Menyedihkan, Seekor Penyu Bertelur di Atas Tumpukan Sampah

0
553
Seekor penyu terjerat jaring ikan nelayan (dollar photo club)

Pemandangan  menyedihkan terlihat ketika seekor penyu betina sedang berusaha bertelur di pasir pantai yang penuh dengan tumpukan sampah plastik. Seperti yang terlihat dalam sebuah video yang ditayangkan di BBC Indonesia (16/1), penyu hijau ini terlihat kesulitan menggali tanah yang penuh tumpukan sampah plastik tersebut di pantai Pulau Christmas.

Peristiwa ini pertama kali diketahui oleh Huang-Chang Liu, ilmuwan asal Cina yang sedang melakukan penelitiannya di Pulau Christmas.

Menurut Liu, sampah plastik yang terbawa air laut dan menumpuk di pantai Pulau Christmas jumlahnya bertambah dua kali lipat sejak tahun 2013. Ia kerap menemukan tukik (anak-anak penyu) yang menetas harus berjuang keluar dari tumpukan plastik untuk kembali menuju laut.

Pulau Christmas merupakan sebuah pulau kecil yang berada dekat kepulauan Indonesia. Sebuah studi menyebutkan jika Indonesia menjadi negara kedu apenghasil sampah plastik terbesar di dunia. Sampah-sampah ini, selain merusak lingkungan juga menggangu kehidupan biota laut.

Masihkah Anda tega membuang sampah plastik sembarangan?