaikan apresiasinya kepada seluruh awak KRI SHN-366.

Dari Lebanon, mereka juga berlayar dari Mesir, Terusan Suez, Oman, Srilanka dan Batam hingga akhirnya tiba di Jakarta.

Operasi penyeberangan dari Lebanon ke Jakarta ditempuh selama 34 hari. Kedatangan KRI Sultan Hasanudin 366 di Kolinlamil disambut langsung oleh Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Mayjen TNI Victor H Simatupang, Senin (17/5).

Setelah merapat, Komandan KRI SHN 366 dan juga sebagai Komandan Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-L UNIFIL Letkol Laut (P) Ludfi mendapat pengalungan bunga dari Komandan PMPP TNI sebagai bentuk ucapan selamat datang dan penghargaan dari TNI atas prestasi prajurit prajurit KRI SHN 366 selama 1 tahun 4 bulan (16 bulan) dalam mengemban misi perdamaian di bawah bendera Maritime Task Force UNIFIL.

Selain itu, pengalungan bunga tersebut merupakan simbol rasa syukur atas kembalinya KRI SHN 366 beserta prajuritnya ke pangkuan Ibu Pertiwi.

Oleh karena itu, sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME, seluruh prajurit Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-L UNIFIL yang dipimpin oleh Komandan KRI SHN 366 melaksanakan sujud syukur di lapangan Mulyono Silam Mako Kolinlamil atas keselamatan yang dilimpahkan selama pelaksanaan misi PBB di Lebanon maupun saat operasi penyeberangan Lebanon-Indonesia.

“Atas nama TNI, Saya bangga dengan kalian oleh karena itu saya ucapkan selamat atas kesuksesan seluruh prajurit KRI SHN 366 di Lebanon dan selamat atas keberhasilan kalian dalam mengemban tugas Negara yang tergabung dalam pasukan perdamaian dunia dengan hasil sangat membanggakan,” kata Mayjen TNI Victor H Simatupang.

Kegiatan penerimaan KRI SHN 366 di Kolinlamil dilanjutkan dengan pemeriksaan material dan pemeriksaan kesehatan purna tugas oleh Puskes TNI. (*)